Mengenal Produk-Produk Baru Pertamina di GIIAS Surabaya 2016

View this post on Instagram

#pertaminagiias2016

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Cit… Cit… Cit… Decit langkah kaki mungil yang cepat mendahului saya. Seakan-akan pemilik sepatu berdecit itu mengawal saya layaknya body guard. Dengan gesit ia menghampiri sebuah area dengan mobil mewah di dalamnya. Kemudian ia berusaha menaiki bagian depan mobil, dengan menapakkan kakinya terlebih dahulu. Sayang, sebelum ia berhasil, satuan pengaman sudah mencegahnya.

Keseruan dan kemeriahan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE BSD Agustus lalu membuat saya ingin mengunjungi pameran otomotif tersebut di Surabaya.  Hari ini, Rabu 28 September 2016 GIIAS digelar di Grand City Convex Surabaya. Acara ini akan berlangsung hingga 2 Oktober 2016. Biasanya banyak hal yang menarik di hari pembukaan. Benar saja, salah satu booth yang menarik perhatian saya emmm, lebih tepatnya anak saya adalah Pertamina.

Karena tuntunan anak saya, saya mampir di booth Pertamina. Di sana saya menjumpai Lamborghini asli yang warnanya kece. Kuning terang-benderang menyilaukan. Ini bukan sekadar pajangan tanpa maksud apa-apa. Tahun 2016 ini Pertamina mengeluarkan jenis bahan bakar khusus baru (BBK) bernama Pertamax Turbo. Dan Lamborghini inilah yang merupakan contoh mobil berbahan bakar Pertamax Turbo. Kebetulan di sana sedang ada sharing tentang produk-produk baru Pertamina dan event-event lain dari Pertamina.

 

Pengenalan Produk-Produk Baru Pertamina

Pertamina adalah sponsor utama GIIAS 2016 Surabaya. Kali ini Pertamina mengangkat  produk-produk terbarunya, yakni:

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo merupakan bahan bakar khusus yang diformulasikan untuk kendaraan dengan sistem Direct injection dan Turbocharger/ Supercharger. Pertamax Turbo memiliki Research Octane Number (RON) 98. Jika kendaraanmu memiliki rasio kompresi minimal 12:1, maka sudah bisa menggunakan Pertamax Turbo agar proses pembakaran lebih optimal, tenaga maksimal dan polusi minimal. Jika bahan bakar sudah sesuai dengan spesifikasi kendaraan (direct injection dan turbocharger), maka pembakaran bahan bakar pada mesin aan sempurna. Dengan demikian dapat terjadi peningkatan driveability, akselerasi, kecepatan, tenaga dan mengurangi kandungan polutan pada gas buang kendaraan.

View this post on Instagram

Supercar impian

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Fastron Platinum

Pasti kita sudah tidak asing lagi mendengar Fastron. Fastron adalah salah satu merek pelumas pertamina. Fastron ini identik dengan pelumas mobil. Dengan adanya aditif (zat tambahan) yang merupakan Nano Guard Technology, Fastron dapat mencegah karat (korosi), mencegah terjadinya busa, mengurangi perubahan kekentalan akibat perubahan suhu, meningkatkan sifat licin pelumas, mendinginkan mesin, dan membersihkan mesin.

Yang terpenting, Fastron sudah diakui oleh pembuat mesin-mesin original (Original Engine Manufacturer) seperti Lamborghini, Mercedes Benz, BMW, VW, Volvo, Porsche, Toyota, Daihatsu, Honda, dll. Jadi jangan heran ya kalu Merek Fastron Pertamina produk dalam negeri ini dipakai luas di Eropa sana. Karena ini juga merupakan produk repacking, dengan merek yang berbeda.

Produk terbaru Fastron yang baru launching adalah Fastron Platinum Racing SAE 10W-60. Pelumas full sintetis ini dikembangkan khusus untuk Lamborghini Squadra Corse. Fastron Platinum juga bisa digunakan untuk mobil sport, motor sport, dan mobil balap.

Selain Fastron Platinum ada beberapa jenis yang lain mau tahu? Ini dia…

  • Fasrtron Gold SAE 5W-30. Dirancang khusus untuk mobil-mobil moderen dan Completely Built Up (CBU) car. Artinya jika kamu punya mobil yang diimpor secara utuh (sudah dalam keadaan jadi) seperti Porsche, Renault, VW dan sejenisnya, kamu bisa pakai Fastron Gold.
  • Fastron Techno SAE 10W-40 dan Fastron Techno SAE 11W-50 bisa digunakan untuk semua mobil.

View this post on Instagram

#pertaminagiias2016 #fastronplatinum

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Jangan lupa saat membeli Fastron, pastikan dulu keasliannya. Mas Anang menjelaskan bahwa Fastron asli bisa dikenali dengan memerhatikan nomor batch / laser mark yang ada di tutup botol dan badan botol bagian atas. Jika kedua nomor tersebut sama dan terdiri atas 8 digit, maka itu adalah Fastron asli.

 

Pertamina Vi-Gas

Produk lain yang diperkenalkan di GIIAS Surabaya 2016 adalah Pertamina Vi-Gas. Vi-Gas adalah bahan bakar gas cair (liquefied gas for vehicle/LGV). Vi-Gas terbuat dari campuran propana (C3) dan butana (C4) sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna dan ramah lingkungan karena bebas sulfur dan timbal.

View this post on Instagram

Converter kit #pertaminavigas

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Bahan bakar kendaraan yang umum digunakan masyarakat dunia saat ini adalah gasolin di peringkat pertama, kedua adalah diesel, dan LGV di peringkat ke-3. Tau nggak? Semua mobil di Korea Selatan kini memakai LGV sebagai bahan bakarnya. Jadi autogas atau LGV ini merupakan alternatif bahan bakar ketika nanti terjadi konversi besar-besaran peralihan bahan bakar.

Oh ya, Pertamina Vi-Gas ini sudah teruji kemanannya ya. Pertama, LGV ini berbeda dengan compressed natural gas (CNG). CNG terbuat dari Methana (C1) dan Ethana (C2). CNG biasanya memiliki tekanan tinggi sebesar 200 bar. Sedangkan LGV hanya 8-12 bar. Tabung LGV sempat diuji dengan dijatuhkan dari ketinggian 3 meter dan tidak terjadi apa-apa.

Cara mengisinya bagaimana? Mas Ramandha menjelaskan bahwa Vi-Gas bisa diisi di SPBU-SPBU tertentu. Saat ini SPBU Vi-Gas di Surabaya ada di: Jemursari, Dr. Soetomo, dan Pakuwon City. Kedepannya akan ada SPBU Vi-Gas lebih luas. Inilah yang menjadi kelebihan Vi-Gas. Asal ada lahan, SPBU Vi-Gas bisa dibangun dimana saja. Berbeda dengan Gas alam CNG, pembangunan SPBU-nya harus menyesuaikan dengan jalur pipa gas alam.

Vi-Gas telah diujikan ke Toyota Camry dan Avanza oleh Intitut Teknologi Bandung. Hasilnya jika dibandingkan dengan bahan bakar lain, kinerja Vi-Gas sama dengan bahan bakar lain. Jika dibandingkan dengan premium  yang konsumsi bahan bakarnya 15 km/liter, Vi-Gas memakan 11 km/liter. Biaya operasi Vi-Gas lebih murah hanya Rp. 5.100/liter. Jadi, Vi-Gas memberikan biaya operasi (Rp/km) paling murah dibanding bahan bakar lain, sehingga semakin jauh jarak tempuh harian semakin menguntungkan, dan semakin pendek pengembalian investasi conversion kit.

Jika kamu tertarik beralih ke Vi-Gas tinggal membeli converter kitnya. Biasanya dijual dengan harga 15-16 juta. Tapi selama 5 hari GIIAS Surabaya 2016 berlangsung, kamu bisa dapatkan dengan harga Rp. 14 juta per paket ditambah bonus cashback Voucher Vi-Gas 2 juta dan souvenir.

 

Booth Sing Along

Selain pengenalan produk-produk baru di Booth Pertamina bagian dalam, juga terdapat booth Sing Along di area luar. Jadi, jika kamu ke sini belum membeli tiket, bisa langsung main di booth ini. Booth ini menawarkan permainan karaoke. Kita diminta mendengarkan jingle Pertalite terlebih dahulu, barulah menyanyi dengan diiringi musik saja. Suara kita akan dinilai otomatis oleh mesin karaoke. Jika nilainya minimal 75 dapat tempat sampah, jika dapat minimal 85 dapat Voucher Bahan Bakar Khusus senilai Rp. 25.000. Alhamdulillah, saya dapat apa yang saya butuhkan untuk mobil saya. Karena selama ini nggak ada tempat sampahnya, hehehe.

Turbo Challenge

Jika kamu ke sini melihat Lamborghini terpampang, bisa selfie dengannya, menyentuh bodinya, dan kemudian kamu ngeces pengen mengendarainya, maka keinginanmu akan terwujud. Di Booth Pertamina juga ada yang namanya Turbo Challenge. Ini adalah simulasi bagaimana mengendarai Lamborghini. Sekalian ‘test drive‘, ya kan?

View this post on Instagram

Turbo challenge #pertaminagiias2016

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

 

Sudah, buruan ke sini, ke GIIAS 2016 di Grand City Convex. Cuma sampai tanggal 2 Oktober 2016, lho. Kamu juga bisa test drive mobil-mobil ‘incaran’mu dan banyak event seru lainnya. Mampir juga di Booth Pertamina karena banyak souvenirnya hohohooo. Sekalian berexpocation, kan?

Be Sociable, Share!
Posted on: September 30, 2016, by : li partic

One thought on “Mengenal Produk-Produk Baru Pertamina di GIIAS Surabaya 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *