Pentingnya Sentuhan, Efek Wewangian, dan Cussons Baby Powder Moodscent Bagi Mood Si Kecil

Entah apa yang terjadi pada Raudya akhir-akhir ini. Ia sering rewel, sering melamun tiduran di lantai, pokoknya kelihatan tidak bahagia. Tidak terjadi sekali tapi beberapa kali dalam beberapa hari terakhir. Saya pikir dia menunjukkan tanda-tanda lapar atau mengantuk. Saya beri makan, makanannya tidak dihabiskan. Oleh karena itu, saya susui agar cepat tidur, tapi dia tak kunjung tidur juga. Begitu juga dengan aktivitasnya bermain. Saat corat-coret buku misalnya. Tiba-tiba ia menangis tidak jelas maunya apa. Mungkin dia mau warna lain atau apa, yang jelas tidak saya temukan solusinya. Kalau dia menunjukkan bahasa yang negatif begini, saya juga ikut-ikutan stres. Sampai saya merasa enggan merawatnya.

Sampai suatu ketika saya baca beberapa artikel terkait mood bayi. Bayi itu bisa berubah mood karena beberapa hal. Contohnya, ia tidak bisa mengutarakan keinginannya karena belum lancar berbicara, kesulitan mengendalikan emosi, kesulitan fokus beralih dari aktivitas satu ke aktivitas yang lain, bisa juga karena kecapekan atau kelaparan.

Menghadapi bayi yang bad mood seperti itu, menjadikan lingkaran setan yang terus menerus berlangsung. Awalnya bayi moodnya rendah, lalu berakibat pada saya yang kelelahan mengurusnya, stres, mood cenderung berubah-ubah. Kalau  saya sebagai ibunya sudah stres, bisa berdampak lagi ke mood si bayi. Soalnya menurut penelitian yang dilakukan oleh Paul Wilson dan Tania Wilson dari Calm Centre terhadap ibu-ibu menyusui menunjukkan bahwa pola aktivitas gelombang otak yang terekam dari bayi yang disusui hampir sama dengan si ibu. Jika dibiarkan, maka masalah ini tidak ada ujungnya. Malah bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan si kecil. Stres itu bisa mengubah perkembangannya dan memiliki efek yang tidak baik pada otak bayi.

Beruntung, selain membaca beberapa artikel, saya juga menemukan video perilisan Cussons Baby Powder Moodscent di platform Vidio. Di situ dijelaskan langsung oleh para ahli bahwa ada kaitan antara sentuhan, efek wewangian, dan produk yang berkualitas. Mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi saya dan si kecil yang kehilangan mood.

Manfaat Sentuhan Lembut pada si Kecil

Profesor Francis McGlone, Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK, memaparkan temuannya tentang efek sentuhan pada bayi. Ternyata sentuhan yang lembut itu tidak hanya dapat memengaruhi perkembangan otak bayi tapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, memengaruhi suasana hati, tingkat stres, dan manfaat lainnya. Selengkapnya akan dijelaskan manfaat sentuhan lembut pada si kecil sebagai berikut.

1. Memengaruhi Perkembangan Otak Bayi

Sentuhan merupakan elemen yang fundamental terhadap perkembangan otak bayi. Dari penelitian yang sudah dilakukan, efek sentuhan dapat memengaruhi perkembangan fisik, kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, serta kompetensi sosial dan emosional. 

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam tubuh manusia termasuk bayi, ada hormon yang terkait dengan stres yaitu kortisol dan serotonin. Sentuhan positif akan mengurangi hormon kortisol penyebab stres dan meningkatkan pelepasan serotonin. Jika si kecil stres itu berarti hormon kortisol meningkat. Kalau stres maka kekebalan tubuh akan berkurang. Sentuhan dapat mengurangi kortisol sehingga kekebalan tubuh dapat meningkat karena berkurangnya stres. Sedangkan serotonin penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Jika kadarnya meningkat maka kekebalan tubuh juga meningkat. Oleh karena itu sentuhan positif pada si kecil akan mendukung sistem kekebalan tubuhnya.

3. Mendukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Dalam tubuh manusia terdapat neurofibre. Neurofibre adalah sebuah sistem pada saraf di dalam kulit bayi yang merespon sentuhan orang tuanya. Neurofibre ini banyak terdapat di area belakang kepala, sekitar wajah, dan area perut.  Penelitian membuktikan bahwa Neurofibre yang ada di seluruh tubuh kita akan merespon lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang. Dalam jangka panjang, efek sentuhan dapat memengaruhi sistem genetis pada otak bayi, sehingga ia dapat lebih mengendalikan stres di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya.

4. Mempererat Ikatan Antara Orang Tua dan Anak

Sentuhan lembut pada bayi adalah hal yang dapat menenangkan si kecil. Ia akan merasa nyaman ketika didekap, dipeluk, disentuh dengan lembut dan penuh kasih sayang. Ketika ini terjadi maka secara langsung ikatan antara ibu dan anak akan menjadi lebih erat. Memori terawal si kecil terbentuk lewat reaksi dari sentuhan lembut orang tua yang disertai dengan aroma yang menyenangkan.

Hubungan Penting Antara Sentuhan, Wewangian, dan Produk Berkualitas dalam Mendukung Mood Si Kecil

Kekuatan sentuhan memang memiliki banyak manfaat pada si kecil. Namun ternyata jika dikombinasikan dengan aroma yang menyenangkan, akan lebih menghidupkan lagi efek sentuhan tersebut. Aroma yang menyertai saat sentuhan diberikan akan membuat bayi lebih mengenali lagi hubungan positif antara sentuhan serta aroma yang menyenangkan.

Begitu pentingnya kombinasi aroma dan sentuhan itu. Oleh karena itu, PZ Cussons Indonesia  mengeluarkan inovasi Cussons Baby Powder dengan tiga wangi baru yaitu Sakura, Vanilla dan Mixed Berry. Formula baby powder ini hadir dengan inovasi Moodscent™, sehingga produk berkualitas dari Cussons Baby Powder baru ini akan membantu mendukung kenyamanan dan kesegaran pada bayi.

Rahma Anna Setyani, Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids menyatakan, “Dengan misi dan komitmen yang kuat untuk membantu mendampingi Ibu dan si kecil dengan sepenuh hati, Cussons hadir dengan produk inovatif terkini yang menawarkan bedak bayi berkualitas tinggi. Apabila dipadukan dengan sentuhan lembut dalam pengaplikasiannya, Cussons Baby Powder baru terbukti bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati bayi sekaligus memberikan rasa tenang bagi orang tua. Kami menyebutnya sentuhan khas ala Cussons.”

Inovasi Moodscent ini tidak sembarangan wanginya lho, karena efeknya juga sudah dibuktikan dalam penelitian. Seperti yang dipaparkan oleh Dr. Haryono Hartono, PhD, Head of Research and Development, APAC PZ Cussons, bahwa PZ Cussons Indonesia bekerjasama dengan para ahli perfumer memperkenalkan sebuah inovasi yang telah dipatenkan, yaitu Moodscent™. Moodscent™ merupakan pengembangan teknologi dengan wewangian tertentu yang membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan, dan juga membantu meningkatkan ikatan yang lebih kuat antara bayi dan orang tua. Teknologi Moodscent™ telah terbukti melalui sebuah metode analisis yang melakukan pembuktian korelasi antara suasana hati dengan aroma atau wewangian tertentu.

Lalu apa bedanya wangi Moodscent dengan wangi parfum lainnya? Kita sudah tahu tadi, bahwa jika ibu bad mood, maka si bayi bisa ikut menjadi bad mood. Hal ini karena bayi dapat merasakan suasana hati ibunya. Inilah yang disebut bonding. Bonding ini penting untuk pertumbuhan si kecil. Contohnya saat mandi. Mandi adalah salah satu momen yang tepat untuk merawat bayi sekaligus meningkatkan ikatan batin antar keluarga. Wangi Moodscent™ berbeda dengan wangi parfum lain karena dirancang khusus sehingga dapat membantu menciptakan suasana yang mendukung serta meningkatkan suasana hati saat bonding Bunda dan si kecil. Momen bonding yang berkualitas antara Bunda dan bayi akan membantu pertumbuhan si kecil.

Selain aktivitas mandi, bonding antara orang tua dan si kecil itu juga diperoleh dari sentuhan pijatan lembut. Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, seorang dokter pediatri, berpendapat bahwa pijatan lembut pada bayi akan meningkatkan rasa keamanan, kenyamanan, serta bonding orangtua dan anak. Apalagi jika ditambah dengan penggunaan produk yang terbukti aman dan nyaman.

Jadi, kombinasi antara sentuhan lembut orang tua, aroma, dan produk berkualitas dari Cussons Baby Powder Moodscent ini menimbulkan banyak manfaat bagi si kecil. Tidak hanya itu, efeknya juga memengaruhi mood pada orang tua juga.

Mengapa Cussons Baby Powder Moodscent?

Akhirnya saya tertarik mencoba Cussons Baby Powder dengan inovasi Moodscent untuk Si Kecil. Ternyata Cussons Baby Powder dengan inovasi baru ini memiliki 4 keutamaan, sehingga wajib dicoba. Apa saja keutamaannya?

1. Mood Scent

Cussons Baby Powder diformulasikan dengan inovasi Moodscent™,sehingga selain produknya berkualitas juga memiliki manfaat untuk membantu mendukung kenyamanan dan kesegaran pada bayi.

3. Mengandung Essential Oil

Dalam bedak bayi Cussons ini terkandung essential oil. Essential oil dalam setiap varian berbeda-beda, dan memiliki manfaat aromatik tersendiri bagi kulit dan suasana hati.

2. Teruji Klinis

Seluruh rangkaian Cussons Baby Powder telah teruji klinis. Ahli parfum Cussons menggunakan berbagai metodologi untuk melakukan berbagai macam tes seperti Contingent Negative Variation (CNV) dan Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI). Selain itu, produk ini telah diuji coba oleh dermatologis (dokter kulit) sehingga aman bagi kulit bayi.

4. Tersertifikasi Halal

Setiap produk Cussons Baby Powder varian dan ukuran kemasan apapun sudah mengantongi sertifikat halal dari LPPOM MUI dengan Nomor 00150086580118. Dengan demikian semakin aman dan menenangkan hati saat digunakan.

Tak hanya itu, setelah diamati lebih lanjut, saya menemukan beberapa keistimewaan Cussons Baby Powder. Penasaran kan? Oke, ini dia.

5. Wangi Tahan Lama

Bedak Cussons Baby dengan inovasi Moodscent™ ini memiliki wangi yang tahan lama. Terbukti wanginya bisa bertahan hingga 8 jam.

6. Telah disterilisasi

Bedak yang dimasukkan ke dalam kemasannya sudah disterilisasi, sehingga bebas dari kuman dan penyakit berbahaya. Setelah pengemasan pun diberi segel untuk menggaransi perlindungan kualitas produk.

7. Produsen Terpercaya

Cussons Baby Powder adalah produk yang diproduksi oleh PZ Cussons Indonesia. Sepanjang 135 tahun Sejarahnya, PZ Cussons telah berhasil beradaptasi dan terus berkembang sesuai dengan perubahan konsumen, pasar, dan ekonomi yang terus berubah. PZ Cussons memiliki warisan dan budaya kewirausahaan yang tak tertandingi, didukung dengan kuat oleh nilai-nilai CANDO. Sementara PZ Cussons Indonesia sendiri telah beroperasi lebih dari 32 tahun di Indonesia. PZ Cussons Indonesia berkomitmen untuk  terus mengembangkan dan memproduksi produk yang relevan, berkualitas tinggi, dan melakukan inovasi melalui pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan aspirasi konsumen lokal dan didistribusikan melalui jaringan terbaik di dunia. Oleh karena itu, produk yag dihasilkan termasuk Cussons Baby Powder adalah produk yang aman berkualitas.

8. Mudah didapat

Produk Cussons Baby Powder ada di semua lini penjualan. Dari hypermarket, supermarket, sampai minimarket pasti ada. Secara online pun produknya mudah didapatkan. Baik itu di official store berbagai marketplace maupun toko lainnya.

9. Harga Terjangkau

Saya membeli Cussons Baby Powder kemasan yang terkecil di toko yang saya datangi, yaitu kemasan 100 g + 50 g. Harganya termasuk murah di bawah 10 ribu rupiah.

Varian Cussons Baby Powder Moodscent

Cussons Baby Powder dengan inovasi Moodscent hadir dengan 3 wangi yang berbeda. Ada Wangi Sakura, Wangi Vanilla, dan Wangi Mixed Berry. Wangi yang berbeda ini juga bisa membuat suasana hati yang berbeda juga, lho. Hal ini juga telah teruji secara ilmiah dengan beberapa analisis seperti CNV dan FMRI, bahwa wewangian tertentu memang dapat membuat suasana hati secara berbeda. 

Jika Bunda bertanya-tanya apakah wangi Moodscent ini cocok untuk bayi? Hal ini juga telah diteliti. Semua wewangian yang dikembangkan oleh Cussons telah diciptakan sesuai standar International Fragrance Association (IFRA) di setiap fase perkembangan bayi mulai dari tahapan yang paling awal, pada saat mereka berkembang, hingga fase paling aktif mereka sebagai toddler dan anak. Saya sudah mencoba semuanya. Ini dia hasil penilaian saya, semoga bisa menjadi pertimbangan juga buat Bunda.

Sakura

Manfaat

Cussons Baby Powder Moodscent Wangi Sakura menghadirkan mood LOVE, yang membantu bayi merasakan sentuhan ibu yang penuh cinta.

Aroma  

Aroma yang muncul adalah wangi sakura. Wangi yang feminine dan lembut. Tak heran jika suasana hati yang ditimbulkan nanti adalah kecintaan terhadap sentuhan orang tua.

Kemasan

Kemasan bedak ini berupa botol plastik yang ergonomis, pas digenggam. Didominasi oleh warna pink.

 

 

Komposisi

Komposisi inti bedak bayi Cussons ini adalah talc, parfum dan essential oil. Essential oil yang dipakai adalah dari Citrus aurantium dulcis (orange) peel oil.

 

 

Tekstur & Warna

Tekstur bedak ini halus dan lembut. Warnanya putih karena tidak ada tambahan pewarna.

Vanilla

Manfaat

 Aroma MoodScent™ Vanilla menghadirkan mood RELAX, yang membantu bayi lebih nyaman.

 

Aroma

Aroma yang tercium adalah aroma vanilla yang lembut sehingga dapat merilekskan tubuh.

 

Kemasan

Kemasan yang dipakai adalah botol plastik dengan lekukan ergonomis. Badan kemasan didominasi oleh warna biru.

 

 

 

Komposisi

Komposisi Cussons Baby Powder Moodscent Wangi Vanilla adalah talc, parfum, Lavandula hybrida (Lavandin) oil, Pelargonium graveolens (Geranium)floer oil, Citrus limon (Lemon) peel oil, Cananga odorata (Ylang ylang) flower oil, Mentha arvensis leaf oil, dan Melaleuca alternifolia (Tea Tree) leaf oil.

 

 

Tekstur & Warna

Teksturnya masih sama dengan varian lain. Lembut dan halus, juga tanpa pewarna.

 

Mixed Berry

Manfaat

Aroma Mixed Berry menghadirkan MoodScent™ JOY, yang membantu bayi lebih ceria dan berseri.

 

Aroma

Aroma yang didapatkan setelah pengaplikasian bedak aroma mixed berry ini adalah aroma macam-macam buah berries. Aromanya segar dan menyegarkan, sehingga wajar saja jika bisa membuat bayi ceria.

 

Kemasan

Kemasannya sama dengan varian lain, yaitu botol plastik dengan tutup berlubang. Cara memakainya tinggal putar tutup botolnya. Warna kemasannya adalah ungu.

 

Komposisi

Talc, parfum, Mentha arvensis leaf oil.

 

Tekstur & Warna

Teksturnya lembut, halus, berwarna putih karena tanpa pewarna.

 

Cara Menggunakan Cussons Baby Powder Moodscent

Agar aman, cara menggunakan bedak ini jangan sembarangan ya biar tidak terkena bagian-bagian yang sensitif seperti mata, mulut, hidung, dan alat kelamin. Lebih baik mengaplikasikan bedak dengan tangan bukan spon, agar manfaat sentuhan terasa.

Berikut langkah-langkah menggunakan bedak Bayi Cussons.

  1. Taburkan Cussons Baby Powder ke telapak tangan secukupnya.
  2. Ratakan perlahan-lahan di telpakan tangan, jauhkan dari jangkauan si kecil.
  3. Usapkan secara lembut pada kulit si kecil.
  4. Hindari menepuk dan menaburkan bedak di dekat wajah serta area sensitif si kecil. Hindari bedak untuk dihirup dan ditelan.

Pengalaman Menggunakan Cussons Baby Powder MoodScent™

Setelah Bunda membaca semua tentang Cussons Baby Powder Moodscent, pasti Bunda ingin tahu kan bagaimana efek di para ibu yang menggunakannya? Di sini saya akan share pengalaman Yuanita Christiani dan saya sendiri, ya!

Yuanita Christiani

Yuanita Christiani, seorang ibu yang memiliki satu anak dan juga berprofesi sebagai TV Host dan aktris,  membagikan pengalamannya saat itu. Anaknya, Ariella, adalah anak yang aktif. Yuanita mengatakan bahwa merupakan sebuah PR bagaimana menjaga moodnya. Kalau anak happy, ga mudah rewel, mau tidur gampang, itu enak. Setelah mencari-cari akhirnya ketemu Cussons Baby Powder dengan inovasi Moodscent. Kok bisa ya dari aroma bisa membangkitkan mood bayi? Akhirnya coba yang Mixed Berry. Ariella tertarik ambil botolnya sehabis mandi. Reaksi seperti itu tandanya suka. Yuanita mengusapkan di lipatan leher dan badannya. Makannya si kecil jadi lahap, diajak tidur happy, mainnya pintar, minum susu juga pintar. Tapi Yuanita penasaran, jangan-jangan hanya kebetulan saja. Lalu dia coba varian lain, yaitu Vanilla. Reaksi yang ditimbulkan si kecil sama happynya.

Li Partic

Ini adalah pengalaman saya menggunakan Cusson Baby Powder Moodscent. Saat membeli ketiga variannya, Raudya sedang sakit. Tahu sendiri kan bagaimana kalau anak sakit? Cenderung diam, tidak aktif, matanya sayu. Apalagi batuk-batuk yang lama sampai mengakibatkan sedikit sesak napas.

Setelah saya mandikan, saya usapkan Cussons Baby Powder Moodscent Wangi Berries ke kulitnya. Wangi Mixed Berry ini akan membuat bayi menjadi ceria dan berseri. Eh, ternyata benar. Raudya menjadi lebih ceria. Tiba-tiba saja setelah dandan, pakai baju selesai, ia bergegas ke halaman luar dan keluar ocehannya. Kemudian kembali ke dalam rumah dan menyusun botol-botol bedak Cussons. Lalu saat mendengar musik ia bisa berjoget-joget ceria walau sedang sakit. Alhamdulillah, jadi senang kalau begini efeknya.

Mencium wangi Moodscent di kulit si kecil dan juga mengaplikasikannya di tubuh saya, juga ada manfaat tersendiri. Kalau tadinya kesal melihat anak rewel, sekarang suasana hati menjadi lebih positif dan nyaman. Kekuatan efek sentuhan yang disertai dengan aroma yang menyenangkan ini seperti Super Additive yang membuat 1+1 bukan menjadi 2, tapi menjadi 10.

Bagaimana Bunda? Tertarik kan untuk mencoba? Yuk, coba semua variannya. Nanti tinggal pilih mana suasana hati yang ingin ditimbulkan.

Semoga bermanfaat!

Info lebih lanjut di sini ya!

Be Sociable, Share!
Posted on: May 20, 2021, by : li partic

24 thoughts on “Pentingnya Sentuhan, Efek Wewangian, dan Cussons Baby Powder Moodscent Bagi Mood Si Kecil

  1. segitu besarnya efek sentuhan buat bayi ya, Mba. Padahal banyak yang selalu bilang jangan banyak digendong nanti bau tangan atau jangan banyak digendong nanti jadi manja. jadi merasa bersalah deh

  2. AKu suka banget dengan wangi mix berriesnya cussons baby powder ini mbak. makanya sebelum melahirkan anak ketiga aku udah prepare buat baby biar nanti makin suka nyiumin wangi babynya

  3. senang banget, sekarang ada varian baru dari bedak cusson ini ya mbak
    ada teknologi Moodscent yang bisa berpengaruh terhadap mood anak

  4. gegara iklan, ajil, anak saya jd pengen dipakein baby powder lagi. saya sih seneng2 aja, aromanya wangi dan bs kurangi keringatnya. kan dia makin aktif, keringetan mulu. kalo kena bedak seenggaknya lumayan gak bau terlalu acem. hehehe…

  5. Baby powder cusson dari dulu sudah melegenda ya mbak. Sudah terkenal skala nasional. Harganya affordable pula. Iyeess bener sentuhan ibu itu banyak sekali manfaatnya tidak hanya bust bayi jugs buat ibu.

  6. Conssuns ini dari dulu sudah jadi produk andalan aku mom, bukan cuma bedaknya tapi juga collonge, body wash dan body lotionnya.

    Biasanya beli sepaket lengkap sebagai persiapan persalinan. Bahkan kasih kado juga ke teman atau kerabat

  7. Cussons Baby Powder yang wangi Berries saya belum coba Mbak, baru yang wangi Sakura, duh saya juga ikutah happy dehh kl bedakin si bungsu yang usianya 4 thn pakai bedak ini. Ngaruh ke psikis bunda ya ternyata.

  8. ini varian baru dari cussons ya? Kebetulan saya tidak menggunakan powder untuk anak saya, tapi anak saya menggunakan sabunnya cussons untuk keseharian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *