Ketahui Konsep Benar Ini Sebelum Mulai Diet

Tahukah kamu bahwa pilihan diet itu seperti memilih agama? Kita hanya yakin pada keyakinan masing-masing. Contohnya keju. Keju cheddar maupun mozarella, sudah pasti terasa nikmat bagi kita masyarakat Indonesia. Tapi jika tahu ada keju yang baunya tak sedap seperti bau kaki, kita pasti mual duluan sebelum memakannya. Namun tidak bagi orang bule sana, mereka pasti bilang enak. Begitu juga jika masyarakat Indonesia penikmat jeroan seperti usus, ginjal, babat mengatakan makanan tersebut nikmat sekali. Tapi bule yang tidak biasa makan makanan seperti itu pasti menganggap hal itu menjijikkan.

Urusan menurunkan berat badan pun tak kalah pelik. Ada aliran-aliran tertentu yang harus diyakini yang menurut kita baik. Apalagi yang sedang ngetren di zamannya. Ada yang memakai metode detoks dengan buah sepanjang hari, bahkan ada yang makan lemak saja, makan buah malah tidak boleh. Aneh? Tentu. Tapi tak dapat dipungkiri, ada yang berhasil dengan cara-cara itu. Berat badan turun drastis. Apakah baik? Belum tentu. Semua yang instan pasti ada buruknya, bukan?

Mari ketahui konsep penurunan berat badan yang tepat, sebelum kamu memilih jenis dietmu.

Pahami Kebutuhan Dasar kalori

Pernah tidak? Menghindari makanan tertentu atau malah makan makanan yang dianggap sehat, tapi berat badan tak kunjung turun? Mungkin saja kamu melupakan faktor kalori yang kamu asup. Jika kamu wanita seperti saya, maka rumus kebutuhan kalori dalam sehari adalah:

(BBI x 25 kalori) + 20% untuk aktivitas

Keterangan:

BBI: Berat Badan Ideal

BBI = (Tinggi Badan cm -100 cm)  – 10% x (Tinggi Badan  cm – 100 cm)

Contohnya, saya dengan tinggi badan 155 cm dan berat badan 58 kg. Maka berat badan ideal saya adalah 55 kg-10% = 49,5 kg dibulatkan menjadi 50 kg.

Kebutuhan kalori dasar = 50 x 25 kalori = 1.250 kalori.

Jika ditambah kalori aktivitas sebesar 20% = 1.250 + 250 = 1.500 kalori.

Jadi saya membutuhkan diet sebesar 1.500 kalori dalam sehari. Karena berat badan saat ini melebihi berat ideal, maka seharusnya, yang saya konsumsi kurang dari 1.500 kalori.

Jika saya mematok per hari maksimal 1.200 kalori, maka untuk tiga kali waktu makan, per sekali makan paling tidak 400 kalori yang dikonsumsi. Kalau lima kali makan (termasuk cemilan pagi dan sore) maka lain lagi hitungannya. Waktu makan pokoknya, harus kurang dari 400 kalori, karena masih ditambah cemilan. Pastikan cemilan yang dimakan sehat, seperti buah atau kacang-kacangan.

Contoh:

-Makan pagi pukul 07.00 = 300 kalori

-Cemilan pagi pukul 10.00 = 100 kalori

-Makan siang pukul 13.00 = 400 kalori

-Cemilan sore pukul 16.00 = 100 kalori

-Makan malam pukul 19.00 = 200 kalori

Total = 1.100 kalori –> belum kalau khilaf hehehe.

Jangan Remeh Saat Cheating

Cheating, kalau bosan diet sah-sah saja. Tapi jangan berlebihan. Artinya, kamu tetap harus menghitung berapa banyak kalori yang masuk. Ngemil itu nggak terasa, loh. Belum puas ngemil, eh ternyata sudah overload kalori. Gimana mau langsing?

Contohnya ngemil wafer. Saya suka banget wafer cokelat. Sekali makan bisa habis 2 bungkus. Jika perhatikan info nilai gizi di balik kemasan, energi total per sajian per kemasan adalah 150 kkal. Jadi kalau misalnya saya habis 2 bungkus, saya telah memasukkan 300 kkal ke dalam tubuh. Wah, ini kan setara rencana kalori makan makanan pokok. Padahal, ngemil 2 bungkus wafer ini belum kenyang, lho.

Kalori wafer coklat per sajian = 150 kkal.

Sekarang, mari bandingkan ngemil makanan ringan seperti keripik dorito (jagung) dengan stroberi. Jumlahnya beda, tetapi menghasilkan kalori yang sama. Sebanyak 25 biji stroberi medium dan 8 keping keripik sama-sama menghasilkan 100 kalori. Apa cukup kenyang dengan makan 8 keping keripik saja? Pasti nggak, kan? Kita biasanya nambah lagi dan lagi. Berbeda dengan stroberi yang rendah gula dan banyak serat, bikin kenyang lebih lama. Jadi, meski ada rencana cheating, tetap hitung kalorimu ya. Perhatikan label pada kemasan.

Perbandingan kalori 25 biji stroberi dengan 8 keping keripik dorito.

Jangan Terkecoh Superfood

Dalam hal diet, kita pasti mengenal superfood, makanan hijau, vegan, dll. Semua itu dikenal sebagai makanan sehat. Mungkin memang lebih sehat karena mengandung vitamin lebih banyak, serat lebih banyak. Tapi kadang ada tambahan tertentu yang membuat makanan itu enak dikonsumsi, sehingga tanpa disadari kalorinya menjadi berlebih. Misalnya, pada kopi biasa kita hanya tambahkan susu skim, tapi pada kopi superfood kita tambahkan butter dan alpukat sehingga kalorinya lebih besar meski kaya antioksidan.

Kita juga harus jeli melihat makanan-makanan yang dikemas. Perhatikan komposisi dan info gizinya. Siapa tahu, jus kaya antioksidan tapi ternyata tinggi gula. Kue non trans-fat dan tidak mengandung gluten tapi ternyata tinggi lemak dan rendah serat.

Makanan Gizi Seimbang Sangat Diperlukan

Dalam menyusun menu makanan, setidaknya kita penuhi pedoman umum gizi seimbang, dan perhatikan aturan berikut.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan kalori dan protein harian.
  • Harus ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.
  • Garam dibatasi sampai 7 gram atau 1 ½ sendok teh.

Mudahnya, kita pakai acuan “My Healthy Plate”. Setengah piring kita isi dengan buah dan sayur. Sepertiganya adalah biji-bijian. Utamakan yang kaya serat seperti nasi merah. Sepertiganya lagi isi dengan protein baik nabati maupun hewani. Contohnya tempe, ikan, daging ayam, dll. Hindari daging merah, ya.

Latihan teratur

Selain mengurangi porsi kalori, kita juga harus menguras lemak-lemak yang menempel di tubuh dengan membakarnya. Membakar dengan apa? Tentu saja aktivitas yang berkeringat. Olah raga secara teratur paling tidak seminggu 2-3 kali. Lakukan aktivitas kardio sampai pipi berwarna seperti kepiting rebus. Biasanya minimal 20menit untuk pemula. Jangan lupa lifting untuk membentuk massa otot.

Cara gampang memenuhi gizi saat diet

Pusing menentukan menu makan? Konsumsi Slim & Fit saja. Slim & Fit bisa digunakan sebagai pengganti sarapan dan makan malam. Satu sachet Slim & Fit memberi energi sebsar 200 kkal. Tak hanya itu, Slim & Fit juga penuh gizi. Seratnya setara dengan 5 buah apel, jadi kenyangnya lebih lama. Karbohidratnya berupa isomaltulosa yang lambat dibakar. Proteinnya tinggi, setara dua butir telur. Kalau ada protein tinggi, saat kamu olah raga akan cepat membakar kalori yang lebih. Selain itu, protein ini penting untuk body shaping, karena membentuk dan mengencangkan otot.

Ini kan susu, lemaknya kan tinggi? Eit, jangan salah. Slim & Fit ini rendah lemak dan rendah gula. Bahkan jika dibandingkan dengan susu diet sejenis, Slim & Fit ini 50% lebih rendah kandungan lemak dan gulanya. Meski rendah lemak dan gula, Slim & Fit ini tinggi kalsium. Bayangkan, jika kamu memakan brokoli 7 mangkok. Sanggup? Tapi kalsiumnya dibutuhkan, lho. Nah, Slim & Fit mengandung 500 gram kalsium yang setara 7 mangkok brokoli. Wow!

Kalau kamu sedang dalam proses menurunkan berat badan, sebaiknya, konsumsi Slim & Fit pagi dan malam, sebagai pengganti makannya. Kalau untuk mempertahankan berat badan, cukup konsumsi satu kali sehari di pagi atau malam hari.

Saya sebenarnya dalam proses menurunkan berat badan. Tapi apa daya kok kadang malas ya? Jadi saya hanya konsumsi 1 gelas Slim & Fit sekali sehari, terutama pagi. Ini meal plan saya:

  • Jam 07.00 pagi: buah
  • Jam 09.00 pagi: Slim & Fit
  • Jam 12.00 siang: Makan siang dengan pola “My Healthy Plate”
  • Jam 18.00 malam: Makan malam dengan porsi setengah dari makan siang

Sukseskah turun berat badan dengan Slim & Fit hanya sekali sehari? Sementara anjurannya, kan 2 kali sehari? Alhamdulillah, setelah 3 hari, berat badan turun 2 kiloan! Yeay! Semoga ke depannya terus memberi hasil yang signifikan, ya.

Perbedaan hasil timbangan sebelum dan sesudah minum Slim & Fit

Gimana? Pengen segera langsing juga? Yuk, terapkan diet sehat bersama Slim & Fit. Cara mendapatkannya gampang. Saya punya kode kupon biar kamu dapat diskon waktu belanja. Tinggal klik http://www.kalbestore.com/. Lalu cari produk Slim & Fit sesuai varian favoritmu. Fyi, Slim & Fit memiliki dua varian yaitu:

  1. Cokelat
  2. Vanila

Satu dus Slim & Fit berisi 6 sachet. Kalau kamu pakainya 2 kali sehari maka, satu dus cukup untuk 3 hari. Oleh karena itu, sekalian belanja 3 dus ya. Nanti bisa dapat diskon sebesar 20%, dengan memasukkan kode: nurul20.

Slim & Fit tersedia dalam dua varian rasa: vanila dan cokelat. Favorit saya yang cokelat.

Tunggu apalagi? Dapatkan berat badan idealmu. Dapatkan Slim & Fit harga diskon. Lebih murah dibanding beli di toko offline.

  1. Klik http://www.kalbestore.com/
  2. Cari produk Slim & Fit
  3. Add to cart 3 pcs
  4. Lanjutkan pembayaran
  5. Isi data dengan benar. Login dulu jika belum punya akun.
  6. Pada bagian ULASAN PEMESANAN, masukkan kode voucher nurul20 untuk dapat diskon 20%.
  7. Selesaikan pembayaran.
  8. Free Ongkos Kirim, lho!
Lumayan kan, 3 pcs Slim & Fit jatuhnya cuma 186.000 pakai kode kupon nurul20
Lumayan kan, 3 pcs Slim & Fit jatuhnya cuma 186.000 pakai kode kupon nurul20

Sssst… Jangan lupa bahagia, ya. Dan tambahkan kadar bahagiamu jika sudah berhasil dietnya.

Salam,

Li Partic

Alumnus Teknologi Pangan dan Calon Personal Health Trainer ^_^

Be Sociable, Share!
Posted on: April 26, 2018, by : li partic

One thought on “Ketahui Konsep Benar Ini Sebelum Mulai Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *