Dongeng Cerita Bergambar di Aplikasi Let’s Read Menumbuhkan Minat Baca Anak

Rasanya menyedihkan jika minat baca anak sekarang itu termasuk rendah.  Indonesia menempati peringkat minat baca ke-60, dari 61 negara yang dibandingkan. Buku adalah jendela ilmu. Jika jendelanya saja enggan disentuh, bagaimana bisa mengharap generasi kita akan cerdas?

Sebenarnya membaca adalah bagian dari pendidikan. Tidak mungkin dalam didik-mendidik tidak ada aktivitas membaca sama sekali. Sedangkan hak anak adalah mendapat pendidikan. Jadi tugas kita adalah menumbuhkan minat baca buku si anak, sehingga ia ikhlas melakukan aktivitas membaca tanpa merasa terpaksa.

Masalahnya, buku memang dipandang sesuatunyang tidak menarik. Buku erat kaitannya dengan pelajaran wajib yang membosankan. Begitulah pikiran sempit bagi yang tidak suka membaca. Terlebih lagi sekarang anak-anak lebih condong terhadap gawai. Oleh karena itu perlu strategi khusus agar anak gemar membaca.

Membaca sejak dini bisa dibiasakan dengan buku bergambar. Karena dengan adanya gambar akan lebih menarik di mata anak. Membaca tidak akan membosankan.

Membaca buku cerita bergambar adalah membaca menyenangkan. Jika yang dibacakan adalah dongeng, akan membuatnya menjadi lebih hidup. Membaca buku bergambar memiliki beberapa manfaat, di antaranya sebagai berikut.

  • Langkah awal mengenalkan buku

Buku adalah hal wajib dalam pendidikan. Membacanya harus dikenalkan sejak dini. Bahkan sebelum anak bisa membaca. Kita bisa mengenalkannya dengan buku bergambar. Dengan melihat gambarnya saja anak pasti akan mempunyai bayangan hal apa yang dibacanya.Kita tahu bahwa buku adalah sesuatu yang sangat penting yang perlu dikenalkan kepada anak-anak. Banyak penelitian membuktikan bahwa buku mempunyai manfaat besar, karenanya harus dikenalkan sedini mungkin pada anak.

  • Mengasah rasa ingin tahu anak

Dengan adanya gambar dalam buku, anak akan mengenal hal-hal yang mudah dibayangkan. Anak akan penasaran dan mulai sering bertanya apa yang dilihatnya. Mengapa ini bisa begini, mengapa bisa begitu. Nah, jika anak terbiasa akan rasa ingin tahunya, kelak si anak akan memiliki pemikiran yang kritis dan logis. Biasakan juga bahan bacaannya memiliki unsur pengetahuan baru yang bermanfaat.

  • Membantu anak Mengekspresikan Diri

Buku cerita bergambar pasti memiliki kandungan cerita dan konflik di dalamnya. Jika anak memerhatikannya, ia kan belajar menyikapi sesuatu yang ia baca. Anak-anak akan mengeluarkan ekspresi apa yang ada di pikirannya. Ia terangsang untuk meneladani hal positif yang di dalam buku.

  • Menumbuhkan Minat Baca

Untuk menumbuhkan minat baca, kita bacakan dulu si kecil buku kesukaannya. Biasanya ia punya favorit cerita bergambar tertentu. Misalnya tentang roket, hewan, atau kegiatan sehari-hari. Jika hal ini terus berulang, lama-lama si kecil akan menjadi penasaran pada buku yang ia baca, dan juga buku-buku lainnya. Kemudian ia aka tertarik membuka buku sendiri. Melihat gambarnya, berkhayal apa yang dia baca sendiri, sampai suatu saat ia bisa membaca huruf demi huruf. Ia sudah terbiasa akan buku, dan tumbuh rasa suka terhadap buku.

Jika anak sudah gemar membaca, ketika dewasa akan menjelma sebagai orang yang cerdas, wawasannya luas, dan mengetahui banyak hal. Orang berilmu pasti akan disegani dan bisa menebar manfaat.

Let’s Read, Aplikasi Membaca Untuk Anak Dengan Cerita Bergambar

Let’s Read adalah aplikasi ponsel yang berisi kumpulan buku cerita anak berkualitas. Di dalamnya terdapat buku cerita dengan berbagai level. Ada kisah sehari-hari, petualangan, bahkan dongeng dengan muatan lokal.

Menariknya, dongeng atau cerita rakyat yang ada di aplikasi Let’s Read menggunakan Bahasa daerah tertentu. Ada Bahasa Padang, Batak, Jawa, dll. Jadi, jika si anak masih awam dengan bahasa daerah, ia bisa mengenalnya lewat buku cerita di Let’s Read. Enaknya aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di ponsel android. Tertarik, kan? Yuk segera download di sini!

 

Be Sociable, Share!
Posted on: January 7, 2021, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *