Tahu Bakso So Good Simpel Untuk Cemilan Buka Puasa

Sajian berbuka di keluarga saya cukup sederhana. Bahkan biasanya kami tidak menyiapkan apa-apa. Kami harus membiasakan puasa itu tidak istimewa di makanannya, dan berbukalah sesuai sunnah. Jika ada kurma maka berbuka cukup dengan air putih dan kurma tiga biji. Kalau kurma lagi habis, cukup air putih saja.

Namun, ada kalanya kami kangen gorengan. Pisang goreng keju, singkong keju, tahu isi, tahu bakso. Rasanya tidak tega tidak menghiraukan mereka yang sudah melambaikan tangan dan siap untuk dibeli. Apalagi si sulung tahun ini sudah mulai belajar puasa. Tak jarang dia meminta imbalan jajan spesial untuk berbuka. Jadi sesekali, kami beli.

Saya sadar, terlalu sering makan makanan yang digoreng itu tidak sehat. Selain karena minyaknya yang bikin gendut, si minyak itu oksidan yang bisa merusak sel tubuh sampai ke tingkat DNA sehingga terjadi peradangan. Apalagi kalau melihat minyak di wajan si penjaja gorengan. Hitam sekali. Pasti sudah dipakai berkali-kali. Ini juga yang meningkatkan risiko kanker karena bersifat karsinogenik. Oleh karena itu, sesekali juga saya harus mengorbankan diri bikin jajanan yang lebih sehat meski masih digoreng. Ada toleransi untuk minyak goreng agar lebih sehat dikonsumsi, yaitu maksimal 2 kali penggorengan.

Saat berbelanja di swalayan, saya lewat di bagian makanan beku, dan mata tertuju pada bakso-bakso So Good. Ada So Good Bakso Goreng Instant, So Good Bakso Kuah Instant Ayam, So Good Bakso Kuah Instant Ikan, So Good Bakso Kuah Instant Udang, dan So Good Bakso Kuah Instant Sapi. Seketika saya ingin membuat tahu bakso dari bakso yang sudah jadi. Karena kalau bikin tahu bakso dari adonan mentah pakai tepung, daging, dan lain-lain, emangnya saya bisa? Hahaha. Ini saja saya masih blank, bagaimana cara buat tahu bakso dengan bakso yang sudah jadi.

Ya sudahlah apa kata nanti. Yang penting beli dulu saja. Masalah kreasi bisa belakangan. Akhirnya saya beli yang varian So Good Bakso Kuah Instant Sapi. Dalam kemasan ini sudah ada bakso yang siap masak. Juga ada bumbu kuah instannya berupa bumbu dan cabe bubuk.

Alhamdulillah, sekarang sudah dapat ilham cara membuat tahu bakso. Sangat sederhana. Lanjut baca yuk!

Bahan:

  1. So Good Bakso Kuah Instant Sapi (isi 8 biji)
  2. Tahu 1 papan
  3. Tepung Krispi
  4. Wortel
  5. Mayonais

Cara Membuat:

  1. Rebus Bakso Kuah So Good hingga mendidih. Sisihkan.
  2. Setelah bakso dingin, potong-potong menjadi 4 bagian.
  3. Kupas wortel, parut secukupnya. Sisihkan.
  4. Buat adonan tepung krispi, ambil 3 sendok makan dengan air secukupnya. Sisihkan.
  5. Iris tahu berbentuk segitiga.
  6. Tuang bumbu kuah instan yang sudah ada dalam kemasan bakso ke dalam air yang cukup. Di sini saya tidak pakai cabenya, karena anak-anak akan ikut makan.
  7. Rendam tahu di dalam air bumbu tersebut.
  8. Keruk bagian tengah tahu sehingga ada sedikit cekungan, untuk menempelkan bakso.
  9. Lumuri bakso dengan adonan tepung, tempelkan di atas cekungan tahu.
  10. Lumuri tahu bakso dengan adonan tepung. Lalu gulirkan di dalam tepung yang tidak diberi air.
  11. Goreng tahu bakso ke dalam minyak yang sudah panas. Angkat setelah warnanya kuning kecokelatan.

    Tahu Bakso So Good hampir jadi.
  12. Beri parutan wortel di atas tahu bakso. Sajikan dengan mayonais.
  13. Jadilah Tahu Bakso So Good Simpel. Biar sederhana, rasanya enak banget!

***

Tak terasa, adzan maghrib sudah terdengar. Saya mengajak anak-anak untuk segera berbuka puasa.

“Minum air dulu ya. Baca bismillah,” pesan saya pada si sulung.

Si sulung pun mengangguk dan bersegera berbuka. Adiknya yang tidak puasa pun ikut-ikutan. Setelah minum, mereka berebut pada piring biru yang sudah tersaji Tahu Bakso So Good di atasnya. Dalam sekejap, tahu baksonya ludes. Ayah dan bundanya nggak kebagian. Hahaha, nggak apa deh. Bersyukur sekali mereka suka makan masakan rumah.

 

Be Sociable, Share!
Posted on: June 13, 2018, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *