Ibu Menyusui, Rambut Rontok, dan HG Solution

12185333_10205328818882431_5021354889170658418_o

Suatu ketika saya menemui rambut rontok berserakan dimana-mana dalam rumah saya. Mulai dari kamar tidur, ruang bersantai, dapur hingga kamar mandi. Paling banyak dari kamar mandi.

Kemudian saya teringat perbincangan singkat dengan nenek saya. “Kamu habis ngelaihirin gak rontok rambutnya? Nenek gitu dulu. Kata orang kalo anaknya cowok pasti rontok sampe hampir habis.”

“Nggak tuh nek. Biasa aja.” Jawab saya tak percaya.

Tapi ternyata sekarang kenyataannya begitu. Seakan termakan omongan sendiri. Ya ampun apa karena memang habis melahirkan ya rambut saya bertebaran kemana-mana? Kok bisa?

Singkat cerita, karena orang jaman sekarang apa-apa dicurhatin ke google bukannya langsung ke dokter, saya pun melakukannya. Akhirnya saya dapat jawaban mengapa rambut wanita bisa rontok apalagi sehabis melahirkan.

 

Rambut Rontok
Rambut Rontok – dok. pribadi

Identifikasi Rambut Rontok

Pertama sebelum menghakimi apakah kita mengalami kerontokan rambut, kita harus identifikasi dulu, benarkah kita terserang rambut rontok? Normalnya, rambut yang rontok sebanyak 45-100 helai per hari itu masih wajar lho.

Nah, kalu sudah lebih dari batas wajar, barulah disebut rontok berlebihan. Rontok yang berlebihan pada wanita bisa disebabkan karena beberapa hal diantaranya:

  1.  Kulit kepala tidak sehat. Jika kulit kepala tidak sehat, akar rambut akan rapuh dan menyebabkan rambut mudah rontok.
  2. Ketombe. Ketombe ini disebabkan adanya jamur pada kulit kepala. Gangguan ketombe menyebabkan kulit kepala tidak sehat. Kulit kepala yang tidak sehat tidak bisa menyerap nutrisi dengan sempurna sehingga akar rambut menjadi rapuh dan akhirnya rambut rontok.
  3. Tidak keramas dalam waktu lama. Apa akibatnya jika rambut tidak dikeramas misalnya sampai seminggu tidak keramas? Tentunya rambut jadi lepek, berminyak, kulit kepala pun lembab.
  4. Perlakuan rambut. Perlakuan hair dressing untuk memperindah rambut seperti pengeringan rambut dengan hair dryer, pengeritingan, pelurusan dengan catok dapat menjadikan rambut kering, patah, bercabang, sehingga berakibat pada kerontokan.
  5. Obat dan bahan kimia. Obat dan zat kimia untuk meluruskan rambut, mewarnai rambut juga mempengaruhi terjadinya rambut rontok.
  6. Stres. Jika kita stres, otot syaraf di sekitar kepala menegang. Akibatnya, syaraf akar rambut melemah dan terjadilah kerontokan.
  7. Ketidakseimbangan hormon. Hal ini terjadi saat seseorang di atas usia 30 tahun. Selain itu, faktor menyusui juga bisa mempengaruhi karena penurunan hormon sata masa-masa baru melahirkan dapat mengakibatkan rambut rontok.
  8. Genetik. Jika orang tua kita atau orang yang masih ada hubungan darah dengan kita botak, maka tidak menutup kemungkinan nanti saat menjelang tua kitaakan mengalami kerontokan rambut.

Perlukah Obat Penumbuh Rambut?

Perlu dong. Rambut kan mahkota wanita. Kecuali kalo kita memang suka gundul ya hehehe. Kalau gak segera diobati bisa tambah parah rambut pun menjadi semakin tipis.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. Nutrisi rambut dari dalam

Ini sifatnya wajib. Rambut perlu vitamin untuk pertumbuhannya, hormon agar bekerja baik maka kita perlu gizi yang baik. Jika kebutuhan sehari-hari masih kurang gizi mikro seperti vitamin, mineral, dan serat maka pola makan kita sudah termasuk tidak seimbang. Inilah yang menyebabkan rambut juga kekurangan nutrisi.

Bagaimana caranya memenuhi kebutuhan harian agar rambut sehat?

  • Makanlah karbohidrat kompleks yang lebih lambat dicerna dan kaya serat, misalnya oatmeal, beras merah, beras hitam, quinoa, dll.
  • Cukupi protein dari ikan laut dalam, unggas, dan telur. Asam amino yang berperan dalam pertumbuhan rambut adalah fenilalanin, valin, triptofan, treonin, isoleusin, histidin, arginin, lisin, dan leusin.
  • Lemak juga pilih yang baik. Jangan pilih sumber lemak dari daging merah, tetapi ambillah dari kacang-kacangan, avokad, minyak sehat, dan sumber asam lemak esensial lainnya.

2. Nutrisi Rambut Dari Luar

Nutrisi rambut dari luar ini termasuk mengaplikasikan obat penumbuh rambut. Kita bisa memakai shampo dan conditioner spesialis rambut rontok. Jangan lupa juga dengan hair tonicnya. Kalau kita wanita maka pilihlah produk yang memang ditujukan untuk wanita karena formulasinya, dosisnya sudah dibuat dengan tepat untuk wanita.

Lalu pertanyaannya merek apa yang bagus?

Kebetulan sehabis melahirkan, saya dijenguk oleh teman-teman. Kita ngobrol ngalor ngidul dari masalah hamil, melahirkan, bayi. Sampailah pada obrolan rambut yang rontok. Ga cuma saya yang mengalaminya. Ternyata teman saya juga pernah rontok rambutnya sehabis melahirkan. Dia nggak sembarangan pakai produk pasaran yang murahan. Pilihannya jatuh pada HG Solution. Kenapa? Karena HG itu spesialisnya rambut rontok. Nggak cuma pria, tapi juga wanita. Tentunya produk untuk wanita dan pria berbeda karena sistem tubuh berbeda sehingga diperlukan formula yang berbeda pula. Setelah beberapa lama dia rutin perawatan dengan HG Solution, eh dilalah kok manjur. Rambutnya kembali tebal. Semakin pede deh kalau rambutnya sehat, tebal, dan bebas botak.

Mendengar hal itu, saya jadi tergiur pengen nyobain juga. Masak kalau udah jadi emak-emak terus botak, penampilan di depan suami jadi kacau? Entar dikiranya manekin botak lagi.

“Jangan lupa pilih yang For Women ya,” ujar teman saya mewanti-wanti.

Ya iyalah, HG Shampoo & Hair Tonic For Women itu kan paket sempurna, bahannya alami, formulanya memang khusus dirancang untuk wanita yang berguna dalam:
1.    Menumbuhkan rambut
2.    Menebalkan rambut
3.    Mengurangi kerontokan rambut
4.    Menghambat proses pertumbuhan uban

Nah, bagaimana cara kerjanya? Ternyata detil banget lho. HG Shampoo & Hair Tonic For Women  itu ‘mengerjakan’ rambut kita dengan beberapa tahap, diantaranya :
1.    Melancarkan peredaran darah di kulit kepala
2.    Menutrisi dan menyehatkan akar rambut
3.    Menumbuhkan rambut
4.    Menebalkan rambut

Hunting HG Shampoo

Obat Penumbuh Rambut

Semakin mantab dengan cerita teman saya, akhirnya saya berburu HG Solution. Ternyata HG gampang ditemui lho. HG Solution bisa didapatkan di apotek seperti Kimia Farma, Century, K-24, di hipermarket juga ada. Kebetulan saya lagi belanja di Giant. Masuk keranjang belanja deh si HG Solution For Women itu. Paket ini terdiri dari shampoo dan conditioner. Kalau beli HG jangan lupa HG Hair Tonicnya biar klop. Pengaplikasian shampoo dan conditioner seperti biasa pada umumnya. Sedangkan untuk hair tonicnya langsung ke kulit kepala ya, jangan di rambut. Dipijat-pijat selama 2-5 menit, lalu rapikan rambut tanpa dibilas.

HG blog contest

Be Sociable, Share!
Posted on: November 5, 2015, by : li partic

7 thoughts on “Ibu Menyusui, Rambut Rontok, dan HG Solution

  1. Beneran berguna sekali tulisannya, sudah lama ikhtiar menggunakan bahan kimia tapi
    belum ada efeknya. Sekarang mau mencoba menggunakan cara alami,
    alhamdulillah sekali ketemu artikel ini. Jadi tertolong sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *