Month: May 2017

Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Wanita hamil atau menyusui pasti ada yang mupeng ingin berpuasa saat Ramadhan. Sayangnya, kadang keadaan tubuh menjadi lemah ketika tidak ada asupan yang masuk. Kenapa bisa lemah, lemas, letih, lesu kalau nggak makan?

Kita lihat saja ibu hamil. Ibu hamil selain memerlukan energi untuk aktivitas tubuhnya sendiri, ia juga memberi makanan pada janinnya. Tak heran kebutuhan kalori per harinya lebih besar daripada wanita yang tidak hamil. Ibu hamil pun akan cepat lapar setelah energi terkuras menghidupi dua nyawa (dirinya dan janinnya) atau bisa lebih jika janinnya kembar. Fyi, kebutuhan kalori ibu hamil per hari bisa mencapai 2500 kkal. Kan, normalnya wanita biasa membutuhkan energi 1500-2000 kkal. Nah kalau hamil perlu tambahan 200-500 kkal, gitu.

Begitu juga ibu menyusui. Jangan sepelekan aktivitas menyusui yang cuma duduk diam sambil fesbukan menyusui itu. Dalam sehari, kegiatan menyusui itu bisa membakar kalori hingga 6.000 kkal. Wiiih, ini sih sama dengan latihan aerobik 2 jam! Jadi wajar kan, kalau pas puasa banyak yang gak kuat sampai maghrib?

Alhamdulillah, dalam Islam ada keringanan dalam hal puasa wajib ini. Seperti musafir, wanita hamil dan menyusui juga mendapat keringanan untuk tidak berpuasa. Dalil yang menunjukkan hal ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَضَعَ عَنِ الْمُسَافِرِ شَطْرَ الصَّلاَةِ وَعَنِ الْمُسَافِرِ وَالْحَامِلِ وَالْمُرْضِعِ الصَّوْمَ أَوِ الصِّيَامَ

“Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla meringankan setengah shalat untuk musafir dan meringankan puasa bagi musafir, wanita hamil dan menyusui.” HR. An Nasai no. 2275, Ibnu Majah no. 1667, dan Ahmad 4/347. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih.

Namun, jika ibu hamil atau ibu menyusui tetap ingin berpuasa silahkan saja asal kondisi tubuhnya dan kondisi bayinya sehat walafiat. Kondisi yang dimaksud ini adalah SEHAT dan KUAT.

Sebuah penelitian pada tahun 2006 terhadap ibu yang menyusui bayi berusia 2-5 bulan yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan antara jam 5 pagi sampai jam 7.30 malam menemukan bahwa bayi-bayi yang disusui selama Ibu-nya berpuasa perkembangannya tidak terpengaruh, serta kandungan macronutrient ASI seperti karbohidrat, lemak dan protein juga tidak terpengaruh. Perubahan yang terjadi adalah pada beberapa kandungan micronutrient ASI yaitu zinc, magnesium dan potassium mengalami penurunan. Hasil ini juga sejalan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan di sebuah kota di Uni Emirat Arab (UEA) , di mana sampel penelitian adalah Ibu menyusui dengan kondisi badan yang sehat dan penelitian dilakukan selama dan setelah bulan Ramadhan. Catatan tambahannya bahwa 3 kandungan micronutrient ASI yang mengalami penurunan ini dibutuhkan bayi dalam jumlah yang kecil, tidak seperti kandungan macronutrient ASI yang dibutuhkan bayi dalam jumlah yang besar untuk energy & pertumbuhan.

Penelitian lain yang pernah dilakukan, tidak hanya meneliti kandungan ASI serta efek nya pada bayi tapi juga meneliti kondisi Ibu menyusui. Sampel penelitian adalah 48 Ibu menyusui yang sehat dan juga bayi sehat berusia 1-6 bulan. Index massa tubuh Ibu menyusui tidak berubah secara signifikan. Hasil lainnya adalah Ibu menyusui selama bulan Ramadhan pemasukan kalori dan beberapa nutrisi kecuali protein, Vitamin A dan C berada di bawah standar kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk Ibu yang sedang menyusui.

Pada tahun 1983 pernah dilakukan penelitian terhadap Ibu menyusui di Afrika Barat yang berpuasa selama bulan Ramadhan. Hasilnya adalah produksi ASI tidak terpengaruh dan beberapa hal dalam komposisi ASI berubah. Para Ibu menyusui tersebut cenderung untuk minum lebih banyak sepanjang malam untuk mengurangi efek dehidrasi selama berpuasa. Tubuh wanita menyusui membuat beberapa adaptasi metabolik selama puasa jangka pendek untuk memastikan bahwa produksi ASI tidak terpengaruh.

Jadi, jika si kecil masih masa ASI Eksklusif sangat disarankan untuk tidak berpuasa lebih dahulu. Biarkan si kecil menikmati makanannya melalui ASI. Jangan hanya karena keinginan ibu bersikukuh berpuasa lalu si kecil diselingi susu formula.

Bagaimana Tanda-Tanda Ibu Hamil dan Menyusui Yang Kuat Berpuasa?

Jika ibu hamil, gampang mengenali tanda-tandanya. Apakah ibu lemas? Gemetar? Kalau terjadi, batalkan saja puasanya. Terutama bagi ibu hamil di semester akhir kan harus banyak hidrasi. Agar cairan ketuban normal. Biasanya kan keadaan gawat itu diumumkan ketika hamil tua, cairan ketuban cepat berkurang, kalau sudah habis langsung ditodong operasi sama dokternya 😀 Selain itu, perhatikan gerak janin, pantau terus dan hasilnya harus senantiasa aktif.

Ibu menyusui sih hampir sama tandanya apakah dia mampu berpuasa atau tidak. Kalau dilihat dari kondisi ibu, ibu yang tidak mampu berpuasa hingga adzan maghrib berkumandang itu ya lemas, gemetar, kayak habis lari keliling lapangan 3 kali :p

Jika dilihat dari kondisi bayi, ini yang agak ribet. Meski demikian, ibu wajib memantau ciri-ciri ini.

  1. Pola dan Frekuensi BAK dan BAB. Bayi yang masih ASI eksklusif akan kencing minimal 6 kali sehari. Kalau mau tahu cukup ASI atau tidak, pakaikan popok kain dulu. Saya tidak bahas BAKnya bayi 1 hari atau seminggu ya. Soalnya kan si ibu pasti masih nifas gitu loh! Kalau BAB-nya, bentuk yang normal ya normal. ASI baik-baik saja. Misalnya jika bentuknya seperti bubur warna kuning kecoklatan, atau berbuih, atau encer ada penampakan biji cabe. That’s OK.
  2. Pertambahan berat badan bayi. Normalnya minial naik 500 per bulan selama masa ASI eksklusif. Hmm, tapi puasa cuma sebulan kok. Jadi yang paling gampang pantau BAK-nya ya.
  3. Perhatikan kerewelan bayi. Tapi ini tidak 100% akurat. Soalnya bayi rewel kadang karena cuaca panas, kedinginan karena tidak sehangat waktu di rahim ibu. Jadi lagi-lagi BAK-lah yang penting untuk dipantau.
  4. Jangan pakai patokan banyaknya ASI perah. Karena ini sangat tidak akurat. Bisa karena si ibu tidak mahir memerah, juga bisa karena ASI tidak 100% habis karena pemerahan.

Ingat, jangan berdalih mentang-mentang ibu hamil dan menyusui dapat rukhshah ga berpuasa ada di hadits, lalu langsung memilih ga berpuasa. Cobalah dulu 1-3 hari. Atau bolong-bolong kayak puasa Daud. Kuatkah? Bayi baik-baik sajakah?

Nah, agar puasa ibu hamil dan ibu menyusui powerfull, ini saya kasih tips.

Niat dan doa

Ya, iyalah puasa diawali niat. Eh, tapi ini bukan membahas niat dilafalkan atau tidak. Maksudnya, ya harus ada tekad yang kuat dari ibu. Mau puasa ya puasa, jangan lirak-lirik galon air atau sering-sering buka kulkas hahaaa. Tetap perhatikan keadaan bayi bagaimana. Selain itu, berdoalah pada Allah agar dikuatkan dan dilancarkan tanpa hambatan sapai waktu berbuka tiba.

Penuhi Asupan Gizi Seimbang

Ibu hamil dan menyusui perlu makan lebih banyak, namun tergantung masing-masing individu. Meski harus lebih banyak, perhatikan komposisi keseimbangan antara karbohidrat, lemak, protein, dan zat-zat mikro seperti vitamin mineral.

Jangan mentang-mentang ibu menyusui biar senang, oksitosin mengalir lancar, lalu pilih nasi dengan bebek 5 potong, penutupnya es krim 500 ml. Itu namanya berlebihan T_T

Percaya tidak? Ibu dengan status gizi baik dan status gizi kurang (bukan buruk) komposisi ASI-nya sama-sama berkualitas? Tapi masalah kuantitas, ASI bisa berkurang saat ibu berpuasa. Sehari-hari, ASI diproduksi dengan mengambil nutrisi dari tubuh ibu.  Ketika asupan makan ibu berkurang misal telat makan, atau berpuasa, maka zat-zat yang menyusun ASI juga berkurang dan berakibat menyusutnya ASI.

Oleh karena itu, susunlah menu yang seimbang. Ada nasi tapi tidak berlebihan, ada lauk sebagai sumber protein, buah, dan sayur. Contohnya seperti piring berikut ini. Bisa disesuaikan jika Anda menganut diet sehat lainnya, asal kalori memenuhi.

 

Komposisi menu gizi seimbang

 

Perbanyak Serat Agar Tidak Mudah Lapar

Terutama saat sahur. Konsumsi makanan kaya serat. Bukan hanya buah dan sayur saja. Ganti beras putih dengan beras merah. Beras merah ini mengenyangkan lebih lama. Jadi, sebaiknya hindari beras putih dan mi (baik mi instan maupun mi basah).

Belilah beras merah organik yang dikemas vakum. Beras macam ini tidak langu, tidak keras, memasaknya mudah. Saya hanya menambah air 2 kali lebih banyak saat memasak beras. Tidak perlu cara ribet merendam semalaman, menambah daun salam, pandan, atau yang lainnya.

Makan kurma saat sahur dan berbuka

Makan kurma dengan jumlah ganjil saat sahur. Insya Allah akan menguatkan puasa siapa saja, baik ibu hamil, menyusui, laki-laki, atau perempuan biasa (bukan bumil busui). Kurma yang direkomendasikan adalah yang berukuran sedang atau besar macam Medjol.

Beli kurma yang asli ya, jangan yang olahan dengan tambahan sirup, atau kurma yang kering sekali sehingga susah digigit. Kalau saya mengandalkan kurma Sukkari yang dikemas. Mereknya Siafa (dulu Alalwani). Rasanya ga begitu manis, dagingnya empuk, pangkalnya krispi seperti biskuit. Jadi nggak enek makannya. Biasanya kan enek karena terlalu manis, ya kan?

kurma sukkary siafa alalwani

Tetap makan 3 kali dan snack 2 kali

Makan tiga kali itu: Sahur, Buka puasa, setelah tarawih.

Habis buka puasa terus makan nasi lagi apa ga kenyang banget? Tentukan kadar ‘kekuatan makan’. Jika sudah kenyang ya tidak sah berlebihan. Tapi biasanya cepat lapar loh.

Jika melihat panduan sunnah, berbuka dengan kurma atau cukup air putih saja. Jadi menu berbuka atau yang disebut makan ketika buka adalah bisa dengan kurma saja. Boleh satu, tiga, lima, atau tujuh.

Ketika bangun malam karena bayi minta menyusu atau saat pumping dini hari, boleh-boleh saja makan cemilan atau makanan ringan seperti kurma, kue basah, atau yang sehat lainnya (kacang-kacangan, buah). Hitung ini sebagai waktu snacking atau makan kecil.

 

Cukupi kebutuhan Cairan

Ibu menyusui membutuhkan 3,1 – 3,8 liter cairan. Bukan air putih saja. Cairan bisa berasal dari sup, kandungan air dari buah, kuah-kuah makanan. Jangan hitung teh, kopi, dan soda sebagai cairan, karena jenis-jenis minuman tersebut bisa mengakibatkan dehidrasi. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari teh, kopi, dan soda.

Siapkan ASI Perah

Sebelum Ramadhan, ada baiknya menyiapkan ASI perah untuk jaga-jaga jika Anda tidak percaya diri menyusui saat Ramadhan apakah mencukupi atau tidak. Terkadang bayi bisa rewel jika masih kelaparan. Pasokan ASI perah sangat membantu mencukupi kebutuhan hariannya.

Jangan berikan ASI dengan dot agar tidak bingung puting. Berikan ASI perah (ASIP) dengan bantuan orang lain, bukan ibunya sendiri yang memberi ASIP. Jangan tunggu bayi nangis kejer, karena akan susah diminumkan ASIP.

Jika si kecil berusia lebih dari 6 bulan sehingga sudah waktunya MPASI maka Anda bisa memaksimalkan pemberian makan dan minum selain ASI.

Utamakan Menyusui Secara Langsung

Hisapan bayi akan semakin merangsang produksi ASI. Saat dini hari, produksi ASI sedang banyak-banyaknya. Manfaatkan kesempatan ini. Perah ASI terlebih dahulu, kemudian bangunkan bayi untuk menyusu langsung.

Minum Suplemen tambahan

Jika merasa sadar diri makanan yang dimakan tidak begitu bergizi, suplemen bisa jadi andalan. Terutama masalah pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral. Selain itu, suplemen ini bisa meningkatkan imunitas ibu agar tidak gampang sakit.

Pilih suplemen yang halal dan legal. Selain itu, pilihlah yang alami terlebih dahulu. Misalnya madu, tablet bee pollen yang mengandung vitamin dan mineral lengkap, minyak ikan, minyak zaitun, dll.

Agar powerfull saat puasa #eatclean

A post shared by Eat Clean ID (@eatcleanid) on

Minum Nabeez dan Nabeez Shake Saat Sahur

Nabidz, Nabeez, Naqi istilah kerennya Infused Water dari kurma. Siapapun yang minum ini (tidak hanya bumil busui) akan lebih bertenaga menjalani puasanya. Ibu hamil dan menyusui tidak mudah lemas, ASI menjadi deras, bayi tidak rewel, Insya Allah.

Nabeez merupakan air rendaman kurma. Pastikan air ini belum berbuih, takutnya jika berbuih, kandungan gulanya sudah berubah menjadi alkohol.

Cara membuat Nabeez:

1. Siapkan 7 butir kurma buang bijinya.
2. Rendam dalam air selama 7 jam (bisa dari isya’ sampai sahur)
3. Biarkan di suhu ruang atau dalam kulkas.

Sampai tahap ini air kurma 7 jam ini disebut Nabeez.

Agar Nabeez lebih nikmat:
4. Siapkan susu. Pilih susu kambing, atau susu sapi segar/paterisasi/UHT.
5. Campur air rendaman kurma (nabeez) + kurmanya + susu sesuai selera dengan blender.

Jadilah Nabeez Shake

Nabeez shake bisa dinikmati seluruh keluarga. Khusus busui campur Nabeez shake ini dengan ASI Booster Tea agar ASI semakin powerfull!

Jus kurma nabeez asi booster tea
Inilah jus kurma. Percaya gak kalau ASI Booster Tea jadi nikmat banget dicampur nabeez shake?

 

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Jangan terlalu memaksa jika tidak mampu. Puasa dan menyusui sama-sama perintah Allah. Perhatikan juga hak bayi.

Lalu bagaimana jika tidak berpuasa? Bayar utang puasa dengan qadha’ atau fidyah? Jawabannya ada di sini.

 

Salam,

Li Partic

Child birth educator & Breastfeeding Consultant

Prive Uri-Cran, Mengatasi dan Mencegah Anyang-Anyangan Berulang

Prive Uri-Cran, Mengatasi dan Mencegah Anyang-Anyangan Berulang. Sebagian wanita pasti pernah mengalami anyang-anyangan, yakni masalah saat kencing. Hal ini karena, anatomi saluran kemih wanita lebih rentan terinfeksi bakteri E. coli. Ketika buang air kecil, ada rasa sakit di saluran kemih, buang air juga tidak sampai tuntas, sehingga mengakibatkan penderita bolak-balik buang air kecil. Jika terus dibiarkan, maka akan timbul infeksi saluran kemih.

“Aku pernah kena infeksi saluran kemih (ISK). Gampang saja. Tinggal ke dokter beres. Aku diresepkan antibiotik. Alhamdulillah sembuh. Eh, tapi kok anyang-anyangannya itu kambuhan ya? Terus coba-coba minum Prive Uri-Cran. Ternyata membantu banget. Ayang-anyangannya ga kambuh-kambuh,” ujar seorang teman.

Mungkin bagi Anda yang pernah merasakan infeksi saluran kemih maupun nyang-anyangan penasaran. Kok bisa sih kena? Kenapa bisa terjadi berkali-kali? Sudah sembuh kok bisa kambuh lagi? Obatnya apa? Baiklah saya akan bahas dari pangkal hingga ujung.

Anyang-Anyangan dan Infeksi Saluran Kemih

Anyang-anyangan adalah sering kencing atau buang air kecil, urin yang keluar sedikit dan keruh, dan ada rasa sakit saat buang air kecil. Anyang-anyangan merupakan gejala awal dari infeksi saluran kemih. Jika anyang-anyangan terus dibiarkan akan timbul infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada organ yang terlibat dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Berdasarkan gejalanya, ISK dapat dibagi menjadi dua, yaitu ISK bagian bawah dan ISK bagian atas. ISK bagian bawah adalah infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Sedangkan ISK bagian atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.

Wanita Lebih rentan

Perbedaam Organ Sistem Kemih Pada Pria dan Wanita

Sebenarnya, infeksi saluran kemih dapat menyerang anak-anak, dewasa, ibu hamil, hingga usia lanjut. Antara wanita dan pria, ISK lebih banyak terjadi pada wanita. Hal ini karena saluran kemih wanita sangat dekat dengan anus.

Penyebab Anyang-anyangan

Bagaimana terjadinya urin? Urin atau air kencing ini berasal dari penyaringan darah di dalam ginjal. Kotoran kemudian dikeluarkan berupa urin.  Urine tersebut mengalir dari ginjal melalui ureter ke tempat penampungan yang disebut kandung kemih. Saat akan buang air kecil, urine dikeluarkan melalui uretra.

Sebagian besar, yaitu sebanyak 90% dari kejadian ISK, E. Coli bertanggung jawab menjadi penyebab. Sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E. Coli yang umumnya hidup di dalam saluran cerna.  Saat buang air besar E. coli ikut keluar bersama kotoran. Di sinilah kesempatan E. coli memasuki saluran kemih. Biasanya, ketika seseorang membersihkan anus, saluran kemih juga ikut tersentuh.

ISK juga bisa terjadi karena iritasi setelah berhubungan seksual dan akibat terganggunya kinerja pengosongan urin oleh kondisi tertentu.

Mengatasi susah buang air kecil dengan Cranberry

Cranberri adalah saudara blueberri, berasal dari Amerika Utara. Buah ini kaya akan antosianin, vitamin C, dan antioksidan pencegah lainnya. Hal ini membuat cranberry terkenal di era 1980-an sebagai pencegahan yang efektif nan ampuh untuk ISK. Campuran antioksidan di dalam cranberry menghambat bakteri sepeeti Escherichia coli menempel pada sel yang melapisi dinding kandung kemih dan uretra. Sehingga jika tidak menempel, maka tidak ada infeksi.

Nah, karena di Indonesia ini jauh dari Amerika sana, pastinya sangat jarang ditemukan ya buah cranberry ini. Untungnya, Combiphar punya produk untuk mengatasi dan mencegah anyang-anyangan kambuh berkali-kali. Namanya Prive Uri-Cran.

Prive Uri-Cran tersedia dalam dua bentuk yaitu:

  1. Prive Uri-Cran kapsul, yang berisi ekstrak cranberry.

2. Prive Uri-cran Plus yang merupakan minuman menyegarkan mengandung eksrak cranberry dan probiotik.

Surabaya Patata: Cake Baru Yang Bebas Gluten

Surabaya Patata, oleh-oleh baru setelah Surabaya Snowcake ini masih terasa aura keseruan setelah Grand Openingnya. Sudah tahu, kan? Cake ini adalah bagian bisnisnya duo bersaudara Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi.

Di sela-sela kesibukan saya bersih-bersih rumah, sebenarnya duo boys terserang batpil. Saya coba terapikan mereka dengan pijat di Mom N Jo dengan ambil paket pijat pediatrik. Selesai pijat, kok masih sore ya? Melipirlah ke daerah Dharmahusada. Soalnya penasaran, apa iya masih ramai antrian setelah grand launching Surabaya Patata?

Ternyata benar! Saya turun dari mobil duluan. Antrian sudah sepanjang hmmm… mungkin 15 atau 20 meter ya. Yanda dan duo boys masih cari parkir. Antrian segini paling cuma 20-30 menit kok. Lumayan cepat karena kasirnya ada tiga.

Insiden Masuk Got Trotoar

Setelah beberapa menit antri, datanglah duo boys: Tsaqiif dan Keikei. Adanya background pepotoan menjadikan mereka tertarik bermain di sana. Yang jadi pusat perhatian adalah Vespa kuning itu yang setipis papan itu. Wah, matching ya sama bajunya Keikei. Dia yang pilih bajunya sendiri loh, saya nggak pakein ^_^

Yang paling ga bisa diam adalah Tsaqiif. Kei sih sudah asyik sama Vesapanya. Coba perhatikan. Tsaqiif sedang berkhayal menjadi kereta api. Muncul sekelebat lalu menghilang secepat kereta ekspres, hehehe. Nah, saat menghilang itu, Yanda bingung. Kemana ya, Aqif?

Seketika orang-orang berteriak heboh “Eeeeee…”. Lantas saya menoleh ke belakang. Saya melihat Aqif terperosok ke dalam got trotoar! Aduh, mau nolongin kok antriannya eman sudah sampai tengah. Untunglah, Yanda sigap. Dan untunglah, gotnya tidak penuh air. Tsaqiif bisa dikeluarkan. No injury, tapi dia kaget.

“Gak dalem, ada groundnya,” jawab Aqif dengan bahasa Inodnesianya yang belum pas, setelah ditanya dalam gak? Ada airnya gak? Kakimu tenggelam?

Jadi, ceritanya tuh gini. Aqif bertindak sebagai kereta, jalan dari arah hotel MaxOne. Terus tiba-tiba dia nabrak papan karangan bunga yang buesaaar itu, dan terpelesetlah dia ke lubang got. Dalamnya sampai bahunya. Saya membayangkan di dalamnya banjir air, terus seluruh bajunya jadi hitam. Ohnooo… Alhamdulillah ternyata ga ada airnya. Dan untungnya kakinya nyampe ke tanah, jadi kakinya kotor sedikit.

Duh, bagi yang bawa anak-anak ke sini harap hati-hati ya. Soalnya kan jalanan lagi berbenah. Jadi trotoar itu masih lobang-lobang ada celahnya, belum selesai pembangunannya.Hmm, jadi ingat soundtracknya Thomas & Friends.

Accidents happen now and again, when people or trains get smart. If you don’t concentrate on the thing that you’re doing,: Accidents will happen just like that!

 

Kesempatan DISKON 50%

Aslih! Saya nggak tahu apa-apa tentang diskon. Namun, berharap masih ada diskon. Qadarullah, saya mendengar pembicaraan orang yang antri di depan saya dengan karyawan yang berdiri di dekatnya.

“Mas, promo facebook ini masih berlaku, ya?”

Berbekal hape yang sudah low batt, cepat-cepat saya buka Fanpage Surabaya Patata di Faceboook. Ternyata memang ada promo diskon 50% buat yang ngeshare. Hanya berlaku untuk 1 item saja. Jadi kalau beli lebih dari 1 yang lain gak didiskon. Promo ini juga berlaku di Instagram. Kayaknya selama bulan Mei ini. Duh, moga-moga masih sempat nunjukin ke kasir sebelum hape mati, batinku.

Satu akun satu diskon. Jadi nyesel, Yanda hapenya udah mati duluan. Niat beli dua padahal. Kan kalau Yanda ikut antri bisa dapat diskon juga >.<

Yah, syukurlah ya masih bisa dapat diskon lumayan Dari Rp. 68000 Surabaya Patata varian Black Patata (Oreo) jadi Rp. 34.000.

Sudah maghrib, perut keroncongan. Gak pulang ah. Makan di Grand City aja. Kayaknya di sana ada event. Yang ngantri Patata tadi pada bawa tas-tas goodie bag gitu. Ya, ada event Expo Indo Livestock International ternyata.

Gluten Free

Apa sih Surabaya Patata itu? Surabaya Patata adalah keik berbahan dasar tepung kentang. Jadi yang lagi diet terigu atau diet gluten, pas banget! Baca saja di kemasannya. Komposisi Surabaya Patata adalah gula, margarin, tepung kentang, dan telur.

Tekstur keik Patata ini lebih padat dibanding keik dari terigu. Soalnya kan dari kentang yah. Rasanya? Bintang 8 of 10 lah ya. Kalau dimakan cepat kenyang. Kalau mau nahan makan, makan patata aja.

Ngomong-ngomong tentang gluten, kenapa sih harus waspada dengan gluten? Gluten itu protein dalam gandum. Sebetulnya, saya masih heran aja kalau orang yang sehat menolak gluten. Gluten dicernanya 3 hari? Saya masih yakin kalau itu hoax per hari ini. Yang perlu diwaspadai itu makan berlebihannya. Kue-kue itu kan pasti manis. Gula akan melonjak drastis, pankreas kebingungan menurunkannya karena kondisi gula darah naik yang bikin ga nyaman kondisi tubuh.

Gluten itu harus dijauhi oleh penyandang autisme, penderita celiac disease, maupun intoleran gluten. Celiac disease sama intoleran itu beda loh. Penderita penyakit celiac kalau makan makanan yang mengandung terigu akan diare, perut kembung, sakit perut. Sedangkan intoleran gluten hanya sensitif. Gejalanya sih sama, tapi, intoleran gluten ga sampai usus kecilnya rusak.

Varian Surabaya Patata

Surabaya Patata dikemas dalam kemasan kotak. Saya suka pesan yang tertulis di sampaing kemasan, yaitu tentang instruksi makan. Seperti cuci tangan dulu, makan dengan tangan kanan, dan berdoa sebelum makan. Oh ya, biar kemasannya kotak, bentuk cakenya bulat (lebih tepatnya tabung pendek) dengan diameter 15 cm.

Kebetulan saya memilih Oreo alias Black Patata. Sesuai rekomendasi Aqif. Ya, kasihanlah habis jatuh dituruti aja keinginannya. Lalu apa saja yang lain? Ini lengkapnya…

  1. Nutela Patata
  2. Banana Peanut Patata
  3. Black Patata
  4. Cheese Patata
  5. Green Tea Patata

 

surabaya patata

 

Surabaya Patata Black Oreo

Kelebihan: Gluten Free, cepat mengenyangkan walau makan sepotong kecil.

Kekurangan: Tidak tersedia pisau roti.

 

SURABAYA PATATA

Jl. Dharmahusada No. 187 Mojo – Gubeng

Surabaya

Popok Terbaik Untuk Bayi Ada Di Tangan Ibu

Kali ini saya akan bahas tentang bayi lagi. Kenapa? Soalnya setiap kali saya nimbrung di WA grup, baca-baca status fesbuk, para mahmud alias mamah muda sering mengeluhkan susahnya dapat popok sekali pakai yang cocok buat bayinya. Hmm.. Ini sih saya juga pernah merasakannya. Saya sempat beberapa kali gonta-ganti merek popok buat bayi, karena banyak popok yang saya pilih ternyata nggak cocok dengan bayi saya. Ada yang susah nyari ukurannya, ada yang bikin ruam, dan alasan-alasan lain yang membuat saya memutuskan harus ganti merek popok.

Sebenarnya, popok terbaik itu ada ditangan ibu. Meski praktiknya popok itu dipakai di pantat bayi hehehe. Nggak cuma soal popok, semua yang berkenaan dengan si kecil, ibulah yang bertugas mencari yang terbaik untuknya. Perlu ketelitian dan pengetahuan yang cukup saat ingin membeli sesuatu untuk anak kita tercinta. Gak mau kan anak kita kenapa-kenapa hanya karena kita salah pilih barang atau makanan?

Jaman sekarang banyak ibu yang beralih menggunakan popok sekali pakai daripada menggunakan popok kain. Kebanyakan orang akan beralasan bahwa memakai popok sekali pakai itu lebih fleksibel. Kita tidak perlu mencuci dan menjemur popok kain yang bekas dipakai. Saya sendiri termasuk pengguna setia popok sekali pakai, karena saya bekerja sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga, belum lagi mengurus bisnis. Semua harus dilakukan dengan cepat dan praktis. Lama-lama mencuci popok kain itu membuang waktu, waktu pengeringannya pun lama.

Cerita sedikit waktu anak kedua saya lahir badannya mungil persis seperti saya. Pas umurnya memasuki usia satu bulan, saya memilih MamyPoko Extra Dry Newborn untuk bayi saya. Tapi itu juga nggak tiba-tiba, jatuh pilihan pada mamypoko ya. Sebelum saya memutuskan memakaikan MamyPoko, saya sempat pakaikan bayi saya popok sekali pakai dari brand lain. Ada saja alasan nggak cocoknya. Pertama karena bayi sering kena ruam. Ada lagi merek terkenal, dipakai cepat menggembung, padahal baru sebentar. Mungkin pipis sekali atau dua kali gitu. Yang satunya lumayan enak dipakai tapi harganya dua kali lipat dari yang lain. Bisa bangkrut lama-lama hahaha. Jadi saya pilih yang pas dikantong dan pas di bayi dong.

bayi mamypoko newborn
Senyum Bahagia Si Mungil

Saya jadi ingat sama pengalaman punya anak pertama. Saya selalu pakaikan popok yang harganya paling murah, nggak peduli bahannya seperti apa. Biar ruam-ruam ditahan-tahanin. Beda cerita sama si nomer dua. Aku riset dulu popok macam apa yang nyaman. Kasihan juga badannya lebih mungil dari kakaknya. Hehehe, aneh ya sudah punya pengalaman anak pertama tapi masih bingung juga masalah popok untuk anak kedua.

Akhirnya saya tanya sama adik ipar yang juga pengalaman punya bayi pertama lebih dulu dibanding anak nomer dua saya. Eh, ternyata dia juga punya pengalaman yang sama tentang popok. Selalu gonta-ganti popok karena ruam. Bayinya jadi rewel dan tidak nyaman bergerak.

Sampe akhirnya dia coba pakai mamypoko dan siapa yang sangka! MamyPoko  malah cocok sama bayinya. Mungkin karena dia breathable ya. Popok yang dicoba sebelumnya, permukaan luarnya itu plastik, ada yang seperti kain tapi tetap saja ternyata itu plastik, pori-porinya rapat. Karena cerita ini saya dengar langsung dari adik ipar, saya langsung tertarik coba pakaikan mamypoko buat bayi kedua saya. Dilalah, ada yang jenguk bayi dan ngasih kado MamyPoko. Dari situ saya keterusan. Setelah kado habis, saya beli sendiri (ya iyalah masak minta kado lagi :p). Saya langsung incar MamyPoko Newborn, ukurannya ada yang extra small, pas banget buat bayi saya yang mungil. Secara berat lahir cuma 2,7 kg dan usianya saat satu bulan beratnya hanya bertambah beberapa ons.

Yang saya senang dari mamypoko, dia punya berbagai macam ukuran untuk bayi dari yang kecil sampai yang besar. Pertama kali pakai, saya ‘galau-galau jangan’. Ruam, tidak, ruam, tidak. Kalau anak kesakitan rasanya kan luar biasa rewelnya. Bayangkan kita punya luka atau lecet di tubuh, tapi nggak ada yang bisa ngerti. Bayi bisanya nangis, nggak tau karena apa. Nah, kalau rewelnya karena kesakitan dan kita tahunya setelah sekian lama kan kasihan juga.

Tapi ternyata setelah diperhatkan berhari-hari, bayi saya aman-aman saja. Nangis gara-gara gak nyaman sama popoknya, sudah jarang. Popok dari MamyPoko ini bahannya lembut dan juga cepat kering, nyaman dipakai seharian. Pernah waktu itu saya ajak dia jalan-jalan ke rumah mertua dari pagi sampai sore, popoknya tetap kering dan dia juga nyaman gak kedengeran rewel sama sekali. MamyPoko ini adalah popok bermutu yang jadi idola kebanyakan ibu-ibu hahaha. Nyatanya,  memang MamyPoko itu cocok di kantong ibu-ibu dan cocok di bayinya.

Kalau buat saya pribadi sih MamyPoko ini popok terbaik ya buat bayi saya, nggak tau deh kalau yang lain. Yang jelas saya puas pakaikan MamyPoko ke bayi saya. Baik siang ataupun malam saya pakaikan, karena gak ada keluhan, dan nggak ada ruam. Kalau ganti paling 4 – 5 jam sekali. Alhamdulillah kulit bayi sehat dan gak pernah lecet sampe sekarang.

Hayyu Syar’i Skin Clinic: Pengalaman Pertama Yang Bikin Jatuh Cinta Akan Kesyar’iannya

Hayyu syar’i skin clinic adalah klinik kecantikan khusus wanita yang mengusung konsep sesuai aturan Islam. Awalnya saya tidak tahu sama sekali tentang Hayyu. Takdir membawa saya ke Hayyu karena rasa penasaran saya sewaktu melewati sebuah ruko beryuliskan HAYYU.

Kekepoan saya berlanjut dengan membuka instagram dan langsung mengetikkan nama hayyu. Keluarlah nama @hayyusyari di hasil paling atas. Ternyata ada banyak info menarik.  Apa saja yang membuat menarik? Ini dia…

  1. Akad jelas sejak awal

Kita sudah bisa tahu harga-harganya bahkan sebelum datang untuk perawatan.  Daftar harganya bisa didownload di webnya www.hayyu.id . Cukup terjangkau loh!

2. Khusus Muslimah

Dengan label khusus muslimah, kita akan merasa aman, terutama terlindungnya aurat kita dari penglihatan pria maupun wanita non muslim. Iya soalnya, kita treatmentnya di ruang tertutup.

Assalammu'alaikum Muslimah Hayyu, Alhamdulillah, hari jumat yang mubarak ini mari kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan banyak kenikmatan kepada kita tak terkecuali kenikmatan jasmani dan rohani. . . Muslimah Hayyu, Wanita identik dengan berhias. Ia ingin selalu terlihat cantik. Oleh sebab itu, banyak kita dapati klinik kecantikan yang siap memanjakan mereka. Karena mereka selalu menganggap kurang atas apa yang telah kita miliki. Namun, dengan berdirinya klinik kecantikan kecantikan, hal itu banyak membuat wanita melakukan penyimpangan dan hal-hal yang tak sepantasnya dilakukan muslimah. . Sejatinya, berdandan dan merawat tubuh sah-sah saja bagi wanita. Terlebih bagi mereka yang sudah bersuami. Tampil cantik di depan suami sangat dianjurkan. Hal itu demi menambah kelanggengan rumah tangga. Disamping itu, menyejukkan pandangan suami merupakan ibadah berpahala. Berdandan boleh-boleh saja asalkan tidak merubah ciptaan Allah. . "Allah melaknat wanita-wanita yang mentato dan yang meminta untuk ditatokan, yang mencukur (menipiskan) alis dan yang meminta dicukur, yang mengikir gigi supaya kelihatan cantik dan merubah ciptaan Allah." (H.R Muslim :3966.) . Dalam perawatan kecantikan Hayyu Syar'i Skin Clinic melayani dan membantu para muslimah untuk memelihara dan merawat kesehatan kulit dan wajah secara syar'i. . Hayyu Syar'i Skin Clinic
Ruko Sentra Kencana
Jl. Bung Tomo 8 kav. 26
Ngagel – Surabaya
(Dekat AJBS dan Marvell City)
.
Reservasi : ‪‪0813-3177-3177‬‬
Info Detail, kunjungi :
www.hayyu.id . . #tidakmerubahwajah #bersyukur #nikmatallah #hayyu #syari #skin #clinic #perawatan #beauty #treatment #skinclinic #skincare #muslimah #hijab #hijabers #hijabersmom #mom #surabaya

A post shared by KLINIK KECANTIKAN SYARI (@hayyusyari) on

3. Tidak menggunakan bahan haram

Bahan-bahan yang haram jelas najis dan dilarang ya untuk dipakai. Misalnya nih, babi, plasenta, dll. Alhamdulillah di sini bebas bahan-bahan itu.

Muslimah yang dirahmati Allah, Apakabar ? Semoga Allah berkenan untuk mensucikan hati kita dari segala kekotoran yang dapat membatalkan penghambaan kita kepada Allah. Karena Sesungguhnya, Dia-lah yang Maha Tahu tentang segala hal yang menguntungkan kita dan juga yang merugikan bagi kita. . Maka, Dia mengutus para Rasul-Nya agar menjadi tauladan bagi kita manusia. Dia juga yang Maha Tahu tentang mana yang halal dan yang diharamkan. Marilah kita coba dengan seluruh kemampuan kita agar selalu menjauhi segala larangan-Nya dan melaksanakan apa saja yang diperintahkanNya. . HAYYU Syar'i Skin Clinic, selalu memberikan perhatian khusus terhadap kualitas dan bahan, karena kehalalan akan membawa berkah bagi kecantikan Anda. . Hayyu Syar'i Skin Clinic Ruko Sentra Kencana Jl. Bung Tomo 8 kav. 26 Ngagel – Surabaya . Reservasi : 0813-3177-3177 Info Detail, kunjungi : www.hayyu.id . #halal #jauhdariharam #nowopen #syari #skinclinic #muslimah #hijab #hijabers #discount #surabaya

A post shared by KLINIK KECANTIKAN SYARI (@hayyusyari) on

4. Gratis treatment-treatment selamanya

Saya pun berniat suatu saat jika ada rezeki saya akan mencoba treament di Hayyu. Penasaran kan seperti apa kesyariannya. Dilalah. Eh, qadarullah, rezeki datang sehingga saya bisa melakukan treatment di sana.

“Assalamualaikum”

Saya disambut dengan salam dan senyuman dari resepsionis. Ah, saya suka ini. Sapaan selamat datang yang bukan sekadar ‘haloo’ tapi juga doa. Jujur nih ini kedua kalinya saya mengunjungi klinik kecantikan. Kunjungan pertama saya di klinik lain itu disambut dengan kata halo. Hahaaa agak gimana gitu dengarnya. Selamat siang sih masih lebih baik. Semoga barokah, ya.

hayyu skin clinic

Satu hal lain adalah musik. Emm. Tepatnya nasyid. Terkadang ada lagu dari Maher zain, ada nasyid tanpa musik. Yang jelas kearab-araban.

Kemudian saya dipersilahkan mengisi data pasien. Setelah itu, saya disuruh menunggu sebentar. Saya pun duduk di sofa tunggu yang tersedia. Saya amati pelayanan tunggunya. Ada beberapa majalah untuk dibaca di tempat, ada tisu, dan air mineral dalam botol. Iya botol bukan gelasan. Kereeen!

Tak lama menunggu saya dipersilahkan masuk ke ruang konsultasi. Konsultasi ini gratis. Saya menemui dr. Zahirah Rajab. Dokternya ramah. Saya ditanyai, ada masalah apa?

Nah, ini saya yang bingung. Saya anggap  gak punya masalah yang berarti dengan wajah saya. Artinya, saya tidak berjerawat, kecuali menjelang haid, komedo putih ada, tapi tidak terlalu berarti karena suka saya gosok-gosok sendiri. Akhirnya direkomendasikanlah treatment peeling. Tepatnya Gold Peel.

Saya menunggu lagi beberapa saat karena segala sesuatunya dipersiapkan untuk saya. Setelah itu, saya memasuki ruang yang bernama Ruang Maryam. Di dalam ruang yang bernuansa hijau tua itu terdapat bed untuk treatment, peralatan, rak, hanger, dan cermin yang bertuliskan doa sewaktu bercermin.

Sang asisten dokter pun datang. Setelah saya berbaring, ia menjelaskan akan dilakukan apa saja dalam paket gold peel. Yaitu Pembersihan wajah, massage, peeling, masking, dan pemakaian serum. Wajah saya pun dibersihkan. Di tengah-tengah proses cleansing, mbak asisten mengamati ada kulit yang gelodoki alias mengelupas. Dia pun bertanya “perihkah mbak?”

Hmm. Memang terasa perih sih, terutama di daerah hidung dan dagu. Kemudian dipanggilkan lagi dokter Ira yang tadi saya konsultasi dengannya. Dokter Ira mengamati, oh iya benar. Kulit saya sensitif dan kering terutama di daerah hidung dan dagu. Padahal di situlah juga tempat komedo bersarang.

Akhirnya, treatment peeling saya diganti dari Gold Peel menjadi Diamond Peel. Diamond Peel itu lebih bisa dikontrol ketebalan kulit mati yang akan dikikis. Alhamdulillah ya, jika ada treatment yang lebih ramah buat wajah saya.

Sebenarnya Diamond Peel ini adalah mikrodermabrasi. Tahu kan, mikrodermabrasi adalah jenis tindakan peeling atau pengelupasan lapisan atas kulit memakai alat yang terdapat kristal-kristal mikro di dalamnya. Tujuannya agar sel-sel kulit mati hilang dan tumbuh sel-sel yang baru yang lebih sehat. Di Hayyu ini spesial karena tidak sekadar mikrodermabrasi saja tapi ada treatment gratisan lainnya yang sudah sepaket yaitu:

  1. Pembersihan
  2. Massage
  3. Peeling mikrodermabrasi
  4. Ekstraksi komedo
  5. Masker
  6. Serum

Rasanya seperti apa dimikrodermabrasi? Sakit?

Nggak, cuma seperti disedot-sedot kok. Sedangkan ekstraksi yang konon sakit, ini gak begitu sakit. Yang sakit cuma di kulit pangkal cuping hidung yang memang kemerahan. Paling sensitif saja karena kulit matinya lengket.

Setelah treatment diamond peel a.k.a mikrodermabrasi ini saya disarankan untuk tidak membubuhi make up apapun selama 3 hari pasca treatment. Eh, bedak tabur masih boleh sih. Juga tidak boleh memakai krim apapun kecuali sunblock.

Bagaimana before and afternya? Terasa ada yang beda ga?

Iya terasa banget. Saya, meski sering menggosok-gosok komedo, masih ada lho tekstur kulit yang kasar karena komedo yang bandel. Terus seumur hidup saya ga pernah punya komedo hitam. Sebelum berangkat ke klinik, kok ada bintik hitam di cuping hidung bagian kanan. Saya garuk-garuk, bintik hitam itu gak bisa terikut, rata dengan kulit tidak menonjol seperti komedo yang bikin kasar. Saya pikir itu bulu halus.

Setelah treatment, kulit-kulit mati yang gelodoki di dagu, dan cuping hidung hilang! Kulit juga halus banget kayak manekin. Nggak ada sesuatu yang kasar sama sekali karena komedo sudah terkstraksi semua. Dan ajaibnya bintik hitam yang awalnya tampak rata dengan kulit itu kini hilang tanpa bekas! Masya Allah ajib banget ternyata ya efek peeling ini. Hihihihi. Alhamdulillah.

Kelebihan

Setelah treatment di Hayyu Clinic  ini saya bisa menyimpulkan dimana letak kesyariannya, juga pelayanan plusnya seperti apa.

  1. Kartu member, kita dapat kartu member juga di sini.
  2. Broadcast promo, ini kita dapat via WA.
  3. Layanan aftersales, yaitu berupa kontrol pasien via udara. Saya sampai ditanyai 2 kali lho. Pertama, kurang lebih 3 hari pasca perawatan, saya ditanya ada keluhan gak (via WA). Yang kedua ditanya lagi via telepon beberapa hari setelah pengontrolan yang pertama itu.

Kekurangan

Kekurangan di sini tidak mengikis layanan prima yang disediakan Hayyu Syar’i Skin Clinic. Ini hanya sekadar saran dari saya yang awam.

  1. Musik. Musik islami terdengar di lantai bawah. Tapi di lantai atas itu seperti lagu cinta tapi bernuansa Arab. Nah, menjelang mau pulang sekitar jam 5 sore di lantai atas musik arab berganti dengan lagu cinta Indonesia. Sebaiknya nih, perdengarkan juga murattal atau tanpa musik (yang memperdengarkan instrumen musik), atau tidak usah bunyi-bunyian sekalian.
  2. Ketelitian. Rasa perih di kulit yang sensitif mungkin merupakan sedikit kecelakaan. Sebaiknya sebelum treatment, dokter ikut ke atas (ruang treatment) untuk melihat lebih jelas kondisi kulit pasien.

Nah, saatnya pulang nih. Tunjukin ke suami kulit sudah berubah mulus. Oh, ya lokasi ini enak lho. Suami atau keluarga bisa menunggu dengan jalan-jalan dulu di AJBS atau Marvell City. Kalau kita belum selesai juga, mereka bisa menunggu di loby yang ada sofanya.

Gimana ladies? Pengen coba juga ke sini? Treatment OK, Tabarruj NO WAY yaaa!