3 Tahap Cara Pijat Bayi Sentuhan Cinta

Kata mbah, sehabis bayi lahir itu wajib dipijat. Terutama biar nggak rewel. Pijat bayi untuk anak pertama saya langsung dipasrahkan ke dukun bayi. Cuma itu kenalnya, nggak ada baby spa. Apalagi saya belum tahu cara memijat bayi sendiri. Pijat bayi anak kedua sudah mulai moderen, karena nggak tega sama jejeritan si bayi kalau dipijat dukun, saya ke baby spa ini.

Nah, sekarang saya punya anak ketiga. Sudah berusia 3 bulan, sampai sekarang belum dipijat. Yaa belum aja. Belum cukup uang, belum ada waktu hahaha. Syukurlah, saya gercep ketika ada gelaran event Johnson’s yang memandu ibu untuk memijat bayinya sendiri.

Sabtu, 6 April 2019, jam 10 pagi saya sudah siap menerima ilmu bersama para ibu lainnya. Acara JOHNSON’S® Sentuhan Cinta ini diadakan di Ibis Style Jemursari Surabaya. Dokter anak dr. Dyah Retno Wulan Sp.A mengawali transfer ilmunya sebelum para ibu praktik pijat bayi. Beliau menjelaskan tentang pentingnya stimulasi terutama dalam masa golden period.

Bayi baru lahir itu sangat rentan kulitnya mudah teriritasi, daya tahan tubuh lemah, pencernaan juga belum sempurna, sehingga cuma ASI yang tepat untuk nutrisi bayinya. Sejak si kecil lahir, dia belajar melalui panca inderanya setiap hari. Jika tumbuh kembangnya terganggu, maka bisa berakibat buruk di kehidupan selanjutnya. Oleh karena itu, perlu stimulasi khusus untuknya.

Stimulasi Pertama: Bonding

Sejak lahir, bayi akan menggunakan inderaya untuk mmelanjutkan bonding yang dimulai dari kandungan. Stimulasi yang bisa kita berikan begitu bayi lahir adalah inisiasi menyusui dini.

Stimulasi fisik

Saat penglihatan bayi berkembang, bayi akan mengenal koordinasi mata dengan tangan. Misalnya memegang dan meraih benda. Ketika bayi sudah belajar bergerak, kita bisa beri stimulasi keahlian mobilitasnya dan stimulasi multi-sensori.

Salah satu stimulasi multi sensori yang bisa kita terapkan setiap hari adalah mandi. Rutinitas mandi yang melibatkan stimulasi multi sensori akan sangat bermanfaat:

  1. Rewel dan stres bayi bisa berkurang
  2. Berat badan naik
  3. Komunikasi bayi meningkat
  4. Kuantitas dan kualitas tidur bayi menjadi lebih baik.

Ngomong-ngomong, stimulasi multi sensori itu apa sih? Hahaha… ya itu pijat bayi. Jadi kita bisa memijat bayi sebelum mandi. Bisa juga kita lakukan sebelum tidur.

Cara Pijat Bayi Sendiri

Ada tiga  kunci dalam cara melakukan pijat bayi sendiri. Tentunya dengan sentuhan cinta. Pijat bayi dimulai dengan menyiapkan bahan yang tepat, kemudian hindarkan bayi dari hal-hal yang membuatnya tidak nyaman. Nah, barulah lakukan gerakan pijat bayi sesuai panduan.

1. Siapkan Bahan yang Tepat untuk Pijat Bayi

Dalam memijat bayi gunakan lotion atau minyak. Jika hendak tidur malam, kita bisa gunakan lotion, jiika hendak mandi, kita gunakan minyak. Khusus untuk minyak, perhatikan larangannya. Selama ini kita mengeenal minak nabati atau yang dari tumbuh-tumbuhan itu bagus untuk pijat. Tapi kalau dalam pijat bayi berbeda. Minyak nabati umumnya mengandung asam oleat, bahkan ada beberapa yang tinggi. Ternyata asam oleat ini dapat merusak skin barrier. Perhatian grafik ini. Minyak zaitun adalah minyak dengan kandungan asam oleat tertinggi.

2. Hindari hal-hal yang membuat bayi tidak nyaman

Sebelum melakukan pijat bayi, kita juga harus perhatikan kondisi sekitar bayi. Siapa tahu nih alas tempat dia dipijat basah, lalu tidak sengaja kita menaruh si bayi di atasnya. Kan, nggak enak. Yuk kenali apa saja hal-hal yang membuat bayi tidak nyaman?

  1. Peralatan,baju, atau sesuatu yang terlalu wangi. Hal ini bisa terdapat pada ibu maupun bayi.
  2. Suhu ekstrim. Jangan terlalu dingin, juga jangan terlalu panas.
  3. Tekstur kasar
  4. Suara keras/kasar
  5. Cahaya yang menyilaukan.

3. Gerakan Pijat Bayi

Nah, sekarang waktunya praktik pijat bayi nih. Pijat bayi ini bisa dilakukan pada bayi cukup bulan dan batita. Gerrakannya meliputi gerakan pada wajah, dada, perut, tangan, kaki, dan punggung.

Pijatan Wajah
Ada 5 tahap teknik pijatan wajah bayi, yaitu :

  • Gerakan caress love yaitu sentuhan cinta pada wajah bayi dari dahi ke arah samping wajah bayi.
  • Gerakan relax, yaitu pijatan lembut pada alis bayi.
  • Gerakan cyrcle down, yaitu pijatan dari bagian sudut mata bagian dalam ke arah pangkal hidung sampai ke arah tulang pipi dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari atau telunjuk.
  • Gerakan smile, yaitu pijatan di atas mulut bayi menuju arah pipi, seperti senyum bayi.
  • Gerakan cute, yaitu pijatan di daerah bagian belakang telinga menuju dagu bayi.

Pijatan Dada

  • Gerakan butterfly, yaitu pijatan menyerupai sayap kupu-kupu di dada bayi dengan menggunakan kedua tangan.
  • Gerakan cross, yaitu pijatan menyilang menggunakan kedua tangan secara bergantian, membentuk cross di dada bayi.

Pijatan Perut

  • Gerakan mengayuh, yaitu gerakan memijat dari atas perut ke bagian bawah yang dilakukan dengan 2 tangan secara bergantian.
  • Gerakan bulan matahari, gerakan memutar dengan menggunakan 2 tangan secara bergantian dan tidak putus dari arah perut bagian kiri, memutar searah jarum jam.
  • Gerakan I Love You, yaitu gerakan memijat berbentuk huruf I di bagian perut kiri bayi, lalu L terbalik, serta U terbalik.
  • Gerakan Walking finger, yaitu gerakan jari-jari berjalan di atas perut bayi dari bagian kiri perut searah jarum jam.
  • Gerakan relax, yaitu gerakan mengangkat kaki bayi dan ditekukan sampai mengenai perut bayi

Pijatan Tangan

1. Milking atau memerah

  • Milking India, yaitu gerakan memerah lembut tangan bayi dari pangkal tangan bagian atas, hingga ke pergelangan tangan bayi.
  • Milking Swedia, yaitu gerakan memerah yang arahnya kebalikan dari milking India.

2. Gerakan rolling atau pijatan menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

3. Gerakan squeezing atau pijatan memeras, yaitu pijatan seperti memeras pakaian dari pangkal lengan ke pergelangan tangan bayi.

4. Thumb after thumb, yaitu pijatan pada telapak dan punggung tangan bayi.

5. Gerakan spiral, yaitu pijatan memutar pada telapak dan punggung tangan bayi.

6. Finger shake, yaitu pijatan pada jari.

7. Relax, yaitu gerakan menyilangkan tangan bayi di dadanya, serta mempertemukan ujung tangan bayi dengan ujung kaki bayi secara bersilangan.

Pijatan Kaki

Pijatan pada kaki ini hampir sama dengan pijatan pada tangan. Gerakannya juga meliputi milking, rolling, squeezing, thumb after thumb, spiral dan relax.

Pijatan Punggung

  • Go back forward, yaitu pijatan maju mundur.
  • Slip, yaitu gerakan meluncur di punggung bayi
  • Mengayuh
  • Spiral yaitu gerakan memutar
  • Menggaruk

Itulah cara pijat bayi dari hal-hal yang perlu disiapkan sampai gerakan-gerakannya. Mudah bukan? Oh ya selain melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari JOHNSON’S seperti kali ini, JOHNSON’S® juga bekerja sama dengan Habitat For Humanity. Mereka membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Untukmelaksanakan misi tersebut, JOHNSON’S® mengajak para ibu di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk sebagai berikut:

  • Setiap pembelian produk JOHNSON’S® di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp.25.000,-
  • Setiap pembelian JOHNSON’S® oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko – toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta.

Dari transaksi tersebut di atas, para ibu secara otomatis dapat menyumbangkan Rp 500,- (Lima ratus rupiah) guna membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo,Gresik, Jawa Timur agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.  Untuk info lebih lanjut, bisa dilihat di bawah ini.

https://www.johnsonsbaby.co.id/sentuhancinta?utm_source=Urban-Mama&utm_medium=Article&utm_campaign=Sentuhan-Cinta

Instagram: @JohnsonsBaby_id

Facebook: @JohnsonsBabyIndonesia

Be Sociable, Share!
Posted on: April 11, 2019, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *