Seleksi Penulis Emerging Ubud Writers & Readers Festival 2015

Tahun ini, #UWRF15 ada lagi nih. Berikut infonya…

Dengan berakhirnya gelaran sastra termegah se-Asia Tenggara ke-11 Oktober lalu, Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) kembali membuka kesempatan bagi para penulis berbakat Indonesia untuk mendaftarkan dirinya sebagai penulis emerging Indonesia 2015.

Bersama Hivos, lembaga donor, mitra tetap UWRF, kehadiran lima belas penulis emerging Indonesia 2015 terpilih akan disponsori untuk tampil di Festival ke-12 tahun depan, membincangkan karyanya di hadapan para pecinta sastra dunia.

Direktur/Pembina Festival, Janet DeNeefe, mengungkapkan salah satu misi utama pengadaan UWRF adalah memperkenalkan cerita-cerita memikat dari bakat-bakat muda yang tersebar di seluruh Indonesia pada komunitas sastra dan budaya internasional.

“Berada di negara dengan kekayaan budaya yang luar biasa beragam, kami berupaya semaksimal mungkin mengedepankan talenta unik dan tersembunyi” imbuhnya. “Pemilihan penulis emerging dari seluruh pelosok nusantara sangatlah bermakna, bagi Festival dan tentunya juga bagi perkembangan sastra Indonesia.”

Tidak ada batas umur dalam persyaratan mengikuti pendaftaran penulis emerging UWRF 2015. Yang terpenting adalah harus berkewarganegaraan Indonesia dan pernah menerbitkan karya dalam bentuk buku, atau karya pernah diterbitkan di media massa. Khusus bagi yang belum pernah menerbitkan buku atau terbit karyanya di media, maka pendaftar dapat mengirimkan salah satu diantara pilihan kumpulan karya berikut: 30 puisi terbaik; 8 cerpen terbaik; 5 esai terbaik; atau dapat juga 3 naskah drama terbaik. Disertai dengan biodata lengkap pendaftar, karya-karya ini dapat dikirimkan ke tim Program Indonesia UWRF, Jalan Raya Sanggingan, Ubud atau ke PO BOX 181, Ubud Bali 80571, sebelum tanggal 30 Januari 2015 (cap pos).

Karya-karya yang terkumpul nantinya akan dipilih oleh tim kurator khusus beranggotakan para penulis ternama Indonesia. Lima belas penulis emerging Indonesia terpilih akan diumumkan pada akhir Mei 2015.

Arafat Nur, penulis emerging 2011, berhasil terseleksi karyanya untuk tampil di Frankfurt Book Fair 2015, dimana karya tersebut akan diterjemahkan ke bahasa Inggris dan Jerman. Tentang perasaannya ketika pertama kali terpilih menjadi penulis emerging Indonesia 2011 ia mengatakan “Saya sangat senang. Saya selalu berharap punya kesempatan lagi untuk hadir dan tampil di UWRF.”

Setiap tahun sejak 2008, UWRF telah mengadakan pemilihan penulis emerging Indonesia.

Seleksi Penulis Emerging Indonesia UWRF 2015

Undangan: Pendaftaran Penulis Emerging UWRF 2015

Pecinta sastra Indonesia,                                       

Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) kembali membuka seleksi karya untuk ditampilkan di Festival yang akan terselenggara bulan Oktober 2015 (tanggal Festival akan diumumkan awal tahun depan).

UWRF akan memilih 15 penulis emerging Indonesia yang kehadiran serta partisipasinya di Festival nanti didanai oleh UWRF dan lembaga donor, mitra Festival, Hivos. Pemilihan akan didasari pada sejumlah kriteria, termasuk kualitas karya, prestasi dan konsistensi dalam berkarya, serta dedikasi pada pengembangan kesusastraan Indonesia. Seleksi dilakukan oleh Dewan Kurator yang beranggotakan penulis-penulis senior Indonesia.

Kegiatan Festival meliputi: Panel diskusi, pembacaan karya, lokakarya, peluncuran buku, pementasan seni, serta beberapa acara satelit yang diadakan di beberapa kota di Indonesia.

Bila Anda adalah penulis Indonesia, atau mengenal penulis yang Anda anggap layak mengikuti proses seleksi ini, layangkan pendaftaran sesuai syarat dan ketentuan di bawah ini:

  • Penulis adalah warga negara Indonesia (menyertakan fotokopi KTP);
  • Menulis karya sastra, baik berupa puisi, prosa (cerpen, novel atau novelet), naskah drama maupun karya non- fiksi;
  • Karya dapat berupa buku, kumpulan naskah yang belum ataupun sudah pernah diterbitkan di media massa;
  • Penulis yang sudah menerbitkan buku silahkan mengirimkan beberapa buku karyanya;
  • Bagi penulis yang belum menerbitkan buku dipersilahkan mengirimkan 30 karya puisi terbaik atau 8 karya cerpen terbaik, atau 5 karya essai atau 3 naskah drama dengan dijilid;
  • Karya dapat juga dikirimkan melalui email dan panitia akan meminta hard copy (versi cetak) jika diperlukan;
  • Sertakan biodata diri, nomor kontak / HP dan alamat email dengan jelas. Silakan lampirkan keterangan tentang aktivitas sastra dan keterlibatan dalam komunitas yang diikuti. Apabila Anda menggunakan nama pena, mohon sertakan juga nama lengkap yang asli;
  • Koresponden dan pengumuman seleksi akan dilakukan melalui email.

*Bagi penulis dari luar Bali yang terpilih, Panitia akan menanggung biaya  transportasi (penerbangan) dan akomodasi selama berlangsungnya acara Festival.

Kirim ke sekretariat panitia UWRF paling lambat tanggal 30 Januari 2015 (cap pos). Pengumuman 15 penulis yang terpilih akan di umumkan pada akhir Mei 2015. 

Pengiriman aplikasi ditujukan kepada:

Program Indonesia – Ubud Writers & Readers Festival

Jl. Raya Sanggingan Ubud – Indus Restaurant. PO Box 181, Ubud Bali 80571. Telp : 0361-7808932

Email: indonesia@ubudwritersfestival.com

Be Sociable, Share!
Posted on: January 22, 2015, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *