Surabaya Snow Cake, Oleh-Oleh Khas Surabaya Yang Kekinian

Surabaya (19/12/2016). Surabaya Snow Cake adalah cake oleh-oleh khas Surabaya yang baru dan belum pernah ada. Oleh-oleh ini dirintis oleh Zaskia Sungkar yang menyebut dirinya sebagai Snow Queen. Senin, 19 Desember 2016, menjadi hari penting karena merupakan prelaunching Surabaya Snow Cake dalam acara yang bertema Cangkrukan Bareng Zaskia Sungkar di Jalan Flores 15 Surabaya.

Saya pun beruntung bisa hadir dalam acara yang di gelar dalam suasana adem kelabu karena habis hujan itu. Namun, antusias para tamu undangan yang hadir membuat suasana menjadi ceria. Saya mengamati pola yang sama akan bisnis oleh-oleh orang dekat Zaskia. Yaitu, nama kota + nama kuenya.  Seperti Malang Strudel kepunyaan adik iparnya Teuku Wisnu, dan Medan Napoleon milik suaminya, Irwansyah. Kini, Zaskia mengikuti jejak mereka dengan mengeluarkan Surabaya Snow Cake sebagai oleh-oleh khas Surabaya.

Mengapa Surabaya yang dibidik sebagai target pasarnya? Pertama karena Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Banyak jenis kuliner khas Surabaya. Zaskia Sungkar dan suaminya, Irwansyah yang tukang makan itu ingin memperkaya kuliner Surabaya, berhubung mereka berdua juga sering bolak-balik mengunjungi Surabaya. Inspirasi nama Snow Cake diperoleh dari image kota Surabaya yang puanas seperti Jakarta. Jadi biar ada sensasi adem, Zaskia si Snow Queen akan menebarkan salju dalam Snow Cake-nya.

 

Nah, tiba saatnya icip-icip Surabaya Snow Cake nih. Surabaya Snow Cake ini merupakan modifikasi Lapis Surabaya yang warnanya coklat kuning itu, loh. Cake ini memiliki 3 lapis. Lapis paling bawah berupa pastry, kemudian dilapisi dengan Lapis Surabaya, dan ditutup dengan pastry lagi di lapisan teratasnya. Surabaya Snow Cake memiliki 5 Varian rasa, yaitu vanila, karamel, choco banana, choco green tea, dan keju. Sssst… katanya masih ada satu varian lagi yang akan menjadi signature khas Surabaya. Masih rahasia nih, dan akan dilaunching nanti pada 6 Januari 2017. Ditunggu yo, rek!

Surabaya Snow Cake Vanila

Surabaya Snow Cake Vanila ini sepertinya varian seperti Lapis Surabaya pada umumnya. Vlanya rasa vanila. Cuma bedanya, kue lapisnya dijepit sama pastry dan diberi topping gula halus.

Surabaya Snow Cake Karamel

Surabaya snow cake karamel ini diberi vla rasa karamel di antara ketiga lapisannya. Dari lapisan terbawah diberi vla karamel, kemudian ditumpuk kue lapis kuning, diberi vla karamel lagi, ditutup lapisan pastry di paling atas. Toppingnya gula salju alias gula halus yang memberi sensasi dingin di lidah.

Surabaya snow cake karamel

 

Surabaya Snow Cake Choco Banana

Masih sama seperti yang rasa karamel, bedanya vla yang dipakai adalah campuran pisang dan cokelat.

Surabaya Snow Cake Choco Banana
Surabaya Snow cake Choco Banana

Surabaya Snow Cake Choco Green Tea

Yang membedakan Surabaya Snow Cake Choco Green Tea dengan varian yang lain adalah kue lapisnya yang rasa green tea. Selain itu vlanya juga menggunakan vla cokelat. Nah, berhubung saya nggak kebagian choco green tea, saya culikin fotonya dari instagram teman yah.

Surabaya Snow Cake Keju

Topping snow cake ini adalah parutan keju yang lebat.

Surabaya Snow Cake Keju
Surabaya Snow Cake Keju

 

Kesan Saya

Mencicipi sesuatu yang baru selalu ada kesan pertama. Saya dan keluarga saya, yaitu suami, anak, dan balita saya mengatakan enaaaak, nyam! Menikmati sepotong saja tidak cukup. Pengen nambah lagi dan lagi. Yang paling saya suka adalah varian vanila dan keju. Tapi secara ergonomis, saya kurang cocok. Coba perhatikan 3 lapis kue di bawah ini!

Surabaya snow cake

Saya pencinta kue salju. Kalau dihadapkan dengan kue-kue kering lebaran, kalau ada kue salju saya langsung pilih kue salju. Enak dan sekali emplok, kemudian jilat jari-jari penuh gula, hmmm. Nah, Surabaya Snow Cake ini nggak bisa sekali lempar ke mulut, harus digigit satu-persatu karena ukurannya tinggi bagaikan burger berlapis-lapis. Pastry yang crunchy mudah sekali rontok, juga gulanya. Harus ekstra hati-hati memakannya. Jangan saat lapar. Kalau lapar banget kan, makannya lahap gak bisa direm, nanti toppingnya juga bisa berantakan di baju.

Tuh, kan saljunya berjatuhan. Bukan ketombe loh ???
Tuh, kan saljunya berjatuhan. Bukan ketombe loh ???

Saya harap, di kemasan resmi nanti, Surabaya Snow Cake ini sudah dalam bentuk potongan-potongan, so it’s ready to eat. Karena jujur susah banget memotong dalam keadaan utuh, karena pastrynya mudah menjadi remah-remah dan kering. Bagian pastry yang paling bawah luput nggak ikut terbelah. Kalau dibandingin sama Strudel, lebih gampang strudel motongnya karena cenderung basah. Entah ini salah pisau saya apa gimana, yang jelas saya memotong dengan pisau stainless steel bukan pisau plastik. Dan semoga, lapisan antar cake bisa lebih rekat, karena perekat vlanya rapuh, jadi mudah banget dipisah antara kue lapis dan lapisan pastry.

Kesan Zaskia Sungkar

Zaskia Sungkar, The Snow Queen merasa surprise akan dresscode yang dipakai tamu undangan hari ini. Dresscode monochrome alias hitam putih yang kompak dikenakan seluruh peserta itu membuat hati Zaskia girang, karena itu merupakan warna favoritnya. Lihat nih, foto di bawah ini. Kompakan hitam putih kan? Bahkan termasuk anak-anaknya. Hihihi, karena yang anak-anak cuma anak saya. Tsaqiif ngotot banget gak mau di depan. Padahal bolak-balik saya suruh di depan biar gak tenggelam, biar kelihatan di paling depan seperti posisi adiknya ini. Entahlah, mungkin dia bersikukuh mau berada di bawah naungan The Snow Queen ^_^

Cangkrukan Bareng Zaskia Sungkar prelaunching #surabayasnowcake #ikisinganyarlohrek

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

2cf61b83-f7b4-4dca-887c-8e9d057d8943-600x880

Buat kamu yang penasaran akan kenikmatan Surabaya Snow Cake, tunggu tanggal 6 Januari 2017 ya. Kamu bakalan surprise dengan varian yang masih dirahasiakan sekarang. Datang kemana? Ke sini nih…

Surabaya Snow Cake

Jalan Flores 15 Surabaya

Instagram: @surabayasnowcake

Be Sociable, Share!
Posted on: December 21, 2016, by : li partic

12 thoughts on “Surabaya Snow Cake, Oleh-Oleh Khas Surabaya Yang Kekinian

  1. Ini mirip Medan Napoleon deh mba sepertinya. Cuma beda kalo Medan Napoleon digulung, Surabaya Snow Cake di dilapis2. Sama2 susah dipotonh krn berantakan puff pastry nya. Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *