Bebaskan Eksplorasi Si Kecil, Lindungi dengan Nutrisi

Surabaya [06/08/16] – Tak jarang kita temui orang tua yang melarang anaknya. Misalnya ketika cuci piring sendiri, karena takut si kecil basah, maka orang tua melarangnya mencuci. Saya pun demikian. Saya yang saat itu main-main di Royal Plaza Surabaya, saya mengajak si kecil bermain-main di Dancow Explore The World. Di area Indonesia ada pantai buatan berpasir. Saya sudah punya niatan melarang anak untuk jangan bermain di sana. Kalau bajunya kotor bagaimana? Mending main yang lain saja.

Beberapa hari sebelumnya saya kebetulan ke Royal Plaza. Hari itu Dancow sudah bersiap-siap membangun Explore The Worldnya. Saya kagum, persiapannya sangat matang. Oleh karena itu, saya penasaran dan kembali lagi ke sini. Untuk masuk ke area ini diperlukan paspor. Saya punya dua paspor untuk kedua anak saya. Untuk memperoleh paspor, kita cukup membeli Dancow 1+/3+/5+ ketentuannya di sini.

PhotoGrid_1470459736792

20160809_190333-480x853

“Siapa yang anaknya susah makan? Siapa yang anaknya doyan makan tapi tidak mau susu?” sapa Shahnaz Haque sebagai pemandu acara pada para peserta. Pertanyaan tersebut bikin ayah bunda penasaran mengikuti acara sampai tuntas, karena akan terjawab oleh para ahli.

Acara disambut oleh Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager Dancow Excelnutri+ Nestle Indonesia. Tahun lalu Dancow membangun arena bermain Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure di mall ini juga. Kali ini Dancow mengajak si kecil menjelajah dunia dan mengeksplor kegiatan seru lainnya. Riza mengatakan bahwa ini merupakan area bermain dan belajar seluas 590 m² yang terinspirasi dari empat negara yaitu Jepang, Belanda, Brazil dan Indonesia.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang perkembangan si kecil setelah usia 1 tahun oleh Psikolog Ratih Ibrahim. “Siapa yang suka bilang jangan?” ujarnya.

Pertanyaan itu menampar saya. Saya sering melarang si kecil bereksplorasi. Kalau si kecil main macam-macam nanti saya yang repot. Ternyata saya salah, Ratih Ibrahim menjelaskan bahwa usia 1-5 tahun waktunya tubuh dan otak tumbuh pesat. Masa ini adalah masa si kecil bermain, bereksplorasi dan bertanya. Jadi, penting bagi ayah bunda memberikan cinta, kesempatan, dan kepercayaan pada si kecil agar berani bereksplorasi agar tumbuh kembangnya optimal.

Psikolog Ratih Ibrahim

Senada dengan Ratih Ibrahim, Carissa Putri berpendapat yang sama. Dia membebaskan anaknya, Quenzino Acana Naif (2,5 tahun) bereksplorasi. Quenzi suka ke taman dekat rumahnya berjemur dan bermain. Ia selalu membawa beras untuk diberikan ke burung-burung liar di taman. Kadang timbul rasa khawatir Quenzi akan sakit, namun Carissa selalu berusaha agar tetap terlindungi saat Quenzi bereksplorasi.

“Quenzi juga suka berantakin mainan. Tapi saya bilang ke Quenzi. Quenzi, kamu tahu kan kalau selesai main harus apa? Kamu harus tidy up, rapikan semuanya. Kalau mainan sampai rusak, tidak dirapikan lagi, mama nggak mau belikan lagi. Dari situ dia nurut. Dia bebas bermain apa saja, tapi ada saatnya dia harus rapikan.” tutur Carissa.

Screenshot_2016-08-18-03-45-41

Lindungi Ekplorasi Si Kecil dengan Nutrisi

Agar si kecil aman saat mencoba hal-hal baru, kita bisa melindunginya dengan nutrisi agar tidak mudah sakit. Hal ini dijelaskan oleh ahli nutrisi Sari Sunda Bulan. Beri si kecil protein dan kalsium untuk pertumbuhan fisiknya. Dukung perkembangan otak dengan minyak ikan, omega 3 dan 6 untuk proses belajarnya seperti belajar menghitung, bahasa.

Di Indonesia sering timbul penyakit infeksi seperti ISPA, diare, saat si kecil bereksplorasi. Sistem daya tahan tubuh sebanyak 80% ada di saluran cerna. Agar saluran cerna sehat dibutuhkan serat pangan misalnya inulin, bakteri baik, Vitamin A, C, E, selenium, dan Zinc. Ngomong-ngomong soal bakteri baik, tidak semua bakteri baik sama. Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang terbukti mampu menurunkan risiko infeksi tertentu. Bunda tidak perlu bingung mendapat semua darimana. Semua sudah ada dalam Dancow Excelnutri+, sehingga tak perlu cemas ketika anak bereksplorasi karena sudah mendapat nutrisi seimbang dan saluran cerna yang sehat.

20160806_135559-640x360

Setelah selesai menyimak talkshow dari para ahli, saya dan si kecil bermain-main keliling dunia di Dancow Explore The World.

Zona Belanda

Kita juga bisa memandang hamparan bunga dan kincir angin di Netherland #DancowLindungi

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Belajar memerah susu sapi #DancowLindungi

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

Jangan takut ajari si kecil berkebun. Jangan takut dia jadi kotor. #DancowLindungi

A post shared by Li Partic (@lipartic) on

20160806_145156-640x360-1

Zona Indonesia

20160806_122517

Zona Brazil

20160806_145434-640x360-1

Zona Jepang

Hari Kedua Semakin Seru

Keesokannya, Minggu (07/08/16) Dancow Explore The World semakin seru, karena bintang tamunya sudah ditunggu-tunggu. Siapa lagi kalau bukan Raisa? Suara empuknya bikin pengunjung ikutan nyanyi. Selain itu, ada demo masak oleh chef Steby Rafael. Semoga tahun depan bisa berjumpa lagi di acara Dancow seperti ini.

Be Sociable, Share!
Posted on: August 20, 2016, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *