Ragam Manfaat QRIS, QR Code Pembayaran Standar Nasional

Lebih baik mana ketinggalan ponsel pintar atau dompet? Jawaban dominan untuk zaman sekarang adalah lebih baik ketinggalan dompet. Dompet hanya berisikan uang dan kartu penting. Sedangkan ponsel pintar, segala sesuatu ada di dalamnya. Ada kerjaan harus cek chat penting di ponsel pintar. Tidak ada kerjaan, kita isi waktu dengan buka media sosial. Mau beli-beli tinggal buka aplikasi dompet elektronik atau e-wallet.

Dalam Indonesia Millenial Report 2019 yang dikeluarkan oleh IDN Research Institute, kepemilikan e-wallet menduduki peringkat kedua kategori yang paling banyak digunakan. Hal ini mengalahkan m-banking maupun internet banking. Dari sini bisa diketahui bahwa masyarakat zaman sekarang lebih nyaman bertransaksi dengan e-wallet.

Bicara tentang e-wallet kita pasti sudah mengenal berbagai merchant pembayaran seperti GoPay, OVO, LinkAja, Dana, dan sejenisnya. Mereka menggunakan QR Code untuk transaksinya. Kita tinggal pindai gambar persegi yang bergambar seperti mozaik berwarna hitam dengan ponsel pintar kita, lalu pembayaran selesai.

Saat ini kita mengenal pembayaran digital yang paling sering digunakan adalah Link Aja, Gopay, OVO, dan Dana. Jika kita lihat ada suatu kedai menerima 4 macam pembayaran dari LinkAja, GoPay, OVO, dan Dana, maka kedai tersebut akan memasang 4 macam QR Code yang beda. Kadang kita bingung bisa salah scan. Nah, di sinilah Bank Indonesia (BI) menerbitkan suatu sistem standar yang lebih ringkas dan praktis untuk transaksi pembayaran. Sistem ini bernama QR Code Indonesian Standard (QRIS).
Jadi, apapun aplikasinya kita hanya tinggal scan satu stiker yang sama.

Tentang QRIS

QRIS (QR Code Indonesia Standard) yang diluncurkan sejak 17 Agustus 2019 ini dirancang oleh Bank Indonesia (BI) dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia). Per 1 Januari 2020, QRIS sudah mulai aktif digunakan di berbagai merchant.

QRIS digagas untuk tujuan melindungi konsumen sebagai pembeli. Selain itu, penjual atau merchant diharapkan dapat berkompetisi secara sehat. Karena saat ini ceruk bisnis QR code dikuasai oleh para pemain besar. Dengan diciptakan QRIS akan membuka peluang persaingan seluas-luasnya.

QRIS juga merupakan salah satu wujud implementasi cepat Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025. Hal ini akan mendorong percepatan ekonomi digital Indonesia. Oleh karena itu, diaturlah hal-hal mengenai QRIS dalam PADG No.21/18/2019 tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran. Dalam peraturan tersebut, Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR Code diwajibkan menggunakan QRIS.

Hingga saat ini QRIS sudah diimplementasikan oleh PJSP bank maupun non-bank. Mereka adalah OVO, Gopay, Shopee pay, BCA, Bank Mandiri, Bank DKI, LinkAja, Dana, Bank Sinarmas, Telkom, Maybank, Mega, Paytren, BRI, Nobu Bank, CIMB Niaga, BNI, Permata dan Danamon.

Cara Menggunakan QRIS

Cara menggunakan QRIS untuk transaksi sangat mudah seperti penggunaan aplikasi pembayaran biasanya. Namun, QRIS bukanlah aplikasi baru. QRIS hanya merupakan kode QR yang standar, yang bisa dipakai untuk segala transaksi pembayaran digital. Kita tidak perlu repot memindai QR code yang berbeda-beda, cukup satu macam untuk semua aplikasi, yaitu QRIS.

Langkah-langkah penggunaan QRIS bisa dibilang sederhana. Cukup 5 langkah, transaksi pembayaran beres. Apa saja?

  1. Scan QR Code QRIS. Temukan stiker pada merchant untuk dipindai dengan ponsel pintar kita. Atau mintalah pada penjual.
  2. Cek nama merchant. Apakah sudah benar merchant yang mau kita bayar? Jika sudah, klik selanjutnya.
  3. Cek nominal. Jangan lupa teliti lagi harganya. Harga akan otomatis muncul.
  4. Masukkan PIN. Ketikkan PIN kita pada aplikasi pembayaran seperti biasa.
  5. Klik BAYAR. Dengan klik bayar, maka transaksi selesai, saldo pun otomatis berkurang.

Ragam Manfaat QRIS

QRIS mengusung tag line UNGGUL. Tag Line ini adalah rangkuman dari berjuta manfaatnya. Jadi apa keunggulan atau manfaat QRIS? Jawabannya adalah UNGGUL.

  1. UNiversal

QRIS itu universal. Artinya bersifat inklusif bisa digunakan seluruh masyarakat di dalam maupun luar negeri.

 

  1. GampanG

GampanG artinya mudah. Masyarakat dapat mengunakan QRIS dengan mudah, aman hanya dalam satu ponsel.

  1. Untung

QRIS dapat menguntungkan transaksi antara penjual dan pembeli. Hal ini karena transaksi efisien hanya dengan satu kode QR untuk aplikasi pembayaran apapun.

  1. Langsung

QRIS memiliki proses yang sangat cepat dan langsung saat itu juga. Dengan demikian sistem pembayaran akan lancar.

Masih kurang terasa manfaat QRIS? Baik, akan saya ulik lebih dalam lagi.

5. Praktis dan efisien

Dengan menggunakan QRIS, transaksi bisa menjadi lebih cepat. Jika kita membayar dengan uang tunai, kita harus menghitung dulu uang yang akan dibayarkan. Begitu juga dengan pihak penjual ketika menerima uang juga pasti dihitung. Ini tentu akan memakan waktu. Dengan membayar pakai QRIS akan menjadi lebih cepat, tinggal scan saja.

6. Lebih ringkas di meja kasir

Jika kita menemui toko atau merchant yang menerima berbagai aplikasi pembayaran, biasanya kita temui berbagai QR Code di meja kasir. Hal ini pasti akan membuat sesak meja kasir. Dengan QRIS, semua aplikasi memakai QR Code standar yang sama. Hanya satu QR Code untuk semua. Jadi lebih ringkas.

7. Lebih Aman

Uang tunai akan menarik perhatian penjahat. Entah itu dilirik untuk dijadikan korban pencurian, atau kejahatan pemalsuan uang. Transaksi memakai QRIS akan lebih aman karena didahului dengan memasukkan PIN yang kita punya.

8. Tidak Perlu Memikir Uang Kembalian

Sebagai penjual pasti bingung mengembalikan nominal kecil yang tanggung. Misal Rp. 50 atau Rp. 25. Tak jarang permen dijadikan alat pembayaran untuk kembalian. Sering juga si penjual tidak memiliki uang pecahan sehingga harus menukarnya dulu entah ke mana. Dengan memakai QRIS, transaksi langsung sesuai dengan nominal tanpa perlu uang kembali.

9. Lebih hemat

Aplikasi pembayaran digital selalu menawarkan promosi menarik. Misalnya dengan potongan harga maupun cashback. Hal ini tentu akan membuat aktivitas belanja kita menjadi lebih hemat. Dengan catatan belanja seperlunya bukan untuk foya-foya.

10 . Pembayaran Berbagai Keperluan

Kita bisa membayar apapun dengan QRIS, mulai dari toko kelontong, warung makan pinggir jalan, hingga restoran di mal.

11. Jika Ponsel hilang tak perlu risau

Ada kalanya jika ponsel hilang maka semuanya berakhir. Ada ketakutan kehilangan pundi-pundi uang kita di dalam aplikasi pembayaran digital. Tenang saja, jika itu terjadi bisa langsung kita blokir. Kita bisa memulai aplikasi di ponsel lain dengan akun yang sama.

12. Melihat Riwayat Pembayaran

Dalam aplikasi pembayaran digital dengan QR Code standar juga ada fitur riwayat transaksi. Kita bisa melihat sudah belanja apa saja, berapa besar uang yang dikeluarkan. Jika sudah mendekati limit pengeluaran bulanan, bisa kita rem hasrat belanja kita. Adanya riwayat tagihan seperti ini juga akan memudahkan kita untuk merancang pengeluaran hari-hari berikutnya.

13. Transaksi Tercatat, Membangun Track Record Credit

Karena pembayaran digital dengan QRIS, segala transaksi penjualan tercatat rapi. Hal ini bermanfaat bagi penjual karena dapat membangun profil kreditnya, sehingga memudahkan penilaian bank jika mengajukan pembiayaan.

14. Transaksi Dimanapun dan  Kapanpun

Merchant-merchant yang menerima pembayaran dari aplikasi dompet digital sudah menjamjur di mana-mana. Jika merchant tersebut sudah menggunakan QRIS, maka kita bisa bertransaksi dari mana saja dan kapan saja. Tentu saja karena transaksi siap dilakukan 24 jam.

15. Banyak Pilihan Top Up Saldo

Mengisi ulang saldo dompet digital kini juga semakin mudah. Bisa dari kanal apapun seperti sms banking, mobile banking, internet banking, ATM atau minimarket.

16. Bagi Penjual, Biaya Transaksi Lebih Murah

Tahu tidak, jika penjual menggunakan mesin EDC biasanya akan dikenai biaya 3-5%. Nah, biaya dengan menggunakan QRIS ini jauh lebih murah. Untuk merchant reguler biayanya 0,7%. Untuk merchant khusus seperti sektor pendidikan dikenai 0,6%. SPBU biayanya juga kecil, cuma 0,4%.

17. Bisa Untuk Isi Bahan Bakar

Maksudnya, kita juga bisa memakai QRIS untuk pembayaran bahan bakar di SPBU. Pembayaran praktis, antrean isi bahan bakar pun cepat selesai.

18. Bisa Untuk Donasi

Pembayaran untuk transaksi yang bersifat sosial pun bisa menggunakan QRIS. Contohnya untuk keperluan donasi, infaq, atau sedekah. Dan yang paling menarik, transaksi ini bebas biaya bagi merchantnya.

19. Bisa Untuk Bayar Tagihan, Retribusi, dll.

Tidak hanya digunakan untuk membayar belanja barang atau makanan di tempat kuliner, QRIS juga bisa digunakan untuk membayar tagihan, retribusi, dll secara non tunai.

20. Mencegah Pemalsuan Uang Dan Scamming

Transaksi digital dengan QRIS akan menekan bentuk pemalsuan uang karena uangnya dalam bentuk digital atau saldo. Selain itu, QRIS juga akan mencegah scamming. Maraknya pembayaran digital dengan QR code yang beragam akan memberi celah terjadinya scamming, seperti kasus di China yang kerugiannya mencapai USD 13 juta. Dengan QR Code yang standar seperti QRIS akan mencegah itu semua.

Wah, sungguh beragam ya manfaat QRIS. Bikin transaksi semakin cepat dan menguntungkan semua pihak. Bagaimana, Anda sudah coba bertransaksi dengan QRIS?

Be Sociable, Share!
Posted on: March 12, 2020, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *