10 Alasan Melepas Penat Berexpocation

Kalau lagi jenuh dengan kerjaan sehari-hari pengennya liburan kan? Liburan ke tempat rekreasi berbayar bisa jadi lagi ga berduit. Atau males karena jauh keluar kota apalagi bareng anak-anak yang ribetnya ga selesai-selesai. Ada alternatif jalan-jalan yang berkesan, hemat di kantong, dan banyak keuntungannya. Kita dapat banyak gratisan dan keberuntungan dari jalan-jalan ini.

Namanya “EXPOCATION”. Berasal dari kata vacation. Sekarang ini ada istilah staycation untuk menginap di hotel, walau berlibur semalam saja. Apalagi hotelnya berlokasi di kota yang sama dengan tempat tinggal kita. Apaan liburan nginep kok di kota yag sama? Ya itulah staycation. Sedangkan expocation adalah saat kita jalan-jalan di sebuah expo/bazaar/pameran. Baru dengar sekarang? Ya, siapa tahu istilah ini kemudian booming 😀

Inilah manfaat expocation yang bisa kita rasakan.

1. Selfie di tempat kece

Biasanya di expo itu ada spot-spot tertentu yang bikin tangan gatal untuk meraih kamera dan memotret diri sendiri. Jangan lewatkan momen ini karena ini kesempatan buat update instagrammu.

2. Ikut kuis berhadiah

Untuk menarik pengunjung, stan-stan tertentu mengadakan kuis. Misalnya fortune wheel, update status, dll. Tak ada salahnya ikut. Siapa tahu beruntung. Ya, kan?

3. Mengumpulkan souvenir

Kunjungi satu-persatu booth di expo. Jangan sampai terlewatkan meski itu tak menarik perhatianmu. Iseng-iseng bertanya sampai diminta mengisi buku tamu. Biasanya mereka menyediakan souvenir yang dipajang di stan mereka. Kadang juga mereka punya souvenir tersembunyi. Biar surprise.

Kalau gak dikasih juga gimana? Pura-pura tanya harga aja. Di Stan ‘Rayuan Pulau Kelapa’ milik Kabupaten yang memproduksi Kara (santan instan), juga memajang produk minuman hasil produksinya. Aslinya tidak dijual. Seorang ibu yang kehausan bertanya harganya berapa. Mbak SPG-nya berkata kalau tidak dijual, dan akhirnya ibu itu diberi minuman gratis. Aji mumpung, dia meminta lebih dari satu hihihihi.

Gantungan kunci cantik: Menara Eiffel. Dari booth travel di suatu expo. #expocation

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

4. Bisa dapat majalah/buku

Stan media biasanya menyediakan majalah gratis. Jangan lupa hampiri stan ini. Tanyakan ini gratis? Jika mereka mengiyakan ambil buat koleksi. Bagi yang suka baca pasti hal ini mengasyikkan.

5. Menambah wawasan dan pengetahuan

Wawasan dan pengetahuan kita bisa bertambah dengan sedikit bertanya tentang hal-hal yang menyedot perhatian kita. Misalnya nih, di expo kabupaten, saya menemui Kabupaten yang asing namanya. Kabupaten itu terletak di Sulawesi. Stan itu memajang ikan yang sangat besar lengkap dengan es batunya. Ternyata itulah daya tarik andalan kabupaten itu. Jadi serasa travelling nih, tapi tanpa mengunjungi kota aslinya.

6. Window shopping

Saya pernah mengunjungi Decorintex. Expo home decore gitu deh. Dari namanya pasti terbayang bahan bangunan. Eh, ternyata ada juga booth-booth yang menawarkan dekorasi rumah yang kece. Rumput plastik, sofa etnik, home decore, kitchen set, dan perabotan yang chic pasti saya kunjungi. Saya jadi tahu harga pasarannya berapa. Kemudian saya bandingkan dengan toko serupa. Termasuk murah tidak? Apalagi biasanya ada promo-promo diskon selama pameran.

7. Shopping beneran

Yang pasti bikin shopping beneran biasanya adalah produk makanan dan buku. Pasti kita lapar atau haus, pas ada jajanan yang menggoda dan unik dibeli deh.

Terus buku. Bagi yang hobi beli buku, expo diskonan pasti dinanti. Pernah saya mengunjungi The Big Bad Wolf pameran buku impor. Wow banget saya habis 2 jutaan. Dan baru kali ini saya ga menyesal hahaha.

8. Menyalurkan hobi menulis

Saat ada sesuatu yang baru apalagi bagi blogger, expo ini adalah inspirasi ide. Saya bisa cerita barang-barang apa saja hasil buruan di expo. Apalagi yang unik-unik.

9. Berburu photo booth (berhadiah)

Stan-stan tertentu biasanya mengadakan lomba foto atau lomba instagram. Mereka menyediakan pernak-pernik agar kita kelihatan kece. Misalnya frame, tag, dll. Hadiahnya pun beragam. Ada yang menyediakan hadiah langsung ada juga yang hadiahnya diserahkan setelah acara. Saya pernah memenangkan kontes instagram, hadiahnya lumayan 200ribu dari BRIS ^_^

10. Berburu give away

Stan-stan di expo biasanya menyediakan hadiah bersyarat. Misalnya mereka mengadakan lomba artikel atau share sosial media dengan like terbanyak. Ikuti saja, semoga kamu beruntung.

 

Nah, ada kesempatan nih bagi bunda-bunda muda. Ada expo yang ngehitz untuk kebutuhan ibu dan bayi. Mother and Baby Fair di Balai Kartini Jakarta. Eventnya tanggal 29 September-2 Oktober 2016. Kopdaran yuk sama saya,di hari Sabtu 1 Oktober 2016. Atau kalau kesana di hari-hari lain selama fair berlangsung ya boleh. Mampir yah, di booth ASI BOOSTER TEA. Booth A22. Tangkap taburan hadiahnya ^_^

Be Sociable, Share!
Posted on: September 29, 2016, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *