Optimalkan Kecerdasan Akademis dan Emosional Si Kecil Melalui A+ Masterclass

Hi, Mom! Sudah tau ga sih sekarang ini zamannya udah mendekati era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity). Kalau anak kita lahir di era pandemic, makai a akan menghadapi tantangan hidup yang berbeda disbanding kita dulu. Digitalisasi, otomatisasi, menuntut si kecil nantinya sukses bukan di bidang akademis saja (IQ), tetapi juga harus punya kecerdasan emosional (EQ).

Oleh karena itu, Enfagrow A+ mengadakan acara A+ Masterclass sebagai ajang pengetahuan bagi orang tua dan mengasah kecerdasan akademis serta emosional si kecil. A+ Masterclass ini diadakan di Kidzania Surabaya pada 30 Oktober 2022. Acaranya penuh dengan orang tua dan anak yang antusias banget. Terbukti 1 jam sebelum acara dimulai, mereka sudah pada berdatangan.

A+ Masterclass ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu:

  • A+ Mom Summit
  • A+ Mom Checklist
  • A+ Kid Brain Stimulation

A+ Mom Summit

A+ Mom Summit adalah sesi talkshow Moms narasumber yaitu Chelsea Olivia sebagai A+ Mom sekaligus brand ambassador Enfagrow A+, dr. Attila Dewanti SP. A(K), dan Ajeng Raviando, Psi, Psikolog.

Chelsea Olivia

Chelsea bercerita tentang anaknya yang kini dilabeli anak pandemi. Chelsea sekeluarga ke Bali dan tinggal di sana selama 4 bulan agar anak-anaknya keluar dari zona amannya. Sehingga mereka mendapat pengalaman baru. Anak keduanya, Dante disekolahkan di semacam play group di Bali, ternyata Chelsea tidak menyangka mendapat cerita bahwa Dante bisa menjadi leader saat bermain Bersama teman-temannya. Tiga puluh menit pertama Dante seperti membaca situasi untuk beradaptasi. Tapi lama-lama ia percaya diri berbaur bersama teman.

dr. Attila Dewanto Sp. A(K)

Setelah berbincang-bincang dengan Chelsea, dr. Attila memberi penjelasan tentang mengoptimalkan kecerdasan si kecil. Intinya ada dua, yaitu dengan nutrisi dan stimulasi.

Nutrisi

Nutrisi dimulai dari awal 1000 kehidupan pertama si kecil, yaitu dari masa kehamilan. Saat sedang  hamil, makan makanan bergizi. Janin akan bertumbuh hingga lahir dengan sehat.

Stimulasi

Otak bayi yang baru lahir punya banyak serabut syaraf tetapi belum terkoneksi secara sempurna, oleh karena itu perlu stimulasi. Stimulasi ini tidak harus yang susah. Yang sederhana saja, misalnya dengan mengajak ia berbicara atau menyapanya. ”Adik, apa kabar? Udah bangun ya?”

Setiap tahun sel otak bertambah 1 cm. Tetapi jangan berharap lebih cepat lebih Panjang juga karena malah berbahaya seperti munculnya hidrosefalus. Oleh karena itu, selalu cek tumbuh kembangnya. Selain mengukur berat badan, tinggi badan, juga ukur lingkar kepalanya untuk mengetahui kemajuan perkembangan otak.

Ajeng Raviando Psi

Psikolog Ajeng Raviando, Psi menjelaskan bahwa masa pandemi begitu banyak membawa perubahan. Tidak hanya membingungkan orang tua, tetapi juga berpengaruh ke anak-anak. Oleh karena itu, pola stimulasi dan lingkungan juga banyak berubah. Misalnya anak-anak lebih sering berhadapan dengan gawai sehingga kurang interaksi dengan lingkungan sekitar. Kondisi semacam ini akan memengaruhi perkembangan otak anak. Jadi, orang tua perlu berperan agar si kecil mendapat rasa aman dan mendukung stimulasi untuk kecerdasannya.

Dr Lazuardi Putra selaku Category Manager Nutrition Reckitt Indonesia juga hadir dalam sesi A+ Mom Summit. Beliau menjelaskan bahwa para ibu membutuhkan panduan baru untuk menjawab tantangan di era VUCA ini. Enfagrow mengerti bahwa stimulasi, nutrisi, dan lingkungan merupakan faktor berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Sehingga Enfagrow mengadakan A+ Masterclass untuk mendukung kecerdasan akademis dan emosional si kecil.

A+ Mom Checklist

Sesi selanjutnya adalah pengisian tes bagi orang tua untuk mengetahui dan mengevaluasi kecerdasan akademis dan emosional anak. Kita dapat scan QR Code tertera sewaktu talkshow. Atau dengan mengakses link https://bit.ly/APlusKidChecklist3-5yo.

A+ Kid Brain Stimulation

Ini adalah sesi aktivitas untuk menstimulasi otak si kecil oleh tim dari Kidzania. Di sini kecerdasan si kecil diasah melalui beberapa aktivitas profesi.

Untuk kecerdasan akademis, stimulasi yang diberikan pada si kecil adalah:

  • Pemecahan masalah
  • Memori
  • Kosa kata
  • Kognitif

Sedangkan kecerdasan emosional diasah dengan:

  • Motivasi diri
  • Pengendalian diri
  • Empati
  • Leadership

Seperti anakku ini sedang bekerja sebagai pekerja konstruksi. Ini melatih kecerdasan akademisnya (IQ), terutama melatih fokus, memahami instruksi, dan motoriknya.

Construction Site Kidzania

Selain stimulasi otak dengan aktivitas, Enfagrow A+ juga mendukung pemberian nutrisi tumbuh kembang anak melalui kandungan MFGM Pro dan DHA yang lebih tinggi. MFGM adalah singkatan dari Milk Fat Globule Membrane, yaitu la[isan alami lemak susu yang kaya nutrisi. Dalam pembuatan kebanyakan susu bubuk formula MFGM ini sering hilang karena prosesnya. Uniknya, pada Enfagrow A+ ini ada MFGM. Fyi, untuk mendapatkan 1 kg MFGM dibutuhkan lebih dari 500 kg susu, lho. MFGM ini kaya akan asam lemak esensial dan protein. Mau tahu komponen MFGM apa saja? Ini dia.

  • Gangliosida, berperan dalam proses mielinisasi dan transmisi sinaps.
  • Sphingomielin, untuk pematangan saluran cerna dan mielinisasi system saraf pusat.
  • Phospholipids,  berperan dalam sintesis membran saraf.
  • Protein Membran, untuk mendukung hoeostatissaluran cerna dan memiliki efek antimikrobial.

Wah, seru sekali A+ Masterclass yang digelar di Surabaya ini. Si kecil senang, saya pun mendapat pengetahuan baru. Jadi, gimana? Sudah punya bayangan kan bekal apa saja untuk mendung tumbuh kembang si kecil agar cerdas akademisnya dan juga emosionalnya?

 

Be Sociable, Share!
Posted on: November 2, 2022, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *