KTA (Kredit Tanpa Agunan), Solusi Mudah Mendapat Pinjaman Proses Cepat

KTA (kredit tanpa agunan) adalah pinjaman yang diberikan untuk nasabah perorangan tanpa harus memberikan jaminan tertentu seperti sertifikat rumah, BPKB, dll. Jelas KTA ini adalah  solusi mudah bagi calon peminjam yang belum punya modal. Kalau rumah masih ngontrak, motor mobil belum punya, tapi kita sudah sangat butuh duit, ya bisa ajukan kredit tanpa agunan ini.

Tak hanya itu, jika pun kita memiliki sesuatu untuk dijaminkan, pinjaman kita pun belum tentu disetujui oleh bank. Misalnya, jika kita ingin meminjam uang sebesar Rp. 50 juta, bank tidak akan memberi pinjaman jika jaminan kita hanya bernilai Rp. 20 juta. Bahkan, jika kita memiliki jaminan yang bernilai sama dengan nilai pinjaman, sebesar Rp. 50 juta pun, bank belum tentu akan menyetujui. Biasanya, kita baru bisa mendapat pinjaman jika nilai jaminan kita sebesar Rp. 100 juta. Jadi nilai jaminan atau agunan kita harus lebih besar daripada yang akan kita pinjam.

Selain besarnya nilai jaminan, masih ada keribetan lain yang akan kita rasakan. Bank akan menilai bagaimana kondisi barang yang kita jaminkan, lokasinya seperti apa, apakah bisa dijual dengan mudah atau tidak.

Nah, bagi kita yang tidak punya aset atau aset yang dimiliki tidak seberapa untuk dijaminkan, maka kita bisa melirik KTA (kredit tanpa agunan) ini. Bisa dikatakan jenis pinjaman KTA ini bisa diajukan oleh siapa saja, seperti karyawan, profesional, maupun pengusaha.

Namun, KTA (kredit tanpa agunan) juga memiliki kelemahan. Karena cenderung mudah tanpa mensyaratkan jaminan/agunan, maka risiko bank sebagai pemberi pinjaman akan semakin tinggi. Jadi, biasanya jumlah pinjaman yang bisa kita peroleh sangat terbatas. Kisaran yang bisa kita dapatkan dari kredit tanpa agunan ini adalah Rp. 5 juta- 300 juta. Demikian juga jangka waktu pengembaliannya pun lebih pendek, yaitu antara 3-5 tahun. Oleh karena itu, tujuan pinjaman KTA ini biasanya untuk tujuan konsumtif seperti untuk membayar biaya nikahan, biaya masuk kuliah, atau buka usaha yang modalnya kecil.

KTA

Saat ini banyak bank yang memiliki produk KTA, misalnya KTA Mandiri, KTA BCA, KTA BNI, dll. Saking banyaknya penyedia produk KTA, kita juga harus jeli dalam mengajukan pinjaman. Kita harus mengunjungi satu-persatu bank-bank itu. Syukur-syukur jika kita bisa memperoleh KTA bunga rendah.

Repotnya lagi, mencari jodoh bank yang cocok dengan KTA itu tidak cukup sehari. Untuk tanya-tanya saja ke customer servicenya bisa menghabiskan waktu berjam-jam karena harus mengantri. Bayangkan saja kalau ada beberapa bank yang akan kita gali infonya. Untungnya sekarang, kita bisa intip info-info itu dan mengajukan pinjaman KTA secara online.

Pengajuan pinjaman secara online itu, punya beberapa kelebihan. Pinjaman online proses cepat, itu salah satu yang kita harapkan. Selain itu, kelebihan pinjaman KTA online adalah:

  • Hemat waktu. Calon peminjam hanya perlu membuka situs penyedia pinjaman KTA untuk mendapatkan informasi.
  • Hemat bahan bakar, hemat energi. Kita tidak perlu pergi kemana-mana, sehingga hemat bensin atau bahan bakar lainnya. Juga tidak perlu membuang energi berpanas-panas ria menuju ke bank hanya untuk memperoleh info, yang belum tentu pinjaman kita langsung disetujui.
  • Banyak produk yang bisa dipelajari. Dalam waktu singkat, dengan hanya membuka web atau situs kita bisa memperoleh banyak informasi berbagai bank yang menyediakan produk KTA.
  • Mudah membandingkan bunga. Hal yang paling penting bagi peminjam pastinya adalah bunga. Biasanya kita menggali info tentang pinjaman KTA bunga rendah, bunga fix, dan jangka waktu pengembalian yang cocok dengan kemampuan.
  • Mendapat info jangka waktu pencairan dengan mudah. Biasanya pinjaman KTA online punya keunggulan jangka waktu pencairan yang singkat. Bisa 3-5 hari, bisa seminggu, atau paling lama 14 hari.

Tip Pengajuan KTA disetujui

  1. Perhatikan Histori Kartu Kredit. Biasanya dibutuhkan kartu kredit dengan minimal pemakaian 7 bulan. Bank akan menilai histori cicilan per bulannya. Pastikan tidak melebihi limit.
  2. Perhatikan Histori Pinjaman di Bank. Jangan sampai ada riwayat telat bayar. Jika histori baik, kemungkinan diterimanya KTA akan besar pula.
  3. Lengkapi Syarat Dokumen Pengajuan KTA Online.

Tentu yang utama dalam mengajukan syarat dokumen pengajuan KTA online adalah kita  harus dapat membuktikan bahwa kita adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Usia juga jadi acuan, yaitu minimal harus sudah berusia 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Kemudian perhatikan masalah gaji atau penghasilan. Minimal gaji yang dihasilkan per bulan biasanya berkisar Rp. 2,5 juta. Tapi, juga tergantung lokasi sih. Di luar kota besar juga akan berbeda kebijakannya.

Berikut macam-macam dokumen yang harus disiapkan dalam mengajukan KTA:

  • Fotokopi KTP, kartu keluarga dan surat nikah (apabila sudah berkeluarga)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh 21
  • Cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Asli surat keterangan kerja dan slip gaji (untuk karyawan dan profesional)
  • Tagihan kartu kredit terakhir (jika punya)
  • Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  • Salinan izin praktik profesional (dokter, pengacara, atau profesional lain)
  • Salinan laporan keuangan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  • Meterai

Jika sudah siap, kita tinggal akses https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan untuk membandingkan produk KTA berbagai bank. Tenang, semua penyedia produk KTA yang ditampilkan di web tersebut sudah diatur dan diawasi oleh OJK, Bank Indonesia, dan Fintech Indonesia, kok.

Be Sociable, Share!
Posted on: November 21, 2018, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *