Review Dokter Mobil: Service AC Tanpa Bongkar & Ozone Treatment

Pernah nggak sih kamu pergi ke bengkel mobil kalau mobil lagi rusak aja? Pas mesin sudah kacau, AC mobil nggak bisa dingin. Itu artinya nunggu sakit dulu baru diobati. Padahal konsep yang benar adalah mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalau mengobati itu ampun dah, biayanya lebih mahal!

Ibaratnya tubuh. Tubuh itu harus dirawat, mandi setiap hari, dijaga kebersihannya, dikasih nutrisi yang bagus, olah raga teratur biar terhindar dari penyakit. Begitu juga mobil. Sebaiknya jangan tunggu ada masalah baru ke bengkel. Kita wajib melakukan perawatan sebelum terjadi masalah. Setidaknya service AC dan tune up secara berkala.

Beberapa waktu lalu saya mencoba melakukan perawatan mobil di bengkel yang beda. Namanya Dokter Mobil. Katanya service AC di sini tanpa bongkar, bener ga sih?

Setelah saya cari tahu memang beneran. Dokter Mobil adalah bengkel mobil profesional yang menggunakan mesin-mesin canggih. Data hasil pengecekan adalah data yang akurat dan dishare secara terbuka kepada customer. Dokter Mobil melayani tune up, cuci darah penggantian oli, service AC, cuci evaporator, kondensor, ozone treatment, dll. Dokter Mobil memberikan pelayanan dengan garansi service yang memastikan hasil terbaik.

Akhirnya saya bawa mobil untuk diservice di Dokter Mobil Surabaya. Letaknya di Jl. Raya Ngagel Jaya No. 95 Surabaya.  Ada 3 pelayanan yang saya ambil, yaitu general check up, service AC tanpa bongkar (cuci evaporator), dan car ozone treatment.

Dokter Mobil Ngagel Surabaya

General Checkup

Sebelum melakukan service, mobil saya dicek kondisinya secara menyeluruh. Biasanya kalau saya servisin mobil, mobil dibawa sama teknisi dan saya dipersilahkan menunggu di ruang tunggu tanpa tahu kondisi mobil. Tinggal bayar, beres. Tapi di Dokter Mobil berbeda. Kita dijelaskan secara detil hal-hal yang terjadi pada mobil. Teknisi memberikan info data yang diperoleh dari hasil pengecekan secara menyeluruh. Selain tiu, pengerjaan mobil bisa disaksikan secara langsung. Dengan begini jika ada masalah, kita bisa tahu penanganan yang tepat seperti apa dan menghindari hal-hal yang bikin rusak mobil ke depannya.

General check Up dokter mobil

General check up yang dilakukan adalah pengecekan AC dan pengecekan Tune Up.

Pengecekan AC meliputi:

Kompresor, magnetic clutch, selang AC/pipa AC, switch AC, jenis Freon, tekanan Freon, drier, ekspansi, evaporator, motor fan, blower angina, otomatis AC, filter AC/cabin, tutup radiator dan audio tape.

Pengecekan tune up meliputi:

Suara mesin, selang-selang dalam mesin, sensor di spidometer, oli mesin, packing seal mesin, filter udara mesin, kondisi asap knalpot, lampu-lampu mobil, power window, radiator mobil, coolant pada mobil, klakson, remote mobil, kondisi busi mobil, langsam/idle, dan filter solar/bensin.

Hasil general check up dokter mobil

Service AC Tanpa Bongkar

Evaporator AC adalah hal yang paling penting dalam mendinginkan ruangan. Evaporator AC mobil berfungsi untuk menghembuskan udara sejuk ke dalam kabin. Kalau AC mulai tidak terasa dingin, bisa jadi evaporatornya yang rusak karena kurang dirawat atau kebiasaan buruk saat berkendara.

AC mobil cepat kotor bahkan rusak jika kamu sering melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Sering merokok di dalam mobil
  2. Jendela mobil dibuka dalam waktu yang lama tetapi AC masih menyala.
  3. Menggunakan pewangi gel dalam kabin
  4. Jarang membersihkan kabin
  5. AC dihidupkan ketika mesin mobil mati

Nah, makanya kita harus peduli dengan perawatan mobil. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang cepat merusak AC di atas, lakukan perawatan secara berkala, jangan tunggu rusak. Apalagi evaporator itu tempatnya kotoran menumpuk dan bisa berlendir.

Evaporator ac berlendir
Evaporator yang kotor dan berlendir. Sumber: Instagram @doktermobil_indonesia

Kapan Waktu yang tepat Service AC?

Sebagai pedoman gampangnya, kamu bisa perhatikan jarak tempuh yang sudah dilalui mobil. Jika jarak pendek, kamu bisa servis skala kecil, jika sudah menempuh jarak puluhan ribu kilometer kamu bisa lakukan servis skala besar.

Service AC Mobil Skala Kecil

Jika mobil sudah menempuh jarak 5.000-10.000 km, sudah saatnya lakukan service skala kecil. Apa saja yang diservice? Misalnya cuci evaporator dan ganti filter AC.

Service Mobil Skala Besar

Service AC skala besar ini adalah pembersihan menyeluruh, yaitu cuci evaporator dan kondensor, ganti oli kompresor, ganti air radiator, dan isi ulang Freon. Saat yang tepat untuk melakukan service AC skala besar adalah setelah mobil menempuh jarak 10.000-20.000 km.

Car Ozone Treatment

Car ozone treatment adalah sterilisasi kabin mobil dengan ozone. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang ini, wajib jaga kebersihan segala sesuatu termasuk mobil yang sering dipakai. Mobil pick up saya ini lumayan sering dipakai untuk kulakan bahan baku dan kirim barang dagangan dalam jumlah besar. Seringnya dipakai ke tempat-tempat umum, jadi was-was kan? Sterilisasilah solusinya.

Menurut saya, ozone treatment ini lebih recommended dari pada fogging. Karena kalau fogging kan pakai zat kimia. Nanti kalau residu zat kimia bersentuhan dengan kulit atau terhirup ke pernapasan, takutnya akan membahayakan hehehe. Sedangkan kalau ozone terbentuk dari partikel oksigen sehingga tidak meninggalkan ampas, tidak terlihat, tidak berbau dan mensterilkan hingga area yang sulit dijangkau.

Tahu kan bedanya oksigen dan ozone? Mirip-mirip karena penyusunnya sama. Kalau oksigen itu O2, ozone O3. Meski penyusunnya mirip, ozone bersifat merusak sel karena dia mampu mengoksidasi sel. Jadi ozone ini adalah radikal bebas yang bisa merusak sel sehingga bisa membunuh makhluk kecil-kecil seperti bakteri, jamur, virus, bahkan serangga.

Kalaupun tidak musim pandemi, ozone treatment ini juga berguna jika kamu mengalami hal-hal seperti:

-Jarang sekali memakai mobil sehingga mobil lembap dan diserang jamur

-Memarkirkan mobil di basement yang mana kondisinya gelap dan lembap

-Seringmakan di dalam mobil, sehigga remah-remah makanan berceceran dan bisa mengundang semut.

-Menjadi sarang semut, nyamuk, kecoa.

Poin terakhir itu yang ngena banget. Pandemi nggak pandemi, mobil saya kerap kali jadi sarang semut. Bahkan setelah kabin dibersihkan pun semut masih tetap muncul. Entah dia bersarang di mana. Pengen banget ada jasa pembersihan semut di mobil, sampai akhirnya tahu ada layanan ozone treatment di Dokter Mobil. Syukurlah terjawab sudah solusinya.

Ozone treatment mobil
Mobil sedang ditreatment ozone

Car ozone treatment dokter mobil

Proses ozone treatment berlangsung selama 15-20 menit. Selama proses kabin dalam keadaan tertutup, tidak boleh dibuka. Selain biar hasilnya makasimal, bahay juga kalau kita kena radikal bebas, ya kan? Hasilnya, kabin mobil menjadi steril, hawanya menjadi sejuk dan segar. Tidak ada lagi semut-semut berkeliaran.

Ruang Tunggu yang Aman

Ruang tunggu di Dokter Mobil Ngagel Surabaya punya beberapa kursi dengan cover. Ada tanda silang di kursi untuk menjaga jarak. Jadi lebih aman untuk pencegahan covid. Di sini juga tersedia kopi dan gula untuk dikonsumsi gratis.

Begitulah pengalaman service mobil di Dokter Mobil. Kalau kamu ada kebutuhan yang sama bisa dicoba, ya!

Dokter Mobil ada di beberapa kota seperti Jakarta Utara, Bandung, Depok, Bekasi, Tangerang Selatan, Cirebon, Surabaya, dan Makassar.

 

Info lebih lanjut:

Website: Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat – Spesialis Upgrade Performance

Instagram: https://instagram.com/doktermobil_indonesia

Be Sociable, Share!
Posted on: February 13, 2021, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *