J-Express: Teman Online Seller dengan Layanan COD dan CSOD

Sudah 10 tahun saya menggeluti bisnis online. Dari jualan produk gado-gado alias palugada (apa pun yang lu mau gua ada), sampai tahun 2012 akhirnya saya punya produk sendiri, yaitu teh pelancar ASI pertama di Indonesia: ASI Booster Tea. Pun dari perjalanan ASI Booster Tea tujuh tahun sampai  kini berubah menjadi ABT Pelancar ASI, masih juga menemui kendala yang umum saat berbisnis online: Ketidakpercayaan konsumen pada online seller.

Mereka kerap sekali bertanya, “Kak, terima COD ga?”

Haduuuuh, mbok ya tanya itu dipikir sekali-kali. Ya kali kalau satu daerah. Saya di Surabaya masak disuruh nganter ke Cimahi. Laba cuma sekian ribu, ongkos ke Cimahinya berapa ratus ribu? T_T

Ada lagi yang tanya, “Ini bayarnya bisa cash ga? Saya ga bisa transfer, ga punya bank.”

Plis ya, namanya transaksi online itu mutlak harus bisa transfer bank. Mau pakai ATM kek, internet banking, mobile banking pasti bisa. Ga mungkin kan, bayar tunai kecuali kita di kota yang sama?

Nah, sekarang saya baru nemu solusinya. Ternyata COD itu bukan kita yang antar langsung, lho. Tapi bisa pakai ekspedisi. Yang saya coba adalah layanan ekspedisi JX Indonesia atau J-Express. Dulu JX Indonesia adalah ekspedisi khusus melayani pengiriman dari marketplace JD.id. Sejak tahun 2018, JX Indonesia mulai melayani kiriman untuk umum, yakni para online seller dan UMKM. Pada tahun 2019, JX Indonesia kemudian resmi diakuisisi oleh GOJEK.

JX Indonesia adalah teman online seller. Memang benar begitu, karena begitu dekat dengan kita para pelaku bisnis online dalam melakukan pelayanannya. Dalam pengiriman, kita dimudahkan banget. Kita nggak perlu pergi ke counter pengiriman untuk mengirim barang. Tinggal tunggu di rumah atau kantor tempat kamu berada, mereka akan pick-up barangnya. Koordinasinya pun mudah karena kita ada dalam grup WhatsApp kalau mau kirim-kirim.

Mengapa saya pilih JX Indonesia?

JX Indonesia atau J-Express sebagai teman online seller kita mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya:

  1. Didukung oleh 6 warehouse , 250+ drop point, dan 3.000+ kurir.
  2. Pickup penjemputan di hari yang sama. Dengan catatan request pickup dilakukan di pagi hari sampai sebelum jam 12.00 siang. Request setelah jam 14.00 akan dilakukan pickup keesokannya.
  3. Seller dashboard untuk membuat shipping list.
  4. Daily Report pengiriman setiap hari yang akan dibantu monitor oleh dedicated Sales atau Account Manager.

Gimana? Makin penasaran kan, dengan JX? Yuk baca lebih lanjut pelayanan apa saja yang diberikan oleh JX sebagai teman online seller kita.

Layanan JX Indonesia

Reguler

Layanan reguler adalah pengiriman reguler, biasa disebut non-COD. Konsumen tidak membayar saat barang datang seperti COD. Kiriman ini seperti biasanya. Konsumen 100% bayar di depan sebelum barang dikirim dengan transfer bank/ATM. Atau kalau kita kirim hadiah, di mana penerima paket tidak perlu bayar apa pun, layanan ini yang digunakan.

COD (Cash on Delivery)

Tau ngga? Sekarang itu lebih dari 50% transaksi belanja online dilakukan secara COD atau bayar di tempat setelah barang datang. Dengan adanya COD ini dapat mengatasi masalah konsumen yang gaptek atau tidak punya alat pembayaran online seperti token, mobile banking, dan sejenisnya. Selain itu, konsumen yang sudah nyaman dengan transaksi tunai, atau lebih memilih berhati-hati takut adanya seller yang menipu, akan lebih memilih sistem COD seperti ini. Oleh karena itu, JX Indonesia menghadirkan layanan COD dengan biaya murah. Bahkan dengan harga promo enam ribu rupiah seperti yang sedang diadakan sekarang ini.

CSOD (Card Swipe on Delivery)

Selain COD, juga ada CSOD. CSOD adalah Card Swipe on Delivery. Pembayaran sama ketika barang datang, tapi bukan dengan tunai, melainkan memakai kartu. Kurir akan membawa alat EDC sehingga konsumen bisa membayar dengan kartu debit atau kredit.

CSOD ini lebih menguntungkan, karena siapa tau pas barang datang si konsumen kehabisan uang, ga sedia uang tunai di dompetnya, atau belum sempat ke ATM. Konsumen ga perlu suruh kurir yang datang nunggu dia ke ATM dulu. Jadi konsumen tinggal bayar gesek. Terlebih lagi musim pandemi gini, pembayaran non-tunai kan, lebih aman.

 

Promo #SERBU JX Indonesia

Asyiknya sekarang sedang ada promo #SERBU atau #Serba6Ribu dari #JXIndonesia. Promo ini adalah bentuk komitmen JX Indonesia sebagai #temanonlineseller dalam mendukung para pebisnis online seperti saya. Masak sebagai teman gak bisa kasih harga teman, ya kan?

Harga flat #Serba6Ribu ini berlangsung dari Januari sampai Maret 2021. Jadi, kalau kamu registrasi dan mengirim dalam periode tersebut bisa dapat promonya. Bayangin cuma #6RibuBisaCuan. Kalau kirim paket biasanya dari Surabaya ke Jakarta kena hampir 20 ribu lho,  pake ekspedisi lain. Jadi lebih cuan nih, kalau pakai JX Indonesia!

promo jx serbu

Syarat dan ketentuan promo #SERBU:

  • Coverage pick-up & delivery JX untuk promo #SERBU berlaku untuk wilayah:
  • Origin Jawa – tujuan Jawa
  • Origin Sumatera Utara – tujuan Sumatera Utara
  • Origin Kalimantan Barat – tujuan Kalimantan Barat
  • Origin Kalimantan Timur – tujuan Kalimantan Timur
  • Origin Makassar – tujuan Makassar
  • Origin Padang – tujuan Padang
  • Origin Pekanbaru – tujuan Pekanbaru
  • Origin Palembang – tujuan Palembang
  • Di luar coverage di atas, maka berlaku harga normal.
  • Promo ini hanya berlaku untuk paket ukuran reguler, bukan big item (maksimum 10 kg, baik berat aktual maupun berat dimensi – P 39 cm x L 39 cm x T 39 cm).
  • Jenis barang bukan termasuk makanan, minuman, frozen food, tanaman hias, binatang peliharaan, barang pecah belah, atau produk yang dilarang dikirimkan sesuai peraturan.
  • Berlaku untuk seller baru ataupun seller
  • Promo #SERBU ini tidak dapat digabungkan dengan promo atau diskon lainnya.

 

Nggak perlu bingung ke counter-nya di mana, karena paketmu bakal dapat free pick-up juga. Ini pengalamanku waktu kirim dengan memanfaatkan promo #SERBU itu, ya. Kalian bisa ikuti langkah-langkah persis seperti berikut ini.

  1. Registrasi dulu di website www.j-express.id/business-register
  2. Isi data secara lengkap.
  3. Pihak JX akan menghubungi kamu di hari kerja. Awalnya aku kira ada balasan otomatis dari email, ternyata orang JX hubungi langsung lewat WhatsApp.
  4. Sales JX Indonesia akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail. Kita diminta mengisi form lebih detail lagi sebagai formulir perjanjian. Formulir ini beda dengan form registrasi di awal tadi.
  5. Setelah semua beres, tinggal coba melakukan pengiriman melalui seller dashboard yang aksesnya telah diberi oleh sales JX Indonesia tadi.
  6. Kurir akan pickup paket secara gratis.
  7. Tunggu barang sampai.
  8. Jika pengiriman secara COD atau CSOD, pencairan dananya dari pihak JX ke seller dilakukan di hari tertentu, bisa pilih seminggu mau pencairan dua kali atau tiga kali sesuai dengan invoice dari harga barang yang kita jual.

Yuk, segera manfaatkan promo #SERBU JX Indonesia! Kalau kamu punya bisnis online rugi banget kalau nggak manfaatkan promo ini. Cuma #6RibuBisaCuan, lho. Untuk informasi lengkap follow aja Instagram @jx.indonesia, ya!

JX Indonesia, #1Paket1Senyuman ^_^

Be Sociable, Share!
Posted on: March 22, 2021, by : li partic

22 thoughts on “J-Express: Teman Online Seller dengan Layanan COD dan CSOD

  1. cocok nih buat yang nggak begitu familiar transfer-transfer, pakai cash on delivery bisa cash dan EDC pula, barang udah ditangan baru bayar, serasa belanja offline

  2. JX Indonesia..wah murce amat kirim paket cuma 6 ribu? Kayak ga percaya deh hehehe. Pasti sangat membantu pelaku bisnis baik lebel rumahan maupun besar. Mau coba ah kirim2 barang pakai J Expresss ini.

  3. Sy baru tahu singkatan palugada lho mba hahahah suka bingung klo orng blng jualan palugada ternyata…..namanya wirausaha coba2 dulu ya..sampai akhirnya ketemu produk usaha yg pas. Moga sukses usahanya. Layanan ekspedisi makin memanjakan pedagang dan konsumen ya

  4. wuah aku sangat terkesan dengan csod yang disediakan oleh j express ini mba, selama ini belum pernah menemui expedisi dengan fasilitas tersebut, sangat membantu dan memudahkan untukku yang memang membatasi pengguaan uang cash

  5. Murah meriah banget ini biaya kirimnya cuma enam ribu rupiah saja dari JX Indonesia. Ya kan konsumen happy apalagi penjualnya. Sudah begitu, bisa COD pula.

  6. Senang pastinya nih para pelaku UMKM kalau semua jasa pengiriman bisa seperti JX Indonesia. Beneran teman sahabat onliner…
    Sayang ke Cianjur Jawa Barat belum sampai nih pelayanannya

  7. Daku juga kalau mau belanja onlen yang dicek pertama bisa COD nya. Soalnya lebih memudahkan sih. Apalagi ini mantaps dengan CSOD yang belum daku coba nih

  8. Akkk, i feel you Mba. Jualan online tantangannya emang banyak yaa. Customer minta COD padahal beda provinsi, mikirnya kitanya yang kudu kesana nganterin. Wkwkw. Boleh juga nih nyobain JX Indonesia buat urusan COD COD an.

  9. weeww, kereen Mbak, udah adaa produk sendiri yaa 🙂
    saat ini walaupun orang udah pada punya internet banking/mobile banking, tapi nyatanyaa gak sedikit juga sih yang masih nyaman memilih COD, mungkin biar lebih pasti gitu, merasa yakin terima barang dulu kali, hehehh, tapi syukurnya sekarang udah ada J-Express ya yang bisa jadi teman setia online seller 🙂

    namun sayang ya, belum semua daerah tercover ya, Sulawesi aja baru Makassar ya 🙁

  10. Wahh kapan lagi ada promo pengiriman paket murah.. Aku juga baru tahu ada pembayaran CSOD.. Inovasi terbaru JX keren!

  11. Semakin banyak layanan yang memudahkan os maupun buyer ya. Dengan adanya COD ini pembeli juga nggak ada rasa khawatir barangnya tidak datang padahal sudah membayar. Tapi ini kl misal ada pembeli yang bermasalah terus nggak mau bayar dg alasan barang nggak sesuai atau yang lainnya, antisipasinya bagaimana?

  12. Waah..murah banget ya mba, ongkir 6 ribu doang. Kira-kira promo JX ini diperpanjang gak ya mba, lumayan buat ngehemat ongkir kalau ada customer pesan ke olshop suami

  13. Alhamdulillah ya mba. Semakin lama semakin banyak kemudahan bagi para UMKM untuk memasarkan produknya..
    Apalagi itu biayanya cukup terjangkau, ngebantu banget pastinya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *