Marketplace Asuransi: Agen Asuransi Atau Pialang?

Dalam dunia finansial ada istilah digital baru, yiatu fintech alias financial technology. Kini di dunia asuransi pun dikenal istilah yang masih asing didengar. Insurtech. Insurtech berarti insurance technology. Insurtech ini berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dalam pemasaran produk asuransi.

Jika dalam kebiasaan konvensional, kita mengenal produk asuransi, kesepakatan, dan akad melalui perusahaan maupun agennya. Dalam insurtech, kita akan mengenal asuransi lewat dunia digital. Beberapa perusahaan asuransi sudah memulai langkah ini. Sebut saja Astra Life dengan ilovelife.co.id atau FWD  dengan fwd.co.id -nya. Namun  selain perusahaan sendiri yang mendigitalisasi produknya, ada juga pihak ketiga yang menawarkan perusahaan asuransi. Bahkan banyak produk ditawarkan dalam satu platform. Itulah marketplace asuransi.

Marketplace asuransi memungkinkan kita untuk membandingkan produk mana yang cocok, fitur-fiturnya apa saja, sampai harga preminya. Dengan demikian cara ini lebih praktis karena biaya distriusi bisa ditekan. Tahu nggak, macam-macam marketplace asuransi? Ini contohnya:

Macam-Macam Marketplace Asuransi

We+

Kita bisa membacanya dengan We Plus. Insurtech ini ada di bawah perusahaan PT Kita Indonesia Plus yang berdiri tahun ini, tepatnya April 2018. Kita bisa membeli asuransi lewat aplikasi maupun website. Di We+ ada 4 kategori asuransi, yaitu: asuransi personal accident, asuransi kendaraan bermotor, extreme sport, dan asuransi travel.

Raja Premi

Nah, ketika saya sendiri mengetikkan kata kunci merketplace asuransi, Raja Premi lah yang ada di ranking 1 Google. Raja Premi sudah berdiri lumayan lama sejak 2013. Dia bekerja sama dengan 21 perusahaan asuransi. Ada asuransi mobil, asuransi motor, asuransi truk, asuransi kecelakaan diri, asuransi properti, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan asuransi jiwa.

Fuready

Futuready bisa diakses melalu fuready.com. Perusahaan ini berdiri sejak April 2016, dengan perusahaannya PT Futuready Insurance Broker. Ada 20 mitra perusahaan yang bekerja sama denga Futuready. Kategori yang ada di dalamnya adalah asuransi perjalanan, asuransi mobil, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, dan asuransi jiwa berjangka.

Marketplace Asuransi adalah Agen atau Pialang Asuransi?

Lantas, apa sih posisi marketplace asuransi ini? Apakah dia mengambil keuntungan dengan menjadi agen? Atau merupakan pialang alias broker? Mari kita bahas perbedaannya dulu.

Agen asuransi adalah perpanjangan tangan dari perusahaan asuransi dalam memasarkan produknya. Jadi dia cenderung “bela-belain” perusahaannya sendiri. Sehingga agen asuransi itu menerima komisi langsung dari perusahaan asuransi yang ia pasarkan.

Sedangkan pialang atau broker asuransi adalah perwakilan dari nasabah. Tugasnya seperti makelar, yang mirip-mirip financial planner. Tugas broker asuransi ini mencarikan produk asuransi yang cocok dalam segi kemampuan dan keinginan nasabah. Dia memberi alternatif beberapa produk asuransi. Sehingga, pialang/broker asuransi ini mendapat komisi langsung dari nasabah.

Nah, kalau dilihat dari sifatnya, marketplace asuransi ini cenderung pada pialang asuransi, tapi yang sudah terdigitalisasi. Dia menjelaskan dan menawarkanbanyak produk asuransi, kelemahan dan kelebihannya seperti apa. Tinggal nasabah yang memutuskan.

Bagaimana? Kamu sudah pernah beli asuransi lewat marketplace asuransi?

Be Sociable, Share!
Posted on: October 29, 2018, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *