Melatih Motorik Si Kecil dengan Milna Nature Puffs Organic

Semakin bertambah usia, si kecil, semakin ia aktif bergerak. Apalagi kalau sudah memasuki usia 6 bulan. Tak hanya menggerakkan kepala dan kaki, tapi juga belajar duduk, berdiri, merangkak, mengubah posisinya. Semua ini karena sistem saraf dan kontrol ototnya semakin berkembang dan selaras. Kalau diperhatikan gerakan kaki tangan yang menendang cepat dan spontan akan menjadi lebih halus dan terkontrol. Gerakan ini adalah kemampuan motorik.

Kemampuan motorik si kecil terbagi menjadi 2 jenis, yaitu motorik kasar dan motorik halus.

  1. Motorik Kasar. Pengembangan motorik kasar melibatkan koordinasi otot-otot besar untuk aktivitas yang lebih aktif. Contohnya gerakan duduk, berdiri, berjalan, berlari, menjaga keseimbangan, atau mengubah posisinya.
  2. Motorik halus. Kemampuan motorik halus melibatkan koordinasi gerakan otot-otot kecil, seperti tangan, jari-jari dan pergelangan tangan. Contoh gerakan motorik halus adalah gerakan tangan untuk makan, menulis, menggambar, bermain, mengambil mainan atau barang-barang berukuran kecil, menggenggam dan memberikan benda, memasukkan benda ke dalam wadah, dll.

Head of Medical KALBE Nutritionals ​dr. Muliaman Mansyur ​menjelaskan bahwa tahun pertama kehidupan Si Kecil akan ditandai dengan perkembangan kemampuan motoriknya. “Dimulai dari bulan ke-4, Si Kecil sudah memiliki kontrol otot yang memadai untuk memutar kepalanya dan mengikuti gerakan sebuah obyek. Kemampuannya akan terus bertambah dari bulan ke bulan, sehingga di tahun pertama, umumnya dia akan mulai mampu untuk seimbang, duduk, merangkak dan akhirnya berdiri. Kemampuan motorik halusnya juga berkembang dari menyentuh obyek secara acak, hingga mampu menggenggam dengan sempurna.

Agar si kecil semakin fasih menggerakkan keterampilan motoriknya perlu stimulasi yang melibatkan latihan gerak dan stimulasi nutrisi agar tumbuh kembangnya optimal.

Stimulasi Motorik

Kemampuan motorik bisa distimulasi dengan sering bermain dengan si kecil. Jadi, manfaatkan betul waktu yang sangat singkat untuk berkembang ini dengan menjalani kebersamaan dengan si kecil. Jangan biarkan si kecil kenal gawai dulu. Atau kita sebagai orang tua yang malah terlena dengan gawai, sehingga terlalu cuek dengan si kecil. Si kecil cepat besar. Kadang-kadang kita tidak menyadari wah umur segini kok belum bisa keterampilan ini, kok belum bisa duduk, kok belum bisa makan sendiri. Jadi sayang kan waktu yang terbuang?

Balik lagi ke stimulasi motorik. Kegiatan apa saja yang bisa kita alkukan untuk melatih kemampuan motorik si kecil? Ini dia.

  • Bermain telungkup. Posisi telungkup ini akan memperkuat otot leher dan punggungnya. Pancing perhatian Si Kecil dengan memegang mainan berwarna-warni serta bunyi yang menarik perhatiannya. Lakukan posisi ini selama 1-2 menit.
  • Bermain bola. Gulirkan bola besar pada Si Kecil dan amati keterampilannya. Awalnya mungkin ia hanya seperti β€˜menepuk’ bola itu. Selanjutnya, ia akan berusaha untuk mendorong balik bola itu.
  • Bermain memberi dan menerima. Letakkan sesuatu yang dapat digenggam Si Kecil, lalu Bunda coba tarik atau ambil benda dengan lembut. Aktivitas ini membantu membentuk otot ketika Si Kecil berusaha menolak memberikannya.
  • Latih jari dengan makanan camilan. Makanan ringan atau camilan sangat baik untuk melatih kemampuan motorik. Hal ini membuat setiap pengalaman makan menjadi waktu belajar yang menyenangkan bagi Si Kecil. Ajaklah Si Kecil untuk mengambil dan menggigit makanan camilan. Oleh karena itu, penting memilih camilan yang tepat, sehingga Si Kecil dapat terbiasa melatih kemampuan motorik dan oromotornya.

Nutrisi Terbaik

Selain melatih motorik Si Kecil, kita juga dapat memberi nutrisi yang terbaik agar tumbuh kembangnya optimal. Percuma kan, latihan terus tapi asupan gizinya tidak memenuhi. Setidaknya unsur lengkap yang ada di Pedoman Umum Gizi Seimbang tersedia di dalam piringnya. Ada karbohidrat, protein nabati dan hewani, lemak, buah-buahan, sayur-sayuran. Hal ini berlaku dalam makanan pokoknya maupun camilannya. Pastikan semua bergizi.

Double jackpot kalau makanan bergizi itu sekaligus bisa untuk melatih kemampuan motoriknya. Contohnya dengan pemberian finger food. Finger food adalah makanan yang bisa dipegang oleh jari-jari si kecil. Pemberian finger food akan mendukung koordinasi antara mata dan tangan Si Kecil, mengembangkan kemampuan menjepit dan mencengkeram, serta keterampilan mengunyah. Dengan demikian finger food merupakan stimulasi yang tepat untuk merangsang pertumbuhan dan mengaktifkan panca indra Si Kecil.

Untuk memberi finger food kita bisa membuatnya sendiri. Tapi kalau tidak sempat atau ribet bikin sendiri bisa belisaja. Pastikan aman ya. Beberapa waktu lalu saya sudah cobakan Milna Nature Puffs Organic pada si kecil. Akhirnya ini menjadi salah satu camilan finger food favoritnya.

Review Milna Nature Puffs Organic

Mengapa saya suka Milna Nature Puffs Organic, bahkan si kecil juga suka? Tentunya karena finger food ini aman dan bergizi lengkap. Apalagi camilan ini benar-benar berasal dari bahan organik. Sebisa mungkin selain gizi untuk si kecil lengkap, saya usahakan asal bahannya adalah organic. Ya tahulah, bahan organic itu kan paling aman. Aman dari pestisida, pupuk buatan, tidak memakai bahan buatan yang berbahaya. Pas dicobakan ke si kecil ternyata dia lahap makannya. Asyik dibuat bermain suap-suapan, bisa bikin makan sendiri, dan mudah dikunyah.

Ternyata nutrisi yang berbahan organik itu sangat berpengaruh, lho ke tumbuh kembang. Menurut dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals, bahan organik bisa menjadi salah satu pilihan untuk Si Kecil, karena makanan organik tersebut berasal dari pertanian yang diproses secara alami dan natural sehingga baik untuk ekosistem, juga memiliki antioksidan yang lebih banyak bagi kesehatan Si Kecil.

Mau tahu lebih jauh tentang Milna Nature Puffs Organic? Saya akan membahas beberapa keistimewaannya ya.

Komposisinya Organik dan Aman

Milna Nature Puffs Organic terdiri dari 95% bahan makanan organik. Bahan utamanya adalah beras hasil metode agrikultur ramah lingkungan. Sertifikat organik Milna Nature Puffs Organic diperoleh dari USDA Organic dan Organik Indonesia. Selain itu, Milna Nature Puffs Organic aman karena:

  • Non GMO
  • Bebas gluten
  • Tidak mengandung pengawet
  • No pemanis buatan
  • Tidak memakai penguat rasa
  • No pewarna sintetis

Milana Nature Puffs Organic

Kemasan depan Milna Nature Puffs Organic

 

Komposisi Milna Puffs Organic
Kemasan belakang Milna Nature Puffs Organic

Untuk membuktikan amannya komposisi Milna Nature Puffs Organic, kita bisa lihat di kemasan bagian belakangnya. Sebagai contoh, saya tuliskan untuk varian Apple & Mix Berries.

Komposisi Milna Nature Puffs Organic Apple & Mix Berries:

Beras organik (84,1%), gula tebu bubuk organik, beras hitam organik, bubuk campuran buah-buahan apel dan beri organik (Apel (1,8%), Blueberry (0,1%), Deloma (0,1%), Raspberry (0,1%), Stroberi (0,1%), Cranberry (0,03%)) , kalsium karbonat, dan antioksidan tokoferol campuran pekat.

Kaya Zat Besi, Tinggi Kalsium, dan Nutrisi lengkap lainnya

Milna Nature Puffs Organic mengandung nutrisi yang lengkap seperti protein, asam lemak omega 3, omega 6, karbohidrat, dan Vitamin B1. Selain itu, camilan yang lumer di mulut ini juga tinggi kalsium serta zat besi. Kalsium per takaran sajinya memenuhi 15% kebutuhan gizi per hari. Sedangkan zat besinya memenuhi sebanyak 2%.

Tersedia dalam 3 Rasa

Milna Nature Puffs Organic memiliki 3 macam varian. Jadi si kecil nggak bosan dengan satu rasa saja. Ada rasa yang manis juga gurih. Varian Milna Nature Puffs Organic adalah:

  • Banana (Pisang)
  • Cheese (Keju)
  • Apple & Mix Berries
Variana rasa Milna Nature Puffs Organic: Cheese, Banana, Apple & Mix Berries
Variana rasa Milna Nature Puffs Organic: Cheese, Banana, Apple & Mix Berries. Photo credit: WWCOMM

Bentuknya bisa menstimulasi sensor motorik

Milna Nature Puffs Organic dirancang untuk menstimulasi sensor motorik Si Kecil. Berbentuk hati yang mungil, Milna Nature Puffs Organic menyesuaikan dengan ukuran tangan Si Kecil sehingga sang buah hati pun leluasa untuk mencubit dan mengambil benda kecil di sekitarnya.

Mudah didapat

Milna Nature Puffs Organic mudah didapat dimana-mana. Kita bisa membelinya di toko-toko biasa, minimarket, hingga hypermarket. Nah, kalau mager keluar rumah, apalagi wajib di rumah aja sebisa mungkin karena efek pandemic corona seperti sekarang, kita bisa mendapatkannya melalui Official Stores Milna di e-commerce.

Bagaimana, tertarik mencoba Milna Nature Puffs Organic untuk si kecil?

Be Sociable, Share!
Posted on: June 11, 2020, by : li partic

56 thoughts on “Melatih Motorik Si Kecil dengan Milna Nature Puffs Organic

  1. Milna Nature Puffs Organic melatih motorik halus jg ya, anak2 dilatih menggunakan jari-jemarinya tangannya agar lebih teliti

  2. Anakku suka banget Milna Nature Puffs Organic ini. Semua rasa dia suka. Jadi lega deh aku ngasih cemilan soalnya udah pasti aman plus organik.

    Btw kalo postingannya dibuat rata/justify kayaknya lebih bagus Mbak πŸ€—

  3. Saya yakin para ibu jaman sekarang sudah pada pintar menentukan makanan terbaik untuk buah hati. Mengandung bahan organik pastinya sangat direkomendasikan ya. Apalagi Milna ini sudah terkenal brandnya…

  4. Anak usia segitu memang lagi senang eksplorasi, makanan pun senangnya yang dipegang langsung kayak milna puf fs organic, saman sekarang banyak pilihan makanan untuk masa mpasi anak ya

  5. Finger food-nya bayi makin banyak aja ya. Saya sendiri lupa-lupa inget apakah sebelumnya Milna sudah punya finger food sebelum puff ini. Jaman anak saya kecil dulu, saya belanja Milna itu buat beli buburnya.

  6. Anakku juga suka banget mom makan milna ini, karena memang udah mau makan makanan yg berstekture . Apalagi milna ini renyah , manis dan gurih rasanya jadi si adek doyan banget..

  7. Waktu anak-anakku batita, sekian belas tahun lalu :), kukasih Milna juga. Cuma waktu itu adanya (atau gampang ditemuinya) hanya biskuit πŸ™‚ Sekarang pilihannya lebih beragam ya. Lebih mudah didapat juga.

  8. Ternyata finger food penting ya Mbak. Adekku dulu malah finger food nya tetep aku suapin wkwk. Oke besok kalau aku punya anak, mau sering-sering kasih finger food biar perkembangan nya makin baik

  9. Tahu, nggak, saya suka banget ikut nitil eh nyicipin Milna Natur Puff ini saat Gi memakannya. Rasanya enak dan lumer saat menyentuh mulut. Hihihi. Tak heran kalau dia suka.

  10. Dulu waktu anak-anakku kecil pakai Milna juga mba, selain praktis juga lebih yakin saja sama gizinya karna Milna brand yang terkenal dalam penyediaan makanan bayi

  11. Kesukaan ponakanku nih udah gitu banyak pilihan rasanya, yes betul mba ngasih cemilan Milna Puff ini bisa menstimulasi motorik mereka krn belajar menyuap makanan sendiri

  12. Melatih motorik anak itu memang harus dilakukan orang tua sejak dini y kak. Oh ya, adekku juga sering konsumsi Milna kak. Memang cocok banget jadi cemilan sehat untuk anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *