Edutech Anak Cerdas Untuk Belajar Keuangan Si Kecil

Apa yang terbayang jika belajar keuangan? Pasti membosankan, atau cepat jenuh. Apalagi kalau itu diterapkan untuk anak-anak. Ah, saya nyerah duluan deh. Biar nanti kalau besar aja diajari. Toh, pasti ngerti sendiri.

Suatu saat saya ingat tentang kejadian anak saya yang tidak saya bekali kue dan makan siang. Saya memang tidak pernah memberi uang saku, karena dia belum sepenuhnya bisa beli-beli sendiri. Saat itu saya bangun agak siang setelah salat subuh, sehingga tidak sempat menyiapkan bekal. Akhirnya, saya kasih dia uang Rp. 20.000 dengan harapan ada kembalian lagi karena tidak ada pecahan yang lebih kecil lagi di dompet. Saya wanti-wanti betul anak itu.

“Aqiif! Mana kembaliannya?” tanya saya setelah memeriksa tidak ada uang sepeser pun di tasnya.

“Kan, buat beli jajan sama nasi.” jawabnya enteng.

“Enak saja kamu bilang! Kan Bunda sudah bilang jangan dihabiskan semua. Beli seperlunya saja. Uang sebesar itu bisa dibuat 3 hari,  lho.” bantah saya yang masih kecewa.

Tapi dipikir-pikir salah siapa sih ini? Bukannya anak saya masih belum tahu tentang uang? Bukannya saya sudah tahu dia masih belum bisa beli-beli sendiri? Hmm, ternyata belajar keuangan sejak dini itu penting ya. Tapi bagaimana caranya?

Kebetulan pertanyaan saya terjawab di acara ‘Funancial Day’ yang diselenggarakan Ahad, 15 Maret 2020. Bertempat di Royal Plaza Surabaya, acara hasil kolaborasi HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) ini memperkenalkan literasi keuangan dalam bentuk game. Namanya Edutech Anak Cerdas.

Funancial Day

Utami Anita Herawati, Program Manager For West Region Prestasi Junior Indonesia, menjelaskan bahwa Funancial Day merupakan kegiatan belajar literasi keuangan tingkat dasar khusus untuk anak kelas 3, 4, dan 5 Sekolah Dasar. Sebab berdasarkan riset, menyebutkan bahwa pemahaman literasi keuangan harus diberikan sedini mungkin.

Prestasi Junior Indonesia HSBC
Utami Anita Herawati, Program Manager For West Region Prestasi Junior Indonesia

Di acara Funancial Day ini ada sejumlah aktivitas. Para pengunjung Royal Plaza Surabaya berkesempatan untuk mengenal dan mencoba secara langsung Edutech Anak Cerdas di laptop yang telah disediakan. Pengunjung yang mencoba akan mendapat souvenir dan bagi yang beruntung akan mendapat hadiah spesial dari HSBC dan PJI.

Setidaknya ada 2 kegiatan inti dalam Funancial Day ini, yaitu:

  1. Pengenalan Program. Pengenalan dan pelatihan penggunaan Edutech Anak Cerdas dilakukan di awal kegiatan. Sebagai fasilitas, disediakan laptop dan koneksi internet agar pengunjung dapat mengakses Anak Cerdas dengan mudah. 
  2. Pembelajaran Program. Setiap pengunjung diberi kesempatan mengeksplorasi program yang terdiri dari 3 segmen. Jangan khawatir, ada fasilitator yang siap membantu jika kita kebingungan.

Edutech Anak Cerdas

Edutech Anak Cerdas adalah platform literasi keuangan berbasis teknologi semacam game. Kalau anak-anak sekarang keranjingan game yang kurang bermanfaat, game ini menjadi solusi karena manfaatnya. Hal ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi aktif Bank HSBC Indonesia untuk turut meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan.

Sebelum dikembangkan versi daring pada akhir 2018 lalu, Bank HSBC dan PJI telah mencobakan  program secara luring berupa program digital Anak Cerdas di 67 SD di 15 kota di Indonesia memakai tablet. Dari tahun 2015 s.d. 2018 Anak Cerdas yang konten dan desainnya bikin semangat diskusi di kelas ini sukses meningkatkan pemahaman keuangan 15.000 anak. Peningkatan pemahamannya pun tak main-main. Dari sekitar 40%-50% menjadi 80%. Otorasi Jasa Keuangan (OJK) baru merilis Survei Nasional Literasi Keuangan yang menunjukkan peningkatan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia 29,7% (2016) menjadi 38,03% (2019). Insya Allah angka ini juga berkat peran dari HSBC dan PJI dengan programnya.

Ada 3 segmen pembelajaran pengelolaan keuangan dalam Anak Cerdas, yaitu:

  1. JA Ourselves, untuk anak kelas 3;
  2. JA Our Community, untuk anak kelas 4; dan
  3. JA Our City, untuk anak kelas 5.
Edutech Anak Cerdas Hsbc
Tampilan game Anak Cerdas

Masing-masing segmen terdiri atas 5 sesi, sehingga ada total 15 sesi pembelajaran. Kesemua segmen ini memberi manfaat Edutech Anak Cerdas bagi anak, seperti:

  • Membuat pilihan pribadi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan;
  • Mengenal fungsi dan pergerakan uang dalam masyarakat;
  • Menyadari pentingnya menabung serta berbagi kepada komunitas sekitar;
  • Memahami bahwa seseorang harus bekerja atau berbisnis untuk memperoleh uang sehingga pengelolaan yang bijak perlu dilakukan;
  • Mengidentifikasi beragam pekerjaan dan bisnis yang terdapat di dalam komunitas serta keterampilan yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan; dan
  • Memahami peran pajak dan institusi keuangan untuk menggerakkan ekonomi dalam kota.

Anak akan dihadapkan pada pertanyaan pilihan maupun pendapat dia. Tidak ada jawaban yang benar atau salah dalam game pembelajaran Anak Cerdas ini.

Cara Bermain Edutech Anak Cerdas

Cara bermain Anak Cerdas sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ya.

1. Buka browser, ketikkan: www.anakcerdas.prestasijunior.org

2. Klik menu Registrasi di bagian atas.

3. Isi semua kolom isian. Pastikan mengisi alamat email yang aktif karena akan ada konfirmasi.

4. Periksa e-mail karena akan ada konfirmasi dari Anak Cerdas. Klik ‘Konfirmasi’.

5. Dengan klik Konfirmasi, kita akan dibawa ke halaman awal Anak Cerdas. Setelah halaman terbuka, lakukan login menggunakan username dan password yang telah diisi di halaman registrasi.

6. Pembelajaran Edutech Anak Cerdas dimulai. Silahkan pilih segmen sesuai kelas anak.

7. Jika semua segmen berhasil diselesaikan, Anak Cerdas akan mengirimkan sertifikat melalui e-mail.

Bagaimana, mudah dan menarik bukan? Semoga anak semakin paham akan keuangan ya! Aqiif juga antusias mengikuti game Edutech Anak Cerdas ini, lho.

Be Sociable, Share!
Posted on: March 19, 2020, by : li partic

18 thoughts on “Edutech Anak Cerdas Untuk Belajar Keuangan Si Kecil

  1. Wah keren banget nih programnya. Memang pengenalan edukasi keuangan ke anak gak ada salahnya dilakukan sejak anak mulai mengerti dan mengenal uang. Supaya anak juga faham bagaimana mengatur keuangannya, bukan cuma “kata mama” tapi kalau udah sadar sejak dini, supaya hal hal seperti menabung dan bijak membeli barang sudah tumbuh dalam dirinya sendiri

  2. Keren Mbak, pembelajaran melalui gaming nih hahaha. Anak saya bakalan happy banget mah kalau diajarin pengenalan literasi keuangan tapi dengan cara menarik seperti ini.

    Kayaknya pas nih buat kegiatan besok siang, biar anak-anak nggak pada bosen 🙂

  3. Bagus ini pembelajaran soal keuangan digital untuk anak. Memang literasi digital keuangan juga penting ya karena itu sebaiknya diterapkan sejak dini supaya anak bisa belajar lebih baik
    Terimakasih informasinya Mbak
    Saya akan coba bareng anak hehehe

  4. Wah itu pas dikasih 20ribu sehari abis ahhaa gimana ga ngomel ya mba, anakku juga masih belum mudeng financial pas market day aja uangnya ga utuh padahal dagangannya laku semua jadi pengen kenalin ini nih

  5. Inovasinya bagus banget ini penuh edukatif buat anak-anak belajar tentang keuangan, bisa juga ya belajar berbisnis cara menghasilkan uang, apalagi di jaman sekarang soft skill harus diajarkan dari kecil

  6. jadi penasaran ingin coba tes anak-anakku, sejauh mana ya mereka paham tentang mengelola keuangan. Selain belajar tentang membuat pilihan untuk kebutuhan pribadi juga diajarkan tentang menabung dll menarik sekali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *