Tempat Wisata di Kisaran, Medan: Sisi Lain di Sumatera Utara

Sumatera Utara memiliki pesona yang tiada habisnya. Selain Medan, banyak kota lain yang nggak kalah cantiknya, seperti kawasan Kisaran yang berada di Kabupaten Asahan. Dengan posisi di pegunungan, kawasan Kisaran memiliki berbagai air terjun dengan keunikan masing-masing. Di antara semua air terjun, beberapa tempat berikut ini harus masuk daftar liburan kamu berikutnya.

1. Air Terjun Ponot (Sigura-Gura)

foto:Ismie/Facebook

Salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ini berada di kawasan Kabupaten Asahan. Dengan ketinggian 250 meter, Air Terjun Ponot benar-benar memiliki keindahan yang menakjubkan. Perjalanan cukup jauh dari Kisaran pun tak terasa melelahkan ketika tiba di di lokasi air terjun. Saking tinggi dan derasnya air, gemuruh suara air terjun ini sudah terdengar dari kejauhan. Wajib banget masuk daftar kunjungan jika liburan ke Kisaran.

2. Air Terjun Aek Birong

foto:travel.detik.com

Dengan ketinggian 70 meter, Air Terjun Aek Birong sudah tampak jelas dari kejauhan. Airnya bening, dengan aliran yang tidak terlalu deras namun menarik. Lokasinya tidak jauh dari Air Terjun Sigura-Gura, sehingga bisa kamu kunjungi dengan satu kali perjalanan.

3. Air Terjun Alam Tani Asahan

foto:travel.detik.com

Pilihan wisata air terjun lainnya di kawasan Asahan adalah Air Terjun Alam Tani. Berlokasi di Kecamatan Aek Songsongan, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih dua jam untuk tiba di tempat wisata ini.

Air terjunnya sendiri tak terlalu tinggi, dengan kolam cukup lebar di bawahnya. Namun pemandangan alam yang menghampar di sini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

4. Air Terjun Bidadari

foto:Lina Sundari/Google+

Buat kamu yang suka berpetualang, Air Terjun Bidadari adalah tempat terbaik untuk menantang nyali. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun memiliki arus sungai yang sangat deras. Derasnya air terjun ini diapit dua tebing yang seolah menjadi pelindung ketika bidadari mandi. Karena itulah, tempat ini dinamakan Air Terjun Bidadari.

5. Air Terjun Turbo

foto:@iranidevi.s

Nama asli dari kawasan wisata ini adalah Air Terjun Turunan Bolon, namun lebih sering disebut dengan nama Turbo. Selain singkatan dari nama aslinya, rasanya tidak salah jika air terjun ini dinamakan Turbo. Karena kekuatan curahan air terjun yang berlokasi di Desa Tomuan Holbung yang sangat deras bagai semburan air dari mesin bertenaga besar.

Untuk sampai ke lokasi air terjun ini kamu bisa menumpang kereta api Kisaran Medan. Lalu dilanjutkan dengan menyewa kendaraan menuju air terjun mana yang menarik minat kamu. Siapkan bekal cemilan dan minuman yang cukup, karena beberapa air terjun tentunya harus ditempuh dengan berjalan kaki. Menyiapkan pakaian cadangan juga perlu kamu pertimbangkan, karena godaan untuk bermain air di air terjun terbilang sulit untuk dihindari.

Ada dua kereta api Kisaran Medan yang bisa kamu naiki, yaitu KA Sribilah di kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi dan KA Putri Deli yang hanya menyediakan kelas ekonomi. Jadwal kereta api Kisaran Medan tersedia sepanjang hari, bila berangkat dari kota Medan kereta paling awal dilayani oleh KA Putri Deli pukul 06.30 dan paling akhir dengan KA Sribilah pada pukul 22.30

Untuk kereta dari arah Kisaran, jadwal kereta paling awal dilayani KA Sribilah pada pukul 01.30 dan paling malam pada pukul 20.05 denganĀ  KA Putri Deli. Sedikit catatan untuk harga tiketnya hanya Rp 27.000 saja bila menumpang kelas ekonomi KA Putri Deli. Meskipun KA sribilah menyediakan tiket kelas ekonomi, namun harganya Rp 100.000, jadi buat kamu yang ingin menghemat tentunya naik KA putri Deli saja ya.

Dengan mengetahui jadwal kereta api Kisaran Medan, kamu bisa lebih mudah untuk merencanakan kunjungan kesana dan menikmati perjalanan dengan lebih nyaman buat kamu dan kantong kamu.

Selamat liburan di Medan!

Be Sociable, Share!
Posted on: February 22, 2019, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *