Mom, Baby, and Kids

7 Kunci Keterampilan Sosial Pembentuk Anak Generasi Maju

Siapa sih, yang tidak ingin memiliki anak yang sukses di masa depannya, walau dengan jalur masing-masing? Pasti semua orang tua menginginkan anak dengan kehidupan yang baik bahkan lebih baik dari dirinya. Hal itu tak lepas dari kehidupan bermasyarakat. Dalam kehidupan sosial, anak harus dididik dengan keterampilan yang baik.

Dalam acara Seminar Parenting yang bertajuk”Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju” Sabtu, 30 September 2017 di Fairfield Hotel, Surabaya, Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi memaparkan tips-tipsnya untuk membentuk anak generasi maju.

parenting seminar sgm eksplor

Ada hal-hal penting sebagai pondasi agar anak bisa punya keterampilan yang baik. Tiga faktor berikut adalah ciri anak generasi maju.

1. Supel

Penting sekali bagi kita untuk saling bekerja sama dan saling memahami orang lain. Inilah yang disebut supel.

2. Kreatif

Di kehidupan sosial ada banyak masalah, kita tidak bisa menyelesaikan dengan satu cara saja. Apalagi cara yang selalu sama untuk permasalahan yang berbeda. Artinya kita membutuhkan generasi kreatif mencari solusi pemecahan masalah.

3. Mandiri

Tentunya kita tidak mau generasi yang tergantung pada orang sekitar. Kita mengharapkan anak yang mandiri walaupun juga bisa berkerja sama dengan orang lain.

Mbak Nina a.k.a Anna Surti Ariani S.Psi, M.Si, Psi memaparkan penjelasannya.

Untuk membentuk anak generasi maju yang supel, kreatif, dan mandiri, sedari dini kita sebagai orang tua harus menanamkan pendidikan karakter berketerampilan sosial. 7 hal di bawah ini adalah nilai yang harus diajarkan.

1. Berteman dan Bekerja sama

Anak perlu diajari untuk bersoisalisasi dengan berteman. Kadang ada anak yang aktif di rumah saja, sedangkan di lingkungan yang baru ia takut berbaur. Namanya jago kandang. Agar anak tak menjadi jago kandang, maka beri pujian sekecil apa pun di lingkungan baru tersebut. Seringlah ajak si kecil berkumpul dengan orang lain. Kita juga bisa memperlihatkan kekraban dengan orang lain. Namun jangan paksa si kecil berteman. Apabila ia sudah merasa nyaman pasti ia akan mau. Satu lagi yang penting: jangan meninggalkan si kecil diam-diam!

2. Berkompetisi sehat

Saat melakukan kompetisi apapun, ajari anak untuk bersaing dengan sehat. Misalnya beri pujian pada usaha anak. Ajari tetap semangat walau kalah, serta memberi selamat pada yang menang.

3. Sopan santun

Ajari anak sopan santun. Misalnya saat bertemu dengan orang yang lebih tua seperti nenek, kakek, guru, ajari ia untuk bersalaman mencium tangan.

4. Mendamaikan pertengkaran

Ajari Hak Milik. Jangan kakak selalu mengalah

yang menang adalah yang berhak adalah yang benar. Misalnya rebutan mainan, maka bukan kakak yang harus mengalah, tetapi yang punya barang tersebut yang berhak atas mainannya. Jangan lupa buat aturan yang jelas.

Jika sudah anak besar. Berantem sama anak tetangga. Tanya  bicarakan solusinya. Apa yang akan dilakukan besok?

Ajari si kecil menyampaikan apa yang ia pikirkan. Tunjukkan dalam keseharian. Kita yang mencontohkannya terlebih dahulu.

5. Marah Tanpa Ganggu Orang Lain

Anak harus belajar mengatur emosinya. Boleh marah tetapi tidak boleh sampai mengganggu orang lain. Caranya bagaimana?

  1. Pahami mengapa dia marah. Jangan langsung diomeli. Tanya apa sebabnya.
  2. Tenangkan ketika dia marah. Misalnya dengan pelukan.
  3. Akui kemarahannya. Katakan padanya: “Kamu marah ya gara-gara rebutan mainan?”
  4. Jangan berikan apa yang diinginkan anak ketika sedang marah. Jika anak marah dan terus dituruti, bisa bahaya. Misalnya anak minta dibelikan gawai, namun kita larang. Kemudian ia nangis guling-guling. Akhirnya karena kita kasihan, maka kita turuti. Lama-kelamaan si anak akan mengaggap bahwa cara menuruti keinginannya adalah dengan menangis guling-guling. Besoknya ia akan melakukan yang sama ketika ia menginginkan suatu barang.

6. Belajar Ikut Aturan

Tentukan aturan apa saja yang diberikan. Misalnya mandi jam berapa, kapan waktunya makan.

Beri batasan untuk si kecil. Misalnya ketika si kecil bermain gawai. Beri pengertian batasan seperti apa, misalnya ketika ayahnya meminta, atau beri batasan waktu. Jangan lupa jelaskan alasannya.

Dalam hal ikut aturan kita harus konsisten dan bersabar. Jangan hari ini konsisten, tapi besok tidak dilakukan.

7. Peduli Terhadap yang sakit atau Kekurangan

Anak mesti peduli terhadap yang kekurangan. Jika ada teman yang sakit ajarkan untuk menjenguk. Bahkan sangat istimewa jika ia bisa membantu si sakit. Misalnya mengambilkan minuman, menyuapi makan, membalut luka saat teman terjatuh, dll.

Agar skenario pembentukan anak generasi maju lancar tanpa hambatan, maka orang tua yang sudah bertekad punya generasi maju harus SIAP. Jika kita masih suka having fun dengan caranya sendiri, misal dugem dll, tandanya kita belum siap.

Meski kasih sayang besar tapi tidak punya keterampilan mengasuh, ya sama saja zonk. Aduh.. kok jadi ingat zaman ngejomblo. Cuma punya cinta untuk mencintai tapi ga punya duit. Hahaha… However, orang tua harus punya ilmu tentang tumbih kembang anak, membaca, berkonsultasi dengan para ahli, juga aktif mencari-cari informasi tentang anak untuk membesarkan anaknya.

Itulah mengapa SGM eksplor sangat berkomitmen mendukung perjuangan ortu memberi yang terbaik untuk si kecil. Menjadi orang tua memang perlu persiapan untuk mempersiapkan generasi maju. Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan, “Kami memahami perjuangan para orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik demi masa depan si Kecil. Bentuk komitmen dan dukungan kami berikan kepada orang tua Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orang tua dalam memastikan pemenuhan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi tumbuh kembang si Kecil,  agar ia dapat menjadi Anak generasi Maju yaitu anak yang memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik, kreativitas dan kemandirian.”

astrid prasetyo SGM Eksplor
Astrid Prasetyo menjelaskan komitmen SGM Eksplor dalam mendukung orang tua membentuk Generasi Maju

Selain itu, SGM Eksplor sering mengadakan event edukasi seperti dalam seminar ini. Namun bagi orang tua yang belum sempat menghadiri rangkaian Parenting Seminar Anak Generasi Maju dan untuk lebih memperluas jangkauan edukasi kepada para orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang si Kecil, maka SGM Eksplor mendukung para orang tua Indonesia melalui edukasi digital dalam bentuk video-video parenting tips tentang bagaimana cara mendidik anak menjadi generasi maju yang supel, kreatif dan mandiri.

Ingat, ciri Anak Generasi Maju adalah anak yang Supel, Kreatif dan Mandiri, ya bunda!

 

5 Fakta Tentang Ngidam

Ngidam sudah lumrah terjadi pada ibu hamil. Saat ada sesuatu yang sangat diinginkan, dan harus terpenuhi, itulah ngidam. Bisa ingin makanan, minuman, jajan, atau aktivitas tertentu yang tak biasa contohnya pengen nyubit pipi bayi,pengen naik gunung, dll.

“Aku pengen mangga nih, tapi mangganya tetangga,” ungkap si ibu hamil.

“Iya nanti ayah carikan,” ujar suaminya.

Setelah mangga didapat. Si ibu masih tetap cemberut. “Aaaa, kok mangga ini? Maunya mangga gincu.”

Lalu si suami menatap dengan muka datar.

Nah, itu contoh ngidam. Kadang merepotkan. Dan si ibu hamil selalu menuntut agar dituruti keinginannya. Jika tidak, maka ada kepercayaan bayinya bakal suka ngeces air liurnya. Itu kan, mitos. Sebenarnya apa sih fakta di balik ngidam, terutama dalam sisi medis? Simak, yuk!

1. Ngidam adalah faktor hormonal

Sebenarnya ngidam belum diketahui penyebab pastinya. Tetapi dalam dunia kedokteran, hal ini dikaitkan dengan faktor hormonal.

2. Ngidam boleh, tapi nutrisi ibu harus lengkap

Jika ngidamnya berupa makanan tidak sehat, seperti gorengan, sekali-kali boleh. Tapi jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi. Ibu hamil seperti manusia lain butuh nutrisi makro dan mikro. Nutrisi makro ini seperti karbohidrat, protein dalam lauk-pauk, ditambah sayur. Sedangkan nutrisi mikro berupa vitamin dan mineral. Contohnya asam folat, vitamin D, zat besi, kalsium. Hal ini penting untuk mengatur metabolisme tubuh. Jangan lupa konsumsi satu butir telur per hari.

3. Ibu harus makan 1,5 porsi tiap kali makan

dr. Muhammad Ardian C.L SpOG M.Kes mengatakan bahwa ibu hamil wajib memenuhi pola nutrisi seimbang 3x sehari.  Sekali makan dipenuhi 1,5 porsi makan, atau dalam sehari diukur sampai 5 piring. Jangan takut gemuk ya bunda, karena ini bukan nutrisi untuk satu orang, tapi juga demi perkembangan janin.

Jika minum (cairan) yang dibutuhkan orang biasa adalah 8 gelas, maka berbeda dengan ibu hamil. Ibu hamil butuh 10 gelas per hari. Susu juga termasuk cairan, dan ini dapat dihitung termasuk dalam ukuran 10 gelas tadi.

4. Jika Tidak Suka Sayuran Cari Pengganti yang bisa memenuhi nutrisi

Vitamin dalam sayur-sayuran sering tidak disukai oleh ibu hamil. Menurut dr. Muhammad Adrian, agar tidak kekurangan gizi, harus diganti dengan cara lain, misalnya dengan mengonsumsi suplemen. Bisa juga dengan susu khusus ibu hamil.

5. Tidak Boleh Makan Mentah

Hendaknya makanan yang mentah atau setengah matang dihindari. Karena biasanya ada virus dan kuman berbahaya di situ. Wanita hamil kadang bisa terserang virus TORCH sehingga berakibat cacat pada janin. Jadi, hindari dulu lalapan, telur setengah matang, daging yang dimasak setengah matang seperti steak medium atau sate yang kurang masak.

Itulah beberapa fakta tentang ngidam dan nutrisi untuk ibu hamil yang saya dengar langsung dari dr. Muhammad Ardian C.L, SpOG, M. Kes di Festival Ngidam SGM Bunda. Festival kehamilan pertama dan terbesar di Inonesia tersebut diadakan di Royal Plaza Surabaya, 5-6 Agustus 2017.

Festival Ngidam SGM Bunda

Festival Ngidam SGM Bunda ini jelas-jelas memanjakan bunda-bunda yang sedang hamil. Christina Natalia selaku marketing manager SGM Bunda, mengatakan bahwa festival ini hadir untuk menyenangkan para bunda, dilengkapi dengan edukasi nutrisi yang lengkap. Bunda bisa makan makanan favorit yang tersaji di sini, dan aktivitas lain yang memanjakan, namun juga sambil menimba ilmu nutrisi saat kehamilan. Oleh karena itu, hadir di sini beragam booth, seperti berikut ini.

Terapi Musik

Di sini ibu bisa terapi musik. Bukan ibu yang mendengarkan musik, tetapi janin yang dikandung ibu. Ada speaker khusus untuk ditempelkan di perut ibu nantinya.

terapi musik saat kehamilan

Konsultasi

Di sini bunda bisa berkonsultasi mengenai kehamilan dengan bidan, dan seputar nutrisi saat hamil dengan ahli gizi.

Konsultasi dengan bidan
Konsultasi dengan ahli gizi

Ngidam Dimanja

Area Ngidam Dimanja ini terdapat dua area, yaitu area cantik dan area relaksasi. Area cantik akan memanjakan ibu untuk bermetamorfosis menjadi lebih cantik lagi dengan make up dan hair do. Sedangkan di area relaksasi, ibu bisa menikmati pijatan. Apalagi habis keliling mall, pasti pegel-pegel, kan?

Area Relaksasi

Ngidam Jajan

Wah ini. Biasanya ibu hamil kan ngidam makanan. Di sini bermacam-macam jenis makanan lokal ada, lho. Enak-enak. Seperti tahu tek, batagor, martabak, pisang madu, rujak, dll.

Tahu tek dan batagor
Martabak, terang bulan, dan pisang madu

Ngidam Eksis

Bunda bisa mengikuti fashion show bunda hamil. Selain itu, tersedia photo booth. Kita bisa foto bareng Alyssa Subandono, lho!

alyssa Subandono photo booth sgm bunda

Ngidam Ketemu Artis

Hayooo, pernah nggak, ngidam ketemu artis? Di Festival Ngisam SGM Bunda, akan mewujudkan ngidam bunda nih. Di hari pertama bisa ketemu Dude Herlino. Hari kedua bisa ketemu Yovie and Nuno.

Tuh, ibu-ibu pada ngidam ketemu Dude Herlino ^_^

Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Wanita hamil atau menyusui pasti ada yang mupeng ingin berpuasa saat Ramadhan. Sayangnya, kadang keadaan tubuh menjadi lemah ketika tidak ada asupan yang masuk. Kenapa bisa lemah, lemas, letih, lesu kalau nggak makan?

Kita lihat saja ibu hamil. Ibu hamil selain memerlukan energi untuk aktivitas tubuhnya sendiri, ia juga memberi makanan pada janinnya. Tak heran kebutuhan kalori per harinya lebih besar daripada wanita yang tidak hamil. Ibu hamil pun akan cepat lapar setelah energi terkuras menghidupi dua nyawa (dirinya dan janinnya) atau bisa lebih jika janinnya kembar. Fyi, kebutuhan kalori ibu hamil per hari bisa mencapai 2500 kkal. Kan, normalnya wanita biasa membutuhkan energi 1500-2000 kkal. Nah kalau hamil perlu tambahan 200-500 kkal, gitu.

Begitu juga ibu menyusui. Jangan sepelekan aktivitas menyusui yang cuma duduk diam sambil fesbukan menyusui itu. Dalam sehari, kegiatan menyusui itu bisa membakar kalori hingga 6.000 kkal. Wiiih, ini sih sama dengan latihan aerobik 2 jam! Jadi wajar kan, kalau pas puasa banyak yang gak kuat sampai maghrib?

Alhamdulillah, dalam Islam ada keringanan dalam hal puasa wajib ini. Seperti musafir, wanita hamil dan menyusui juga mendapat keringanan untuk tidak berpuasa. Dalil yang menunjukkan hal ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَضَعَ عَنِ الْمُسَافِرِ شَطْرَ الصَّلاَةِ وَعَنِ الْمُسَافِرِ وَالْحَامِلِ وَالْمُرْضِعِ الصَّوْمَ أَوِ الصِّيَامَ

“Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla meringankan setengah shalat untuk musafir dan meringankan puasa bagi musafir, wanita hamil dan menyusui.” HR. An Nasai no. 2275, Ibnu Majah no. 1667, dan Ahmad 4/347. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih.

Namun, jika ibu hamil atau ibu menyusui tetap ingin berpuasa silahkan saja asal kondisi tubuhnya dan kondisi bayinya sehat walafiat. Kondisi yang dimaksud ini adalah SEHAT dan KUAT.

Sebuah penelitian pada tahun 2006 terhadap ibu yang menyusui bayi berusia 2-5 bulan yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan antara jam 5 pagi sampai jam 7.30 malam menemukan bahwa bayi-bayi yang disusui selama Ibu-nya berpuasa perkembangannya tidak terpengaruh, serta kandungan macronutrient ASI seperti karbohidrat, lemak dan protein juga tidak terpengaruh. Perubahan yang terjadi adalah pada beberapa kandungan micronutrient ASI yaitu zinc, magnesium dan potassium mengalami penurunan. Hasil ini juga sejalan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan di sebuah kota di Uni Emirat Arab (UEA) , di mana sampel penelitian adalah Ibu menyusui dengan kondisi badan yang sehat dan penelitian dilakukan selama dan setelah bulan Ramadhan. Catatan tambahannya bahwa 3 kandungan micronutrient ASI yang mengalami penurunan ini dibutuhkan bayi dalam jumlah yang kecil, tidak seperti kandungan macronutrient ASI yang dibutuhkan bayi dalam jumlah yang besar untuk energy & pertumbuhan.

Penelitian lain yang pernah dilakukan, tidak hanya meneliti kandungan ASI serta efek nya pada bayi tapi juga meneliti kondisi Ibu menyusui. Sampel penelitian adalah 48 Ibu menyusui yang sehat dan juga bayi sehat berusia 1-6 bulan. Index massa tubuh Ibu menyusui tidak berubah secara signifikan. Hasil lainnya adalah Ibu menyusui selama bulan Ramadhan pemasukan kalori dan beberapa nutrisi kecuali protein, Vitamin A dan C berada di bawah standar kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk Ibu yang sedang menyusui.

Pada tahun 1983 pernah dilakukan penelitian terhadap Ibu menyusui di Afrika Barat yang berpuasa selama bulan Ramadhan. Hasilnya adalah produksi ASI tidak terpengaruh dan beberapa hal dalam komposisi ASI berubah. Para Ibu menyusui tersebut cenderung untuk minum lebih banyak sepanjang malam untuk mengurangi efek dehidrasi selama berpuasa. Tubuh wanita menyusui membuat beberapa adaptasi metabolik selama puasa jangka pendek untuk memastikan bahwa produksi ASI tidak terpengaruh.

Jadi, jika si kecil masih masa ASI Eksklusif sangat disarankan untuk tidak berpuasa lebih dahulu. Biarkan si kecil menikmati makanannya melalui ASI. Jangan hanya karena keinginan ibu bersikukuh berpuasa lalu si kecil diselingi susu formula.

Bagaimana Tanda-Tanda Ibu Hamil dan Menyusui Yang Kuat Berpuasa?

Jika ibu hamil, gampang mengenali tanda-tandanya. Apakah ibu lemas? Gemetar? Kalau terjadi, batalkan saja puasanya. Terutama bagi ibu hamil di semester akhir kan harus banyak hidrasi. Agar cairan ketuban normal. Biasanya kan keadaan gawat itu diumumkan ketika hamil tua, cairan ketuban cepat berkurang, kalau sudah habis langsung ditodong operasi sama dokternya 😀 Selain itu, perhatikan gerak janin, pantau terus dan hasilnya harus senantiasa aktif.

Ibu menyusui sih hampir sama tandanya apakah dia mampu berpuasa atau tidak. Kalau dilihat dari kondisi ibu, ibu yang tidak mampu berpuasa hingga adzan maghrib berkumandang itu ya lemas, gemetar, kayak habis lari keliling lapangan 3 kali :p

Jika dilihat dari kondisi bayi, ini yang agak ribet. Meski demikian, ibu wajib memantau ciri-ciri ini.

  1. Pola dan Frekuensi BAK dan BAB. Bayi yang masih ASI eksklusif akan kencing minimal 6 kali sehari. Kalau mau tahu cukup ASI atau tidak, pakaikan popok kain dulu. Saya tidak bahas BAKnya bayi 1 hari atau seminggu ya. Soalnya kan si ibu pasti masih nifas gitu loh! Kalau BAB-nya, bentuk yang normal ya normal. ASI baik-baik saja. Misalnya jika bentuknya seperti bubur warna kuning kecoklatan, atau berbuih, atau encer ada penampakan biji cabe. That’s OK.
  2. Pertambahan berat badan bayi. Normalnya minial naik 500 per bulan selama masa ASI eksklusif. Hmm, tapi puasa cuma sebulan kok. Jadi yang paling gampang pantau BAK-nya ya.
  3. Perhatikan kerewelan bayi. Tapi ini tidak 100% akurat. Soalnya bayi rewel kadang karena cuaca panas, kedinginan karena tidak sehangat waktu di rahim ibu. Jadi lagi-lagi BAK-lah yang penting untuk dipantau.
  4. Jangan pakai patokan banyaknya ASI perah. Karena ini sangat tidak akurat. Bisa karena si ibu tidak mahir memerah, juga bisa karena ASI tidak 100% habis karena pemerahan.

Ingat, jangan berdalih mentang-mentang ibu hamil dan menyusui dapat rukhshah ga berpuasa ada di hadits, lalu langsung memilih ga berpuasa. Cobalah dulu 1-3 hari. Atau bolong-bolong kayak puasa Daud. Kuatkah? Bayi baik-baik sajakah?

Nah, agar puasa ibu hamil dan ibu menyusui powerfull, ini saya kasih tips.

Niat dan doa

Ya, iyalah puasa diawali niat. Eh, tapi ini bukan membahas niat dilafalkan atau tidak. Maksudnya, ya harus ada tekad yang kuat dari ibu. Mau puasa ya puasa, jangan lirak-lirik galon air atau sering-sering buka kulkas hahaaa. Tetap perhatikan keadaan bayi bagaimana. Selain itu, berdoalah pada Allah agar dikuatkan dan dilancarkan tanpa hambatan sapai waktu berbuka tiba.

Penuhi Asupan Gizi Seimbang

Ibu hamil dan menyusui perlu makan lebih banyak, namun tergantung masing-masing individu. Meski harus lebih banyak, perhatikan komposisi keseimbangan antara karbohidrat, lemak, protein, dan zat-zat mikro seperti vitamin mineral.

Jangan mentang-mentang ibu menyusui biar senang, oksitosin mengalir lancar, lalu pilih nasi dengan bebek 5 potong, penutupnya es krim 500 ml. Itu namanya berlebihan T_T

Percaya tidak? Ibu dengan status gizi baik dan status gizi kurang (bukan buruk) komposisi ASI-nya sama-sama berkualitas? Tapi masalah kuantitas, ASI bisa berkurang saat ibu berpuasa. Sehari-hari, ASI diproduksi dengan mengambil nutrisi dari tubuh ibu.  Ketika asupan makan ibu berkurang misal telat makan, atau berpuasa, maka zat-zat yang menyusun ASI juga berkurang dan berakibat menyusutnya ASI.

Oleh karena itu, susunlah menu yang seimbang. Ada nasi tapi tidak berlebihan, ada lauk sebagai sumber protein, buah, dan sayur. Contohnya seperti piring berikut ini. Bisa disesuaikan jika Anda menganut diet sehat lainnya, asal kalori memenuhi.

 

Komposisi menu gizi seimbang

 

Perbanyak Serat Agar Tidak Mudah Lapar

Terutama saat sahur. Konsumsi makanan kaya serat. Bukan hanya buah dan sayur saja. Ganti beras putih dengan beras merah. Beras merah ini mengenyangkan lebih lama. Jadi, sebaiknya hindari beras putih dan mi (baik mi instan maupun mi basah).

Belilah beras merah organik yang dikemas vakum. Beras macam ini tidak langu, tidak keras, memasaknya mudah. Saya hanya menambah air 2 kali lebih banyak saat memasak beras. Tidak perlu cara ribet merendam semalaman, menambah daun salam, pandan, atau yang lainnya.

Makan kurma saat sahur dan berbuka

Makan kurma dengan jumlah ganjil saat sahur. Insya Allah akan menguatkan puasa siapa saja, baik ibu hamil, menyusui, laki-laki, atau perempuan biasa (bukan bumil busui). Kurma yang direkomendasikan adalah yang berukuran sedang atau besar macam Medjol.

Beli kurma yang asli ya, jangan yang olahan dengan tambahan sirup, atau kurma yang kering sekali sehingga susah digigit. Kalau saya mengandalkan kurma Sukkari yang dikemas. Mereknya Siafa (dulu Alalwani). Rasanya ga begitu manis, dagingnya empuk, pangkalnya krispi seperti biskuit. Jadi nggak enek makannya. Biasanya kan enek karena terlalu manis, ya kan?

kurma sukkary siafa alalwani

Tetap makan 3 kali dan snack 2 kali

Makan tiga kali itu: Sahur, Buka puasa, setelah tarawih.

Habis buka puasa terus makan nasi lagi apa ga kenyang banget? Tentukan kadar ‘kekuatan makan’. Jika sudah kenyang ya tidak sah berlebihan. Tapi biasanya cepat lapar loh.

Jika melihat panduan sunnah, berbuka dengan kurma atau cukup air putih saja. Jadi menu berbuka atau yang disebut makan ketika buka adalah bisa dengan kurma saja. Boleh satu, tiga, lima, atau tujuh.

Ketika bangun malam karena bayi minta menyusu atau saat pumping dini hari, boleh-boleh saja makan cemilan atau makanan ringan seperti kurma, kue basah, atau yang sehat lainnya (kacang-kacangan, buah). Hitung ini sebagai waktu snacking atau makan kecil.

 

Cukupi kebutuhan Cairan

Ibu menyusui membutuhkan 3,1 – 3,8 liter cairan. Bukan air putih saja. Cairan bisa berasal dari sup, kandungan air dari buah, kuah-kuah makanan. Jangan hitung teh, kopi, dan soda sebagai cairan, karena jenis-jenis minuman tersebut bisa mengakibatkan dehidrasi. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari teh, kopi, dan soda.

Siapkan ASI Perah

Sebelum Ramadhan, ada baiknya menyiapkan ASI perah untuk jaga-jaga jika Anda tidak percaya diri menyusui saat Ramadhan apakah mencukupi atau tidak. Terkadang bayi bisa rewel jika masih kelaparan. Pasokan ASI perah sangat membantu mencukupi kebutuhan hariannya.

Jangan berikan ASI dengan dot agar tidak bingung puting. Berikan ASI perah (ASIP) dengan bantuan orang lain, bukan ibunya sendiri yang memberi ASIP. Jangan tunggu bayi nangis kejer, karena akan susah diminumkan ASIP.

Jika si kecil berusia lebih dari 6 bulan sehingga sudah waktunya MPASI maka Anda bisa memaksimalkan pemberian makan dan minum selain ASI.

Utamakan Menyusui Secara Langsung

Hisapan bayi akan semakin merangsang produksi ASI. Saat dini hari, produksi ASI sedang banyak-banyaknya. Manfaatkan kesempatan ini. Perah ASI terlebih dahulu, kemudian bangunkan bayi untuk menyusu langsung.

Minum Suplemen tambahan

Jika merasa sadar diri makanan yang dimakan tidak begitu bergizi, suplemen bisa jadi andalan. Terutama masalah pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral. Selain itu, suplemen ini bisa meningkatkan imunitas ibu agar tidak gampang sakit.

Pilih suplemen yang halal dan legal. Selain itu, pilihlah yang alami terlebih dahulu. Misalnya madu, tablet bee pollen yang mengandung vitamin dan mineral lengkap, minyak ikan, minyak zaitun, dll.

Agar powerfull saat puasa #eatclean

A post shared by Eat Clean ID (@eatcleanid) on

Minum Nabeez dan Nabeez Shake Saat Sahur

Nabidz, Nabeez, Naqi istilah kerennya Infused Water dari kurma. Siapapun yang minum ini (tidak hanya bumil busui) akan lebih bertenaga menjalani puasanya. Ibu hamil dan menyusui tidak mudah lemas, ASI menjadi deras, bayi tidak rewel, Insya Allah.

Nabeez merupakan air rendaman kurma. Pastikan air ini belum berbuih, takutnya jika berbuih, kandungan gulanya sudah berubah menjadi alkohol.

Cara membuat Nabeez:

1. Siapkan 7 butir kurma buang bijinya.
2. Rendam dalam air selama 7 jam (bisa dari isya’ sampai sahur)
3. Biarkan di suhu ruang atau dalam kulkas.

Sampai tahap ini air kurma 7 jam ini disebut Nabeez.

Agar Nabeez lebih nikmat:
4. Siapkan susu. Pilih susu kambing, atau susu sapi segar/paterisasi/UHT.
5. Campur air rendaman kurma (nabeez) + kurmanya + susu sesuai selera dengan blender.

Jadilah Nabeez Shake

Nabeez shake bisa dinikmati seluruh keluarga. Khusus busui campur Nabeez shake ini dengan ASI Booster Tea agar ASI semakin powerfull!

Jus kurma nabeez asi booster tea
Inilah jus kurma. Percaya gak kalau ASI Booster Tea jadi nikmat banget dicampur nabeez shake?

 

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Jangan terlalu memaksa jika tidak mampu. Puasa dan menyusui sama-sama perintah Allah. Perhatikan juga hak bayi.

Lalu bagaimana jika tidak berpuasa? Bayar utang puasa dengan qadha’ atau fidyah? Jawabannya ada di sini.

 

Salam,

Li Partic

Child birth educator & Breastfeeding Consultant

Popok Terbaik Untuk Bayi Ada Di Tangan Ibu

Kali ini saya akan bahas tentang bayi lagi. Kenapa? Soalnya setiap kali saya nimbrung di WA grup, baca-baca status fesbuk, para mahmud alias mamah muda sering mengeluhkan susahnya dapat popok sekali pakai yang cocok buat bayinya. Hmm.. Ini sih saya juga pernah merasakannya. Saya sempat beberapa kali gonta-ganti merek popok buat bayi, karena banyak popok yang saya pilih ternyata nggak cocok dengan bayi saya. Ada yang susah nyari ukurannya, ada yang bikin ruam, dan alasan-alasan lain yang membuat saya memutuskan harus ganti merek popok.

Sebenarnya, popok terbaik itu ada ditangan ibu. Meski praktiknya popok itu dipakai di pantat bayi hehehe. Nggak cuma soal popok, semua yang berkenaan dengan si kecil, ibulah yang bertugas mencari yang terbaik untuknya. Perlu ketelitian dan pengetahuan yang cukup saat ingin membeli sesuatu untuk anak kita tercinta. Gak mau kan anak kita kenapa-kenapa hanya karena kita salah pilih barang atau makanan?

Jaman sekarang banyak ibu yang beralih menggunakan popok sekali pakai daripada menggunakan popok kain. Kebanyakan orang akan beralasan bahwa memakai popok sekali pakai itu lebih fleksibel. Kita tidak perlu mencuci dan menjemur popok kain yang bekas dipakai. Saya sendiri termasuk pengguna setia popok sekali pakai, karena saya bekerja sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga, belum lagi mengurus bisnis. Semua harus dilakukan dengan cepat dan praktis. Lama-lama mencuci popok kain itu membuang waktu, waktu pengeringannya pun lama.

Cerita sedikit waktu anak kedua saya lahir badannya mungil persis seperti saya. Pas umurnya memasuki usia satu bulan, saya memilih MamyPoko Extra Dry Newborn untuk bayi saya. Tapi itu juga nggak tiba-tiba, jatuh pilihan pada mamypoko ya. Sebelum saya memutuskan memakaikan MamyPoko, saya sempat pakaikan bayi saya popok sekali pakai dari brand lain. Ada saja alasan nggak cocoknya. Pertama karena bayi sering kena ruam. Ada lagi merek terkenal, dipakai cepat menggembung, padahal baru sebentar. Mungkin pipis sekali atau dua kali gitu. Yang satunya lumayan enak dipakai tapi harganya dua kali lipat dari yang lain. Bisa bangkrut lama-lama hahaha. Jadi saya pilih yang pas dikantong dan pas di bayi dong.

bayi mamypoko newborn
Senyum Bahagia Si Mungil

Saya jadi ingat sama pengalaman punya anak pertama. Saya selalu pakaikan popok yang harganya paling murah, nggak peduli bahannya seperti apa. Biar ruam-ruam ditahan-tahanin. Beda cerita sama si nomer dua. Aku riset dulu popok macam apa yang nyaman. Kasihan juga badannya lebih mungil dari kakaknya. Hehehe, aneh ya sudah punya pengalaman anak pertama tapi masih bingung juga masalah popok untuk anak kedua.

Akhirnya saya tanya sama adik ipar yang juga pengalaman punya bayi pertama lebih dulu dibanding anak nomer dua saya. Eh, ternyata dia juga punya pengalaman yang sama tentang popok. Selalu gonta-ganti popok karena ruam. Bayinya jadi rewel dan tidak nyaman bergerak.

Sampe akhirnya dia coba pakai mamypoko dan siapa yang sangka! MamyPoko  malah cocok sama bayinya. Mungkin karena dia breathable ya. Popok yang dicoba sebelumnya, permukaan luarnya itu plastik, ada yang seperti kain tapi tetap saja ternyata itu plastik, pori-porinya rapat. Karena cerita ini saya dengar langsung dari adik ipar, saya langsung tertarik coba pakaikan mamypoko buat bayi kedua saya. Dilalah, ada yang jenguk bayi dan ngasih kado MamyPoko. Dari situ saya keterusan. Setelah kado habis, saya beli sendiri (ya iyalah masak minta kado lagi :p). Saya langsung incar MamyPoko Newborn, ukurannya ada yang extra small, pas banget buat bayi saya yang mungil. Secara berat lahir cuma 2,7 kg dan usianya saat satu bulan beratnya hanya bertambah beberapa ons.

Yang saya senang dari mamypoko, dia punya berbagai macam ukuran untuk bayi dari yang kecil sampai yang besar. Pertama kali pakai, saya ‘galau-galau jangan’. Ruam, tidak, ruam, tidak. Kalau anak kesakitan rasanya kan luar biasa rewelnya. Bayangkan kita punya luka atau lecet di tubuh, tapi nggak ada yang bisa ngerti. Bayi bisanya nangis, nggak tau karena apa. Nah, kalau rewelnya karena kesakitan dan kita tahunya setelah sekian lama kan kasihan juga.

Tapi ternyata setelah diperhatkan berhari-hari, bayi saya aman-aman saja. Nangis gara-gara gak nyaman sama popoknya, sudah jarang. Popok dari MamyPoko ini bahannya lembut dan juga cepat kering, nyaman dipakai seharian. Pernah waktu itu saya ajak dia jalan-jalan ke rumah mertua dari pagi sampai sore, popoknya tetap kering dan dia juga nyaman gak kedengeran rewel sama sekali. MamyPoko ini adalah popok bermutu yang jadi idola kebanyakan ibu-ibu hahaha. Nyatanya,  memang MamyPoko itu cocok di kantong ibu-ibu dan cocok di bayinya.

Kalau buat saya pribadi sih MamyPoko ini popok terbaik ya buat bayi saya, nggak tau deh kalau yang lain. Yang jelas saya puas pakaikan MamyPoko ke bayi saya. Baik siang ataupun malam saya pakaikan, karena gak ada keluhan, dan nggak ada ruam. Kalau ganti paling 4 – 5 jam sekali. Alhamdulillah kulit bayi sehat dan gak pernah lecet sampe sekarang.

Review Bambi Lotion Anti Nyamuk yang Natural

“Au.. au… gatal!”

Isyarat tubuh si kecil mengisyaratkan ia tampak kewalahan dengan gatalnya. Padahal lagi asyik-asyiknya difoto. Jadi gak asyik lagi kalau senyum sudah lebar paripurna, tangan kanan dada-dada, tapi tangan kirinya garuk-garuk. Failed!

Gatal-gatal ini bikin gaya nggak keren. Selain itu, bikin masalah pada kulit. Lama-lama juga berpengaruh pada emosi, apalagi korbannya adalah si kecil.

Apa sih penyebab gatal-gatal pada anak saya ini? Gatal-gatal yang menimpanya umumnya terjadi karena:

  1. Gigitan nyamuk
  2. Biang keringat

Tentu ga boleh dibiarkan dong, apalagi hal yang pertama di atas. Gigitan nyamuk. Namanya batita, sejak bayi tidak saya biarkan dia menghirup racun dari obat nyamuk semprot untuk mencegah nyamuk datang. Juga tidak mungkin, saat si kecil beraktivitas siang, saya semprotkan ruangan dengan obat nyamuk semprot. Sebagaimana yang kita tahu, nyamuk siang hari juga ada, terutama nyamuk Aedes aegypti.

Solusi lain, adalah mengoleskan anti nyamuk ke badannya. Tapi apakah lotion anti nyamuk yang beredar di pasaran itu aman untuk kulit anak-anak bahkan bayi? Ada sih, yang alami, yaitu minyak kayu putih. Tapi kalau buat bayi? Bakal kepanasan dia.

Usut punya usut, di internet ada yang merekomendasikan Bambi Lotion Anti Nyamuk, bisa untuk bayi. Karena bahannya natural alias alami. Dan, saya baru tahu kalau lotion anti nyamuk itu mengandung bahan kimia berbahaya. Lotion anti nyamuk biasa itu mengandung dietil toluamida (DEET). Memang bahan aktif itu ampuh menghalau nyamuk untuk hinggap di kulit. Namun, bahan tersebut lama-kelamaan bisa menyebabkan iritasi. Selain itu, beberapa ahli berpendapat bahwa kandungan DEET yang lebih dari 30% dapat menyebabkan kanker. Ya, walaupun The Enviromental Protection Agency telah mengevaluasi ulang bahwa DEET bukan termasuk karsinogenik, tetap masih ada pro dan kontra. Seperti pendapat tentang si penyedap rasa monosodium glutamat (MSG), sekarang dinyatakan aman, tapi beberapa pihak masih saja memerangi MSG.

Lalu kenapa harus Bambi Lotion Anti Nyamuk?

Mari kita bandingkan!

Bambi mosquito lotion vs lotion biasa

Saya harap, Bambi yang memproduksi beragam kosmetik bayi ini memang lebih aman dibanding lotion anti nyamuk biasa. Nah, masalahnya saya tidak tahu toko mana yang jual Bambi. Di swalayan dekat rumah pun tidak jual. Akhirnya, internet lagi adalan saya. Yang jual Bambi gak hanya satu e-commerce saja. Kemudian saya pilah-pilih, mana yang menawarkan harga lebih terjangkau. Syukur-syukur kalau bebas ongkos kirim.

Taraaaa…. Ketemulah Glamizka.com!

glamizka adalah

Masih belum tahu Glamizka? Jujur, saya membandingkan harga Bambi ini yang lebih murah cuma di Glamizka. Jadi, memang sebelumnya saya belum pernah dengar dan belum pengalaman belanja di Glamizka. Ternyata Glamizka.com adalah toko kecantikan online, yang hanya menjual produk-produk asli, bahkan merupakan penjual resmi produk-produk tertentu. Cantik memang identik dengan wanita, tapi toko kecantikan alias beauty store di sini menjual produk kosmetik, peralatan maupun perawatan untuk wanita, pria, juga bayi.

Glamizka juga memiliki program bebas ongkos kirim. Inilah yang meyakinkan saya berbelanja di sini. Kalau ke toko biasa, walau toko sebelah dekat rumah pun masih perlu bensin. Kita juga bisa capek jalan muter-muter ke sana kemari untuk pilih-pilih barang. Anggaran bisa berlebih kalau tergiur promo barang lain yang awalnya tidak ada dalam list belanja. Kalau belanja online free ongkir? Enak banget! Tinggal tunggu barang datang. Cepat, kok pengirimannya.

Akhirnya, saya sempatkan juga membeli produk Bambi yang lain. Yakni….. Bambi Baby Prickly Powder. Ini buat masalah gatal yang lain. Bukan karena nyamuk melainkan karena biang keringat (prickly heat). Karena harganya murah cuma 16-ribuan, sementara di toko online lain hampir 30 ribu, saya borong ini bedak sampai 3 buah.

Cara belanja di Glamizka itu gampang. Tinggal masukkan nama produk di kolom search, klik deh. Atau bisa juga browse berdasarkan kategori. Ada kategori wanita, pria, juga berdasarkan brand. Setelah belanja selesai, check out seperti biasa, masukkan data-data yang diminta terutama untuk pengiriman dan pembayaran. Kita akan dapat email notifikasi tentang invoice sampai pengiriman barang. Barang sampai dalam waktu singkat. Cuma 2-3 hari kok.

Selain itu, kelebihan Glamizka itu….

kelebihan glamizka.com

Bambi Lotion Anti Nyamuk yang Natural

Setelah barang sampai, saya buka paket dari Glamizka. Sebuah packingan yang rapi. Saya harus membuka berlapis-lapis buble wrap yang mengelilingi produk. Kemudian saya mendapati 3 buah Bambi Prickly Powder dan sebuah Bambi Lotion Anti Nyamuk. Pertama, saya coba aplikasikan lotion anti nyamuknya ke kulit si kecil.

Bambi Lotion Anti Nyamuk ini ada dalam kemasan tube 50 ml. Kemasan Bambi Lotion Anti Nyamuk itu disegel dengan alumunium foil. Jadi, segel itu harus dibuka dulu. Untung ya, ada segelnya. Selama pengiriman pun aman dan isinya utuh.

Kesan pertama Bambi Lotion Anti Nyamuk itu:

  1. Tidak lengket
  2. Wangi sereh
  3. Dalam ruangan yang kecil (misalnya kamar), bau sereh semerbak memenuhi ruangan.
  4. Sensasi dingin, tapi tidak perih atau pedas.

 

Setelah tahu kemasan asli, saya menjadi tahu akan beberapa hal tentang Bambi Lotion Anti Nyamuk ini. Ini dia:

  • Bahan aktif yang digunakan adalah bahan alami, yaitu Minyak sitronela 2,5% dan anti irritant complex (yang terdiri dari Pro Vitamin B5, Ekstrak Licorice dan Chamomile) 0,5%.
  • Bahan aktif tersebut teruji efektif melindungi kulit dari gigitan nyamuk terutama Aedes aegypti dan Culex quinquefasciatus selama 6-8 jam.
  • Untuk hasil terbaik, aplikasikan ke kulit setiap 4 jam sekali.
  • Dalam petunjuk penggunaan, oleskan pada kulit yang gatal dan yang akan dilindungi dari gigitan nyamuk. Berarti, kalau sudah terlanjur digigit nyamuk, losion ini juga membantu meredakan gatal.

Bambi Prickly Powder

Barang kedua yang saya borong dari Glamizka itu adalah bedak biang keringat: Bambi Prickly Powder. Selama ini, saya biarkan saja sesuatu yang bikin kasar kulit si kecil. Maksudnya tidak diobati. Saya cuma bubuhkan minyak telon dan bedak biasa setelah si kecil mandi.

Nah, karena ini judulnya bedak biang keringat. Semoga saja membantu memuluskan kulit si kecil yang kasar karena biang keringat itu. Bedak ini wangi, wanginya khas bunga chamomile. Bahan aktifnya adalah anti irritant complex juga. Ada Licorice dan Chamomile.

Setelah mengaplikasikan bedak Bambi Prickly Powder beberapa hari, kok rasa-rasanya kulit si kecil jadi berkurang kasarnya. Menjadi sedikit lebih halus. Semoga kalau diteruskan bisa-bisa jadi mulus ya. Aamiin.

 

 

Pasti Halal

Ada kekhawatiran tersendiri mengonsumsi produk-produk tertentu, terutama pada kosmetik. Biasalah ya, kalau kosmetik kadang ada campuran bahan-bahan non halal. Tapi kalau pada kebanyakan kosmetik bayi Insya Allah jauh dari bahan-bahn non halal.  Nah, Bambi ini semakin meyakinkan kita. Ternyata, semua produknya telah bersertifikat halal. Alhamdulillah.

sertifikat halal Bambi
Sertifikat Halal Produk Bambi. Sumber: Bambi.co.id

Itulah sekelumit cerita saya tentang usaha memerangi dan menghindari rasa gatal pada si kecil. Saya harap si kecil terus ceria tanpa gatal-gatal. Baik karena nyamuk maupun biang keringat. Jika kamu punya masalah yang sama, semoga ceritaku membantu, ya ^_^

Pengalaman Si Kecil Bereksplorasi di Dancow Explore Your World Surabaya

Sore itu, sore yang basah. Hujan deras tadi membasahi kotaku dan menimbulkan genangan. Lebih tepatnya genangan di rumahku saja, karena lingkungan sekitar tidak banjir. Si kecil langsung keluar halaman. Spontan ia berkata, “Bunda, boleh ya?”.

Hmmm… ternyata iklan Dancow Advanced Excelnutri+ di TV sudah melekat di benaknya. Pasti ia terngiang-ngiang kalimat yang seperti ini: “Hujan itu shower yang paling besar.” Ya, meski hujan sudah berhenti imajinasinya tetap berjalan, ingin merasakan bereksplorasi di genangan air itu.

Saya langsung teringat pada acara Dancow Explore Your World yang akan diadakan dalam waktu dekat, tepatnya 1- 2 April 2017 di Royal Plaza Surabaya. Saya jadi membayangkan kalau si kecil diajak ke acara itu pasti senang banget. Di event itu akan ada zona-zona eksplorasi seru yang mendidik, juga ada lomba mewarnai, talkshow syarat ilmu, dan… Sheila On 7!

Tibalah di hari H. Saya berangkat pas jam buka Royal Plaza, agar masih kebagian parkir. Sesampainya di area event, saya dan si kecil langsung menuju Central Park, kemudian dilanjut Smart City. Oh ya, di sini ada beberapa zona eksplorasi lho.

Central Park

Central Park ini paling mencolok kalau dilihat dari lantai-lantai atas Royal Plaza. Ada sebuah tower yang menjulang tinggi, mengingatkan saya pada Gardens by The Bay Singapura. Apa saja yang ada di Central Park ini? Central Park adalah zona yang di dalamnya ada taman dan hewan-hewan. Memasuki zona ini, si kecil akan dipakaikan jas hujan dan diberi tablet untuk berburu hewan. Ada beberapa hewan di antaranya kupu-kupu, kelinci, dan merak. Tablet itu untuk diarahkan pada simbol-simbol tertentu atau hewan-hewan, nanti akan ada animasi bergerak di layar tablet yang disebut augmented reality. Si kecil diajak berlatih menyelesaikan masalah dan mengenali hewan-hewan. Nah, jas hujannya untuk apa? Di sini ada hujan buatan, melatih si kecil tidak perlu takut, juga melatih kita ayah bundanya berkata ‘Iya Boleh’ untuk eksplorasinya.

central park dancow explore your world
Arahkan tablet ke sini, nanti akan keluar bakteri-bakteri.

Smart City

Di zona Smart City, si kecil akan mengasah kecerdasannya dengan membangun kota. Ia bisa membuat gedung atau bentuk apapun dengan blok yang disediakan. Tahu nggak? Si kecil betah banget di sini, bahkan waktu sudah keluar dari sini, ia minta balik lagi.

Smart City di Dancow Explore Your World
Smart City di Dancow Explore Your World

Art Center

Kreativitas si kecil dikembangkan di zona ini. Zona Art Center. Di sini si kecil bisa mewarnai, mendengarkan story telling, dan membuat hand painting alias cap tangan. Oh ya, cap tangannya nanti dikreasikan lagi lho sama panitia, misal jadi bentuk ayam-ayaman, topi, dll. Jadi kenang-kenangan yang bisa kita frame.

Aktivitas Mewarnai
hand printing
Cap tangan yang dikeringkan

Play Park

Play park ini ya tempat bermain, fungsinya untuk melatih kemampuan motorik si kecil. Wahana bermainnya disesuaikan dengan usia si kecil, ada yang untuk 1 tahun ke atas, 3 tahun ke atas, dan 5 tahun ke atas. Apa saja yang ada? Banyak sih, ada slide, mandi bola, trampolin, wall climbing, monkey bar, dll.

Oh ya, di play park ini juga ada ‘sapi’. Biasanya kan, si kecil tahu beres aja kalau minum susu. Sapi-sapi ini menunjukkan peraga dari mana susu itu berasal. Tentunya dengan memerahnya terlebih dahulu. Suara sapi asli membuat si kecil penasaran. “Loh, suara apa itu? Mana sapinya?” Dia cari terus sampai ketemu speaker si sumber suara.

memerah sapi
Si kecil belajar memerah sapi
Playpark 1+ dancow explore your world
Play Park untuk usia 1+
Playpark 3+ Dancow Explore Your World
Play Park untuk usia 3+
Play park Dancow Explore Your World
Play Park untuk usia 5+

Konsultasi

Pojok konsultasi ini memungkinkan ayah bunda untuk curhat masalah nutrisi dan pola asuh. Maka, jangan lewatkan kesempatan ini ya.

Konsultasi gizi dan pola asuh
Konsultasi gizi dan pola asuh

Photo Booth

Ini pasti disukai ayah bunda. Saya juga begitu. Soalnya di photo booth ini kita bisa mencetak foto langsung jadi. Latar belakangnya pun unik, berupa lukisan 3D. Jadi, seakan-akan kita foto di puncak gedung. Aksesoris foto sudah disediakan.

Photo Booth Dancow Explore Your World
Ini yg keren. Ayah bunda bisa mengabadikan foto, dengan uji nyali foto di puncak gedung.

 

Di hari pertama, selain menemani si kecil bermain dan bereksplorasi di Dancow Explore Your World, ayah bunda juga bisa mendengarkan talk show dari para ahli. Ada psikolog, dokter spesialis tumbuh kembang anak, dan ahli gizi. Tak hanya itu, talkshow ini dibawakan oleh Bunda Shahnaz Haque.

Materi pertama disampaikan oleh Psikolog Bunda Ratih Ibrahim, MM. Beliau menyampaikan tiga kunci penting dalam mengasuh anak, agar tumbuh kembangnya optimal dari segala aspek, yatiu:

  • Cinta Ayah dan Bunda. Rasa cinta dari kedua urang tua yakni ayah dan bunda ditunjukkan dengan memberikan kepercayaan pada si kecil, terutama saat dia mulai bereksplorasi. Perbolehkan si kecil melakukan apa saja hal baru yang sesuai umurnya, selama itu tidak berbahaya.
  • Kecukupan nutrisi. Ayah dan Bunda wajib memerhatikan kecukupan nutrisi si kecil, supaya pertumbuhan fisiknya bagus.
  • Stimulasi. Stimulasi yang tepat akan membuat si kecil berkembang kemampuan motorik dan emosinya.

Kemudian materi dilanjutkan oleh Dr. dr. Roedi Irawan M. Kes SpA(K). Dokter spesialis tumbuh kembang anak ini menjelaskan bahwa di saluran cerna itu ada salah satu kunci untuk imunitas anak, yaitu probiotik. Probiotik adalah bakteri bermanfaat yang dapat membantu menjaga saluran pernapasan dan saluran cerna si kecil. Salah satu strain yang telah terbukti menurunkan risiko infeksi seperti penyakit ISPA dan diare dalam penelitian, adalah Lactobacillus rhamnosus.

Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager menegaskan kembali tiga kunci yang memengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu nutrisi, stimulasi, serta cinta ayah dan bunda. Oleh karena itu, inovasi terbaru dari Dancow yang didukung oleh Nestle Research Center, yaitu Dancow Advanced Excelnutri+ diharapkan dapat membantu memenuhi nutrisi si kecil agar tumbuh kembangnya optimal karena mengandung komposisi penting berikut ini.

  • Lactobacillus rhamnosus. Dancow Advanced Excelnutri+ merupakan inovasi lanjutan dari produk sebelumnya yakni Dancow Excelnutri+, dimana Dancow Advanced Excelnutri+ yang baru diluncurkan ini mengandung 3x L. rhamnosus lebih banyak dibanding sebelumnya.
  • Serat pangan inulin, untuk kesehatan saluran cerna.
  • Vitamin A, C, dan E.
  • Mineral seperti besi, selenium dan zink.
  • Minyak ikan, omega 3 dan 6.
  • Protein dan kalsium dari susu.

Puas membiarkan si kecil berpetualang di Dancow Explore Your World hari pertama, kami melanjutkan lagi petualangan di hari kedua. Si kecil belum merasakan bereksplorasi di Play Park dan Art Center. Satu lagi yang penting, photo boothnya hehehe. Oh ya, bintang tamu yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga di hari kedua ini. Sheila on 7! Biar si kecil semangat bereksplorasi dan melompat lebih tinggi!

Penampilan Sheila On &. Sumber: Twitter @DancowCenter

Ayah dan Bunda yang belum main-main ke Dancow Explore Your World Surabaya, nanti bisa datangi acara lain serupa juga. Karena Dancow Explore Your World akan hadir di kota-kota lainnya, yaitu Jakarta (29-30 April 2017), Semarang (5-6 Agustus 2017), Solo (9-10 September 2017), dan Makassar (7-8 Oktober 2017). Dimana? Pantengin aja terus infonya di Dancow Parenting Center

Merancang Kesehatan Sejak Kehamilan

Mempersiapkan kesehatan sejak dini untuk investasi di masa tua. Kalimat itu tak banyak dimengerti oleh orang-orang awam. Kata kuncinya terletak pada ‘sejak dini’. Apakah arti sejak dini itu? Apakah sejak sebelum sakit, sejak bayi, anak-anak, atau kapan? Saya mengadakan survei kecil-kecilan pada orang-orang di kantor saya. Mereka berjumlah 8 orang dan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Mayoritas menjawab sejak bayi, sebanyak 4 responden. Sedangkan yang lain menjawab sejak dalam kandungan sebanyak 2 responden, dan sejak batita juga 2 responden. Dapat disimpulkan bahwa yang menjawab mempersiapkan kesehatan sejak dini itu berarti sejak kehamilan, sangat sedikit.

Mempersiapkan kesehatan sejak kehamilan
Hasil survei

 

Sekarang mari kita tilik arti kata ‘SEHAT’. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sehat memiliki banyak arti.

sehat/se·hat/ /séhat/ a 1 baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dari sakit); waras: sampai tua ia tetap — karena rajin berolahraga; 2 (yang) mendatangkan kebaikan pada badan: makanan dan lingkungan yang — diperlukan bagi pertumbuhan anak-anak; 3 sembuh dari sakit: dokter yang merawatnya menyatakan ia telah — dan boleh pulang segera; 4 ki baik dan normal (tentang pikiran); 5 boleh dipercaya atau masuk akal (tentang pendapat, usul, alasan, dan sebagainya); 6 berjalan dengan baik atau sebagaimana mestinya (tentang keadaan keuangan, ekonomi, dan sebagainya); 7 dijalankan dengan hati-hati dan baik-baik (tentang politik dan sebagainya);

Katakanlah makna sehat itu hanya yang berkaitan dengan tubuh manusia. Maka, kita kerucutkan makna sehat menjadi baik seluruh badan serta bagian-bagiannya, tidak sakit, tidak cacat, juga baik dan normal secara pikiran. Artinya, sehat adalah baik dan normal secara jasmani dan rohani.

Sebenarnya makna sehat wajib dirancang sejak seorang ibu dinyatakan hamil. Bahkan jauh sebelum kehamilan terjadi, yaitu saat merencanakan kehamilan. Mengapa? Tentu kita mengharapkan bayi yang lahir sehat wal afiat, normal, sempurna, tidak sakit, tidak cacat. Itulah sehat.

Oleh karena itu, perkembangan janin dalam kandungan dari minggu ke minggu yang bertahap itu sangat menentukan apakah nanti bayi lahir sehat atau tidak. Mari kita simak perkembangan janin dari minggu ke minggu.

Trimester Pertama

perkembangan janin minggu ke minggu

Pada minggu-minggu pertama, dalam rahim ibu terjadi pembuahan. Sel yang berhasil dibuahi berbentuk seperti gumpalan darah dan mengalami proses penempelan pada dinding rahim. Pada minggu ke-6, embrio terlihat seperti kecebong. Kita dapat mengenali bentuk kepala, ekor, tangan dan anggota badan lain yang seperti tunas. Di sini juga terjadi pembentukan cikal-bakal jantung, hati, paru-paru, dan kelenjar tiroid. Pada minggu ke-8 panjang janin mencapai 25-30 mm. Organ reproduksi, kartilago mulai terbentuk. Telinga luar juga terbentuk sempurna. Sedangkan mata membentuk pigmen. Pada minggu ke-12 janin sudah mencapai 8 cm. Seluruh organ vital sudah terbentuk. Wajah janin mulai jelas karena mata dan telinga sangat dekat ke bentuk akhirnya. Ginjal janin mulai mengeluarkan urin, dan sudah ada refleks gerak tanpa kita sadari.

Trimester Kedua

perkembangan janin trimester kedua

Pada minggu ke-13 sampai ke-18  janin mengalami fase penting dari tumbuh kembang organnya. Oleh karena itu nutrisi jangan terlewatkan terutama vitamin C dan zat besi. Tulang rangka semakin berkembang, tangan dan kaki memanjang, rambut kepala, dan bulu mata semakin tebal pada minggu ke-15. Pendengaran mulai aktif pada fase ini. Pada minggu ke-19 janin semakin besar dan aktif bergerak. Gigi susu mulai terbentuk dalam gusi. Pada minggu ke-20 pembentukan alat vital janin hampir selesai. Pada minggu ke-26 beratnya bisa mencapai 700 gram. Lemak-lemak di bawah kulit mulai terbentuk. Memasuki minggu ke-27 janin sudah bisa membuka matanya, ia juga belajar mengisap jempolnya.

Trimester Ketiga

perkembangan janin trimester 3

Pada minggu ke-28 janin memasuki usia prematur. Bentuknya sudah sempurna. Pada minggu ke-30 janin sudah bisa membedakan adanya cahaya dan gelap. Minggu ke-34 janin bertambah beratnya dan bisa mencapai 2 kg. Matanya mulai sensitif terhadap cahaya. Pada minggu ke-35 kepala bayi sudah berada di bawah dan kaki di atas. Minggu ke-38 lemak-lemak janin mulai banyak. Kulitnya menjadi pink. Rambut dan kukunya mulai panjang. Pada minggu ke 39-40  janin sudah siap lahir.

Nah, jadi tahu bukan? Terutama trimester pertama kehamilan, yang merupakan fase utama cikal-bakal perkembangan janin. Di situlah tunas otak, jantung, paru-paru, panca indra, tangan dan kaki mulai berkembang. Jika terserang suatu masalah (misalnya virus berbahaya atau kekurangan suatu nutrisi), janin gagal berkembang sehingga menjadi cacat, lambat tumbuh kembangnya, atau terserang penyakit. Jika terjadi gangguan perkembangan organ kaki, maka kelak bayi akan lumpuh, jika yang terhambat perkembangan pendengaran, maka ia akan menjadi tuli, jika paru-paru yang gagal berkembang sempurna, maka nanti akan ada masalah penyakit pernapasannya. Sementara pada waktu awal terbentuknya embrio, kebanyakan kita belum menyadari bahwa kita hamil. Jadi, antisipasinya merancang kesehatan anak sejatinya dilakukan sejak merencanakan kehamilan.

Lalu apa yang harus dilakukan saat merencanakan kehamilan?

Melakukan serangkaian tes sebelum hamil

tes kesehatan saat merencanakan kehamilan

Saat merencanakan kehamilan, kita sudah harus memenuhi nutrisi baik sehari-hari. Selain itu, konsultasikan dengan dokter, apakah perlu melakukan tes yang umum menyebabkan masalah pada janin nantinya. Misalnya:

  1. Cek Virus Rubella, cytomegalovirus, herpes simplex genitalia atau varicella zoster untuk menghindari cacat janin.
  2. Cek virus hepatitis baik hepatitis A, B, dan C serta HIV. Jika ada virus ini besar kemungkinan akan ditularkan pada janin.
  3. Cek Toksoplasmosis. Virus Toksoplasma bisa menyebabkan cacat janin dan keguguran.
  4. Penyakit Seksual Menular. Adanya penyakit ini pada calon ibu dapat mengakibatkan kematian ibu dan bayi.
  5. Cek penyakit genetik, misalnya asma, kencing manis, dan penyakit jantung. Karena ibu hamil dengan mengidap penyakit ini membahayakan dirinya dan bayinya jika tidak melakukan pengobatan dengan benar.
  6. Penyakit kekurangan zat besi. Contohnya anemia dapat menyebabkan keguguran dan bayi lahir prematur.

 

Jika hasil pemeriksaan sehat, maka kehamilan kita juga akan sehat. Jika positif menderita suatu penyakit, sebaiknya tunda dulu kehamilan kita. Obati sampai kita dinyatakan sehat kembali. Seandainya penyakit itu kecil kemungkinan diobati, lakukan kontrol kehamilan dan perawatan penyakit yang diderita di bawah pengawasan dokter. Setelah kita dinyatakan positif hamil, barulah kita wajib disiplin menghindari hal-hal yang berbahaya serta melakukan hal-hal tertentu yang sangat dibutuhkan selama kehamilan.

Apa yang harus dihindari?

hal yang harus dihindari selama kehamilan

Banyak hal-hal berbahaya yang harus dihindari seminimal mungkin oleh ibu hamil, diantaranya:

Mengonsumsi obat dan kosmetik sembarangan. Ada beberapa obat yang bisa mengganggu peredaran darah di otak bayi, ada juga yang bisa merusak perkembangan janin. Kosmetik bermerkuri dan yang mengandung hidrokuinon juga dapat memasuki janin sehingga bisa membahayakannya. Maka, jangan konsumsi obat sembarangan tanpa konsultasi dokter. Demikian pula kosmetik, pilih yang aman dan legal.

Gaya hidup tidak sehat seperti minum alkohol dan merokok.  Alkohol sudah terbukti menimbulkan banyak gangguan kehamilan bahkan janinnya dapat mengalami Fetal Alcohol Syndrome yang mengakibatkan kelainan fisik dan otak bayi. Sedangkan rokok tentu saja meracuni diri dan janin.

Polusi. Polusi bisa dari polusi udara, air, dan bahan-bahan yang akrab di sekitar kita. Udara bisa saja mengandung cemaran timbal, partikulat diesel, karbonmonoksida yang buruk bagi pernapasan kita. Selain itu juga memengaruhi otak janin yang sedang berkembang. Kita juga harus selektif memilih air, baik untuk minum maupun pemakaian harian. Jauhi air yang mengandung polusi logam berat. Bahan-bahan pengemas makanan seperti styrofoam yang terkena panas akan menguap menghasilkan senyawa pemicu kanker.

Mitos yang tidak benar. Tentunya banyak mitos berseliweran sebagai wejangan untuk ibu hamil. Ada yang benar, ada yang tidak masuk akal dan salah sama sekali, juga ada yang tidak benar tapi bermanfaat bagi ibu hamil. Misalnya, mitos ibu hamil wajib membawa gunting kemana saja ia pergi agar dirinya dan janinnya aman. Itu tidak perlu kita yakini. Ada lagi mitos seputar nutrisi. Misalnya mengonsumsi air kacang hijau agar rambut bayi lebat dan hitam. Ini tidak sepenuhnya benar karena rambut berkaitan dengan hal genetik. Namun, ini baik untuk kesehatan karena kacang hijau mengandung vitamin B1, vitamin B2, folat dan asam-asam amino.

Apa yang harus dilakukan?

Hal wajib bagi ibu hamil

Pemenuhan Nutrisi

Mencukupi nutrisi untuk perkembangan otak dan tubuh janin harus dilakukan oleh ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil jangan cari makanan enak saja tapi kandungan gizinya kurang. Protein sangat penting dikonsumsi sehari-hari karena merupakan zat pembangun dan pembentuk darah. Protein dibutuhkan 10 gram lebih banyak dari biasanya, atau sekitar 60 gram per harinya. Konsumsilah protein yang mudah didapat seperti tempe, kacang-kacangan, putih telur, dan daging.

Sejak kandungan berumur 6 bulan, otak bayi tumbuh dengan cepat. Sel-sel otak yang bercabang merupakan tanda perkembangan otak yang baik. Nutrisi yang lengkap dan seimbang sangat penting dalam fase ini, terutama asam folat, vitamin B1, B6, yodium, zat besi, Vitamin A, C, E, dan asam lemak omega 3, 6, dan 9.

Olah raga

Olah raga bagi ibu hamil atau senam hamil dapat membantu kelancaran persalinan nantinya. Selain itu, olah raga saat hamil juga bisa meningkatkan IQ dan kemampuan mengingat kosa kata bagi janin. Hal ini karena aliran darah lancar selama ibu berolah raga dan berefek pada janin. Dengan demikian aliran oksigen pada janin juga lancar sehingga perkembangan janin termasuk otaknya terpacu pesat.

Sehatkan jiwa

Tak dapat dipungkiri ibu hamil yang senang dengan kehamilannya juga bisa mengalami masalah dalam kehidupannya. Masalah ini bisa mengakibatkan stres. Stres bisa berdampak negatif bagi pertumbuhan janin, termasuk otaknya. Saat stres, hormon-hormon yang tidak diinginkan juga bisa diproduksi. Misalnya corticotrophin-releasing hormone (CRH). Salah satu dampak CRH bagi janin adalah kelahiran prematur sampai keguguran karena CRH merangsang protaglandin dan zat kimia lain yang merangsang kontraksi rahim. Adanya hormon CRH juga merangsang hormon stres lain yaitu kortisol. Paparan kortisol yang tinggi bisa meningkatkan risiko autisme, hiperaktif, bahkan skizofrenia. Oleh karena itu, jauhi stres dengan menghadirkan rasa ikhlas menjalani kehamilan tanpa merasa kehamilan adalah beban. Orang-orang di sekitar ibu hamil juga harus menjaga perasaan dan kondisi ibu hamil. Lakukanlah relaksasi jika perlu.

Belanja Rumah Sakit

Belanja? Membeli rumah sakit maksudnya? Oh, tidak! Bukan itu. Jadi kita harus melakukan semacam window shopping dan membandingkan antar rumah sakit tempat kita kontrol kehamilan dan persalinan nanti. Bukan cuma harganya tapi juga fasilitasnya. Apakah ramah ibu dan ramah bayi?

Okelah, mungkin sedikit sekali yang bisa dibilang rumah sakit ramah ibu. Minimal rumah sakit itu haruslah ramah bayi. Ini berkaitan dengan nasib nutrisi bayi setelah lahir nanti. Harus ASI. Katanya mau membentuk anak sehat biar tuanya juga nggak sakit-sakitan? Ya ASI jawabannya. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 bahwa ASI eksklusif wajib selama 6 bulan.

Biasanya nih, malah pihak rumah sakit yang mencemari bayi dengan nutrisi lain seperti susu formula. Melihat ASI si ibu tidak keluar, rumah sakit langsung menawarkan susu formula pada si ibu. Bagaimana ASI bisa keluar kalau sudah disumpel duluan dengan susu formula?

Pada awal kelahiran, susu ibu seolah-olah tidak keluar, maka perlulah dilakukan inisiasi menyusui dini (IMD). Hal ini harus dilakukan minimal selama 1 jam dengan membiarkan bayi merangkak di atas ibu untuk menemukan puting ibu dengan usahanya sendiri. IMD juga berfungsi meningkatkan bonding antara ibu dan bayi. Sayangnya tidak semua rumah sakit yang bisa melaksanakan ini terutama jika kelahiran bayi dilakukan secara operasi Sectio Caesarean (SC).

Jadi si ibu harus pintar nih menemukan provider kelahiran mana yang cocok bagi dirinya dan bayinya. Agar si bayi begitu lahir bisa disusui. Nah, saat saya jalan-jalan secara online, saya melihat-lihat Mayapada Hospital. Mayapada Hospital merupakan salah satu rumah sakit yang PRO ASI. Fasilitas dan peralatannya sangat lengkap termasuk USG 3D dan 4D. Bayi lahir normal maupun sectio bisa langsung IMD. Selain itu dalam paket-paket melahirkannya terdapat fasilitas:

• Edukasi pijat bayi
• Konseling laktasi
• Senam hamil 2 kali (triwulan ketiga)
• Cek pendengaran bayi (OAE)
• Pemberian vaksin polio dan hepatitis B
• Konsultasi  kunjungan dokter spesialis bedah plastik (body contour pasca persalinan)

Pelayanan dan fasilitas obgyn lainnya bisa dilihat di sini.

Lalu dimana sih Mayapada Hospital itu? Mayapada Hospital ada dua cabang, yakni di Jakarta dan Tangerang.

Tangerang Branch
Jl. Honoris Raya Kav. 6
Modernland – Tangerang
(021) 5578 – 1888
infomht@mayapadahospital.com
Jakarta Selatan Branch
Jl. Lebak Bulus I Kav. 29
Cilandak – Jakarta Selatan
(021) 2921 – 7777
infomhjs@mayapadahospital.com
Yuk persiapkan kesehatan generasi penerus kita sejak dini dengan langkah yang tepat!happy pregnancy healthy baby

 

Diolah dari:
Novi. 2015. Mencetak Anak Genius Sejak Dalam Kandungan. Yogyakarta: Diva Press.
Partic, Li. 2014. Perisai Segala Penyakit. Jakarta: Elex Media.
http://kbbi.web.id
http://mayapadahospital.com

Risiko Persalinan SC dan Normal adalah sama, Mari Berdayakan Diri

Masih lekat dalam ingatan percakapan dari sebuah chat antara saya dan teman saya. Dia sedang membiasakan memakan kurma untuk mendapatkan gizi supernya karena sedang hamil dan akan melahirkan dalam waktu dekat. Namun dia tidak terbiasa dengan rasa manisnya, sehingga dia berkeluh kesah di facebook. Saya pun menimpali.

“Makan kurma sukkary aja. Jenis kurma ini tidak begitu manis, luar seperti ada crust kayak biskuit, dalamnya lembut dan dagingnya tebal.”

“Berapa harganya, Li?” tanyanya.

Singkat cerita antara saya dan dia telah deal sekotak kurma sukkary kemasan pabrik. Tapi tak disangka seminggu kemudian, saya mendengar kabar kematiannya pasca melahirkan. Ya Allah. Saya termenung dan down. Padahal rasanya baru saja berinteraksi, sekarang kita sudah tidak bisa saling berkomunikasi lagi.

Teman saya tersebut sangat memimpikan kelahiran secara normal. Dia meninggal setelah mengalami pendarahan. Memang, dia berhasil melahirkan secara normal. Tapi usahanya yang kurang tepat. Dia bersikeras melakukan apapun agar bisa normal, tanpa melihat riwayat kesehatannya. Akhirnya terjadilah ruptur uteri atau perobekan rahim yang mengakibatkan pendarahan.

Setelah itu, terjadilah desas-desus perdebatan antara SC vs normal. Ada yang berpendapat lebih baik sekali SC, maka akan SC selamanya. Ada juga yang membela jika bisa normal dan sehat keduanya baik ibu dan bayi, mengapa tidak? Untuk membicarakan hal ini, mari kita lihat dari risiko antara keduanya. Persalinan SC (operasi) maupun normal, terutama setelah riwayat SC sama-sama memiliki risiko.

Risiko Persalinan SC

  1. Infeksi: Infeksi dapat terjadi pada daerah sayatan pada rahim dan pada organ pelvic seperti kandung kemih. Infeksi nifas tetap menjadi penyebab signifikan morbiditas (kesakitan/kecacatan) dan mortalitas (kematian) ibu, baik di Amerika Serikat dan di negara-negara berkembang. Dengan perkiraan 5-20 kali lipat kejadian, sesar merupakan faktor risiko yang paling penting untuk infeksi nifas. Conroy, MD, et al, 2012. [1]
  2. Hemorrhage / perdarahan : Terdapat kondisi kehilangan darah yang lebih banyak pada persalinan sesar daripada persalinan pervaginam / normal. Hal ini akan mengarah pada kondisi anemia atau membutuhkan transfuse darah. Di negara berkembang, penyebab utama kematian ibu setelah c-section adalah perdarahan. Di negara-negara maju, di mana perdarahan lebih sering berhasil diobati dan dicegah, penyakit tromboemboli lebih penting diwaspadai. Dengan demikian, emboli paru adalah penyebab utama kematian setelah operasi caesar di Amerika Serikat. [2]
  3. Cidera organ : Kemungkinan cidera organ seperti pada usus dan kandung kemih ini terjadi sebanyak 2 dari 10.000 wanita yang menjalani bedah sesar. Berghella, MD, 2015 berpendapat cidera pada kandung kemih atau saluran intestinal terjadi sekitar 1 % dari seluruh persalinan sesar. [3]
  4. Adhesions / pelekatan : Jaringan parut dapat terbentuk di dalam daerah pinggul menyebabkan penyumbatan dan rasa sakit. Perlengketan juga bisa menyebabkan komplikasi kehamilan yang akan datang, seperti plasenta previa atau placental abruption.
  5. Rawat inap lebih lama : Setelah sesar, normalnya rawat inap 3-5 hari di rumah sakit, jika tidak ada komplikasi. Jika terdapat komplikasi maka rawat inap akan berlangsung lebih lama.
  6. Pemulihan lebih lama : Waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan setelah operasi caesar dapat berkisar dari minggu sampai bulan, pemulihan yang lama dapat berdampak pada waktu ikatan dengan bayi Anda (1 dari 14 melaporkan nyeri luka insisi selama 6 bulan atau lebih setelah operasi).
  7. Reaksi terhadap obat : Terdapat reaksi negatif dari anastesi/bius yang diberikan selama proses sesar atau reaksi negative terhadap obat nyeri yang diberikan setelah prosedur.
  8. Risiko operasi tambahan : Termasuk hysterectomy(pengangkatan rahim), perbaikan kandung kemih atau sesar berulang.
  9. Kematian ibu : Tingkat kematian ibu untuk sesar lebih tinggi daripada persalinan pervaginam. Dalam sumber lain disebutkan, sementara bukti yang ada menunjukkan tidak ada perbedaan angka kematian ibu saat c-section terencana dibandingkan dengan persalinan pervaginam (2). Menurut pernyataan konsensus terkini oleh American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG) terdapat 3,6 kematian untuk setiap 100.000 wanita setelah persalinan vaginal dan 13,3 kematian untuk setiap 100.000 wanita setelah bedah caesar. Komplikasi berat seperti perdarahan dan infeksi juga lebih umum dialami oleh sekitar 8,6 persen wanita setelah kelahiran vagina dan 9,2 persen setelah C-section. [4]
  10. Emosi dan trauma : Beberapa wanita setelah menjalani operasi sesar melaporkan perasaan negatif tentang pengalaman persalinan mereka dan kemungkinan bermasalah dengan ikatan awal dengan bayinya.

Risiko Persalinan Normal Setelah SC

Risiko persalinan normal yang paling jelas adalah persalinan yang tidak berhasil dan akhirnya SC. Tapi, penelitian tentang wanita yang mencoba melakukan persalinan setelah sesar (TOLAC : Trial Of Labor After Cesar) menunjukkan bahwa sekitar 60 sampai 80% berhasil menjalani persalinan pervaginam. Yang paling berisiko menyangkut VBAC adalah pecahnya Rahim (rupture uteri), ketika rahim terbuka sepanjang garis bekas luka dari C-section sebelumnya. Jika terjadi pecah rahim, tindakan C-section darurat diperlukan untuk mencegah komplikasi yang mengancam jiwa, termasuk pendarahan berat dan infeksi bagi ibu dan kerusakan otak untuk bayi. Dalam beberapa kasus, rahim perlu diangkat (histerektomi) untuk menghentikan pendarahan [5].

Ruptur Uteri

Karena kejadian meninggalnya teman saya diakibatkan oleh pendarahan karena ruptur uteri, maka saya akan membicarakan apa itu ruptur uteri. Ruptur uteri adalah robekan atau diskontinuita (terputus) dinding rahim akibat dilampauinya daya regang myometrium. Ruptur uteri merupakan komplikasi yang sudah langka atau jarang terjadi dan sering mengancam nyawa ibu dan bayi. Selama ini para tenaga medis hanya memperingatkan kepada Anda tentang ruptur uteri tidak dengan dehiscence uteri. Keduanya merupakan peristiwa yang berbeda dan membutuhkan waktu yang berbeda pula dalam penyelamatan ibu dan bayi [7]. Namun sangat disayangkan bahwa kedua peristiwa ini dianggap sama oleh sebagian besar tenaga kesehatan sehingga secara tidak langsung menambah jumlah angka kejadian ruptur uteri.

Ada hal-hal yang meningkatkan risiko ruptur uteri diantaranya kehamilan berkali-kali, operasi miomektomi, sesar yang berkali-kali, jenis sayatan sesar, bayi besar, induksi persalinan, dan persalinan dengan bantuan alat forcep/vacuum dan trauma rahim. Sedangkan keberhasilan VBAC pada persalinan sebelumnya dan perencanaan jarak kehamilan selanjutnya memberikan perlindungan relatif yang akan menurunkan prediksi kejadian ruptur uteri selanjutnya.

Kejadian keseluruhan dari ruptur uteri sangat rendah. Dari tahun 1976 hingga tahun 2012, 25 publikasi yang ditinjau menggambarkan kejadian rupture uteri. Dilaporkan bahwa terdapat 2.084 kasus dari 2.951.297 wanita hamil. Hal itu menandakan angka terjadinya ruptur uteri 1 dari 1.146 kehamilan (0,07%) [6]. Dalam sumber yang lain, Fitpatrick KE et al menyebutkan walaupun rupture uteri dihubungkan dengan mortalitas dan morbiditas (kematian dan kesakitan) maternal dan perinatal. Bahkan pada wanita dengan SC sebelumnya yang merencanakan persalinan pervaginam pada kehamilannya sekarang, ini langka terjadi hanya 1 dari 500 wanita. [1]

Induksi persalinan tidak dianjurkan bagi wanita yang akan VBAC

Zelop et al menemukan bahwa tingkat ruptur uteri pada 560 wanita yang menjalani induksi persalinan setelah sebelumnya sesar adalah 2,3% dibandingkan dengan 0,72% untuk 2.214 wanita yang menjalani induksi persalinan setelah melahirkan spontan. Dari data tersebut memang ditemukan angka kejadian rupture uteri akibat induksi persalinan tidaklah terlalu tinggi, namun induksi persalinan tetap sebagai faktor risiko terjadinya rupture uteri.

Dari kasus teman saya tadi, kemungkinan besar ruptur uterinya disebabkan oleh upaya persalinan normal yang tidak alamiah. Dia meminta diinduksi agar bisa melahirkan per vaginam. Padahal, persalinan normal setelah ada riwayat SC haruslah sealamiah mungkin. Tidak boleh vakum ataupun induksi karena akan meningkatkan risiko pendarahan.

Pentingnya Pemberdayaan Diri

Memberdayakan diri selama kehamilan itu sangat penting. Permberdayaan diri adalah upaya agar kehamilan kita sehat dan selamat, sampai kelahiran bayi yang juga diharapkan sehat. Dengan demikian angka kematian bisa diminimalisir. Kita bisa mulai dengan mencari informasi yang tepat mengenai:

  • Nutrisi
  • Senam Hamil
  • Pengetahuan perkembangan janin
  • Apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, dll

Langkah yang bisa kita lakukan adalah mencari dimana kita bisa mengikuti kelas prenatal. Setidaknya lakukan ini sejak awal kehamilan. Pada usia kehamilan lebih dari 6 bulan sudah bisa dikatakan terlambat, namun tidak ada salahnya optimalkan apa yang bisa kita lakukan demi kehamilan terbaik kita.

Saat ini ada sebuah program yang memudahkan ibu hamil mendapatkan informasi kehamilan sampai dan menyusui sampai anak berusia 2 tahun. Namanya SMSBUNDA. SMSbunda adalah program yang diluncurkan oleh Kementrian Kesehatan untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir hingga 25%.

SMSbunda akan mengirimkan informasi berupa perawatan selama kehamilan, kelahiran, masa nifas, dan pasca kelahiran. Informasi yang dikirimkan berupa sms langsung ke telepon seluler ibu secara gratis. Yang bisa mengikuti program ini adalah ibu yang sedang hamil, baru melahirkan Baik ibu yang tengah hamil, baru saja melahirkan, atau siapapun termasuk keluarga, teman, tetangga yang ingin mendapat info karena kehamilan tidak hanya melibatkan si ibu saja melainkan juga lingkungannya.

Cara Bergabung Dengan SMSbunda

Kita bisa mendaftar kapan saja selama masa kehamilan. Hanya dibutuhkan pulsa dengan tarif SMS standar, yakni Rp. 300. Cukup ketikkan format:

REG(spasi)HPL/perkiraan tanggal melahirkan(spasi)kota/kabupaten

Contoh: REG 02/02/2017 Pamekasan

Kirim ke:

08118469468

Setelah mendaftar, kita akan mendapat balasan seperti ini:

IMG-20160830-WA0016

Selanjutnya kita akan menerima informasi seputar kehamilan sesuai usia kita. Menjelang masa persalinan, kita akan menerima informasi hari-hari pertama pasca melahirkan. Pada bulan pertama pasca melahirkan, kita akan menerima info seputar kesehatan ibu dan bayi baru lahir. Tertarik mencoba? Ini benar-benar sangat bermanfaat, lho.

Untuk info lebih lanjut, klik: www.smsbunda.or.id

Sumber:

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3410505/
  2. https://www.openanesthesia.org/c-section_morbidity/
  3. http://www.uptodate.com/…/c-section-cesarean-delivery-beyon…
  4. http://www.acog.org/…/Safe_Prevention_of_the_Primary_Cesare….
  5. http://www.mayoclinic.org/tests-procedu…/…/VBAC/art-20044869
  6. http://reference.medscape.com/article/275854-overview…
  7. http://community.babycenter.com/…/uterine_dehiscence_vs._ut…

Agar Nikah Muda Tak Kontroversial

 Terinspirasi tulisan mbak Ade tentang nikah muda, saya pun tak ingin ketinggalan membahasnya. Nikah muda mungkin bukan impian semua orang. Tapi nikah muda mungkin sudah diimpikan Alvin, anak sulung Ustadz Arifin Ilham, beberapa bulan sebelum pernikahannya berlangsung. Dari hasil kepoin instagramnya sih gitu. Pernikahan yang di umur belia ini menuai komentar dari berbagai pihak. Tentu adayang mendukung, ada pula yang menentang. Alvin menikah di usia 17 tahun dengan istrinya Larissa Chou pada tanggal 6 Agustus 2016.

Continue reading

Bebaskan Eksplorasi Si Kecil, Lindungi dengan Nutrisi

Surabaya [06/08/16] – Tak jarang kita temui orang tua yang melarang anaknya. Misalnya ketika cuci piring sendiri, karena takut si kecil basah, maka orang tua melarangnya mencuci. Saya pun demikian. Saya yang saat itu main-main di Royal Plaza Surabaya, saya mengajak si kecil bermain-main di Dancow Explore The World. Di area Indonesia ada pantai buatan berpasir. Saya sudah punya niatan melarang anak untuk jangan bermain di sana. Kalau bajunya kotor bagaimana? Mending main yang lain saja.

Beberapa hari sebelumnya saya kebetulan ke Royal Plaza. Hari itu Dancow sudah bersiap-siap membangun Explore The Worldnya. Saya kagum, persiapannya sangat matang. Oleh karena itu, saya penasaran dan kembali lagi ke sini. Untuk masuk ke area ini diperlukan paspor. Saya punya dua paspor untuk kedua anak saya. Untuk memperoleh paspor, kita cukup membeli Dancow 1+/3+/5+ ketentuannya di sini.

PhotoGrid_1470459736792

20160809_190333-480x853

“Siapa yang anaknya susah makan? Siapa yang anaknya doyan makan tapi tidak mau susu?” sapa Shahnaz Haque sebagai pemandu acara pada para peserta. Pertanyaan tersebut bikin ayah bunda penasaran mengikuti acara sampai tuntas, karena akan terjawab oleh para ahli.

Acara disambut oleh Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager Dancow Excelnutri+ Nestle Indonesia. Tahun lalu Dancow membangun arena bermain Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure di mall ini juga. Kali ini Dancow mengajak si kecil menjelajah dunia dan mengeksplor kegiatan seru lainnya. Riza mengatakan bahwa ini merupakan area bermain dan belajar seluas 590 m² yang terinspirasi dari empat negara yaitu Jepang, Belanda, Brazil dan Indonesia.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang perkembangan si kecil setelah usia 1 tahun oleh Psikolog Ratih Ibrahim. “Siapa yang suka bilang jangan?” ujarnya.

Pertanyaan itu menampar saya. Saya sering melarang si kecil bereksplorasi. Kalau si kecil main macam-macam nanti saya yang repot. Ternyata saya salah, Ratih Ibrahim menjelaskan bahwa usia 1-5 tahun waktunya tubuh dan otak tumbuh pesat. Masa ini adalah masa si kecil bermain, bereksplorasi dan bertanya. Jadi, penting bagi ayah bunda memberikan cinta, kesempatan, dan kepercayaan pada si kecil agar berani bereksplorasi agar tumbuh kembangnya optimal.

Psikolog Ratih Ibrahim

Senada dengan Ratih Ibrahim, Carissa Putri berpendapat yang sama. Dia membebaskan anaknya, Quenzino Acana Naif (2,5 tahun) bereksplorasi. Quenzi suka ke taman dekat rumahnya berjemur dan bermain. Ia selalu membawa beras untuk diberikan ke burung-burung liar di taman. Kadang timbul rasa khawatir Quenzi akan sakit, namun Carissa selalu berusaha agar tetap terlindungi saat Quenzi bereksplorasi.

“Quenzi juga suka berantakin mainan. Tapi saya bilang ke Quenzi. Quenzi, kamu tahu kan kalau selesai main harus apa? Kamu harus tidy up, rapikan semuanya. Kalau mainan sampai rusak, tidak dirapikan lagi, mama nggak mau belikan lagi. Dari situ dia nurut. Dia bebas bermain apa saja, tapi ada saatnya dia harus rapikan.” tutur Carissa.

Screenshot_2016-08-18-03-45-41

Lindungi Ekplorasi Si Kecil dengan Nutrisi

Agar si kecil aman saat mencoba hal-hal baru, kita bisa melindunginya dengan nutrisi agar tidak mudah sakit. Hal ini dijelaskan oleh ahli nutrisi Sari Sunda Bulan. Beri si kecil protein dan kalsium untuk pertumbuhan fisiknya. Dukung perkembangan otak dengan minyak ikan, omega 3 dan 6 untuk proses belajarnya seperti belajar menghitung, bahasa.

Di Indonesia sering timbul penyakit infeksi seperti ISPA, diare, saat si kecil bereksplorasi. Sistem daya tahan tubuh sebanyak 80% ada di saluran cerna. Agar saluran cerna sehat dibutuhkan serat pangan misalnya inulin, bakteri baik, Vitamin A, C, E, selenium, dan Zinc. Ngomong-ngomong soal bakteri baik, tidak semua bakteri baik sama. Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang terbukti mampu menurunkan risiko infeksi tertentu. Bunda tidak perlu bingung mendapat semua darimana. Semua sudah ada dalam Dancow Excelnutri+, sehingga tak perlu cemas ketika anak bereksplorasi karena sudah mendapat nutrisi seimbang dan saluran cerna yang sehat.

20160806_135559-640x360

Setelah selesai menyimak talkshow dari para ahli, saya dan si kecil bermain-main keliling dunia di Dancow Explore The World.

Zona Belanda

Kita juga bisa memandang hamparan bunga dan kincir angin di Netherland #DancowLindungi

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Belajar memerah susu sapi #DancowLindungi

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Jangan takut ajari si kecil berkebun. Jangan takut dia jadi kotor. #DancowLindungi

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

20160806_145156-640x360-1

Zona Indonesia

20160806_122517

Asik bikin istana pasir sampe ga ngeh kalo dibidik teman fotografer kompas 😄 #DANCOWLindungi

A post shared by eda (@edapoenya) on

Zona Brazil

20160806_145434-640x360-1

Zona Jepang

Hari Kedua Semakin Seru

Keesokannya, Minggu (07/08/16) Dancow Explore The World semakin seru, karena bintang tamunya sudah ditunggu-tunggu. Siapa lagi kalau bukan Raisa? Suara empuknya bikin pengunjung ikutan nyanyi. Selain itu, ada demo masak oleh chef Steby Rafael. Semoga tahun depan bisa berjumpa lagi di acara Dancow seperti ini.