Asuransi PRUCinta Syariah, Karena Cinta Itu Selamanya, Kita Tidak

Pernahkah kamu membayangkan apa yang akan kamu tinggalkan untuk keluarga jika pergi selamanya atau meninggal? Mungkin kalau saya menjawab meninggalkan utang. Duh, bukannya nyanguin keluarga kok malah mewariskan utang. Tapi memang kebanyakan orang tidak benar-benar siap menghadapi kematian. Tidak terpikirkan apa yang akan ditinggalkan jika dirinya mati.

Ngomong-ngomong tentang kematian, data tahun 2018 menunjukkan ada sebesar 1,8 juta jiwa meninggal dunia. Menurut kepolisian, rata-rata ada 3 jiwa meninggal per jam karena kecelakaan. Sedangkan WHO mengatakan 80% orang meninggal di rumah. Tapi intinya, data survei global di dunia ini penyebab kematian terbesar itu karena penyakit tidak menular, yakni 60%. Sebanyak 30% di antaranya disebabkan oleh penyakit menular. Dan sisanya 10% disebabkan oleh kecelakaan, baik kecelakaan lalu lintas, bencana alam, kebakaran, dll.

Jika kematian itu pasti walau datangnya kapan belum pasti, mari kita lihat tingkat kesiapan masyarakat Indonesia seperti apa. Menurut data OJK, mayoritas masyarakat Indonesia bekerja fokus pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Jarang sekali yang memikirkan masa depan apalagi dana darurat. Hanya 1,5% yang mempersiapkan dana darurat. Itu pun 3 dari 4 orang atau sekitar 72,1% nya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 3 bulan. Bahkan sebagian mengungkapkan tidak lebih dari 1 bulan.

Jadi bagaimana solusinya? Salah satu jalan mempersiapkan keadaan darurat jika sumber pendapatan utama meninggal adalah asuransi jiwa syariah. Sayangnya, kesadaran masyarakat terhadap asuransi jiwa masih rendah. Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada 2019, penetrasi asuransi jiwa di Indonesia mencapai 1,2% dibanding total produk domestik bruto. Ini jauh tertinggal dibanding negara-negara Asia lain seperti Korea Selatan, Jepang, dan China.

Fakta di atas baru tentang kesadaran asuransi jiwa. Sedangkan indeks literasi asuransi syariah di Indonesia juga masih rendah, hanya 2,51%. Sebanyak 17,8 juta peserta asuransi jiwa individu hanya 1,3 juta di antaranya yang memiliki polis syariah.

Di tengah aneka ragam ketidak pastian dan masih rendahnya indek literasi dan Inklusi asuransi syariah, Prudential Indonesia meluncurkan inovasi baru lagi, yaitu PRUCinta Syariah. Peluncuran PRUCinta Syariah ini diadakan di Visma Art & Coffee Surabaya pada 11 Maret 2020.

Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta

PRUCinta adalah produk asuransi jiwa tradisional berbasis syariah terbaru dari Prudential Indonesia yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia untuk melindungi orang-orang tercinta mereka. Ari Purnomo selaku Head of Sharia Business Prudential Indonesia menjelaskan bahwa Unit Usaha Syariah Prudential Indonesia telah mengembangkan berbagai solusi proteksi dan selalu menjadi pemimpin pasar asuransi jiwa syariah sejak diluncurkan pertama kali tahun 2007. Kini PRUCinta hadir dengan konsep perlindungan berbasis syariah untuk semua (sharia for all). Karena ada pepatah To love is to protect. PRUCinta ini hadir sebagai warisan cinta peserta asuransi terhadap orang-orang yang dicintainya.

Persiapan Dana Darurat

Bagaimana cara menghitung dana darurat untuk persiapan kita meninggalkan keluarga selamanya? Kita hitung saja biaya-biaya yang mungkin muncul.

1. Biaya Pemakaman
Biaya pemakaman juga bisa menghabiskan biaya yang cukup besar. Misalnya pengurusan jenazah, pemakaman, sampai menjamu tamu-tamu yang datang.

2. Biaya Untuk Keluarga
Income berhenti karena sumber pendapatan utama berhenti. Tapi keluarga yang ditinggalkan harus terus melanjutkan hidup. Ibaratnya kita pergi sehari untuk bekerja pasti kita menyiapkan uang makan untuk keluarga di rumah selama 1 hari. Jika pergi dinas luar kota seminggu pasti juga kita siapkan sangu seminggu. Begitu juga berapa yang pantas untuk 1 bukan biaya hidup keluarga, jika kita perginya 1 bulan, contohnya saat pergi haji. Bagaimana jika kita pergi selamanya?

Sesuai data yang dikumpulkan setidaknya kita harus menyiapkan sangu untuk 1 tahun. Tapi idealnya 1 tahun tidaklah cukup. Biasanya 5 tahun. Mengapa? Karena belum tentu keluarga yang ditinggalkan bisa menghasilkan seperti yg kita kerjakan.

Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia mengatakan bahwa persiapan dana darurat untuk kondisi darurat seperti meninggalnya sumber penghasilan utama harus dengan mudah dicairkan dan setidaknya mencakup total pendapatan 1 tahun. PRUCinta Syariah memberi manfaat santunan yang lebih optimal selama 20 tahun dengan pembayaran kontribusi 10 tahun saja.

Manfaat dan Kelebihan PRUCinta Syariah

Asuransi Syariah PRUCinta merupakan produk asuransi jiwa tradisional Yang mengusung konsep syariah. Konsep sharia for all menjadikan produk ini dapat  dinikmati oleh semua kalangan, tanpa memandang agama.

Selain itu, ada 4 poin penting tentang manfaat dan kelebihan Asuransi Jiwa PRUCinta Syariah, yaitu:

1. Terjangkau dan Hemat

Kontribusi asuransi PRUCinta Syariah mulai Rp. 300.000/bulan. Bahkan bisa lebih hemat jika kita membayar per tahun. Kita hanya perlu membayar 11 bulan kontribusi, atau hanya senilai Rp. 3.300.000 / tahun.

2. Manfaat Perlindungan Lebih
Manfaat perlindungan yang diberikan PRUCinta antara lain :

  • Santunan meninggal dunia dari Dana Tabarru’ yang lebih optimal selama 20 tahun dengan masa pembayaran kontribusi hanya 10 tahun
  • Manfaat jatuh tempo berupa nilai tunai dari Dana Nilai Tunai yang dimaksimalkan setara 100% kontribusi yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim selama masa kepesertaan
  • Manfaat 3x santunan asuransi meninggal akibat kecelakaan serta 4x santunan asuransi meninggal dari Dana Tabarru’ dan sesuai ketentuan polis, jika insiden terjadi dalam periode 6 ( enam ) minggu sejak tangal 1 Ramadhan (penentuan 1 Ramadhan menurut ketetapan Pemerintah)

3. Jangka Waktu Maksimal 20 tahun, dapat diperpanjang tanpa medical check up

4. Bisa diwakafkan.

Produk ini termasuk dalam Program Wakaf Prudential yang bekerja sama dengan lembaga wakaf, sehingga dapat dijadikan Wakaf Hidup dan Wakaf Wasiat.

  • Wakaf Hidup dilakukan saat manfaat jatuh tempo di akhir tahun ke 20 dibayarkan
  • Wakaf Wasiat dilakukan saat santunan asuransi atau nilai tunai dibayarkan.

Mencintai adalah melindungi. Cinta bisa hidup selamanya, sedangkan kita tidak. Asuransi Jiwa PRUCinta Syariah adalah bentuk cinta yang tak lekang oleh waktu untuk keluarga.

Be Sociable, Share!
Posted on: March 14, 2020, by : li partic

18 thoughts on “Asuransi PRUCinta Syariah, Karena Cinta Itu Selamanya, Kita Tidak

    1. Lagi promo bayar 11 bulan untuk 12 bulan sebesar min 3,3 juta itu mbak. Kalau lama kontribusi ya 10 tahun untuk perlindungan 20 tahun.

  1. Asuransi prucinta ini bayarnya sampai berapa lama, 11 Bulan aja atau gimana? Kurang ngeh saya, maafkan. Memang penting banget sih, ya, punya asuransi terutama asuransi kesehatan, karena bener banget cinta bisa selamanya tapi hidup kita enggak, karena hidup kan sementara

  2. Ah yaa, kematian tidak saja membuat repot keluarga rentang setahun dua tahun, namun yang pasti dan harus dikeluarkan saat itu juga adalah biaya pemakaman. Belum lagi biaya kirim doa 7 harian, 40, 100, setahun hingga 3 tahun. Di kampungku masih ada yang masih mengadakan beginian. Termasuk keluargaku?

  3. Bukti cinta untuk keluarga adalah tidak merepotkan saat meninggal ya Mbak. Kalau untuk asuransi keluargaku sudah ikut sejak kami masih muda. Nenekku saja dulu sudah punya asuransi loh. Beliau meninggal saat aku SMA. Almarhum bapak juga punya dua asuransi sejak adikku balita.

  4. Sudah cukup lama bergabung dengan asuransi Prudential dan memang selalu memberikan yang terbaik untuk berbagai nasabah. Apalagi produk PruCinta ini juga cocok banget buat orang-orang tercinta.

  5. Menarik banget ini PruCinta yah kak. aku belum punya Asuransi. Jadi terpikir nih buat punya untuk menjaga orang tercinta kita. Bener juga yah

  6. Zaman sekarang ini yang namanya asuransi itu perlu banget. Kita gak bisa bilang engga untuk punya asuransi. Prudential ini bisa jadi salah satu pilihan asuransi untuk kita.

  7. Ga kebayang di tinggal orang tercinta terutama si pencari nafkah. Ya allah lindungi aku selalu dan dari harta yang aku lindungi..aamiin. aku sudah persiapkan buat anak2 semua di proteksi

  8. Saat kita meninggal dunia semua berubah baik segi pendapatan keluarga, makanan sehari-hari hingga kebiasaan.

    Pemakaman memang biaya mahal tapi kalau kita siapkan dengan PRU cinta maka semua bisa diatasi

  9. jujur aku belum pernah pakai asuransi. aku mikirnya kayaknya ribet hehe. tapi setelah baca tulisanm ini mba segitu pentingnya si buat dana darurat. kontribusinya prucinta juga tergolong terjangkau ya

Leave a Reply to paket wisata belitung Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *