Cara Mengatasi Kulit Kusam Saat Hamil dengan Skincare Yang Aman

Hai, Mama!

Jika diamati, setelah tiga kali melahirkan, kulit wajah saya selalu kusam. Setelah diselidiki, ternyata memang begitulah yang terjadi pada wanita hamil karena ada beberapa perubahan dalam tubuhnya. Hormon berubah, pembuluh darah bertambah dan melebar, unsur air bertambah, dll. Akibatnya jaringan kulit lebih meregang, gampang iritasi, lebih sensitif, kusam, bahkan bisa berjerawat. Jika tidak dirawat, maka masalah kulit kusam tidak akan terselesaikan.

Oleh karena itu perlu perawatan wajah secara khusus untuk menghilangkan masalah kulit kusam saat hamil. Secara sederhana, perawatan yang langkah-langkahnya tidak terlalu panjang, Mama bisa lihat langkah perawatan wajah sebagai berikut.

Perawatan Wajah Ibu Hamil dan Menyusui

  1. Cukupi Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin yang dapat membantu memperbarui sel kulit yang yang telah rusak. Sel kulit itu diregenerasi setiap hari. Ada kalanya proses regenerasi itu malah mejadikan kulit kusam karena tidak maksimal prosesnya. Di sinilah peran vitamin E yang akan membantu proses regenerasi kulit agar optimal. Oleh karena itu kia perlu mengonsumsi vitamin E.

Vitamin E secara alami bisa diperoleh dari sayur dan buah. Tablet vitamin E yang dapat diminum juga boleh digunakan jika sudah berkonsultasi dengan dokter.

  1. Bersihkan wajah secara rutin.

Membersihkan wajah akan mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Jadi tidak hanya membersihkan make up saja. Walau tidak pakai make up kita wajib membersihkan wajah setiap hari. Kalau sel-sel kulit mati yang menempel akibat sisa regenerasi kulit bisa terangkat, wajah tidak akan kusam.

  1. Gunakan pelembap yang mengandung tabir surya

Setelah cuci muka, gunakan pelembap wajah. Hal ini akan membantu mencegah kulit kering yang bikin kusam. Dan akan lebih praktis kalau pelembap itu mengandung tabir surya dalam satu produk. Tabir surya tentu berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA/UVB. Sinar UVA/UVB ini yang menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap (hiperpigmentasi).

 

Nah, kalau sudah tahu langkah perawatan wajah, sekarang tinggal tentukan produk apa yang cocok nih, Ma. Selama hamil dan menyusui, kita harus lebih selektif dalam menggunakan produk perawatan wajah. Karena pada umumnya secara tanpa kita sadari toksin-toksin itu masuk ke dalam tubuh dan bisa ditransfer ke bayi. Saya tidak sedang membahas bahan-bahan yang jelas berbahaya seperti merkuri dan hidroquinon ya. Melainkan bahan yang dianggap lumrah tapi tetap bikin khawatir karena pernah terbukti berdampak buruk.

Kalau tanya ke penjual produk kebanyakan mereka mesti mengklaim kalau produk mereka aman bagi ibu hamil. Tapi produk yang kebanyakan beredar itu mengandung bahan yang tidak 100% aman bagi kulit terutama bagi wanita hamil dan menyusui. Misalnya deterjen atau nama kimianya Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang umum terdapat di sabun cair, sabun wajah, shampoo, pasta gigi, dll. SLS ini dapat mengiritasi kulit, lebih nggak enak lagi kalau kita penderita dermatitis atopic, jadi akan tambah parah. Apalagi selama hamil biasanya lebih sensitive, dermatitis akan kambuh lagi.

Lewat apa bahan yang tidak aman itu memengaruhi tubuh kita? Pertama pastinya setelah kontak dengan kulit. Selain itu, bisa juga masuk ke tubuh si kecil melalui transfer via plasenta maupun ASI jika si kecil sudah lahir. Atau bisa juga residu yang tidak terbilas sempurna bisa tertelan oleh si kecil saat menyusu, saat menyentuh kita dengan jari-jari kecil mereka. Tambah khawatir, kan? Nah, makanya yuk #KurangiWorry saat merawat kulit kita dengan menghindari produk yang mengandung bahan yang tidak aman itu ya. Pilih skincare aman untuk ibu hamil.

Jenis Bahan yang Berbahaya bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Bahan apa saja yang sebaiknya dihindari dalam produk untuk ibu hamil dan menyusui? Ini dia.

Sodium Lauryl Sulfate / Sodium Laureth Sulfate

Sodium lauryl sulfate maupun sodium laureth sulfate yang disingkat SLS, seperti yang disebutkan sebelumnya, biasanya terdapat di berbagai produk perawatan wajah dan tubuh. Beberapa dampak yang buruk diakibatkan oleh SLS bagi ibu hamil dan meyusui adalah:

  1. Menyebabkan iritasi pada kulit, seperti mengelupas, kering, memerah, kasar
  2. Dermatitis
  3. Menyebabkan iritasi mata
  4. Merusak organ hati jika terlalu banyak mengendap di dalam tubuh
  5. Dapat menyerap jumlah lemak dan protein yang ada pada tubuh karena SLS bersifat korosif
  6. Potensi terburuk, dalam kadar yang sangat berlebihan serta kondisi yang buruk, bisa menyebabkan cacat janin
  7. Mengganggu sistem endokrin yang dapat merusak pembentukkan hormon.

 

Synthetic Fragrance

Pewangi sintetik yang biasanya ada pada produk perawatan wajah dan tubuh itu juga wajib diwaspadai bahayanya. Karena tidak hanya zat aromatic buatannya saja yang terdapat di dalamnya tapi juga pelarutnya dan pengawetnya. Dampak yang diakibatkan karena pewangi sintetik (synthetic fragrance) ini adalah gangguan pernapasan, iritasi kulit, bahkan dampak terburuk bisa terjadi seperti cacat janin, keguguran dan kanker.

Paraben

Paraben adalah zat kimia yang digunakan sebagai bahan pengawet pada produk-produk perawatan tubuh dan juga kosmetik, yang berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur dalam produk. Turunan paraben yang sering digunakan adalah methylparaben. Selain itu juga ada propylparaben, butylparaben, isopropylparaben, isobutylparaben, phenylparaben, benzylparaben, dan penthylparaben

Journal of Applied Toxicology (2004) menyebutkan bahwa paraben bersifat estrogenik, atau memiliki sifat yang sama seperti estrogen, yang jika sistemnya rusak dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti rusaknya kelenjar tiroid, kanker payudara, serta masalah reproduksi. Sedangkan bahaya paraben bagi ibu hamil dan menyusui adalah:

  • Bagi ibu hamil, paraben yang mengendap di dalam tubuh bisa masuk ke janin melalui plasenta. Paraben bisa berubah menjadi racun dan menghambat pertumbuhan saraf bayi dan bisa mengakibatkan cacat lahir, keguguran, bahkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Hal ini disebabkan karena saat masa pertumbuhan dalam kandungan, sistem endokrin pada janin tidak terbentuk secara sempurna.
  • Bagi ibu menyusui, paraben bisa masuk ke tubuh bayi melalui air susu ibu (ASI) yang dikonsumsi oleh bayi. Paraben akan terkontaminasi di dalam sel darah dan bisa menyebar ke bagian tubuh manapun. Akibatnya, zat ini bisa menghambat perkembangan otak dan saraf bayi dan mengakibatkan bayi memiliki keterlambatan pertumbuhan hingga IQ rendah.

 

Alcohol

Alcohol dalam perawatan kulit memiliki fungsi untuk mengecilkan pori-pori. Sayangnya, bahan ini sering mengakibatkan iritasi kulit, lebih-lebih pada kulit sensitive. Sebaiknya hindari produk yang mengandung alcohol. Untuk fungsi mengecilkan porinya bisa pilih bahan penggantinya seperti niacinamide.

 

Review Mama’s Choice Gentle Face Wash

Dulu, saya pakai produk perawatan kulit yang sepaketnya 3 jutaan. Memang bagus karena bebas 14 bahan berbahaya tapi sangat mahal karena impor dari Korea. Untuk kondisi saat ini, terlebih di masa pandemi yang cari duit berasa susah, saya lebih memilih berhemat. Jadi, selama ini  saya memakai sabun wajah biasa sambil banyak berdoa semoga tidak terlalu berbahaya. Akibatnya, beberapa hari sekali kulit mengelupas, kering, komedo sering muncul, muka kayak ketarik. Dan itu berlanjut, hingga saya mencoba Mama’s Choice Face Wash.

Mama’s Choice Face Wash adalah sabun muka untuk ibu hamil dan menyusui dengan formulasi aman. Mama’s Choice Gentle Face Wash merupakan sabun wajah non-SLS pertama yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tak sekadar membersihkan, Mama’s Choice Gentle Face Wash juga menutrisi wajah dengan kandungan ekstrak kolagen alaminya. Sabun wajah khusus ibu hamil dan menyusui ini terbukti secara klinis dapat mencerahkan wajah karena mengandung ekstrak beras alami.

Setelah mencoba pertama kali, saya langsung suka. Setelah pembilasan tidak ada sisa licin-licin. Wajah juga terasa segar. Berikut ini review saya terhadap beberapa poin yang dimiliki Mama’s Choice Gentle Face Wash.

Keistimewaan

Tanpa SLS, Alkohol, Tanpa Parfum dan Tanpa Paraben

Mama’s Choice Gentle Face Wash dibuat tanpa SLS, alcohol, parfum dan paraben. Hal ini tentu akan semakin #KurangiWorry terhadap tubuh kita dan si kecil. Penyabunnya tidak menggunakan SLS, tetapi diganti sodium cocoyl gglycinate. Pengecil porinya menggunakan bahan aktif niacinamide. Pengawet paraben juga tidak digunakan tetapi diganti ethyl lauroyl arginate HCl yang lebih aman. Parfum sintetik juga tidak ada dalam Mama’s Choice Gentle Face Wash.

Halal dan Natural

Mama’s Choice Gentle Face Wash memiliki ijin edar resmi BPOM dan bersertifikat halal. Jadi semakin tenang, bisa #KurangiWorry akan bahan yang tidak halal.

Manfaat

  • Membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati.
  • Mencerahkan wajah dan sudah terbukti klinis.
  • Aman untuk kulit sensitive.
  • Menutrisi kulit dengan ekstrak kolagennya.

Kemasan

Kemasan Mama’s Choice Gentle Face Wash adalah botol tube pipih tertutup rapat. Warnanya dominan putih dengan tutup berwarna pink. Desain yang sangat minimalis tapi cantik. Secara lebih dekat dapat dilihat pada foto di bawah ini.

Komposisi

Komposisi Mama’s Choice Gentle Face Wash adalah air, glycerin, butylene glycol, niacinamide, sodium cocoyl glycinate, hydrolyzed collagen extract, 1,2-Hexanediol, hydroxyethylcellulose, ethyl lauroyl arginate HCl, rice bran extract, coconut acid, sodium chloride, dan tetrasodium glutamate diacetate.

Aroma

Mama’s Choice Gentle Face Wash tidak berbau sama sekali. Baik bau harum maupun bau tengik. Tidak digunakannya pewangi sintetik dalam produk ini menjadikannya aman.

Tekstur & Warna

Tekstur Mama’s Choice Gentle Face Wash kental seperti gel, tidak berwarna alias transparan. Setelah dicoba untuk dibusakan tidak keluar busanya. Bahkan setelah ditambah jumlahnya dan digosok-gosokkan, hanya tekstur seperti susu pembersih yang keluar. Tidak ada gelembung busa.

Hasil

Saya jadi jatuh cinta pada pemakaian pertama. Sabun wajah biasa yang saya pakai sekarang itu licin setelah dibilas. Saya tidak suka dengan itu. Berbeda dengan Mama’s Choice Gentle Face Wash, tidak licin sama sekali. Tapi tidak juga sangat kesat seperti habis memakai sabun yang ada SLS-nya. Kulit terasa lembap dan segar. Kotoran mudah terangkat. Tetapi untuk heavy make up, pasti lebih baik bersihkan dengan double cleansing. Yaitu, bersihkan dengan susu pembersih dulu, baru bersihkan dengan sabun wajah Mama’s Choice Gentle Face Wash.

Harga

Menurut saya harga Mama’s Choice Gentle Face Wash ini termasuk tengah-tengah. Tidak terlalu murah, juga tidak terlalu mahal. Sabun yang biasa saya pakai itu harganya Rp. 60.000-an tapi masih mengandung paraben dan SLS. Sabun impor Korea yang pernah saya pakai yang kandungannya juga aman itu harganya Rp. 300.000 lebih. Sedangkan Mama’s Choice Gentle Face Wash cuma Rp.79.000, nggaka jauh beda dengan sabun yang saya pakai biasanya, tapi jauh lebih aman.

 

Pemakaian Mama’s Choice Gentle Face Wash akan lebih maksimal dalam merawat kulit jika dipadukan dengan pelembapnya yang sudah bertabir surya. Seperti 3 langkah simple merawat kulit kusam saat hamil yang sudah saya sebutkan di atas, setelah konsumsi vitamin E yang cukup rawta kulit wajah dengan membersihkan dan memakai pelembap sesudahnya. Pelembap dari Mama’s Choice juga pasti aman, namanya Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer. Harganya juga tidak terlalu mahal, hanya Rp. 99.000.

Nah, saat ini ada Paket Khusus yang namanya Mama’s Choice Glow Kit yang terdiri dari Mama’s Choice Gentle Face Wash + Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer. Kalau beli langsung keduanya hanya Rp. 178.000 Rp. 159.000. Apalagi kalau belanja di Shopee pakai kode dari saya: MAMAPRTIC, dapat diskon lagi Rp. 25.000.

Cara klaim vouchernya:

  • Klik Profile
  • Klik Voucher saya
  • Masukan kode voucher MAMAPRTIC (huruf besar semua)
  • Diskon 25.000 berlaku untuk semua produk Mama’s Choice dengan minimal pembelian Rp. 150.000

Bagaimana, tertarik bukan untuk #KurangiWorry beralih ke #PilihanAmanMama Mama’s Choice Gentle Face Wash, sabun untuk mengatasi kulit kusam saat hamil? Yuk, manfaatkan promonya!

 

Kode diskon Shopee Mama’s Choice

MAMAPRTIC

Be Sociable, Share!
Posted on: September 11, 2020, by : li partic

25 thoughts on “Cara Mengatasi Kulit Kusam Saat Hamil dengan Skincare Yang Aman

  1. Beberapa ibu hamil memang kulitnya tambah kusam. Saya yang termasuk begitu. Katanya tanda punya anak laki-laki. Tapi saya tidak percaya sih. Memang seperti itu dan harus disiasati, salah satunya dengan porduk Mama’s Choice yang aman.

  2. Iya nih, kandungan skin care harus banget diperhatikan saat hamil dan menyusui, jangan sampai ada kandungan yang berbahaya. Nah Mama’s Choice ini recommended banget ya.

  3. Nggak berhenti-henti saya kagum ama Mamas choice ini, dia mengerti mama-mama banget deh, dengan memilih dia, semua mama bisa dengan tenang dan nyaman menjalani masa hamil dan menyusui 🙂

  4. Senang banget mendapatkan informasi lengkap terkait produk yg bisa dipakai oleh ibu hamil. Soalnya kalau ibu hamil emang rentan ini itu ya, jadi pakai produk pun meski pilah pilih. Ini produk Mama’s Choice emang banyak direkomendasikan teman teman berarti bagus ya kualitas nya …

  5. Ampun deh, dulu tuh saya nggak pernah paham bahwa ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah karena bisa menimbulkan efek sampai ke janin. Tahunya dulu selama dua kali kehamilan wajah suka kusam dan berjerawat. Agak membaik saat kehamilan kedua. Tapi karena sering nggak cocok, akhirnya sekalian nggak pakai produk perawatan wajah.

    Akhirnya, dua masa kehamilan daku tampak kusam dong, hahaha … Dulu belum kenal Mama’s Choice. Nggak punya media sosial, hihihi …

  6. Saya suka sekali dengan tulisan ini, pas banget buat mbakku yang lagi hamil. Bisa aku merekomendasikan untuknya agar lebih berhati-hati memilih produk karena meskipun pemakaian diluar juga bisa berpengaruh pada anak yang dikandung.

  7. Dengan membaca tulisan ini, pas banget buat mbakku yang lagi hamil. Bisa aku merekomendasikan untuknya agar lebih berhati-hati memilih produk karena meskipun pemakaian diluar juga bisa berpengaruh pada anak yang dikandung.

  8. Emang deh ya, kalau sedang hamil, menyusui, kalau nggak salah … jika sedang promil pun, kosmetika yang digunakan perlu juga diperhatikan.

    Senangnya Mama’s Choice hadir untuk para mama dengan berbagai rangkaian produk yang aman, semisal Gentle Face Wash milik Mama’s Choice ini.

  9. Serem ya akibat pemakaian skincare dan kosmetik yang nggak tepat pada ibu hamil. Ya mending sih kalo cuma kulit ibu jadi kusem doang. Gimana kalo kenanya si janin dan jadi cacat? Na’udzubillah min dzalik….

  10. Banyak juga zat-zat yang harus dihindari oleh ibu hamil, demi janin yang sehat, sehingga bahan yang lebih ramah atau yg khusus ibu hamil memang lebih bagus digunakan

  11. Ini dia nih produk yang jadi jawaban kebutuhan bumil dan busui. Produk yang bener-bener aman buat si ibu dan juga janin atau anaknya. Dulu, saking takut kenapa-kenapa, aku gak skincare-an. Jadinya kucel banget deh. Nah sekarang, dengan Mama’s Choice, bumil dan busui masih bisa tetep cantik dan terawat ya kulitnya.

  12. senang banget ya kalau ada skincare yang aman untuk hamil dan busui. Sekarang tuh banyak banget skincare dengan berbagai merk. Tapi kan enggak tahu juga ya aman apa enggak. Ada mama choice ini bikin bumil dan busui jadi tenang, karena wajah tetap bisa terawat meski sedang hamil hihi.

  13. Wah keren banget informasinya karena pasti ketika kondisi setelah itu namanya kulit harus benar benar dirawat agar kembali normal seperti semula

  14. Menjaga kesegaran kulit wajah selama masa kehamilan memang penting ya, apalagi kalau pemilihan skincarenya juga tepat. Pilihan yang tepat bisa bikin kita tenang juga saat menggunakan karena sudah dijamin aman tidak mempengaruhi kondisi kehamilan dan janin. Patut dicoba nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *