Memasak Sehat Nan Praktis Selama Ramadhan

Saya mulai menerapkan gaya hidup sehat termasuk makan sehat bagi keluarga saya. Anak-anak yang biasanya susah makan sehat, (tahulah yaa, mereka kan suka jajan maupun junk food) saya biasakan sejak mereka balita. Bukan apa-apa, cuma karena kesehatan itu mahal, dan kita hanya bisa mencegah dari penyakit. Kalau sudah kena sakit kita juga kan yang susah.

Prinsip makanan sehat saya adalah yang memenuhi Pedoman Umum Gizi Seimbang. Bukan 4 sehat 5 sempurna ya. Itu sudah jadul. Tak hanya itu, cara memasak pun juga memengaruhi kandungan nutrisi yang kita makan. Oleh karena itu, cara makan sehat ala saya adalah:

  1. Jauhi karbohidrat sederhana, tukar dengan karbohidrat kompleks. Jadi saya lebih prefer nasi merah daripada nasi putih. Selain itu bisa juga makan oat meal atau kentang. Karbohidrat sederhana seperti pada mi atau nasi putih itu bikin cepat lemas dan mengantuk. Nasi juga dapat membuat gula darah melonjak tiba-tiba. Apalagi kalau pas puasa bawaannya bakal cepat lapar. Kenyangnya cuma sesaat.
  2. Jauhi memasak dengan minyak. Apalagi dengan deep frying, walaupun kita cuma pakai sekali goreng. Masalahnya bukan pada sekali atau berkali-kali pakainya. Metode masak dengan menggoreng adalah hal yang paling merusak nutrisi makanan. Dia akan menjadi oksidan (radikal bebas) yang bisa merusak sel kita sampai tingkat DNA. Sel jadi meradang. Gak jarang kan, tenggorokan jadi panas atau sakit buat menelan?
  3. Tukar gula putih dengan madu atau gula merah. Kenapa? Selagi kita masih suka rasa manis cari pengganti pemanis yang memiliki indeks glisemik lebih rendah.
  4. Porsi sayuran adalah setengah piring.
  5. Buah-buahan dimakan 3 kali sehari sebelum makan utama.
  6. Pakai metode masak yang dapat mempertahankan kandungan gizi. Kandungan gizi itu mudah hilang dengan pemanasan. Apalagi vitamin-vitaminnya.
  7. Hindari segala pengawet, pemanis dan pewarna buatan.

Nah, selama Ramadhan adalah fase dimana kita disibukkan dengan ibadah. Selain pekerjaan, status ibu rumah tangga yang menyiapkan makanan saat buka maupun sahur pasti menempel di kita, baik yang bekerja di luar rumah maupun murni ibu rumah tangga. Jadi agar kebagian kegiatan yang lain, atau malas memasak lama-lama biasanya kita butuh metode memasak yang praktis dan cepat bukan? Alhasil sebagian dari kita biasanya melabuhkan pilihan pada mi instan, nasi, kecap, abon, telor ayam. Praktis sekali! Tapi sehatnya kurang dapet.

Bagaimana agar bisa memasak praktis tetapi tetap sehat? Jangan lupa lakukan prinsip sehat ala saya di atas. Kemudian pakai alat-alat bantu masak berikut ini.

Klaz Air Fryer

Siapa yang tidak suka gorengan? Maksudnya bukan hanya snack tradisional seperti pisang goreng, tahu isi, bakwan, dan kawan-kawannya. Gorengan ini adalah segala makanan yang prosesnya digoreng. Tambahan lemak dalam minyaknya menambah cita rasa sehingga pasti semua orang suka gorengan. Coba lihat kentang goreng (french fries), ayam goreng, perkedel, siomay goreng, dim sum goreng, ebi furai, ngiler gak?

Sayang ya, ada lemak jahat yang mengintai ketika kita makan makanan yang digoreng. Tapi tenang, sekarang sudah ada alat masak yang bisa menggoreng tanpa minyak, atau jika perlu minyak pun hanya sedikit yang diperlukan. Namanya air fryer. Saya menemukan Klaz Air Fryer di ruparupa.com dengan harga yang murah. Beneran lho, lebih murah. Soalnya saya pernah lihat di TV biasanya dipatok dengan harga 3-4 juta rupiah. Kapasitasnya bisa mencapai 2 literan.

Air fryer ini sangat membantu saya. Jadi ini andalan utama saya saat Ramadhan, karena kepraktisannya. Alat ini memiliki pilihan suhu yang berbeda-beda. Ada gambarnya kok, jadi ketika kita mau masak apa sudah ada panduannya. Gambarnya menempel pada badan alat ini. Misalnya untuk memasak kentang goreng kita pakai suhu 180ºC. Sedangkan untuk memasak ayam goreng kita pakai suhu 200°C. Kita juga bisa menentukan waktu yang kita inginkan.

Sssstt.. jangan bilang-bilang ya, saya suka menimbun makanan beku dalam freezer saya seperti nugget, ebi furai, ebi katsu, dan dim sum. Kadang saya tinggal menyiapkan ayam ungkep yang dibekukan, jadi tinggal goreng jika diperlukan. Kalau saya telat bangun, alias mepet banget dengan waktu imsyak, saya tinggal nyemplungin makanan beku tadi ke dalam air fryer. Tutup air fryernya, tunggu 10-15 menit, bisa ditinggal ke kamar mandi dulu buat cuci muka, keluar kamar mandi sudah siap deh makanannya. Hahaaa kapan lagi menggoreng makanan bisa ditinggal kayak gini? Tanpa takut gosong pula!

klaz air fryer

 

Masih ragu dengan air fryer? Ini saya kasih contoh ayam goreng yang digoreng dengan air fryer. Ayam ini sudah diungkep sebelumnya dengan bumbu kuning, kemudian digoreng deh dengan air fryer 200°C 15 menit. Lihat, matang sempurna bukan?

ayam goreng hasil air fryer

Alat penggoreng telur otomatis

Walaupun cuma menggoreng telur, saya paling tidak suka kecipratan minyak saat menggoreng telur. Menunggu matangnya juga bikin capek, berdiri soalnya. Nah, akhir-akhir ini berseliweran di Youtube alat penggoreng telur yang otomatis. Bayangkan, tidak cuma telur dadar yang bisa dibikin. Bermacam-macam makanan yang berbasis telur bisa dibikin secara praktis. Tinggal cemplung-cemplung ajah. Siapa yang gak mupeng coba? Berikut salah satu videonya.

Itu adalah demo resep memakai alat penggoreng otomatis. Alatnya bisa diperoleh di luar negeri sana. Eh, tapi kita juga bisa pakai ternyata. Jadi gak cuma bule aja yang merasakan kepraktisan alat penggoreng telur otomatis itu. Saat cuci mata di ruparupa.com saya menemukan alat canggih sejenis. Mereknya adalah Kris. Harganya pun terjangkau. Tadinya saya pikir harganya bakal jutaan.

egg master

 

Wah, saya membayangkan akan membuat macam-macam masakan bergizi dengan Kris alat penggoreng telur otomatis ini untuk menu sahur dan berbuka, atau sarapan di hari-hari biasa. Bahkan resep yang tampaknya susah, jadi mudah karena bantuan alat ini. Hmm, saya jadi terinspirasi dengan resep chicken wrap berikut. Tinggal gulung tortilla, kemudian masukkan segala macam isinya termasuk telur. Ceklek! Jadi deh beberapa menit kemudian.

Slow cooker

Pasti sudah tidak asing lagi bagi ibu yang memiliki balita. Karena slow cooker biasanya digunakan para ibu untuk membuat makanan bagi bayinya. Tapi sebenarnya, slow cooker ini hadir tujuannya bukan cuma untuk bayi saja lho. Memasak makanan apapun bisa. Karena prinsipnya slow cooking, maka alat ini dapat mempertahankan kandungan gizi makanan yang dimasaknya. Jadi walau masaknya lama, juga termasuk praktis dan sehat.

slow cooker

 

Slow Cooker juga dijual di ruparupa.com. Harganya tidak terlalu mahal. Apalagi jika kita punya voucher diskon, bisa lebih murah lagi. Tinggal masukkan kata kunci “slow cooker” di kotak pencarian, nanti akan dihasilkan macam-macam slow cooker dengan kapasitas yang berbeda. Pilih sesuai kebutuhan kita.

Biasanya saya gunakan slow cooker ini untuk memasak bubur, spagheti, dan sup. Hendak tidur malam, saya cemplungkan semua bahan ke dalam slow cooker. Kemudian saya tinggal tidur. Dia akan memasak selama 6-8 jam. Begitu bangun, masakan tadi sudah masak. Siap santap.

View this post on Instagram

Sup ayam apukat yummm

A post shared by Eat Clean ID (@eatcleanid) on

 

Bagaimana, tertarik apa tertarik banget memasak dengan praktis tapi tetap sehat? Gampang, pergi aja ke ruparupa.com. Daftarkan diri kita sebagai user di sana. Surprise, banget lho bagi saya. Karena setelah daftar, saya disambut sama bonus voucher diskon. Apalagi free ongkir untuk wilayah Jabodetabek dengan jumlah pembelian tertentu. Oh ya, Ruparupa.com adalah tempat belanja onlinenya Kawan Lama Grup, yaitu Ace Hardware, Informa, dan Toys Kingdom. Jadi pas kita pengen sesuatu yang ada disana tapi pas di kota kita nggak ada tokonya, kita tetap bisa berbelanja secara online di Ruparupa.com.

voucher ruparupa.com

Be Sociable, Share!
Posted on: July 12, 2016, by : li partic

13 thoughts on “Memasak Sehat Nan Praktis Selama Ramadhan

  1. Uwwaahhhh baru tau ada alat begini… aku jd tertarik beli mbak. Beneran nih bisa bikin makanan jd lbh sehat yaa.. soalnya aku jg lg mencoba utk pelan2 ngurangin makan gorengan.. trs itu alat yg masak telur , cocok bgt jg utk aku :p. Sama kita , paling ga suka kecipratan minyak panas :p

  2. Wah asyik nih, saya mah butuh kayak gini…harus nabung nih secara lagi focus ke biaya pendidikan anak2 dulu. Tapi bener itu alat penting banget, secara di rumah pd doyan yang digoreng2 dan sy paling gak suka ngegoreng..panas hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *