Resep Bakwan Caisim Dua Bahan

Sejujurnya, anak-anakku tuh jarang makan sayur. Sekalinya dimasakin, pasti nggak habis karena rasanya hambar katanya. Terus aku nemu resep berbahan dasar sayur di website Dapur Kobe. Yaitu sawi hijau alias caisim yang dibikin bakwan. Resepnya simpel cuma dua bahan. Well, air dan minyak gorengnya nggak masuk hitungan ya. Kok bisa sih cuma dua bahan? Kan, bikin bakwan itu biasanya paling nggak ya butuh tepung sama bumbu-bumbu lainnya. Tenang, meski cuma dua bahan, rasanya gurih dan dijamin kress! Rahasianya ada pada tepungnya: Kobe Tepung Bakwan Kress.

Rahasia Anti Gagal Bikin Bakwan

Rahasia sukses pembuatan bakwan ini adalah pakai Kobe Tepung Bakwan Kress. Pasti sudah sering dengar tepung Kobe, kan? Kobe itu produk dari Jepang yang terkenal itu? Eitsss, salah! Memang tepung Kobe adalah tepung bumbu pertama di Indonesia sejak tahun 1979. Usaha ini dirintis mulai dari bisnis rumahan di Semarang. Jadi ini asli Indonesia. Walau namanya Kobe mirip kota di Jepang, tapi sebenarnya ini adalah singkatan. Kobe berartiĀ Kata Orang Banyak Enak. Sehingga tagline Kobe sendiri adalah Kobe ahlinya Tepung Bumbu!

Saat ini pengembangan produk Kobe sudah banyak. Ada tepung tempe kriuk, tepung pisang goreng, tepung serbaguna, tepung bumbu putih, tepung Kentucky Supercrispy, dan yang aku review di sini Tepung Bakwan Kress.

Kenapa sih harus pakai Kobe Tepung Bakwan Kress. Tentu saja karena produk ini punya beberapa keunggulan, yaitu:

  • Menghasilkan Gorengan yang kress renyahnya. Teksturnya renyah di luar dan empuk di dalam.
  • Terbuat dari racikan bumbu rempah alami. Kalau dilihat dari komposisinya rempah alami dalam Tepung Bakwan Kobe adalah ketumbar bubuk, bawang putih bubuk, bawang bombay bubuk, dan kunyit bubuk.
  • Tanpa pengawet.
  • Tanpa pewarna buatan.

Biar pembuatannya sempurna, perhatikan komposisinya ya. Seandainya kita bikin porsi yang lebih besar dari yang di resep ini jadi enak, nggak gagal. Perbandingan porsi tepung dan sayur jangan banyak sebelah. Lebih baik tambahkan sayurnya sedikit demi sedikit. Jangan sampai kebanyakan sayur, karena nanti adonan akan pecah. Juga jangan terlalu sedikit, nanti bakal nggak enak karena isinya tepung aja. Lalu perhatikan juga ukuran bakwannya. Jangan terlalu besar karena akan lama matangnya. Bikin yang ukuran sedang dengan api sedang saja.

Resep Bakwan Caisim Kobe, Bakwan Next Level

Nah, sekarang lagsung aja yuk intip cara bikin Bakwan Caisim Kobe, Bakwan Next Level. Dijamin praktis dan gampang!

Bahan:

  • 1 bungkus Kobe Tepung Bakwan Kress (70 gram)
  • 90 gr caisim (potong kecil-kecil)
  • 80 ml air
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan Kobe Tepung Bakwan Kress dengan air. Campurkan hingga tekstur kental seperti yoghurt.
  2. Tambahkan caisim. Aduk rata.
  3. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan.
  4. Angkat dan sajikan.

Setelah jadi, langsung aku cobain ke si kecil. Waduh, nggak nyangka makannya lahap sambil angguk-angguk saking gak terasa rasa sayurnya. Hahahaaa.

Pengen inspirasi lainnya? Kunjungi aja Dapur Kobe banyak resep praktis super enak di situ.

Begitulah review Kobe Tepung Bakwan Kress dan resep super enak Bakwan Caisim Kobe. Semoga bermanfaat ^_^

Be Sociable, Share!
Posted on: October 29, 2021, by : li partic

9 thoughts on “Resep Bakwan Caisim Dua Bahan

  1. Tepung Kobe menurutku pioner, mau goreng ayam crispy ala kaefci Kobe juaranya. Pokoknya tepung bumbu yang diingat pasti Kobe

    Eh, lha dalah ternyata Kobe itu singkatan, kukira merk Jepang wkwk

  2. haha, idem mba nining.. saya juga baru tahu kepanjangan KOBE ! trus btw, bakwan caisim ini inovatif banget mba, biasanya bakwan kan isinya wortel, kol, atau jagung… kapan2 nyoba ah caisim jadi bakwan, pakai KOBE pastinya

  3. Mbak aku fans berat tepung Kobe. Baru tahu lek ini tepung asli Semarang. Tak pikir aslinya dari Jepang. Biasanya pake sing Kentucky crispy. Belum pernah coba yang tepung bakwan ini. Pengen cobain ah. Pasti enak kalau pakai tepung Kobe. Percaya aku hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *