20 Alasan Memilih Zenfone 3 ZE552KL

Saya termasuk manusia yang ingin memiliki kamera DSLR karena kemampuan memotretnya menghasilkan gambar yang profesional. Tapi kelemahannya adalah bobotnya yang berat, tidak cocok untuk gerak-gerik saya yang mobile. Sudah bawa anak yang beratnya hampir 10 kg, masih dibebani pula dengan isi kamera DSLR. Oleh karena itu, saya berencana membeli kamera mirrorless yang desainnya lebih kompak dan ringan.

Namun, saya jadi ingat kelemahan orang berkamera saat masuk tempat-tempat rekreasi tertentu. Dia akan dikenai biaya tambahan untuk kameranya. Misalnya nih, saya ingat 16 tahun yang lalu, untuk masuk Candi Borobudur kamera dikenai biaya Rp. 5.000. Tahun lalu, untuk masuk ke Museum Angkut Batu, kamera yang dibawa seseorang juga dikenai biaya tambahan. Bahkan, restoran tematik yang desainnya unik-unik juga mengenakan biaya atas pemotretan dengan kamera. Kamera di sini adalah kamera asli, bukan yang built in di ponsel. Saya jadi berandai-andai jika saya punya kamera tersembunyi seperti detektif spy, tapi kualitasnya profesional.

Harapan saya itu kini jadi nyata dengan hadirnya ASUS Zenfone 3 ZE552KL yang memang dirancang untuk kebutuhan fotografi setara kamera DSLR. Hihihiii… Asyiiik, masuk tempat wisata dengan kamera berbayar sudah tidak jadi masalah. Cukup bawa Zenfone 3, bisa cekrak-cekrek dengan hasil memuaskan.

Sebenarnya ada beberapa ponsel yang dirancang untuk fotografi, tapi menurut saya Zenfone 3 lah yang paling pas. Mau tahu kenapa Zenfone 3 ZE552KL layak dipilih? Ini dia alasannya…

 

1.Kelas Flagship dengan Harga Terjangkau

ASUS ZenFone 3 diluncurkan sebagai pesaing dari para smartphone kelas flagship namun dengan harga yang kompetitif. Harga kompetitif bukan dalam artian terjangkau saja, tetapi teknologinya juga menyamai smartphone premium. Bagaimana tidak? Zenfone 3 ZE552KL dilengkapi dengan kamera belakang 16 megapiksel yang berdiafragma besar f/2.0, lensa 6-elemen, EIS, OIS, dan berteknologi 0,03 detik laser autofocus. Sedangkan kamera depannya berbekal 8 megapiksel, diafragma f/2.0, dan sudut lebar 85 derajat.

Teknologi autofokus yang digunakan dalam Zenfone 3 ini adalah TriTech Autofocus. Teknologi ini merupakan gabungan dari tiga teknologi yaitu laser-autofokus, phase-detection autofokus, dan contrast-detection autofokus. Hasilnya, kecepatan fokus menjadi super cepat dan lebih presisi.

#exploreyourjourney#zenfone3

A post shared by arga (@argazenart) on

2. Fingerprint Sensor

Fingerprint Sensor untuk sistem keamanan ada di bagian belakang Zenfone 3 ini. Adanya sistem pengamanan sidik jari ini membuat kita mudah membuka kunci ZenFone 3 dengan lincah, hanya dalam waktu 0,22 detik. Sangat cepat! Tak hanya itu, pendeteksian sidik jari itu mendukung 360 derajat dan bisa membaca 5 sidik jari berbeda.

Fingerprint sensor di bagian bawah lensa kamera

3. Lensa canggih berlapis kaca safir

Lensa bagi smartphone berkamera sangat penting karena berpengaruh pada reproduksi warna, ketajaman, dan distorsi gambar. Zenfone 3 ditanami lensa Largan 6 elemen denga bukaan diafragma f/2.0. Lensanya dilapisi kaca safir (Saphire Glass) supaya tidak mudah tergores saat bersentuhan dengan benda keras.

4. Image Stabilizer

Kamera yang bagus memiliki penstabil gambar secara optik untuk mencegah gambar buram saat terjadi guncangan ketika kita klik tombol shutter. Lensa kamera belakang Zenfone 3 punya teknologi Optical Image Stabilizer (OIS) 4 axis. Stabilizer ini mampu mengompensasi getaran dari 8 arah. Jadi saat kita gugup, memotret sambil jalan, atau ada di atas kendaraan, kita tetap bisa mendapatkan gambar yang tidak buram. Stabilizer ini juga mampu meningkatkan kecepatan rana kamera.

5. TriTech Autofokus

Fokus otomatis dengan teknologi terkini penting, untuk memastikan seluruh momen instan bisa terekam dengan baik. Sering sekali nih, saya mengabadikan anak-anak balita saya yang cepat bergerak. Saat mereka bermain, gaya-gaya lucu mereka selalu membuat saya memotret secepat mungkin. Kalau pakai smartphone yang terdahulu jarang sekali dapat momen bagus. Soalnya autofokusnya lama banget. Nah, Zenfone 3 punya Tri Tech Autofokus. Ini merupakan laser fokus baru secepat 0,03 detik. Selain itu juga ada Phase detection autofocus seperti yang dipakai di kamera DSLR serta Continous Autofocus untuk mengunci obyek yang selalu bergerak saat difoto.

6. High dynamic range

Pernah tidak, memotret dengan membelakangi cahaya? Maunya berteduh dari panas, eh latar belakang yang terlalu banyak cahaya itu malah mengakibatkan objek foto menjadi gelap. Inilah yang disebut dengan backlight. Zenfone 3 mempunyai teknologi real time HDR dan HDR Pro yang membantu mengambil gambar dengan latar yang sangat terang (back light). HDR Pro di Zenfone 3 mampu meningkatkan kecerahan (brightness) foto sampai 4 kali lipat sehingga foto tampak alami.

7. Real tone flash

Untuk mendapatkan warna kulit (skin tone) yang lebih alami, lampu flash tidak harus berwarna putih lagi. Zenfone 3 dipersenjatai dengan Dual LED real tone flash sehingga skintone manusia terlihat lebih alami. Tidak terlalu putih seperti karena terlalu banyak cahaya.

8. Manual mode

Jika lelah dengan autofokus, kita bisa mengkreasikan foto secara manual. Fitur ini ada dalam Zenfone 3 sehingga memotret serasa lebih fleksibel dan menyenangkan. Apa saja yang bisa kita ubah? Ternyata fitur pengubahan manual lebih lengkap daripada hape lain. Misalnya mengatur ISO (50 – 3200), White Balance (2500K – 6500K) sesuai kondisi cahaya pemotretan, Exposure Value, Focus Distance, dan Shutter Speed (1/50000s – 32s) untuk mendapatkan pencahayaan yang sesuai. Kalau suka berkreasi dengan gaya foto levitasi alias melayang, atau mau pakai long exposure untuk light painting bisa banget pakai mode manual ini.

9. Slow Speed

Kita dapat mengatur kecepatan rana sampai tingkat minimum kalau mau bikin kreasi efek-efek cahaya. Pernah lihat foto di jalan raya yang banyak lampunya dan seakan-akan berjalan sangat cepat bagaikan flash? Untuk membuat foto seperti itu, kita harus mengatur shutter speed ke level rendah alias slow. Nah, Zenfone 3 bisa bikin foto slow shutter speed karena memiliki kecepatan bukaan shutter minimal sampai 32 detik.

Foto dengan slow speed

10. Low Light Mode

Sangat menyebalkan jika memotret sesuatu di dalam rumah. Meski siang hari hasilnya itu lho banyak noisenya. Apalagi malam hari, perlu kekuatan lebih. Kalau saya sih menghindari foto malam hari. Tapi, kalau pakai Zenfone 3 bahkan kalau kita tidak jago memotret pun, kita bisa dapat hasil yang jernih. Walau cahaya minim, kita tak perlu repot setting ini itu. Mode Low Light dalam Zenfone 3 mampu mengambil foto dengan baik di obyek yang hanya dicahayai oleh 1 lilin dan meningkatkan cahayanya sampai 400%.

Credit: asus.com

#nofilter #1/50 #8s #asus #zenfone3

A post shared by Eduardo Passadiço (@eduardopassadico) on

11. Layar Full HD Lebar

ZenFone 3 punya display layar sentuh 5,5 inci beresolusi full HD 1920 x 1080 yang membuatnya menjadi ideal untuk menyaksikan film ataupun konten multimedia lainnya. Layar ini juga menggunakan display dengan Super IPS+ yang membuat konten dapat disimak dari berbagai sudut hingga 178 derajat. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan tambahan LED backlight dengan kecerahan 600 nits, sehingga meski di bawah sinar matahari kita tetap bisa membaca jelas, tanpa perlu ditutupi dengan tangan lagi.

12. Aplikasi Kamera

Aplikasi kamera sangat penting untuk editing foto agar menjadi lebih menarik. Penggunaanya simpel tanpa perlu menguasai Photoshop. Dalam Zenfone 3 sudah dibekali aplikasi PixelMaster 3.0 yang hadir dengan 20 ragam mode pemotretan untuk berbagai kebutuhan, dan 11 efek untuk membuat foto berbeda. Selain itu, juga ada fitur Mode Beautification. Dengan Beautification kita bisa mengedit Skin Tone, Blush, Skin Softening, Cheeks Thinning, dll. Andai wajah berminyak, bopeng, berjerawat, bisa jadi mulus dengan aplikasi ini.

13. Desain

Desain Zenfone 3 terlihat sangat cantik, kompak, dan rata, dengan profil yang sangat tipis, yakni 7,7 milimeter. Sisi depan dan belakang ZenFone 3 dibalut lapisan kaca Gorilla Glass yang memberi kesan mewah namun tetap kuat. Panelnya mendukung kontur sudut 2.5D yang merekat pada metal frame untuk menghadirkan daya genggam yang lebih baik. Smartphone ini  memiliki 6.16 mm slim metal frame dan 2.1 mm slim bezel dengan 77,3% screen to body ratio membuat ukuran badan lebih lecil dengan layar besar.

14. Otak pintar

Otak pintar dalam Zenfone 3 ini gara-gara 64 bit Qualcomm Snapdragon 625 yang merupakan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 terbaru dengan kecepatan 2GHz. Kekuatan otak pintar tersebut dibekali memori RAM sampai 4GB, dan diperkuat oleh pengolah grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506. Grafis Adreno 506 ini setara dengan performa grafis PC.

15. Daya efisien

Dibanding prosesor Qualcomm Snapdragon 617 terdahulu, prosesor yang digunakan pada ZenFone 3 menawarkan efisiensi energi hingga 35 persen lebih tinggi. Artinya, selain menawarkan peningkatan performa, masa aktif baterainya saat melakukan berbagai aktivitas multimedia juga menjadi jauh lebih panjang meski besaran kapasitas baterainya tetap. Terbukti, dengan daya 3000 mAh-nya, Zenfone 3 ZE552KL mampu bertahan hingga 25 jam dalam kondisi idle dan 13 jam dengan dipakai aktif wifi surfing serta aktivitas lainnya.

16. 4G+ 3G

Smartphone dual sim banyak. Tapi saat dipakai, hanya salah satunya saja yang bisa 4G. Sim yang lain hanya bisa jalan di 2G. Namun berbeda di Zenfon 3 ZE552KL ini. Smartphone ini punya dual sim dan dua-duanya stand by. Jadi SIM 1 bisa berjalan di 4G dan SIM 2 bisa 3G.

Credit: ponselmu.com

17. Audio

Zenfone 3 memiliki desain speaker dengan 5 magnet chamber sehingga kinerja suaranya 40% lebih baik. Mikrofonenya menggunakan dual internal microhone dengan teknologi NoiseZero Talk. Jika kita sedang berada di tengah suara-suara berisik, suara-suara itu akan dihilangkan sehingga kita bisa menelepon dengan leluasa. Kita juga bisa mengatur audio pada menu Audio Wizard. Di dalamnya ada settingan Movie, Gaming, Music, Outdoor, Smart, dan Vocal.

18. 4k Video recording

Biasanya nih, perekaman video UHD hanya bisa dilakukan smartphone premium kelas atas. Tapi dengan smartphone kelas menengah Zenfone 3 ini video beresolusi Ultra HD (4K) bisa direkam. Selain UHD, Zenfone 3 juga bisa disetting untuk merekam video hingga 60 fps (format full HD).

19. Stabilizer video

Zenfone 3 dilengkapi dengan 3-axis EIS (Electronic Image Stabilization) yang dapat mengurangi guncangan saat merekam video. Hasilnya video menjadi lebih stabila dan tidak buram meski kita merekam dalam kondisi bergerak atau dalam kendaraan berjalan.

20. ZenUI 3.0

User Interface (UI) adalah aplikasi antarmuka untuk memudahkan hidup agar lebih efisien dan menyenangkan. Aplikasi ini sudah umum di ponsel android. Pada smartphone ASUS, khususnya Zenfone 3 ini telah tertanam ZenUI 3.0 yang bisa memudahkan dunia digital kita. ZenUI 3.0 merupakan UI terbaru dengan desain dan fitur yang lebih lengkap, dan akan terus diupdate secara berkelanjutan. Di antaranya terdapat ZenCircle, ZenTalk, MiniMovie, Mobile Manager.

Theme DIY Toolkit
MiniMovie
Mobile Manager

Biar lebih mantap, dan jadi bahan pertimbangan spesifikasi Zenfone 3 ZE552KL seperti berikut. Hmm, semoga saya bisa segera memilikinya.

Spesifikasi

Model ASUS ZenFone 3 ZE552KL
CPU Qualcomm Snapdragon 625 octa core 64-bit 2GHz
GPU Adreno 506 650MHz
RAM 4GB
Storage 64GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 2TB)
Connectivity WIFI 802.11ac, MiMO Wi-Fi, Bluetooth 4.2, USB Type-C, Fingerprint sensor
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 8 (900), 26 (850), 28 (700), 39 (1900), 40 (2300), Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
SIM Card Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation GPS, AGPS, GLONASS, Beidou
Display 5.5” FHD 1920 x 1080, Super IPS+ display with 178’ wide view angle,  Corning Gorilla Glass 4 display
Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps, Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery Lithium-Polimer 3.000 mAh
Main Camera 16MP Sony Exmor RS IMX298, f/2.0, Laser/Phase Detection AF, OIS (4-axis), dual-LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Front Camera 8MP, f/2.0, 1080p
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android M with next-gen ZenUI 3.0
Dimension 146.9 x 74 x 7.7mm
Weight 144g
Warna Ocean Blue, Moonlight White, Shimmer Gold
Harga Rp5.099.000

 

Be Sociable, Share!
Posted on: December 8, 2016, by : li partic

3 thoughts on “20 Alasan Memilih Zenfone 3 ZE552KL

  1. Mantap banget Zenfone 3 ya mbak, semua fitur tersedia, cocok banget buat kita yang mobile ini. Cuman dengan satu Zenfone, moment2 indah dapat tertangkap dengan baik. Semoga aku bisa memiliki smartphone ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *