Author: li partic

7 Kunci Keterampilan Sosial Pembentuk Anak Generasi Maju

Siapa sih, yang tidak ingin memiliki anak yang sukses di masa depannya, walau dengan jalur masing-masing? Pasti semua orang tua menginginkan anak dengan kehidupan yang baik bahkan lebih baik dari dirinya. Hal itu tak lepas dari kehidupan bermasyarakat. Dalam kehidupan sosial, anak harus dididik dengan keterampilan yang baik.

Dalam acara Seminar Parenting yang bertajuk”Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju” Sabtu, 30 September 2017 di Fairfield Hotel, Surabaya, Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi memaparkan tips-tipsnya untuk membentuk anak generasi maju.

parenting seminar sgm eksplor

Ada hal-hal penting sebagai pondasi agar anak bisa punya keterampilan yang baik. Tiga faktor berikut adalah ciri anak generasi maju.

1. Supel

Penting sekali bagi kita untuk saling bekerja sama dan saling memahami orang lain. Inilah yang disebut supel.

2. Kreatif

Di kehidupan sosial ada banyak masalah, kita tidak bisa menyelesaikan dengan satu cara saja. Apalagi cara yang selalu sama untuk permasalahan yang berbeda. Artinya kita membutuhkan generasi kreatif mencari solusi pemecahan masalah.

3. Mandiri

Tentunya kita tidak mau generasi yang tergantung pada orang sekitar. Kita mengharapkan anak yang mandiri walaupun juga bisa berkerja sama dengan orang lain.

Mbak Nina a.k.a Anna Surti Ariani S.Psi, M.Si, Psi memaparkan penjelasannya.

Untuk membentuk anak generasi maju yang supel, kreatif, dan mandiri, sedari dini kita sebagai orang tua harus menanamkan pendidikan karakter berketerampilan sosial. 7 hal di bawah ini adalah nilai yang harus diajarkan.

1. Berteman dan Bekerja sama

Anak perlu diajari untuk bersoisalisasi dengan berteman. Kadang ada anak yang aktif di rumah saja, sedangkan di lingkungan yang baru ia takut berbaur. Namanya jago kandang. Agar anak tak menjadi jago kandang, maka beri pujian sekecil apa pun di lingkungan baru tersebut. Seringlah ajak si kecil berkumpul dengan orang lain. Kita juga bisa memperlihatkan kekraban dengan orang lain. Namun jangan paksa si kecil berteman. Apabila ia sudah merasa nyaman pasti ia akan mau. Satu lagi yang penting: jangan meninggalkan si kecil diam-diam!

2. Berkompetisi sehat

Saat melakukan kompetisi apapun, ajari anak untuk bersaing dengan sehat. Misalnya beri pujian pada usaha anak. Ajari tetap semangat walau kalah, serta memberi selamat pada yang menang.

3. Sopan santun

Ajari anak sopan santun. Misalnya saat bertemu dengan orang yang lebih tua seperti nenek, kakek, guru, ajari ia untuk bersalaman mencium tangan.

4. Mendamaikan pertengkaran

Ajari Hak Milik. Jangan kakak selalu mengalah

yang menang adalah yang berhak adalah yang benar. Misalnya rebutan mainan, maka bukan kakak yang harus mengalah, tetapi yang punya barang tersebut yang berhak atas mainannya. Jangan lupa buat aturan yang jelas.

Jika sudah anak besar. Berantem sama anak tetangga. Tanya  bicarakan solusinya. Apa yang akan dilakukan besok?

Ajari si kecil menyampaikan apa yang ia pikirkan. Tunjukkan dalam keseharian. Kita yang mencontohkannya terlebih dahulu.

5. Marah Tanpa Ganggu Orang Lain

Anak harus belajar mengatur emosinya. Boleh marah tetapi tidak boleh sampai mengganggu orang lain. Caranya bagaimana?

  1. Pahami mengapa dia marah. Jangan langsung diomeli. Tanya apa sebabnya.
  2. Tenangkan ketika dia marah. Misalnya dengan pelukan.
  3. Akui kemarahannya. Katakan padanya: “Kamu marah ya gara-gara rebutan mainan?”
  4. Jangan berikan apa yang diinginkan anak ketika sedang marah. Jika anak marah dan terus dituruti, bisa bahaya. Misalnya anak minta dibelikan gawai, namun kita larang. Kemudian ia nangis guling-guling. Akhirnya karena kita kasihan, maka kita turuti. Lama-kelamaan si anak akan mengaggap bahwa cara menuruti keinginannya adalah dengan menangis guling-guling. Besoknya ia akan melakukan yang sama ketika ia menginginkan suatu barang.

6. Belajar Ikut Aturan

Tentukan aturan apa saja yang diberikan. Misalnya mandi jam berapa, kapan waktunya makan.

Beri batasan untuk si kecil. Misalnya ketika si kecil bermain gawai. Beri pengertian batasan seperti apa, misalnya ketika ayahnya meminta, atau beri batasan waktu. Jangan lupa jelaskan alasannya.

Dalam hal ikut aturan kita harus konsisten dan bersabar. Jangan hari ini konsisten, tapi besok tidak dilakukan.

7. Peduli Terhadap yang sakit atau Kekurangan

Anak mesti peduli terhadap yang kekurangan. Jika ada teman yang sakit ajarkan untuk menjenguk. Bahkan sangat istimewa jika ia bisa membantu si sakit. Misalnya mengambilkan minuman, menyuapi makan, membalut luka saat teman terjatuh, dll.

Agar skenario pembentukan anak generasi maju lancar tanpa hambatan, maka orang tua yang sudah bertekad punya generasi maju harus SIAP. Jika kita masih suka having fun dengan caranya sendiri, misal dugem dll, tandanya kita belum siap.

Meski kasih sayang besar tapi tidak punya keterampilan mengasuh, ya sama saja zonk. Aduh.. kok jadi ingat zaman ngejomblo. Cuma punya cinta untuk mencintai tapi ga punya duit. Hahaha… However, orang tua harus punya ilmu tentang tumbih kembang anak, membaca, berkonsultasi dengan para ahli, juga aktif mencari-cari informasi tentang anak untuk membesarkan anaknya.

Itulah mengapa SGM eksplor sangat berkomitmen mendukung perjuangan ortu memberi yang terbaik untuk si kecil. Menjadi orang tua memang perlu persiapan untuk mempersiapkan generasi maju. Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan, “Kami memahami perjuangan para orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik demi masa depan si Kecil. Bentuk komitmen dan dukungan kami berikan kepada orang tua Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orang tua dalam memastikan pemenuhan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi tumbuh kembang si Kecil,  agar ia dapat menjadi Anak generasi Maju yaitu anak yang memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik, kreativitas dan kemandirian.”

astrid prasetyo SGM Eksplor
Astrid Prasetyo menjelaskan komitmen SGM Eksplor dalam mendukung orang tua membentuk Generasi Maju

Selain itu, SGM Eksplor sering mengadakan event edukasi seperti dalam seminar ini. Namun bagi orang tua yang belum sempat menghadiri rangkaian Parenting Seminar Anak Generasi Maju dan untuk lebih memperluas jangkauan edukasi kepada para orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang si Kecil, maka SGM Eksplor mendukung para orang tua Indonesia melalui edukasi digital dalam bentuk video-video parenting tips tentang bagaimana cara mendidik anak menjadi generasi maju yang supel, kreatif dan mandiri.

Ingat, ciri Anak Generasi Maju adalah anak yang Supel, Kreatif dan Mandiri, ya bunda!

 

Tips Kecantikan: Memerahkan Bibir Secara Murah dan Alami

Berbicara mengenai tips kecantikan alami, pastinya menjadi hal yang paling banyak dicari oleh kaum hawa di internet. Setiap orang pasti menginginkan tampilan yang maksimal. Cantik luar maupun dalam. Namun dibandingkan dengan inner beauty yang memang tidak bisa terlihat, kecantikan luar jadi hal yang paling diutamakan. Berbagai cara dilakukan untuk bisa tampil cantik. Tak peduli berapapun besarnya biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Mulai dari prosedur yang murah meriah, hingga memakan banyak biaya dengan datang ke klinik kecantikan.

lipstick-1942173_960_720

Diantara sekian banyak prosedur kecantikan yang banyak dilakukan oleh wanita, adalah memutihkan kulit. Selain itu juga ada memerahkan bibir. Bibir menjadi salah sagu bagian paling penting bagi wanita. Bibir yang cantik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi lawan jenisnya. Banyak orang yang memang terlahir dengan bibir berwarna hitam. Sehingga agak sulit untuk bisa tampil sempurna tanpa menggunakan lipstik. Padahal pemakaian lipstik yang berlebihan juga berdampak kurang bagus bagi kesehatan kulit bibir mereka.

Untuk itu tak jarang diantaranya yang mengeluarkan uang sangat tinggi untuk melakukan prosedur sulam bibir guna dapatkan hasil merah yang alami. Padahal sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dapatkan bibir merah alami, bahkan tanpa harus melakukan sulam bibir, diantaranya adalah:

  1. Scrubbing menggunakan lemon dan gula, kedua bahan ini memiliki efek yang sangat bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati, khususnya yang ada di bibir. Kandungan vitamin C juga bagus untuk memerahkan bibir secara alami. Caranya sangat mudah, cukup dengan 2 sendok makan gula ditambah perasan air lemon, kemudian gunakan sebagai scrub untuk bibir Anda, lakukan secara teratur minimal 1 kali dalam 2 minggu.
  2. Manfaatkan minyak zaitun, jangan salah, minyak zaitun tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan kulit saja, melainkan juga sebagai bahan alami pemerah bibir, caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan mengaplikasikannya setiap hari sebelum tidur di area bibir tersebut.
  3. Gunakan air bunga mawar, air atau sari dari bunga mawar, khususnya adalah mawar merah memiliki zat alami yang bisa memerahkan warna bibir Anda. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan kelopak mahkotanya, kemudian ambil airnya, oleskan pada bibir secara rutin.
  4. Susu untuk memerahkan bibir, selain dengan cara mengkonsumsinya secara teratur, maka juga bisa dengan mengoleskan susu tersebut ke bagian bibir Anda. Kandungan asam laktatnya secara alami bisa mengikis sel-sel kulit mati yang ada pada bibir.

 

Langkah mudah lainnya adalah dengan mengkonsumsi air putih secara cukup, minimal 8 gelas setiap hari untuk mendapatkan kulit bibir yang selalu nampak segar, terhindari dari dehidrasi. Itulah tips kecantikan alami memerahkan bibir yang bisa Anda coba.

Meikarta Belum Mengantongi Izin Pembangunan, Tetap Berlanjutkah?

Meikarta. Sudah pernah dengar bukan? Yang sempat ramai di jagad maya itu, lho. Yup! Kota baru yang akan mirip dengan Jakarta bikinan Lippo Group. Proyek raksasa Meikarta di Cikarang sungguh menuai polemik sejak awal perencanaannya. Terang saja, mulai dari kasak-kusuk tentang hegemoni asing di Indonesia, hingga izin pembangunan proyek pemukiman, sedang gencar dibicarakan publik. Lahan 600 hektar ini disebut-sebut baru memiliki Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) sebagai tindak lanjut adanya izin lokasi.

Hal itu diperkuat dengan penjelasan dari Eddy Nasution selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), bahwa pihaknya telah meminta Lippo Group untuk menghentikan pembangunan Meikarta sampai seluruh perizinan rampung. Berdasarkan pemantauan dari lokasi, saat ini pembangunan tersebut baru sebatas penanaman pohon, rumput, dan pengiriman alat konstruksi seperti crane dan sebagainya.

Mengacu kepada peraturan, setelah mendapatkan IPPT, seharusnya pihak Lippo menyampaikan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), mendapatkan Izin Lingkungan, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), setelah itu baru bisa memulai proses pembangunan. Jika seluruhnya sudah terpenuhi, barulah pembangunan bisa dilakukan.

Belum cukup sampai di situ, muncul kehebohan baru karena Meikarta menyelenggarakan Grand Launching sekaligus promosi pada 17 Agustus lalu, dengan mengadakan sistem booking fee sebesar 2 juta rupiah saja. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sempat menyayangkan tindakan Lippo yang tetap melangsungkan aktivitasnya meski belum mengantongi izin lengkap. “Harusnya pihak berwenang bisa menghentikan itu,” ujarnya kepada salah satu media.

Berbanding terbalik dengan kabar yang beredar, Danang Kemayan selaku Direktur PT Lippo Karawaci mengungkapkan bahwa tidak ada masalah dalam pembangunan, dan penuntasan perizinan proyek ke Pemerintah Kabupaten Bekasi sedang diproses oleh pihak manajemen.

Lebih lanjut, Danang menjelaskan bahwa aktivitas pemasaran yang dilakukan Lippo adalah sebuah hal yang wajar, yakni dengan terlebih dulu menjual konsep. Toh yang dibayarkan oleh pelanggan saat ini bukan berupa down payment atau uang muka, melainkan hanya booking fee, dan hal tersebut tidak memerlukan perizinan.

Oalah… oalah. Beda ya ternyata bayar booking fee sama uang muka. Sebagai masyarakat, pelik rasanya mengikuti perkembangan informasi Meikarta dari satu masalah ke masalah lain. Masalah yang ada seolah tak kunjung henti bermunculan. Jika kita telaah kembali, bener ga sih, Meikarta menyalahi aturan? Sedangkan menurut pemberitaan, lahan sebesar 84,6 ha sudah mengantongi izin untuk membangun pemukiman (baca di sini http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/08/22/meikarta-kantongi-izin-pembangunan-hunian-84-ha-dari-pemkab-bekasi) dan izin yang dikeluarkan pun blok per blok sesuai dengan blok-blok yang dipasarkan saat launching. (Baca juga https://kumparan.com/angga-sukmawijaya/bos-meikarta-klaim-sudah-kantongi-izin-dari-pemerintah)

Jadi, salahkah mereka melakukan promosi dengan menjual sebuah konsep? Atau… perlukah polemik ini terus digembar-gemborkan? Bukankah lebih baik kita menanti dan percaya terhadap pihak pembangun dan pemerintah, bahwa mereka akan menjalankan proses perizinan dengan cermat dan tepat hingga tuntas?

Vidi Vini Vici, Bolu Kekinian Oleh-Oleh Surabaya

Vidi Vini Vici, wajah Vidi Aldiano, dan ibunya Besbarini terpampang jelas di baliho besar dekat gerbang Grand City, siang itu, 6 Agustus 2017. Aku pun berbelok masuk ke dalam Grand City. Ternyata akan ada prelaunching Vidi Vini Vici.

Seorang pria muda kemudian memainkan gitarnya. Ia berkata, “Kalian di sini mau apa? Antri sembako? Kok rame banget di sini?”.

Ia adalah Vadi, adik Vidi Aldiano. Ia mengiringi musik dengan gitar akustiknya saat Vidi bernyanyi.

Acara Prelaunching ini adalah Meet & Greet dibalut talk show dan unjuk suara emas Vidi Aldiano. Dipandu oleh Duo Gambreng, acara menjadi seru dan banyak tawa. Alhasil, tak hanya fans Vidi yang nonton acara ini. Cak Ning, blogger, buzzer, dan orang-orang umum betah di sini, di lantai atas, lantai atasnya lagi, dan lantai paling atas.

Aku menilai agak aneh yah. Secara oleh-oleh kekinian itu kalau tokohnya nggak tunggal, ya berdua dengan pasangan sahnya. Contohnya Sarwendah dengan Ruben Onsu, Gigi dengan Raffi, Melly Goeslaw dengan Anto. Lah, ini sama ibunya. Iya soalnya, Vidi sayang banget sama Ibu Besbarini. Nggak ada ibu, nggak ada Vidi. Dan Ibu Besbarini inilah yang menjadi inspirasi lahirnya bolu kekinian ini. Soalnya dulu Ibu Besbarini dulu suka bikin kue bolu. Meski yang dibikin bolu kukus, yah agak mirip-miriplah. Namanya sama-sama bolu.

Vidi Vini Vici

Vidi Vini Vici adalah merek anyar oleh-oleh kekinian Surabaya berbentuk bolu. Nama ini didapat dari inspirasi quote,”Vini Vidi Vici.” Yah.. salah kaprah sih sebenarnya. Yang benar Veni Vidi Vici, artinya datang, lihat, taklukkan.

Tapi, sama Vidi dibalik. Jadi Vidi Vini Vici. Kata Vidi memang berasal dari namanya. Dan kalimat ini memiliki arti tersendiri, yaitu lihat, datang, rasakan.

“Yaaa. Jangan lupa ya nanti kalau launching, Vidi, Vini, Vici. Lihat, datang, rasakan. Jangan lupa bayar!” celetuk Duo Gambreng kocak.

“Kalau lihat, datang, rasakan, nggak bayar kan repot,” lanjutnya.

Mengapa Menjadi Oleh-Oleh Kekinian Yang Baru Di Surabaya?

Surabaya lagi-lagi dipilih menjadi kota kue kekinian. Kata Vidi, Surabaya adalah the second hometown. Selain rumahnya di Jakarta, kota lain yang sering ia kunjungi adalah Surabaya.

Seperti Apa Bentuknya?

Jujur ini masih dirahasiakan. Semua peserta yang hadir kebagian icip-icip Vidi Vini Vici ini, bentuknya sudah dipotong-potong.

“Lihat nantilah, biar surprise”, kata Vidi.

Tapi plis ya. Nggak usah pake rahasia-rahasiaan deh. Waktu kamu kamu nyanyi-nyanyi kan udah keliatan, Vidi! Itu, ada di backdrop LED-nya. Bentuknya bulat, tapi bukan donat ya. Karena ini jauh lebih besar. Well, May be Giant Donnut.

Varian Rasa

Cokelat Keju

Bolu ini sebenarnya original, bukan bolunya yang rasa cokelat. Nama cokelat keju ini karena toppingnya. Ada meses dan keju. Di antara dua lapis bolu terdapat krim butter dengan remah-remah biskuit yang renyah.

Red Velvet

Warnanya merah, dengan taburan bubuk red velvet.

Berry

Varian Berry ini memiliki topping seperti pelangi. Warna pelanginya bukan mejikuhibiniu, melainkan paduan ungu, oink, dan biru. Ditengahnya terdapat selai berry.

Lemon Mint

Varian Lemon Mint memiliki topping berwarna kuning dengan siraman tipis warna hijau. Di tengah bolu ada selai yang enak, terasa banget mintnya.

vidi vini vici lemon mint dan berry
Varian Lemon Mint dan Berry

Keju

Varian Keju ini bertoppingkan parutan keju yang lebat dan irisan keju berbentuk dadu. Keju-keju tersebut menempel cantik pada krim putih manis. Ternyata bolunya berwarna merah. Di tengahnya terdapat krim butter juga.

vidi vini vici keju
Vidi Vini Vici Keju

vidi vini vici keju

Nggak sabar pengen nyobain? Jangan lupa ya nanti datang openingnya tepat di Hari Kemerdekaan. Tanggal 17 Agustus 2017!

Vidi Vini Vici

Jl. Diponegoro No. 48

Surabaya

 

5 Fakta Tentang Ngidam

Ngidam sudah lumrah terjadi pada ibu hamil. Saat ada sesuatu yang sangat diinginkan, dan harus terpenuhi, itulah ngidam. Bisa ingin makanan, minuman, jajan, atau aktivitas tertentu yang tak biasa contohnya pengen nyubit pipi bayi,pengen naik gunung, dll.

“Aku pengen mangga nih, tapi mangganya tetangga,” ungkap si ibu hamil.

“Iya nanti ayah carikan,” ujar suaminya.

Setelah mangga didapat. Si ibu masih tetap cemberut. “Aaaa, kok mangga ini? Maunya mangga gincu.”

Lalu si suami menatap dengan muka datar.

Nah, itu contoh ngidam. Kadang merepotkan. Dan si ibu hamil selalu menuntut agar dituruti keinginannya. Jika tidak, maka ada kepercayaan bayinya bakal suka ngeces air liurnya. Itu kan, mitos. Sebenarnya apa sih fakta di balik ngidam, terutama dalam sisi medis? Simak, yuk!

1. Ngidam adalah faktor hormonal

Sebenarnya ngidam belum diketahui penyebab pastinya. Tetapi dalam dunia kedokteran, hal ini dikaitkan dengan faktor hormonal.

2. Ngidam boleh, tapi nutrisi ibu harus lengkap

Jika ngidamnya berupa makanan tidak sehat, seperti gorengan, sekali-kali boleh. Tapi jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi. Ibu hamil seperti manusia lain butuh nutrisi makro dan mikro. Nutrisi makro ini seperti karbohidrat, protein dalam lauk-pauk, ditambah sayur. Sedangkan nutrisi mikro berupa vitamin dan mineral. Contohnya asam folat, vitamin D, zat besi, kalsium. Hal ini penting untuk mengatur metabolisme tubuh. Jangan lupa konsumsi satu butir telur per hari.

3. Ibu harus makan 1,5 porsi tiap kali makan

dr. Muhammad Ardian C.L SpOG M.Kes mengatakan bahwa ibu hamil wajib memenuhi pola nutrisi seimbang 3x sehari.  Sekali makan dipenuhi 1,5 porsi makan, atau dalam sehari diukur sampai 5 piring. Jangan takut gemuk ya bunda, karena ini bukan nutrisi untuk satu orang, tapi juga demi perkembangan janin.

Jika minum (cairan) yang dibutuhkan orang biasa adalah 8 gelas, maka berbeda dengan ibu hamil. Ibu hamil butuh 10 gelas per hari. Susu juga termasuk cairan, dan ini dapat dihitung termasuk dalam ukuran 10 gelas tadi.

4. Jika Tidak Suka Sayuran Cari Pengganti yang bisa memenuhi nutrisi

Vitamin dalam sayur-sayuran sering tidak disukai oleh ibu hamil. Menurut dr. Muhammad Adrian, agar tidak kekurangan gizi, harus diganti dengan cara lain, misalnya dengan mengonsumsi suplemen. Bisa juga dengan susu khusus ibu hamil.

5. Tidak Boleh Makan Mentah

Hendaknya makanan yang mentah atau setengah matang dihindari. Karena biasanya ada virus dan kuman berbahaya di situ. Wanita hamil kadang bisa terserang virus TORCH sehingga berakibat cacat pada janin. Jadi, hindari dulu lalapan, telur setengah matang, daging yang dimasak setengah matang seperti steak medium atau sate yang kurang masak.

Itulah beberapa fakta tentang ngidam dan nutrisi untuk ibu hamil yang saya dengar langsung dari dr. Muhammad Ardian C.L, SpOG, M. Kes di Festival Ngidam SGM Bunda. Festival kehamilan pertama dan terbesar di Inonesia tersebut diadakan di Royal Plaza Surabaya, 5-6 Agustus 2017.

Festival Ngidam SGM Bunda

Festival Ngidam SGM Bunda ini jelas-jelas memanjakan bunda-bunda yang sedang hamil. Christina Natalia selaku marketing manager SGM Bunda, mengatakan bahwa festival ini hadir untuk menyenangkan para bunda, dilengkapi dengan edukasi nutrisi yang lengkap. Bunda bisa makan makanan favorit yang tersaji di sini, dan aktivitas lain yang memanjakan, namun juga sambil menimba ilmu nutrisi saat kehamilan. Oleh karena itu, hadir di sini beragam booth, seperti berikut ini.

Terapi Musik

Di sini ibu bisa terapi musik. Bukan ibu yang mendengarkan musik, tetapi janin yang dikandung ibu. Ada speaker khusus untuk ditempelkan di perut ibu nantinya.

terapi musik saat kehamilan

Konsultasi

Di sini bunda bisa berkonsultasi mengenai kehamilan dengan bidan, dan seputar nutrisi saat hamil dengan ahli gizi.

Konsultasi dengan bidan
Konsultasi dengan ahli gizi

Ngidam Dimanja

Area Ngidam Dimanja ini terdapat dua area, yaitu area cantik dan area relaksasi. Area cantik akan memanjakan ibu untuk bermetamorfosis menjadi lebih cantik lagi dengan make up dan hair do. Sedangkan di area relaksasi, ibu bisa menikmati pijatan. Apalagi habis keliling mall, pasti pegel-pegel, kan?

Area Relaksasi

Ngidam Jajan

Wah ini. Biasanya ibu hamil kan ngidam makanan. Di sini bermacam-macam jenis makanan lokal ada, lho. Enak-enak. Seperti tahu tek, batagor, martabak, pisang madu, rujak, dll.

Tahu tek dan batagor
Martabak, terang bulan, dan pisang madu

Ngidam Eksis

Bunda bisa mengikuti fashion show bunda hamil. Selain itu, tersedia photo booth. Kita bisa foto bareng Alyssa Subandono, lho!

alyssa Subandono photo booth sgm bunda

Ngidam Ketemu Artis

Hayooo, pernah nggak, ngidam ketemu artis? Di Festival Ngisam SGM Bunda, akan mewujudkan ngidam bunda nih. Di hari pertama bisa ketemu Dude Herlino. Hari kedua bisa ketemu Yovie and Nuno.

Tuh, ibu-ibu pada ngidam ketemu Dude Herlino ^_^

Fun Walk dan Konsultasi Tanggap Alergi Anak dengan 3K

Minggu pagi yang cerah waktu itu aku sempatkan untuk meninjau udara Surabaya. Apakah udara penuh sesak polusi seperti biasanya? Tak tanggung-tanggung aku mengajak suami dan anak-anak menyeberang dari Sidoarjo ke Surabaya. Dulu pernah sih, ke Car Free Day di Taman Bungkul. Sekarang aku akan coba keriuhan di tempat lain. Karena parkir mobil susah dapatnya, aku masuk dari arah Diponegoro, kemudian jalan kaki menuju Jalan Raya Darmo.

Ruame puol! Itu kesan ku. Rame ya karena bisingnya musik-musik. Aneka senam dengan panggung-panggung digelar di sana. Aku berjalan lagi, ketemu senam yang lain lagi. Sampai akhirnya di Sekitar Bangkok Bank, aku melihat ada warna merah-merah. Hampir semua pakai warna merah. Kebanyakan isinya ibu-ibu dan anak-anak. Nah, ini nih cocok. Kayaknya event seru, karena semua pada antusias.

Ternyata, hari ini 23 Juli 2017 beretepatan dengnan Hari Anak Nasional. Nutricia Sarihusada mengajak para orang tua untuk mengenali dan menanggulangi alergi pada si kecil melalui kampanye Fun Walk. Acaranya gratis. Jadi tak heran banyak orang tua yang berkumpul berpartisipasi di sana.

Selain Fun Walk, ada juga rangkaian kegiatan lain seperti:

Zumba

Zumba ini dipandu oleh instruktur di depan panggung. Lucu banget, ngeliat para bunda dan anak-anak lincah bergerak mengikuti gerakan sang instruktur.

Zumba bersama

Bermain Bersama Badut

Ada badut yang sedang beratraksi. Dia melempar stik-stik bergantian dan menyedot perhatian anak-anak juga orang dewasa. Juga ada badut yang pakai enggrang. Tinggiiiii banget. Tak jarang ada yang berswafoto dengan badut-badut ini.

Arena Mewarnai

Namanya hari anak, harusnya juga membahagiakan anak, bukan? Di sini ada area khusus untuk mewarnai. Tersedia kertas untuk mewarnai dan crayonnya.

Konsultasi dengan dokter

Aku di sini juga berkonsultasi dengan dokter. Biasanya kalau konsultasi itu dipungut biaya, tapi di sini tidak. Malah, kita akan’dibayar’ kalau beruntung. Iya soalnya, kan, dibekali kupon undian. Jika beruntung kita bisa dapat hadiah.

konsultasi alergi gratis

Kuis

Aneka doorprize sudah tersedia di sini. Selain undian, juga ada lomba nyetatus di Twitter. Pemenangnya, katanya sudah nge-tweet 50 status lebih. Wah, seru banget!

alergi anak
Pemenang kuis tweet terbanyak

Tanggap Alergi dengan 3 K, Anak tetap ceria

Alergi merupakan penyakit turunan yang hendaknya serius ditangani. Angka kejadiannya semakin naik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015, World Allergy Organization mencatat kejadian alergi pada anak sebesar 10-40% dari total populasi dunia. Umumnya gejala alergi yang mudah dikenali adalah bintik-bintik pada kulit yang disebut dermatitis atopik, asma, dan rhinitis.

Sebenarnya penyebab alergi itu banyak. Bisa dari makanan seperti seafood, telur, daging ayam, susu, debu, serbuk bunga, dll. Tapi yang paling banyak menjadi penyebab adalah susu sapi. Berdasarkan penelitian, alergi protein susu sapi di tahun pertama anak-anak mencapai 2-7%. Alergi susu sapi ini ditunjukkan dengan gejala gangguan pencernaan seperti diare (50-60%), penyakit pada kulit (50-60%), dan gangguan sistem pernapasan (20-30%).

Alergi harus segera dikenali dan ditangani dengan baik. Soalnya kalau dibiarkan, bisa mengganggu pertumbuhan si kecil, baik dari sisi fisik maupun psikologis.

  • Fisik. Si kecil bisa pilah-pilih makanan karena sedikit-sedikit takut alergi kambuh. Jika demikian, pertumbuhan si kecil bisa terganggu. Beratnya susah mencapai ideal, tingginya tidak sesuai dengan anak seumurannya, sampai malnutrisi.
  • Hormon. Hormon yang terganggu akibat alergi akan mengakibatkan risiko obesitas.
  • Psikologis. Kalau anak sudah dibatasi makannya tidak boleh ini-itu, secara psikologis ia jadi merasa terlarang. Teman-teman boleh kok dia nggak boleh. Hal ini juga akan memengaruhi keceriaan anak.

Oleh karena itu mari tanggap alergi dengan 3K. Inilah pesan edukasi inti dari kampanye fun walk ini.

  1. Kenali. Kenali risiko alergi pada anak dengan mengetahui riwayat alergi keluarganya, yaitu ayah ibu, dan saudara kandung.PhotoGrid_1460439595645-1024x1447
  2. Konsultasikan. Jika hasilnya risiko sedang atau tinggi, segeralah konsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan mengetes alergi dengan menyuntikkan beberapa alergen ke kulit si anak, sehingga diketahui apa penyebab alergi anak.
  3. Kendalikan. Kendalikan dengan menghindari dulu penyebab-penyebab alergi yang dicurigai selama beberapa waktu. Kemudian coba lagi setelah masa percobaan selesai apakah masih alergi atau tidak, begitu seterusnya.

Kalau Anda masih bingung, segera cek ke www.alergianak.com. Di website tersebut ada segala informasi mengenai alergi seperti faktor risiko, gejala awal, tip mengatasi alergi, dan pemenuhan nutrisi yang tepat bagi si kecil yang menderita alergi.

Mencoba alergianak.com

Anyang-Anyangan, Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Ayang-anyangan adalah sering buang air kecil disertai rasa sakit. Namun, air seni yang dikeluarkan berwarna keruh dan tidak keluar seluruhnya. Karena tidak tuntas itulah penderita anyang-anyangan sering  ingin pipis.

Anyang-anyangan merupakan gejala dari infeksi saluran kemih. Pada dasarnya Infeksi Saluran Kemih (ISK) dibagi menjadi ISK bagian atas dan bawah. Hal ini sesuai tempat terjadinya infeksi. ISK bagian bawah menginfeksi uretra dan kandung kemih. Sedangkan ISK bagian atas menginfeksi ureter dan ginjal.

Sebenarnya urin itu steril. Bebas jamur, bebas virus, juga bebas bakteri. Tapi di dalam urin juga ada zat-zat lain seperti garam, cairan, dan hasil buangan lain. Infeksi dapat terjadi karena bakteri yang berasal dari rektum. Umumnya bakteri penyebab ISK adalah Escherichia coli (E. coli).

E. coli itu kan hidup dalam usus besar. Ketika kita buang air besar dan membersihkan bagian anus, dan menyentuh lubang kencing, saat itu juga ada kesempatan E. coli untuk masuk ke oragan-organ kemih. Jika E. coli berhasil menginfeksi uretra atau saluran kemih paling luar, maka disebut uretritis. Di sinilah anyang-anyangan bermula.

Bakteri dapat berjalan lebih dalam lagi ke kandung kemih. Infeksi ini disebut cystitis. Jika terus dibiarkan, bakteri dapat pindah ke bagian yang lebih dalam lagi bahkan sampai ke ginjal. Inilah yang berbahaya.

tahap infeksi saluran kemih
Tahap-tahap Infeksi Saluran Kemih. Sumber:

http://tmedweb.tulane.edu/pharmwiki/doku.php/treatment_of_utis

Makanya, saat sudah merasa anyang-anyangan harus segera ditangani. Mumpung infeksi masih ada di bagian bawah dan belum meluas ke organ kemih yang ada di bagian dalam lagi. Segera ke dokter, ya!

Ayang-anyangan bisa berulang

Seorang wanita remaja mengaku bahwa dalam tahun yang sama ia mengalami ISK sampai tiga kali. Kok bisa? Ternyata ada faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko terjadinya lagi infeksi saluran kemih.

Pada studi yang dipresentasikan pada pertemuan Asosiasi Urologi Amerika di tahun 2009, dibandingkan 181 wanita kuliahan dengan ISK vs 80 wanita tanpa ISK. Peneliti menemukan bahwa minum minuman beralkohol dan aktivitas seksual meningkatkan risiko ISK, seperti halnya menggunakan pembalut selama masa menstruasi mereka. Menggunakan diafragma dan spermisida (termausk kondom yang mengandung spermisida) juga meningkatkan risiko ISK pada wanita dengan riwayat infeksi.

Namun jangan khawatir. Ada beberapa langkah untuk mencegah anyang-anyangan datang lagi. Untuk yang belum terinfeksi, bisa kamu simak juga ya agar tidak pernah terkena ISK. Ini dia…

  1. Banyak minum air putih.
  2. Segera buang air kecil ketika kebelet, jangan ditahan.
  3. Untuk wanita, bersihkan alat kelamin dari depan ke belakang. Hal ini akan mencegah kuman jahat sekitar anus memasuki vagina atau uretra.
  4. Mandi pakai shower maupun gayung, hindari berendam di bathtub.
  5. Bersihkan alat kelamin sebelum dan sesudah aktivitas seksual.
  6. Segera pipis setelah hubungan seksual.
  7. Pakai pakaian dalam dari katun.
  8. Jangan gunakan feminin hygiene karena dapat menginfeksi uretra.
  9. Minum jus cranberry untuk mencegah bakteri menempel pada saluran kemih.

Uricran Mengatasi dan Mencegah Anyang-anyangan

Serius? Cuma minum jus cranberry bisa mencegah anyang-anyangan? Iya. Ini solusi alami, lho. Nggak perlu minum obat-obatan, hanya perlu menikmati jus. Soalnya, di dalam cranberry terdapat antioksidan seperti antosianin, vitamin C, dll. Aktivitas antioksidan tersebut menghambat bakteri, khususnya E. coli tidak menempel pada dinding saluran kemih.

Tapi sayangnya, di negeri kita ini nyaris tak ditemukan buah cranberry.  Tenang ajaaa. Soalnya sekarang ada Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry. Bentuknya kapsul, ada juga yang berupa serbuk minuman. Ini bedanya:

  1. Prive Uri-Cran kapsul, yang berisi ekstrak cranberry.uricran kapsul
  2. Prive Uri-cran Plus yang merupakan minuman menyegarkan mengandung ekstrak cranberry, vitamin C, dan probiotik. uricran plus

Jadi nggak khawatir lagi akan anyang-anyangan. Ada solusi alami yang tidak membahayakan tubuh: Prive Uri-Cran. Itulah tentang anyang-anyangan, penyebab dan cara alami mengatasinya.

Advan G1 Pro, Ponsel Fotografi dan Musik Kelas Mainstream

Advan G1 Pro akhirnya resmi di luncurkan di WTC e-Mall Surabaya pada tanggal 21 Juni 2017. Lahirnya penerus Advan G1 ini dimeriahkan dengan pertunjukan mini drama musikal yang menyiratkan fitur-fitur ponsel lokal tersebut. Saya sempat mengabadikan dalam bentuk video, dan menguploadnya di instagram. Entah faktor apa yang memengaruhi, bagi saya ini sungguh ajaib, karena views-nya mencapai 24 ribuan hingga tulisan ini dibuat. Wow!

Advan G1 Pro merupakan ponsel kelas menengah alias mainstream yang dibandrol dengan harga 1 juta plus plus, tepatnya Rp. 1.999.999. Meski demikian, Advan G1 Pro memiliki banyak fitur yang digandrungi kaula muda, khususnya masalah musik dan fotografi. Sesuai dengan slogan yang digaungkan Advan G1 pro, yakni: “designed for music & creative photography“, ponsel ini dibekali dengan ultra pixel sensor camera dan crystal nano audio amplifier.

Kamera yang digunakan pada Advan G1 Pro ini adalah 13 MP untuk kamera belakang, dan 8 MP untuk kamera depan. Asyiknya, baik kamera depan maupun belakang dilengkapi dengan flash atau lampu kilat. Jadi seandainya kita mengambil foto di cahaya yang kurang, bisa pakai flash, bahkan selfienya juga bisa pakai flash.

Ada sensor pemindai sidik jari di bawah lensa kamera belakang. Tentunya, sensor sidik jari ini untuk pengunci ponsel. Tapi ada yang unik di sini. Kita juga bisa memakai sensor sidik jari ini sebagai shutter saat mengambil foto, baik dengan kamera depan maupun belakang. So, tinggal sentuh saja!

Saat kita berswafoto, ponsel Advan G1 Pro dapat mengenali jenis kelamin objek foto apakah laki-laki atau perempuan. Tak tanggung-tanggung, usia kita pun dapat dikenali. Tapi mungkin tergantung angle dan formula beautification-nya juga, bisa lebih tua atau lebih muda dari umur sebenarnya.

Wefie seru! – dari yuniarinukti.com

Smartphone baru Advan ini memiliki prosesor Quadcore 1.3 GHz, dipadankan dengan Mali-T720, RAM 3GB dan ROM 32 GB. Advan G1 Pro memiliki layar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 HD IPS. Ponsel ini juga menggunakan OS buatan Indonesia terupdate, yaitu IDOS 6.12 plus Andoid 7.0 Nougat. IDOS 6.12 memiliki kelebihan dalam:

  • Security (keamanan)
  • Smart Management (manajemen pintar)
  • Power Saving (penghemat daya)
  • Unique Feature (fitur unik)

Kerennya, karena IDOS 6.12 itu ada antitheft-nya, juga pengunci aplikasi. Dalam show saat launching, diperagakan bagaimana Advan G1 Pro dapat mengambil foto orang yang mencoba membuka hp tanpa izin, secara otomatis.

 

advan g1 pro

 

advan g1 pro

advan g1 pro

advan g1 pro

advan g1 pro

Berikut spesifikasi lengkap Advan G1 Pro:

  • Display 5 inch (1280 x 720) HD IPS
  • IDOS 6.12 based on Android 7.0 Nougat
  • Processor Quad Core 1.3 GHz
  • GPU MALI T720 MP2
  • RAM 3 GB
  • ROM 32 GB
  • Slot Micro SD up to 32 GB
  • Kamera belakang 13 MP dilengkapi flash
  • Kamera depan 8 MP dilengkapi flash
  • Koneksi Bluetooth
  • Koneksi USB OTG
  • Koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Battery 2600 mAH

Itulah, sekilas ulasan Advan G1 Pro saat launchingnya. Bagaimana? Tertarik untuk menganyari hapemu dengan Advan G1 Pro?

Buka Puasa di The Sun Hotel Sidoarjo

Rutinitas di rumah itu bikin KZL. Menyapu, mandiin anak, nyuci puring, nyuci baju, bersih-bersih rumah, nyiapin buka puasa. Pengen me time, tapi kemana ya kalo bulan puasa gini? Ngemall bisa capek jalan, ke tempat wisata nanti keplongor.

Butuh piknik T_T

Aha! Buka bersama aja sama teman-teman. Bukankah bulan puasa identik dengan bukber? Tapi dimana yang asyik? Gampang, tinggal browse-browse instagram aja apa yang kekinian dan lagi P-R-O-M-O!

Kali ini bukber kami beda. Biasanya sih di warung, eatery, atau mall-mall. Setelah liat-liat Ig-nya @thesunhotelsidoarjo kami memutuskan untuk nyobain All You Can Eat di The Sun Hotel Sidoarjo, satu-satunya hotel mewah bintang 3 yang ada di Sidoarjo kota, deket rumah pula! Mumpung harganya terjangkau banget apalagi ada promo. Mungkin kalau kamu pengen bukber yang beda, tempat ini sangat recommended, karena:

  1. Harganya cuma Rp. 85.000 per pax
  2. Diskon 15% di Ramadhan Minggu pertama untuk min pemesanan 10 orang
  3. Diskon 10% di Ramadhan Minggu kedua untuk min pemesanan 10 orang
  4. Jika reservasi 10 pax free 1 pax selama bulan Ramadhan

Sampai di lokasi saya langsung menuju pintu masuk The Sun Hotel, sementara anak-anak aku titipkan ke yandanya main-main di Sun City Mall di sebelah hotel. Thanks God…tempatnya strategis banget, kompleks hiburan lengkap, jadi aku bisa me time sepuasnya sama temen-temen hahaha. Lokasi buka bersama itu harus turun satu lantai setelah melewati lobby, tepatnya di Tessera Coffee Shop.

Seratus lebih macam makanan sudah tertata rapi di meja. Meja-meja yang sudah dibooking pun sudah ditandai dengan nama masing-masing.

tessera coffee shop the sun hotel
Salah satu meja makan di Tessera coffee shop

oase pool side the sun hotel
Di dekat kolam renang

Mari kita list macam-macam menunya!

Minuman: es dawet, orange squash, beras kencur, puding, air mineral.

beras kencur hotel
Beras kencur dan orange squash
es dawet
Es dawet
puding cokelat
Puding cokelat yang menggoda

Salad: buah, sayur, kacang-kacangan, oats.

salad buah
Salad buah, sayur, dan aneka sausnya.

Takjil manis: Serabi solo, kurma, kolak, bubur sumsum.

bubur sumsum
Bubur sumsum, di belakangnya ada pelengkap santan yang kental, dan gula aren yang manis nan gurih.

Kue basah: sus, agar-agar degan, risoles ayam, pukis, pisang aroma.

pukis pisang aroma risoles ayam
Aneka kue basah dengan pelengkapnya.

Snack kering: keripik, kue kering, kacang-kacangan.

Snack kering, bakery, dll.
agar-agar degan
Agar-agar isi kelapa muda dengan whip cream.

Makanan berat: nasi putih, bihun, aneka lalapan, cumi cabe hijau, ayam saus madu, cah baby corn wortel, sup sayur, bubur ayam, dll.

Cah jagung wortel, ayam bakar madu, cumi cabe ijo, gulai telur.
aneka penyetan
Aneka penyetan termasuk telur dadar, lalapan, urap-urap.
Cumi cabe ijo
Cumi cabe ijo
bubur ayam
Bubur Ayam

Dan masih banyak yang lainnya. Pasti kenyang dan puas.

Sambil menunggu adzan maghrib, saya dan teman-teman chit-chat panjang sambil sesekali pepotoan. Kesempatan ini jangan dilewatkan dong. Soalnya kan tempatnya sangat instagrammable. Pemandangan segar dipenuhi hehijauan tanaman dan sejuknya kolam renang. Kehausan jadi sedikit terobati.

oase pool side the sun hotel

Tak terasa adzan maghrib pun berkumandang. Alhamdulillah. Aneka menu yang sudah aku comat-comot sana-sini siap disantap. Mau buka puasa sehat ala #LiPartic yang juga sesuai sunnah? Ini dia tipsku.

  • Mulai dari bismillah, kuminum beberapa teguk air putih.
  • Lanjut dengan kurma dan buah.
  • Shalat maghrib dulu boleh.
  • Lanjut icip-icip aneka makanan lainnya. Dikit-dikit aja, biar banyak menu bisa masuk perut.
  • Berhenti kenyang sebelum makan.

Tak terasa sudah hampir Isya’. Aku harus segera menjemput anak-anakku yang lagi main di Sun City Mall. Ga boleh pulang terlalu larut malam, soalnya keeseokannya si kecil sekolah. Oh ya, buat kamu yang pengen ngerasain menu buka puasa makan sepuasnya alias All You Can Eat Sunset Ramadhan di The Sun Hotel Sidoarjo, reservasi dulu ya. The Sun Hotel menyediakan kapasitas sampai 250 pax. Dijamin puas. Menurutku rasanya pas nan uenak. Lebih dari 100 menu per harinya dan pasti gonta-ganti. Makanan disajikan dari sebelum maghrib sampai jam 20.30.

Nyangle. Mare kenyang pas mole (habis kenyang terus pulang). KZL ilang, bete ga tau ke mana. Ga stres lagi. Yang ada hanya senyuman ^_^

The Sun Hotel Sidoarjo
Kawasan Bisnis & Rekreasi Sun City Plaza
Jl. Pahlawan No. 1 Sidoarjo
Telp. 0318071123 – 081330362272
www.thesunhotels.com
IG: @thesunhotelsidoarjo

5 tips n trick Berbelanja Oleh-oleh Murah di Malioboro

Ketika berkunjung dan menginap di hotel di Malioboro, rasanya belum lengkap kalau kalian tidak sekaligus berbelanja pernak-pernik khas Kota Yogyakarta yang dijajakan disana. Di Malioboro juga kalian bisa menemukan beragam jenis buah tangan yang bisa kalian pilih dan diberikan kepada orang-orang terkasih di rumah. Sama seperti pasar pada umumnya, para pedagang di Malioboro tidak menerapkan harga pas pada barang-barang yang dijual. Oleh karena itulah terkadang para pembeli harus pintar-pintar menawar harga agar tidak boros. Nah, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika berbelanja oleh-oleh murah di Malioboro.

Photo credit: anekatempatwisata.com

Mendaftar Oleh-oleh yang Akan Dibeli

Sebelum berbelanja, cara pertama dan termudah yang harus diterapkan pada semua kegiatan berbelanja dimanapun termasuk ketika kalian sedang menginap di hotel di Malioboro sekalipun, adalah dengan mencatat barang apa saja yang akan kalian beli. Pencatatan ini menjadi salah satu cara untuk mengurangi atau mencegah boros atau ‘kalap’ ketika berbelanja. Ketika berada di Malioboro,  cari tahu dan catatlah beberapa oleh-oleh atau barang khas Yogya yang bisa kalian pilih, seperti kaos Dagadu, tas kulit, batik, gantungan kunci, dan juga lainnya.

Menawar Separuh Harga

Ketika sudah memiliki daftar barang yang ingin kalian beli, langkah selanjutnya adalah untuk melakukan proses tawar menawar. Para pedagang terkadang berharap dengan tawar menawar ia tetap dapat menjual produk dengan harga yang lebih tinggi dari harga awalnya. Itulah mengapa terkadang banyak pembeli yang secara tanpa sadar membeli barang dengan harga 50% lebih mahal dari harga pasaran. Nah, untuk mengurangi hal semacam itu, kalian bisa menawar harga 50% lebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan untuk membelinya. Jangan ragu untuk menawar separuh harga dari harga normalnya karena dengan setengah harga itu pula para penjual sebenarnya sudah mendapat keuntungan tambahan.

Pelajari Bahasa Setempat, Minimal untuk Menawar Barang

Jika kalian merupakan orang berdarah Jawa dan bisa berbahasa Jawa, gunakanlah kemampuan Bahasa Jawa tersebut untuk melakukan transaksi dengan para pedagang di  Malioboro. Selain bisa memperlancar komunikasi, faktor kedekatan budaya dapat membuat harga penawaran menjadi lebih kecil dibandingkan dengan pembeli yang tidak bisa berbahasa Jawa. Memang tidak semua pedagang seperti itu, namun tidak ada salahnya untuk mencoba akrab dengan para pedagang dengan menggunakan bahasa yang sama. Bagaimanapun juga orang Jawa biasanya memiliki sifat welas asih sehingga kalau Ia senang ngobrol bersama kalian, bisa saja harga barang yang diinginkan bisa ditawar semurah mungkin.

Photo credit: yogya-backpacker.com

Jangan Fokus Hanya pada Satu Toko/Penjual

Berbelanja memang membutuhkan suatu keahlian agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah  pada barang yang diinginkan. Ketika sedang berbelanja, pastikan kalian tidak terlalu terfokus pada satu toko atau penjual saja. Meskipun pada toko tersebut ada barang yang benar-benar kalian suka tetapi dengan harga yang begitu tinggi meskipun sudah ditawar sebagaimanapun, tidak ada salahnya kalian meninggalkan toko tersebut dan mencari toko lain. Karena kalau kalian hanya berfokus pada satu toko, kalian tidak akan menemukan penawaran yang lebih menarik dari toko lain. Lagi pula dengan meninggalkan satu toko ditengah-tengah penawaran, biasanya pedagang akan justru akan menerima dan menyetujui penawaran yang kalian inginkan. Agar lebih mudah, kalian juga boleh mengamati dan mencatat beberapa harga yang ditawarkan oleh setiap penjual atau toko selagi kalian berjalan menuju hotel di Malioboro tempat kalian menginap.

Jangan Tergiur dengan Rayuan Gombal para Pedagang

Ketika berada di Malioboro, sepanjang jalan kalian pasti akan ditawarkan oleh para pedagang untuk membeli barang dagangannya. Biasayanya kalian pasti akan sering mendengar rayuan-rayuan manis dari para pelanggan seperti “Monggo Mbak, gantungan kuncinya murah cuma Rp 5ribu dapat dua” atau “monggo silahkan dilihat-lihat dulu, beli satu nanti dapat bonus satu.” Meskipun kalian ditawarkan penawaran seperti itu, pastikan kalian tidak langsung tergoda dan mengiyakan hal tersebut. Percayalah  kalian pasti akan mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan penawaran tersebut.

Semoga tips di atas bisa berguna dan membantu kalian saat ingin berbelanja di Malioboro ataupun tempat lainnya. Malioboro memang merupakan surganya berbelanja, tapi masih banyak pula hal lain yang juga tidak kalah seru yang bisa kalian temukan, seperti kawasan pecinan Yogyakarta, perpustakaan, tempat makan, café, penginapan atau hotel di Malioboro, dan juga lainnya. Khusus untuk penginapan kalian bisa melihat daftarnya melalui aplikasi Airyrooms untuk mendapatkan tempat penginapan yang nyaman dan juga dengan harga yang bersahabat.

Baca juga pengalaman berlibur bersama keluarga besar saya di Jogja: Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga Besar.