Anyang-Anyangan, Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Ayang-anyangan adalah sering buang air kecil disertai rasa sakit. Namun, air seni yang dikeluarkan berwarna keruh dan tidak keluar seluruhnya. Karena tidak tuntas itulah penderita anyang-anyangan sering  ingin pipis.

Anyang-anyangan merupakan gejala dari infeksi saluran kemih. Pada dasarnya Infeksi Saluran Kemih (ISK) dibagi menjadi ISK bagian atas dan bawah. Hal ini sesuai tempat terjadinya infeksi. ISK bagian bawah menginfeksi uretra dan kandung kemih. Sedangkan ISK bagian atas menginfeksi ureter dan ginjal.

Sebenarnya urin itu steril. Bebas jamur, bebas virus, juga bebas bakteri. Tapi di dalam urin juga ada zat-zat lain seperti garam, cairan, dan hasil buangan lain. Infeksi dapat terjadi karena bakteri yang berasal dari rektum. Umumnya bakteri penyebab ISK adalah Escherichia coli (E. coli).

E. coli itu kan hidup dalam usus besar. Ketika kita buang air besar dan membersihkan bagian anus, dan menyentuh lubang kencing, saat itu juga ada kesempatan E. coli untuk masuk ke oragan-organ kemih. Jika E. coli berhasil menginfeksi uretra atau saluran kemih paling luar, maka disebut uretritis. Di sinilah anyang-anyangan bermula.

Bakteri dapat berjalan lebih dalam lagi ke kandung kemih. Infeksi ini disebut cystitis. Jika terus dibiarkan, bakteri dapat pindah ke bagian yang lebih dalam lagi bahkan sampai ke ginjal. Inilah yang berbahaya.

tahap infeksi saluran kemih
Tahap-tahap Infeksi Saluran Kemih. Sumber:

http://tmedweb.tulane.edu/pharmwiki/doku.php/treatment_of_utis

Makanya, saat sudah merasa anyang-anyangan harus segera ditangani. Mumpung infeksi masih ada di bagian bawah dan belum meluas ke organ kemih yang ada di bagian dalam lagi. Segera ke dokter, ya!

Ayang-anyangan bisa berulang

Seorang wanita remaja mengaku bahwa dalam tahun yang sama ia mengalami ISK sampai tiga kali. Kok bisa? Ternyata ada faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko terjadinya lagi infeksi saluran kemih.

Pada studi yang dipresentasikan pada pertemuan Asosiasi Urologi Amerika di tahun 2009, dibandingkan 181 wanita kuliahan dengan ISK vs 80 wanita tanpa ISK. Peneliti menemukan bahwa minum minuman beralkohol dan aktivitas seksual meningkatkan risiko ISK, seperti halnya menggunakan pembalut selama masa menstruasi mereka. Menggunakan diafragma dan spermisida (termausk kondom yang mengandung spermisida) juga meningkatkan risiko ISK pada wanita dengan riwayat infeksi.

Namun jangan khawatir. Ada beberapa langkah untuk mencegah anyang-anyangan datang lagi. Untuk yang belum terinfeksi, bisa kamu simak juga ya agar tidak pernah terkena ISK. Ini dia…

  1. Banyak minum air putih.
  2. Segera buang air kecil ketika kebelet, jangan ditahan.
  3. Untuk wanita, bersihkan alat kelamin dari depan ke belakang. Hal ini akan mencegah kuman jahat sekitar anus memasuki vagina atau uretra.
  4. Mandi pakai shower maupun gayung, hindari berendam di bathtub.
  5. Bersihkan alat kelamin sebelum dan sesudah aktivitas seksual.
  6. Segera pipis setelah hubungan seksual.
  7. Pakai pakaian dalam dari katun.
  8. Jangan gunakan feminin hygiene karena dapat menginfeksi uretra.
  9. Minum jus cranberry untuk mencegah bakteri menempel pada saluran kemih.

Uricran Mengatasi dan Mencegah Anyang-anyangan

Serius? Cuma minum jus cranberry bisa mencegah anyang-anyangan? Iya. Ini solusi alami, lho. Nggak perlu minum obat-obatan, hanya perlu menikmati jus. Soalnya, di dalam cranberry terdapat antioksidan seperti antosianin, vitamin C, dll. Aktivitas antioksidan tersebut menghambat bakteri, khususnya E. coli tidak menempel pada dinding saluran kemih.

Tapi sayangnya, di negeri kita ini nyaris tak ditemukan buah cranberry.  Tenang ajaaa. Soalnya sekarang ada Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry. Bentuknya kapsul, ada juga yang berupa serbuk minuman. Ini bedanya:

  1. Prive Uri-Cran kapsul, yang berisi ekstrak cranberry.uricran kapsul
  2. Prive Uri-cran Plus yang merupakan minuman menyegarkan mengandung ekstrak cranberry, vitamin C, dan probiotik. uricran plus

Jadi nggak khawatir lagi akan anyang-anyangan. Ada solusi alami yang tidak membahayakan tubuh: Prive Uri-Cran. Itulah tentang anyang-anyangan, penyebab dan cara alami mengatasinya.

Be Sociable, Share!
Posted on: July 14, 2017, by : li partic

One thought on “Anyang-Anyangan, Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *