9 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Hati sempat deg-degan ketika mama mertua cerita keluhan matanya. Di usianya yang di atas 60 tahun, beliau bilang perasaan kena katarak seperti temannya, karena kadang-kadang penglihatannya kabur. Yup, itu hanya perasaannya saja, karena belum diperiksakan ke dokter, tapi sudah yakin 100%. Waduh, gimana nih, harus siap-siap biaya operasi dong?

Sport jantung kedua, anak keduaku kalau aku amati suka mengedip-ngedipkan matanya. Kalau membaca buku sangat dekat. Jadi harus ditegur biar jarak bacanya normal kira-kira 30 cm. Tapi kalau seperti itu dia bilang nggak jelas. Deg! Jangan-jangan ada masalah mata minus? Padahal umurnya masih 7 tahun.

Di tempat tinggal mama tidak ada spesialis mata. Karena kebetulan sekarang berkunjung ke rumahku, aku berniat membawanya ke klinik mata di Sidoarjo. Aku juga mememeriksakan anakku ke dokter mata, karena kalau di optic biasa tidak bisa periksa mata anak kecil. Singkat cerita alhamdulillah, mata mama tidak ada selaput katarak, semua masih normal. Hanya diberi obat mata penyegar dan disaranakan konsultasi tahun depan. Sedangkan mata anakku juga normal hanya ada kelelahan mata terlalu banyak beraktivitas dengan gawai. Memang, selain belajar daring sekolah dari rumah, ia juga sangat sering nonton video youtube, tiktok, dan main game.

Aku jadi mikir ada nggak sih cara menyehatkan mata biar normal selamanya? Jangan sampai deh si kecil kayak aku atau kakaknya yang matanya minus dan silinder. Secara, anak keduaku itu nggak mau makan sayur sama sekali. Kalaupun mau, pasti porsinya kurang dari kebutuhan harian. Jangan sampai juga orang tua maupun mertuaku kena katarak yang umumnya mengancam usia lanjut.

Setelah cari-cari info, akhirnya aku menemukan cara mencegah masalah dan penyakit mata. Mencegah kan lebih baik daripada mengobati. Mata kan kita gunakan selama kita melek, kira-kira 16 jam sehari. Kalau sudah kena masalah jarang bisa balik normal. Jadi, buat kamu yang baca ini semoga juga jadi tercerahkan dan nambah-nambah dikit pengetahuan ya

Keluhan Seputar Mata

Pertama sebelum membicarakan pencegahan keluhan-keluhan atau penyakit mata, kita harus waspadai dulu jenis-jenis keluhan mata. Ternyata keluhan mata itu nggak cuma penglihatan kabur, lho. Tapi ada beberapa. Nah, yang paling sepele itu mata merah, karena ini adalah awal mula kelelahan pada mata. Kalau tidak disadari, bisa saja keluhan tambah parah misalnya penglihatan kabur karena mata minus, plus, silinder, dll. Ini dia macam-macam keluhan seputar mata:

  • Mata merah
  • Penglihatan kabur (minus, plus, katarak, glaucoma)
  • Mata nyeri
  • Perubahan bentuk / gerak bola mata

Pencegahan Mata Lelah

Kelelahan pada mata ditunjukkan dengan rasa lelah/kemeng berat, mengantuk, pusing/sakit kepala, mata merah, kabur. Mata lelah ini adalah awal dari segala masalah matanya.  Kadang kita tidak peduli mata lelah, lama-kelamaan menjadi mata minus, dll. Padahal sebanyak 90% mata lelah disebabkan oleh 3 jam kontinyu melihat secara dekat. Selain itu, pengguna komputer lebih jarang kedipkan mata (5x/menit). Oleh karena itu, perlu kita lakukan:

  • Relaksasi mata. Setelah melihat dekat beberapa saat, sesekali pandanglah arah jauh agar mata berelaksasi.
  • Perlu suplemen air mata.
  • Jarak mata ke komputer harus ada batasan khusus. Jika jarak baca dengan buku hendaknya 30 cm, maka jarak pandang ke komputer umumnya 50 cm, 10-20 cm di bawah mata.
  • Cahaya tidak terlalu terang dan tidak redup.
  • Pakai filter antiradiasi lebih baik.
  • Makanan untuk kesehatan mata. Makanlah makanan yang mengandung Vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, astaxanthin, untuk melindungi makula dan lensa antioksidan radikal bebas dari UV.

9 Tips menjaga kesehatan mata

Nah, biar mata senantiasa sehat, lakukan hal-hal berikut ini ya.

  • Periksa mata 1 tahun sekali. Periksakan ke dokter spesialis mata. Bisa di klinik khusus mata, rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.
  • Pakai kacamata saat musim panas. Cahaya matahari juga bisa membahayakan mata, maka lindungi mata dengan memakai kacamata.
  • Makan nutrisi yang baik untuk mata: EYEVI
  • Pecahayaan yang baik dan tepat saat membaca atau bekerja dengan komputer. Yaitu jangan terlalu terang juga jangan terlalu redup.
  • Kedip dan istirahatkan mata. Jangan terus-terusan memandang gawai dengan jarang berkedip, lakukan relaksasi mata.
  • Jika memakai lensa kontak pilih yang kualitasnya baik, rawat, dan pakai dengan  jadwal yang tepat.
  • Rawat kesehatan tubuh. Misalnya dengan makan makanan sehat dan berolah raga.
  • Tangan yang senantiasa bersih. Kadang kalau mata gatal tanpa sadar kita langsung kucek-kucek mata. Sebenarnya jangan terlalu sering mengucek mata. Makanya biar ga terlalu berbahaya, jaga kebersihan tangan, karena tangan bisa menjadi sumber kuman.
  • Jangan sembarangan menggunakan obat. Pakailah obat-obatan sesuai anjuran dokter.

 

Eyevi, Minuman Nutrisi Kesehatan Mata

Eyevi nutrisi mata

Baru aku tahu nih, ada minuman kesehatan untuk mata yang enak dan nutrisinya mantap. Kan ada tuh suplemen yang kandungannya satu jenis saja, seperti beta karoten saja. Nah, ini beda, nutrisinya komplit. Ada anti radikal bebas, nutrisi-nutrisi lain yang sangat baik untuk mata, bahkan juga ada utrisi untuk otak yang merupakan tempatnya memproses informasi dari mata. Namanya Eyevi. Eyevi adalah nutrsi khusus kesehatan mata yang sangat membantu mencegah keruskaan mata dan mencegah timbulnya penyakit mata seperti:

  • Degenerasi makula. Makula adalah daerah kecil yang berbentuk bulat, terletak di bagian belakang retina. Di usia lanjut macula mengalami degenerasi, bola mata terlihat berubah warna. Pandangan menjadi buran dimulai dari tengah Kondisi ini akan memengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis, atau mengenali wajah orang.
  • Katarak. Katarak adalah penyakit mata karena lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total.
  • Retinopati diabetic. Retinopati diabetic adalah komplikasi dari penyakit diabetes yang memicu penyumbatan pada pembuluh darah pada bagian retina mata.
  • Uveitis (Radang Mata)

Katarak, degenerasi makula, mata minus

Eyevi terbuat dari perpaduan lutein dan zeaxanthin dengan memiliki keistimewaan menjaga macula dan retina pada mata. Dikombinasikan dengan Bilbery dan red beet yang dikenal dengan sebutan superfood sebagai nutrisi untuk kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin sendiri juga merupakan nutrisis otak agar anak cerdas. Keduanya merupakan karotenoid atau pigmen tanaman dengan sifat antioksidan yang kuat. Dalam beberpa penelitian lutein dan zeaxanthin terbukti dapat mendukung memori, meningkatkan kecepatan pemrosesan dan efisiensi otak, terutama ketika dikonsumsi bersamaan.

Nutrisi lain yang terkandung dalam Eyevi adalah Ekstrak anggur, vitamin C, vitamin B kompleks, algae (blue green algae).

Jadi dapat disimpulkan bahwa Eyevi ini dapat:

  • Membantu menjaga kesehatan mata
  • Mencerahkan penglihatan
  • Mencegah katarak

Review Eyevi

Setelah mencoba Eyevi, saya suka dengan rasanya. Enak segar. Anak-anak juga suka. Eyevi ini bisa diminum juga oleh ibu hamil dan menyusui karena nutrisinya bagus untuk perkembangan otak bayi. Kalau untuk anak-anak bisa diminum mulai umur di atas 5 tahun.

Jual Eyevi

Oh ya, kalau ada yang bilang, nutrisi itu kan bisa didapat dari diet atau dari makanan yang kita makan. Pertama, memang bisa sih, tapi belum tentu mencukupi kebutuhan. Mungkin setelah makan sekian kilo baru setara dengan kebutuhan kita untuk menjaga kesehatan mata. Kedua, sayur-sayuran itu kan dimasak. Proses pemasakan pasti akan mengurangi jumlah nutrisinya. Paling ya cuma banyak serat saja. Kandungan superfood juga jarang kita jumpai di pasaran. Jadi, lebih baik konsumsi tambahan yang lebih praktis seperti EYEVI agar ampuh untuk menjaga kesehatan mata.

Semoga bermanfaat ya!

EYEVI

Isi: 1 box 10 pcs @15 g

Info Order: 081808544417

Be Sociable, Share!
Posted on: October 13, 2021, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *