Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi Secara Alami

Pernah ga, cemas saat bayi susah buang air besar setelah beberapa hari? Sebagai ibu, pasti kita cemas bagaimana cara mengatasi sembelit pada bayi. Soalnya sembelit pada bayi apalagi yang kurang dari 6 bulan termasuk ribet. Dia kan nggak boleh makan dulu. Ga bisa kita sarankan untuk memakan buah-buahan atau makanan kaya serat lainnya. Kalau bayinya ASI sih masih tenang yah. Kalau bayi minumnya campur sama susu formula atau murni sufor karena ibu tidak bisa memberi ASI, ini yang mencemaskan sekali.

Nah, sebenarnya apa sih sembelit atau susah BAB itu? Apakah kalau tidak buang air besar berhari-hari sudah bisa dikatakan sembelit? Talkshow di acara Mother & Baby Fair Surabaya pada 28 September 2018 menjawab semuanya, lengkap tentang sembelit pada bayi dan anak juga penanganannya. Judul talkshownya adalah “Mengenal fakta dan Cara Penanganan Sembelit Pada Bayi dan Anak”.

IMG_20181015_205006

Mengenal jenis gangguan saluran cerna pada bayi

dr. Intan Diana Sari mengatakan bahwa sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan pada bayi dan anak. Selain sembelit atau konstipasi masih ada beberapa gangguan saluran pencernaan lainnya, yaitu:
1. Diare, yaitu lebih banyaknya frekuensi BAB dari biasanya yang ditandai dengan tekstur feses yang lebih lunak bahkan cair.
2. Gumoh, adalah keluarnya susu maupun makanan yang baru ditelan
3. Kolik, bayi tetus menangis tanpa diketahui sebabnya, lama minimalnya 3 jam per hari
4. Sembelit, adalah tertahannya feses dalam usus besar karena teksturnya yang keras sehingga sulit dikeluarkan.

Kita wajib mengetahui tanda-tanda sembelit ya. Karena belum tentu bayi yang beberapa hari tidak BAB merupakan sembelit. Misalnya bayi yang masih ASI eksklusif masih dikatakan normal jika seminggu tidak BAB, karena nutrisi ASI diserap sempurna. Selain beberapa hari tidak BAB, bayi dikatakan sembelit atau susah BAB jika tekstur feses keras, rewel, dan suka menolak makanan atau susu karena perutnya terasa penuh.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Untuk mengatasi susah BAB pada bayi biasanya kita usahakan dulu hal-hal yang alami yang dapat dilakukan di rumah. Misalnya memperbanyak cairan yang masuk seperti air putih. Asupan serat dari buah juga diperbanyak seperti buah pepaya dan mangga. Tapi itu adalah cara mengatasi sembelit pada bayi 6 bulan yang sudah masuk masa MPASI. Jika sudah terlanjur parah, kita bisa masukkan obar pencahar melalui dubur, namun konsultasikan dulu dengan dokter. Nah, ada cara lain yang lebih alami, cocok untuk mengatasi sembelit pada bayi umur berapapun baik itu bayi prematur, bayi 0-6 bulan, bayi MPASI. Apa itu? Konsumsi Probiotik!

 

Probiotik adalah mikroorganisme bermanfaat yang hidup di saluran pencernaan. Dengan adanya probiotik ini, kita dapat merasakan manfaat bagi kesehatan kita. Ya, kita, bukan hanya bayi tapi juga manusia semua umur. Tidak hanya untuk mencegah dan mengatasi konstipasi atau sembelit, probiotik juga bermanfaat untuk mengatasi diare, bahkan menjaga daya tahan tubuh.

Probiotik itu secara alami ada di saluran pencernaan. Tetapi kadang jumlahnya terganggu alias bisa berkurang. Untungnya, zaman sekarang sudah tersedia banyak probiotik yang dikemas yang bisa kita konsumsi. Tapi untuk bayi, jangan sembarangan. Salah satu merek probiotik yang banyak direkomendasikan dokter adalah Interlac.

Review Interlac

Logo interlac

INTERLAC® adalah produk probiotik lisensi dari BioGaia, Swedia dan dipasarkan di Indonesia oleh PT Interbat. INTERLAC® mengandung strain probiotik Lactobacillus reuteri Protectis yang dipatenkan BioGaia. Probiotik ini paling banyak diteliti di dunia, telah teruji klinis dan terbukti aman.

uji klinis interlac
Interlac telah teruji klinis berkali-kali. Sumber: interlac-probiotics.com

Bakteri L. reuteri sebenarnya secara alami bisa didapatkan bayi saat proses kelahiran normal dan dari ASI ibu. Oleh karena itu, bayi yang dilahirkan dengan proses operasi kekurangan flora normal ini dalam saluran cernanya. Begitu juga bayi yang tidak mendapatkan ASI. Bayi-bayi dengan kondisi seperti ini biasanya lebih mudah terganggu saluran pencernannya.

INTERLAC® ini bukan obat ya. Oleh BPOM digolongkan sebagai suplemen. Dan ini adalah satu-satunya probiotik yang ada dalam sedian drops. Rasanya tawar. Jadi gampang kalau mau dikasih ke bayi. Tinggal diteteskan ke sendok, lalu diminumkan. Penggunaannya pun cukup 5 tetes dan cuma satu kali sehari.

Interlac Oral Drops
Interlac Oral Drops

Mohammad Nurhadi selaku Brand Manager Interbat menjelaskan bahwa Interlac bisa bertahan sesuai masa kadaluwarsanya. Jika sudah dibuka masukkan ke kulkas dan bisa tahan sampai 3 bulan.

Keistimewaan Interlac ini aman diberikan pada bayi prematur sekalipun. Bayi yang berat badannya kurang ini tidak punya probiotik dalam saluran cernanya. Sehingga untuk menyiapkan saluran cernanya diperlukan tambahan probiotik dari luar seperti Interlac.

Oh ya, Interlac ini bebas laktosa. Jika ada kasus lactose intolerant maupun alergi susu tidak perlu khawatir. Jika terjadi diare hendaknya hati-hati memilih probiotik. Jangan minum yang mengandung susu karena ada laktosanya. Lebih baik gunakan Interlac ini.

Selain Interlac Oral Drops, juga tersedia Interlac dalam bentuk lain, yaitu:

  1. Interlac Sachet. Untuk bayi dan anak. Penggunaannya dengan melarutkan ke sedikit air, 1x sehari.
  2. Interlac tablet kunyah rasa strawberry. Untuk anak 4 tahun ke atas. Dosisnya 1 tablet 1 kali sehari.
  3. Interlac tablet kunyah Lemon. Untuk dewasa. Dosis penggunaan 1 tablet 1 kali sehari.

interlac

Kalau Anda mau tahu lebih lanjut tentang Interlac bisa kunjungi alamat-alamat berikut.

Website : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : @interlacprobiotics

 

 

Perlu diingat ya. Kalau peristaltik usus halus cepat bisa diare. Peristaltik usus besar lambat bisa konstipasi. Interlac seakan-akan bisa membaca keadaan, sehingga bisa menormalkan saluran cerna. Tinggal cari deh Interlac ke apotek-apotek terdekat, Guardian, Viva Health, baby shop, Mothercare.co.id, orami.com, JDID.

Semoga artikel mengatasi susah buang air besar pada bayi ini bermanfaat ya.

Be Sociable, Share!
Posted on: October 15, 2018, by : li partic

One thought on “Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *