Beberapa Bahaya yang Ditimbulkan Karena Terlalu Sering Mandi

Mandi merupakan salah satu rutinitas harian yang tidak dapat terlewatkan sebagaimana makan dan tidur. Khususnya di Indonesia, bila tidak mandi satu hari saja maka badan tidak terasa nyaman dan bau badan akan timbul. Pada umumnya mandi yang dilakukan oleh kebanyakan orang di Indonesia adalah dua kali, yaitu pagi dan sore. Tetapi ketika kondisi cuaca sangat panas, membuat tubuh lebih cepat berkeringat dan tidak nyaman. Kondisi demikian kadang diatasi dengan mandi lebih dari dua kali sehari. Badan mungkin akan terasa lebih segar dan bersih, akan tetapi ternyata keseringan mandi yang dilakukan dalam jangka yang terlalu pendek tersebut dapat menyebabkan resiko yang berbahaya.

shower terlalu sering mandi

Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan karena terlalu sering mandi:

  1. Gangguan kesehatan Menurut riset yang dilakukan oleh para ahli, terlalu sering mandi akan mengusir bakteri baik yang seharusnya ada pada tubuh. Bakteri baik dibutuhkan tubuh untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Bila terlalu sering mandi, maka ekosistem bakteri baik tersebut akan terganggu akibatnya tubuh lebih rentan terkena berbagai penyakit. Apalagi jika mandi menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia yang dapat membunuh bakteri baik. Diantara penyakit yang dapat menyerang karena terganggunya kekebalan tubuh adalah penyakit pencernaan hingga penyakit jantung.
  2. Tanda stress. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa semakin sering dan lama seseorang mandi kemungkinan bahwa orang tersebut kesepian dan tidak bahagia semakin besar. hal tersebut karena orang yang berlama-lama mandi biasanya ia akan melamun. Hal yang mereka lamunkan adalah permasalahan yang sedang dihadapi atau hal lainnya. Berbeda dengan orang yang waktu mandinya singkat, tidak melamunkan apapun karena waktunya hanya fokus membersihkan badan.
  3. Gangguan penyakit dalam. Pemilihan waktu yang tidak tepat untuk mandi dapat mengakibatkan bahaya yang fatal. Pada waktu tertentu jantung tidak siap jika tubuh tiba-tiba disiram dengan air. Waktu-waktu tersebut adalah pertama antara pukul 15.00-16.00 ketika kondisi darah dalam tubuh sedang panas. Ketika darah sedang dalam keadaan pans, bila tiba-tiba diguyur dengan air dingin justru berakibat tubuh akan melemah. Kedua antara pukul 18.00-19.00, dimana pada tentang waktu ini kondisi jantung sedang lemah sehingga bila mandi pada waktu ini resiko terkena paru-paru basah dapat terjadi. Ketiga antara pukul 20.00-24.00, jantung tidak siap dengan guyuran air dingin yang disiram pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan waktu tersebut adalah waktu ketika jantung harus beristirahat.

 

Oleh karena itu, harus diperhatikan dengan baik kapan saja yang tepat seharusnya membersihkan tubuh dengan mandi. Mandi yang terlalu sering dan pemilihan waktu yang tidak tepat ternyata membahayakan bagi tubuh. Alih-alih tubuh menjadi bersih dan sehat, justru penyakit akan datang. Kebersihan dan kesehatan yang selalu berbanding lurus tidak sepenuhnya demikian bila dilakukan berlebihan.

Be Sociable, Share!
Posted on: February 7, 2018, by : li partic

9 thoughts on “Beberapa Bahaya yang Ditimbulkan Karena Terlalu Sering Mandi

  1. Wah, ternyata mandi malam juga bahaya. Saya pulang kantor sudah sore (jam 17.30) dan sampai rumah tak langsung mandi krn letih. Biasanya, saya mandi jam tujuh malam. Kalo libur, saya bs mandi 3x sehari ketika cuaca panas. Ternyata, ada jam2nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *