101 Fakta Kontribusi Freeport Yang Belum Banyak Diketahui

Pernahkah kamu membayangkan seperti apa daerah Mimika, Papua? Jika menjawab hutan belantara, kamu benar! Tapi di tengah hutan belantara itu ada kehidupan moderen yang penampakannya seperti luar negeri. Itu adalah kawasan Freeport, perusahaan tambang terbesar di Indonesia, sekaligus yang berkontribusi memajukan daerah Mimika.

Mendengar Freeport saya jadi ingat euphoria masyarakat Indonesia pada tahun 2018. Pasalnya, pemerintah Indonesia resmi memiliki saham dominan atas Freeport. Dari yang awalnya 9 persen menjadi 51,2%. Sayangnya, tak semua menyambut gembira. Ada yang mencibir bahwa Freeport tak berkontribusi banyak pada Indonesia, paling cuma 1%. Atas penyataan tersebut, kemudian saya tertarik mencari tahu. Akhirnya, saya pun terkagum-kagum. Mengapa? Baca terus, ya!

Tentang Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia (PTFI) adalah afiliasi dari perusahaan tambang mineral Freeport-McMoran (FCX) dan Mining Industry Indonesia. Sebagai informasi, Freeport-McMoRan (FCX) adalah perusahaan tambang internasional yang kantor pusatnya di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Sedangkan Mining Industry Indonesia (MIND) adalah Holding Industri Pertambangan Indonesia. Anggota holdingnya adalah PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia sebagai anggota holding.
PTFI beroperasi dalam mengelola tambang sejak tahun 1967. Kegiatannya adalah menambang, memproses dan melakukan eksplorasi terhadap bijih konsentrat yang mengandung tembaga, emas, dan perak. Konsentrat tersebut dipasarkan ke seluruh dunia, dan utamanya ke smelter tembaga dalam negeri. Daerah operasinya terletak di Pengunungan Sudirman, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. Tambangnya terdapat di kawasan mineral Grasberg. Tambang tembaga ini merupakan salah satu deposit tembaga dan emas terbesar di dunia.
UU Mineral dan Batubara No.4 Tahun 2009 tentang divestasi dan perubahan izin perusahaan tambang dari kontrak menjadi izin usaha pertambangan khusus, memunculkan serangkaian negosiasi. Hingga akhirnya, pada Juli 2018, bagian terbesar saham dimilikii oleh pemerintah Indonesia yang diwakili oleh PT Inalum, yakni 51,2%.

Sumbangsih Bagi Negeri

Freeport Indonesia menyetorkan sumbangsih bagi negeri yang sangat banyak. Pendapatan untuk Indonesia dari Freeport termasuk yang paling besar di Indonesia. Selain itu, kontribusi Freeport untuk masyarakat, khususnya Papua sungguh tak ternilai, karena Freeport turut membangun Papua di segala bidang.

Pembayar Pajak Terbesar

Kontribusi PTFI ke Indonesia pada 2017 mencapai US$ 756 juta setara Rp 10,24 triliun dengan kurs Rp 13.550/dolar Amerika Serikat. Nilai tersebut terdiri dari dividen US$ 135 juta, royalti US$ 151 juta serta dari pajak dan pungutan lainnya US$ 470 juta.

Membangun Kota Mandiri

PTFI yang memiliki 32.000 lebih karyawan itu seakan-akan membangun kota mandiri. Itu dikenal dengan Kuala Kencana. Ada perumahan, juga dilengkapi fasilitas-fasilitas penunjang seperti rumah sakit, kantor pos, bank-bank, dll. Kota ini juga memiliki alun-alun sebagaimana layaknya kota biasa. Sejak tahun 1997 hingga tahun 2019, paling tidak terdapat 3.200 unit rumah, fasilitas umum, dan fasilitas sosial yang dibangun oleh PTFI.

Pelabuhan

PTFI turut berpartisipasi membangun pelabuhan, yaitu Pelabuhan LPMAK Pomako Mimika-Papua.

Bandar Udara

Ada dua lapangan terbang perintis di Desa Tsinga dan Aroanop.

Jalan Ilyas Road

Setelah penemuan Grasberg, pastilah diperlukan akses jalan untuk membawa peralatan besar ke tambang Grasberg. Ilyas Hamid bersama 17 anak buahnya membangun Heat Road yang kini dikenal dengan Ilyas Road, agar operasional tambang semakin mudah.

Mimika Sport Complex

Pekan Olahraga Nasional 2020 akan diselenggarakan di Papua dan Papua Barat. Oleh karena itu, Mimika Sport Complex dibangun di lahan seluas 12,5 hektar milik Pemkab Mimika. Komplek olah raga bertaraf internasional ini memfasilitasi berbagai macam olah raga seperti basket, voli, badminton, lari cepat, lompat galah, tolak peluru, dan lain sebagainya. Selain itu, ada dua mess yang diperuntukkan untuk atlet laki-laki dan perempuan.

Lapangan Kerja

Adanya perusahaan yang sangat besar ini tentunya menyerap tenaga kerja yang juga sangat besar. Puluhan ribu jumlahnya. Sebanyak 25% tenaga kerja itu dipenuhi dari warga lokal.

Persiapan Kerja

PTFI juga membuat Balai Latihan Kerja (BLK) yang dinamakan Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN). Programnya beragam, ada pra-magang, magang, pendidikan untuk dewasa, hingga program studi Administrasi Niaga setingkat D-3.

Pendirian Sekolah dan Asrama

PTFI mendirikan lima sekolah dan asrama bagi anak-anak Papua. Sekolah dan asrama tersebut dibina oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK).

Asrama Tomawin, salah satu asrama yang dibangun untuk memfasilitasi siswa asal tujuh suku di dataran tinggi.

Beasiswa untuk Siswa

Tak hanya mendirikan sekolah, PTFI juga memberi beasiswa untuk siswanya. Dari tahun 1996 s.d. 2018, sebanyak 11.000 siswa telah memanfaatkan beasiswa tersebut.

Papua Bridge Program

Papua Bridge Program adalah program pengembangan untuk mahasiswa Papua yang telah lulus dari universitas dan akan melanjutkan ke dunia usaha/kerja.

Sokongan Dana untuk Mandiri

PTFI memberdayakan warga lokal agar mandiri dengan Program Ekonomi Mandiri dan Dana Bergulir LPMAK. Dana sebanyak 1 persen dari total pendapatan kotor tahunan yang bernilai milyaran rupiah disiapkan untuk kebutuhan pengembangan masyarakat.

Pembinaan UMKM

Selain menyokong dari segi dana, PTFI juga mendampingi UMKM dengan berbagai programnya. Ada 179 pengusaha UMKM yang dibina. Tambahan pula, PTFI membuat program Pengembangan Masyarakat Berbasis Desa yang menghasilkan komoditas kakao (buah coklat), kopi, dan ayam ternak.

Mendirikan Fasilitas Kesehatan

Fasilitas yang dibangun sampai saat ini meliputi dua rumah sakit, tiga klinik kesehatan, dan dua klinik spesialis yang memberikan layanan kesehatan gratis.

Penurunan Angka Malaria dan TBC

Penyakit malaria dan tubercolosis menjadi masalah utama di Papua. PTFI berperan aktif dalam menurunkana angka kejadian penyakit ini dengan edukasi dan upaya pemberantasan.

Edukasi Kesehatan

Selain aktif berpatisipasi dalam penurunan malaria dan TBC, PTFI juga aktif dalam promosi kesehatan lainnya seperti penyuluhan dan posyandu. Program penyuluhan ini berupa program kesehatan ibu dan anak, pengendalian dan pencegahan HIV & AIDS, penanggulangan dan pencegahan malaria dan TB, air bersih dan sanitasi.

Daur Ulang dan Reklamasi Tailing

Tailing adalah limbah berupa sisa air dan bebatuan alamiah di permukaan tanah yang sangat halus setelah konsentrat terpisah dari bijih di pabrik pengolahan. Tailing didaur ulang menjadi bahan campuran beton dalam pembangunan prasarana lokal. Sejak tahun 2007 sampai tahun 2014, bekerja sama dengan pemerintah daerah Propinsi Papua (PEMDA Papua) dan pemerintah daerah Kabupaten Mimika (PEMDA)untuk membangun infrastruktur. Sedangkan lahan pengendapan tailing direklamasi menjadi lahan produktif untuk kegiatan pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan.

Itulah fakta-fakta kontribusi PT Freeport Indonesia untuk Indonesia dan khususnya Papua. Kamu sampai terkaget-kaget, bukan?

Be Sociable, Share!
Posted on: January 15, 2020, by : li partic

17 thoughts on “101 Fakta Kontribusi Freeport Yang Belum Banyak Diketahui

  1. Tidak bisa dipungkiri sih, kalau Freeport sejak dulu membawa dampak lebih baik kepada masyarakat sekitarnya.
    Secara, sebelum dilirik oleh pemerintah seperti sekarang, Freeport sudah terlebih dahulu berkontribusi bagi masyarakat.

  2. Judulnya menarik sekali Mbak, isinya lebih menarik lagi jadi lebih tahu tentang Freeport yang kontribusinya untuk Indonesia terkhusus untuk Papua ada banyak sekali dan itu bukan cuma 1% seperti yang dibilang orang-orang.

  3. Jaman kuliah dulu aku dan temen-temen beserta dosen sering membahas, kira-kira program CSR dari Freeport ini udah sebanding dengan keuntungan yang mereka dapatkan atau belum ya? Gitu. Tapi gimanapun, tetep senenglah kalau lihat postingan positif kayak gini

  4. Ternyata Freeport memberi pemasukan yang cukup besar ya untuk Indonesia. Maka kita selain berterima kasih pada Freeport atas sumbangsihnya untuk Papua, juga perlu merawat tanah Papua baik baik agar sumber daya alamnya tetap terjaga.

  5. Banyak hal sudah yang akhirnya dilakukan oleh PT Freeport untuk membangun Papua dan masyarakatnya ya. Saya baru tau lho, kalau Freeport memberi pemasukan yang besar untuk Indonesia. Berarti tanah Papua cukup kaya ya. Semoga masyarakat Papua jadi semakin maju, kelak.

  6. Alhamdulillah dapet ilmu dan pandangan lain tentang PT.freeport ini. Karena selama ini aku taunya Freeport itu ya cuma ambil emas doang, bahkan diberita dulu sering ada genjatan dari warga sekitar tentang keberadaannya.

    Entah karena ada unsur politik atau apa yg jelas citra Freeport Dimata kebanyakan orang jadi kurang baik. Seolah egois cuma menggelembungkan isi perut sendiri.
    Dengan begini setidaknya kita jadi tau banyak juga yg sudah dilakukan dari sisi sosial, lingkungan dan infrastruktur dari Freeport.

  7. Freeport Indonesia ternyata memiliki banyak kontribusi dalam semua bidang ya mbak, khususnya untuk masyarakat Papua, seperti membangun sekolah serta perguruan tinggi, rumah sakit, dan fasilitas lainnya, yang bisa dinikmati masyarakat sekitar area, mudah-mudahan kontribusinya semakin besar untuk kemajuan masyarakat, terutama masyarakat Papua.

  8. Pemberitaan positif seperti ini harus lebih banyak disebar biar orang bisa melihat dari dua sisi. Gak selamanya apa yang dikatakan buruk itu selalu buruk. Semoga kedepannya manfaat yang diberikan Freeport bisa dinikmati oleh kalangan banyak..

  9. Baca tulisan mba ini, jadi lebih tahu informasi nya, ternyata sumbangsih Freeport untuk masyarakat Papua banyak banget, semoga terus dan terus seperti ini agar masyarakat Papua pun makin dan terus sejahtera

  10. Sebenarnya sudah banyak program bagus yg sudah dilakukan oleh freeport, tapi herannya kenapa ya masih sering terjadi konflik antara freeport dgn masyarakat setempat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *