Menguntai Perjalanan Tahan Banting, Bisnis Menjadi Wisata

Akhir bulan lalu saya berkesempatan mengikuti expo sebagai exhibitor di event majalah ibu dan bayi di ibu kota Indonesia, yakni tentu saja Jakarta. Tepatnya di Balai Kartini. Meski bukan kesempatan pertama, segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang. Ini adalah kali kedua. Pengalaman pertama dulu semua serba dadakan. Ada beberapa peralatan yang ketinggalan, alat promosi kurang. Jangan sampai deh terulang lagi.

Dalam event yang digelar selama 4 hari sekarang ini, saya tak mau kembali kacau. Event ini lebih lama dari pameran sebelumnya. Bayangkan 4 hari berturut-turut harus sering-sering cek dan melayani pengunjung dari jam 10 pagi hingga 9 malam. Jam ini melebihi jam kerja normal, yang biasanya hanya 8 jam bukan? Jika tidak betul-betul jaga tubuh, bisa-bisa saya drop.

Berakit-rakit ke hulu berenang kemudian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Perjalanan bisnis Sidoarjo-Jakarta kali ini saya atur agar menyenangkan. Awalnya memang menyakitkan, artinya kadang stres, kadang sibuk, lelah selama expo berlangsung namun di hari akhir perjalanan saya akan saya tutup dengan berwisata sekalian. Jadi masih mungkin bisnis jadi wisata, meski hanya bersifat staycation.

Yuk, simak perjalanan saya dan tips-tipsnya agar perjalanan bisnis bisa menjadi wisata. Dan tetap tangguh! ^_^

Menyiapkan tiket pesawat dan penginapan

Tiket based on time or budget?

Pertama saya harus tentukan tiket. Apakah berdasarkan waktu kepergian atau budget? Sepertinya lebih pas kalau mengombinasikan keduanya, ya. Awalnya saya ingin pergi dengan sarana termurah. Kebetulan waktu itu ada promo tiket kereta api yang Cuma 29 ribu karena PT KAI lagi ulang tahun. Sayangnya, saya tidak kebagian. Alternatif terakhirnya ya pesawat. Harganya selisih sedikit lebih mahal dibanding kereta harga normal. Tapi lebih hemat waktu karena dengan pesawat hanya memerlukan satu jam untuk sampai di Jakarta, sedangkan kereta harus semalam.

Penginapan terdekat atau budget?

Kedua, saya harus menyiapkan penginapan. Ini lumayan menguras biaya, lho. Soalnya saya harus memesan selama 4 hari untuk tempat tinggal selama di Jakarta. Sebenarnya ada saudara tetapi di kota lain, jauh sekali dengan lokasi. Agar gampang menyiapkan segalanya, apalagi bukan hanya masalah pribadi dan pameran yang harus disiapkan tetapi juga anak-anak yang saya bawa juga harus disiapkan, kemungkinan kesiangan pasti ada, maka saya cari penginapan yang dekat. Hmmm, sampai di sini saya bingung, yang dekat dengan lokasi hotel-hotel premium semua. Hotel budget ada tapi agak jauh, tidak bisa ditempuh dengan jalan kaki. Ah, bukannya ada ojek online? Bismillah deh, demi menghemat biaya saya book hotel budget terdekat. Eh, tapiiii di akhir kegiatan saya ingin pesan hotel terdekat buat staycation. Refreshinglah.

Expo yang melelahkan

Kata teman saya yang sering ikut pameran, selama event pasti melelahkan. Tapi di balik itu ada kepuasan karena brand kita semakin dikenal orang, pemasukan juga dapat. Benar juga ternyata. Mungkin saya malah berlipat-lipat capeknya. Selain jaga pameran, saya juga harus jaga anak-anak. Tentulah anak yang susah diam. Selama acara anak-anak saya suka keliling area, mampir di stan-stan lain karena tertarik mainan. Jadi mereka harus dijemput berkali-kali agar berada di dekat saya. Kadang-kadang saya berexpocation (menikmati expo) mengunjungi stan lain agar tak bosan sekaligus shopping.

Di balik semua itu alhamdulillah produk kami ludes sampai ke akar-akarnya, hehehe. Tidak saya sangka ternyata pengunjung antusias banget. Bahkan ada selebriti yang mampir ke stan kami.

Keramaian pameran

Berexpocation (lagi)

Rutinitas menjalankan expo (pameran) tidak menghalangi saya mengunjungi expo lain yang sedang berlangsung. Ini salah satu agenda wisata saya dalam perjalanan bisnis. Sambil menyelam minum air. Apalagi saya penggila buku. Kebetulan waktu itu ada International Indonesia Book Fair di JCC. Anak-anak juga senang mengunjungi pameran buku ini. Tambah senang lagi ketika mereka bertemu badut Upin Ipin.

#upinipin #iibf #jcc #expocation

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Menjaga makan

Bukan tidak mungkin saya menjadi sakit selama bekerja menjaga stan, menjaga anak-anak, wira-wiri kesana kemari. Satu-satunya usaha menghalau sakit adalah dengan mengatur jadwal makan dan asupan nutrisi yang masuk. Rasanya susah sih kalau lagi membolang. Karena saya cenderung makan apa adanya, yang penting kenyang dan dekat belinya. Namun, saya usahakan makan sehat dan seimbang. Entah itu makanan dari hotel atau order memakai ojek online.

#breakfast #mealtime #eatclean

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

#Granola with dried fruits and flaxseeds #eatclean #cleaneating #eatingclean

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Pindah hotel

Ini bagian puncak kesenangan. Setelah bersusah-susah dahulu, kita baru senang-senang. Mengalami menginap di hotel sederhana, diakhiri dengan menginap di hotel mewah. Anak-anak juga senang. Saya sudah menyiapkan pakaian renang untuk si kecil. Dia sudah tidak sabar untuk berenang, karena awalnya di hotel budget itu tidak ada kolam renang, dan selalu merengek. “Ayo bunda, aku pengen renang.”

Begitu sampai di hotel yang ada kolam renangnya, si kecil berseru “Wow, bagus banget, Bunda!”

Mendengar ia takjub, saya jadi terharu.

Setelah berakit-rakit ke hulu kini berenang ke tepian… kolam.

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

#granmelia #granmeliahotel

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

#cottoncandy #gift #granmelia

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Sampai titik ini, badan saya mulai goyah. Pilek menyerang. Biasa kalau kecapean, tubuh memberi warning harus segera isirahat. Biar namanya cuma pilek, aktivitas tergangggu banget. Mata saya jadi berair, membengkak, wajah kemerahan, bersin-bersin tiada henti. Mana hidung serasa ingin digaruk terus. Padahal besoknya waktunya bersenang-senang bersama anak-anak.  Saya jadi sadar, kesehatan adalah momen yang berharga. Kalau sudah sakit nggak bisa ngapa-ngapain. Kerja nggak enak, jaga stan nggak enak, apalagi buat ngejar anak-anak kalau kemana-mana.

Saya gak boleh kalah sama penyakit. Kelelahan bagi saya adalah penyakit yang harus dipulihkan. Suplemen-suplemen peningkat imunitas alami dari madu saya minum. Tak lupa tambahan multivitamin mineral untuk proses penyembuhan. Karena dari makanan yang sembarangan sangat minim kandungan vitamin mineralnya. Paling juga kebanyakan karbohidrat dan lemak buruk.

Oh ya, sebenarnya tak hanya kelelahan yang mengakibatkan tubuh membutuhkan nutrisi bergizi.  Ketika sembuh dari sakit pun kita butuh proses pemulihan. Sakit apapun. Mana ada orang sakit, ketika sudah sembuh langsung bisa segar? Paling tidak dia butuh waktu. Misalnya nih, saya sendiri dengan pengalaman flu saya. Kalau saya sudah terserang flu, biasanya cairan di hidung itu nyasar ke tenggorokan dan dada. Akibatnya saya batuk dan sesak napas. Aduh, tidak nyaman sekali kalau sudah sesak napas. Napas sangat susah, belum lagi bicara. Tapi sehari dua hari sesaknya reda, bukan berarti saya sembuh total. Meski saya sudah bisa bekerja lagi, masih ada sesak yang tersisa meski hanya sedikiiit sekali. Tubuh pun masih lemas, hanya aktivitas ringan saja yang bisa dikerjakan. Oleh karena itu, tubuh perlu nutrisi tambahan agar pulih.

Mengapa perlu vitamin dan mineral penting untuk penyembuhan?

Kita membutuhkan vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selama sakit, kita pasti kekurangan vitamin. Kenapa? Pertama, selama sakit pasti kita tidak nafsu makan. Akibatnya kita makan hanya sedikit. Sementara untuk memerangi penyakit kita butuh nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Jika kita tidak makan dengan benar seperti saat sakit ini, cadangan vitamin dan mineral terus terkuras. Nah, semasa penyembuhan setelah sakit, vitamin dan mineral semakin dibutuhkan. Apalagi, kalau makanan yang kita makan apa adanya seperti nasi plus lauk saja tanpa sayur. Buah juga jarang. Jadi, perlu sekali tambahan vitamin dan mineral dari luar berupa suplemen.

 

mengapa perlu vitamin mineral untuk penyembuhan

Nah, jika kita hendak mengonsumsi suplemen untuk mempercepat penyembuhan perhatikan tips-tips berikut:

  1. Perhatikan labelnya, yaitu manfaat produk, komposisi, dosis per hari, cara menyimpan, peringatan pemakaian. Semua harus jelas tertera di kemasan.
  2. Teliti kehalalannya. Agar lebih plong bagi yang muslim. Karena produk farmasi masih jarang sekali yang bersertifikat halal. Apalagi jika dikemas dalam kapsul yang biasanya mengandung gelatin. Kita kan belum tahu apakah gelatinnya halal atau tidak.
  3. Periksa kelegalan registrasinya. Ini penting. Kadang ada suplemen yang bahkan menyatakan botanical atau organik impor, tapi tidak ada registrasi dari BPOM. Lama-lama ada isu kalau suplemen tersebut dilarang.
  4. Cek kadaluarsanya, lebih baik beli yang masih lama masa kadaluarsanya.

Ingat suplemen vitamin mineral, saya jadi ingat Theragran–M. Theragran-M merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Sekarang, ini yang menjadi andalan saya, karena Theragran-M memiliki beberapa kelebihan.

Theragran-M
Theragran-M

Mengandung Vitamin

Theragran-M mengandung vitamin lengkap baik yang larut air maupun larut lemak. Dalam Theragran-M ada vitamin A, D, B1, B2, B3 (niasin), B6, B12, kalsium pantotenat, C dan E. Berikut peran-peran vitamin tersebut dalam proses penyembuhan.

  • Vitamin A berperan penting menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Terdapat 10.000 SI vitamin A dalam Theragran-M.
  • Vitamin B1, menjaga kesehatan, membantu proses pembakaran karbohidrat menjadi energi, membantu proses metabolisme protein dan lemak. Dalam Theragran-M ada Vitamin B1 sebanyak 10 mg.
  • Vitamin B2 berperan sebagai komponen Koenzim Flavin Mononukleotida dan Flavin Adenine Dinukleotida. Kedua enzim ini berperan penting dalam regenerasi energi bagi tubuh, dan oksidasi asam lemak dan juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. Theragran-M mengandung 10 mg Vitamin B2.
  • Vitamin B3 (niasin), berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein untuk menghasilkan energi dan terlibat dalam netralisasi racun. Vitamin B3 dalam Theragran-M sebanyak 100 mg.
  • Vitamin B5 (kalsium pantotenat), berperan sebagai koenzim A yang berguna dalam banyak metabolisme pelepasan energi. Terdapat 20 mg vitamin B5 dalam Theragran-M.
  • Vitamin B6, berperan dalam sintesis energi dan metabolisme nutrisi serta memproduksi antibodi sebagai sistem pertahanan tubuh (imunitas). Theragran-M mengandung 5 mg Vitamin B6.
  • Vitmin B12, untuk metabolisme energi tubuh, ikut menjaga dan memelihara kesehatan sel saraf, serta ikut berperan dalam pembentukan molekul DNA dan RNA. Sebanyak 5 mcg Vitamin B12 ada dalam Theragran-M.
  • Vitamin C, merupakan antioksidan yang menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit serta infeksi. Theragran-M mengandung dosis Vitamin C 200 mg yang mencukupi hingga 333% kebutuhan harian.
  • Vitamin D mengandung kalsitriol yang berfungsi sebagai immunomodulator untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Theragran-M mengandung vitamin D 400 SI.
  • Vitamin E, merupakan antioksidan dan menjaga kesehatan jaringan tubuh mulai dari mata, sel darah merah, hati dan jaringan kulit. Vitamin E dalam Theragran-M sebanyak 15 SI.

Mengandung Mineral Esensial

Theragran-M mengandung yodium, zat besi, tembaga mangan, magnesium dan, seng (zinc). Beberapa mineral esensial yang tidak diproduksi tubuh ini sangat penting untuk proses penyembuhan. Selain itu, mineral-mineral ini berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan beberapa vitamin.

Zat besi berfungsi mengoptimalkan penyerapan vitamin C. Sehingga berperan penting pula untuk penyembuhan dan kekebalan. Selain itu, jika kita kekurangan zat besi kita akan cepat merasa lelah karena okigen yang masuk ke otot dan sel tubuh juga kurang. Sebab, zat besi ada dalam sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen.

Magnesium merupakan mineral penting untuk menyerap Vitamin C dan D. Magnesium diperlukan oleh kurang lebih 300 fungsi metabolisme tubuh agar bekerja normal. Namun biasanya kita kekurangan magnesium. Terlebih karena magnesium ini merupakan mineral yang esesnrial, artinya tidak diproduksi oleh tubuh melainkan harus didapat dari makanan. Ketika kekurangan magnesium yang sangat penting dalam ratusan fungsi metabolisme tubuh itu, sistem imun juga kewalahan untuk menjaga metabolisme dari serangan penyakit.

Seng atau zinc juga penting dalam proses penyembuhan. Zinc ikut berperan dalam sintesis protein serta membantu dalam hal pengaturan produksi sel dalam sistem kekebalan tubuh. Zinc mampu merangsang sel darah putih yang nantinya akan mempercepat proses penyembuhan serta membuat tubuh kita terbebas dari infeksi.

Dosis Pas

Saya perhatikan urin seharian setelah minum Theragran-M warnanya biasa saja. Biasanya, jika minum vitamin, urin pasti akan menjadi kuning pekat dan berbau obat. Hal ini mungkin karena kandungan vitaminnya pas, tidak terlalu tinggi sehingga tidak banyak yang terbuang.

Halal

Theragran-M sudah bersertifikat Halal MUI dengan nomor registrasi 00280032151004. Produk farmasi yang dijamin halal masih jarang, lho. Jadi, mengonsumsi Theragran-M ini plong sekali, tidak was-was akan status halalnya.

Rasanya Manis

Rasa manis dari Theragran-M membuat saya tidak memejamkan mata saat menelannya. Jika suplemen lain biasanya harus segera ditelan karena rasanya pahit. Sementara Theragran-M bisa berlama-lama di lidah karena merupakan tablet bersalut gula.

Mudah ditelan

Ukuran Theragran-M sedang dan pas di mulut dan kerongkongan saya. Jadi, mudah untuk menelannya dengan sekali teguk.

Theragran M salut gula
Tablet Theragran-M bersalut gula

Informasi Produk Jelas

Informasi pada kemasan tertera dengan jelas. Bagian depan kemasan tercantum logo lingkaran biru yang artinya obat bebas terbatas. Selain itu juga terdapat informasi produsen, banyaknya isi produk, dan logo halal. Di bagian belakang kemasan kita bisa melihat komposisi dan kandungan-kandungan vitaminnya, lengkap dengan berapa kecukupan gizinya. Pada bagian belakang kemasan juga terdapat deskripsi kegunaan produk, yakni membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit. Juga terdapat takaran penggunaan yang cukup diminum sekali sehari atau menurut petunjuk dokter, cara penyimpanan, produsen, dan peringatan.

kemasan depan theragran
Kemasan depan
Theragran-M
Kemasan belakang

Theragran-M teregristrasi BPOM dengan No reg. DTL1224403416A1 yang jelas tertera di belakang kemasan. Kode DTL menunjukkan Theragran-M merupakan obat merek dagang, bebas terbatas, dan diproduksi lokal.

Pada kemasan primer strip juga ada kejelasan mengenai merek, logo halal, BPOM, harga eceran tertinggi, kode produksi, tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa. Yang penting nih, masa kadaluarsanya. Jadi kalau kemasan luarnya hilang, tinggal stripnya saja, kita gak ragu karena bisa langsung melihat di badan strip kapan Theragran-M kadaluarsa.

theragran strip
Kode produksi, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, dan harga eceran tertinggi di kemasan strip.

Lebih baik Anda siap sedia Theragran-M selama perjalanan, jaga-jaga jika nanti sakit, atau menjaga kondisi tubuh agar selalu fit. Siap tangguh tahan banting selama perjalanan. Setelah sakit pun, Theragran-M sangat bermanfaat untuk mengembalikan kondisi tubuh. Bisa cepat segar kembali, bisa cepat loncat-loncat, bisa semakin tangguh!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.

Be Sociable, Share!
Posted on: October 7, 2016, by : li partic

27 thoughts on “Menguntai Perjalanan Tahan Banting, Bisnis Menjadi Wisata

  1. ibu hebat dan tangguh butuh banget vitamin bagus untuk daya tahan tubuh ini ya mbak. Sepakat, wisata jalan terus, travelling jalan terus, tubuh disupply vitamin biar fit dan bisa lakukan apapun bersama keluarga ya mbak.

  2. Mbaaaaaak anakmu bikin gemassss. Mbak Li, gak nyangka ekspresif bgt kalau foto wkwkwkwkw syantikk

    (Bisa cepet loncat2 wkwkwkwk)

    God bless u mbak :*

  3. Waaaaa… Mbak Li Partic menng banyak ya mbaa… :) Seneng liatnya, bisa bisnis tetep bawa anak dan menyempatkan liburan di akhir perjalanan, kerjaan beres dan anak-anak happy ya, emaknya juga tetep sehat… Makasih sharingnya mba, so inspiring :)

  4. Ditengah kesibukan segala aktivitas harus tetap menjaga yang namanya kesehatan karena kesehatan adalah modal penentu segala aktivitas kita agar dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal.

  5. Theragran-M emang membantu banget buat memulihkan kondisi sakit, aku pun sudah mencobanya. Bahkan saat sehat pun bisa di konsumsi sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

    Btw komen baliknya ya di artikel theragranku juga :-)

  6. Alhamdulillah saya juga cocok dengan Theragran ini. Minggu kemaren gak enak badan. Dan setelah minum vitamin ini badan kembali fit. Yang bikin milih Theragran ini, selain bagus juga karena sudah halal ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *