Hidup Sehat Bonus Langsing Awet Muda

Health Agent Hidup Sehat

Saya teringat almarhum papa. Berawal dari umur 40-an beliau terkena diabetes. Bahkan gula darahnya pernah mencapai angka 400an. Angka yang menyeramkan, bukan? Beberapa waktu kemudian, ia merasa sangat berkeringat, dada terasa sesak. Ternyata inilah awal dari gagal jantung komplikasi diabetes yang sudah menyebar. Setahun dari vonis gagal jantung, perutnya membesar. Ada penumpukan cairan di perutnya. Dokter menyebutnya asites. Sebulan sekali, beliau melakukan operasi kecil untuk menyedot cairan di perutnya. Beliau ga tahan ketika perut terasa penuh mau meledak. Jelas saja setelah dikeluarkan total cairan di perutnya sebanyak 12 liter!

Saya takut terbayang-bayang penyakit tertentu jika tua kelak. Saya tidak mau merepotkan orang lain kelak. Tua punya penyakit bukan hal yang wajar karena penyakit bisa dicegah dengan hidup sehat. Dengan demikian saya menjadi sadar dan tergerak untuk mencari ilmu agar hidup sehat.

Ukur porsi yang benar.

Bagaimana porsi komposisi makanan kita sehari-hari?

Tenang ajaaaa, udah pakai sayur, kok!

Tapi kok cuma sejumput? Usahakan makan dengan komposisi seimbang antara makanan nabati dan hewani ya.

-50% biji-bijian, misal beras merah, pasta gandum utuh, kacang hijau, kacang merah, oatmeal.

-30% sayuran hijau, kentang, wortel, ubi, rumput laut.

-5-10% buah-buahan.

Protein hewani sebesar 10-15% (85-115 g per hari). Misalnya ikan laut dalam, daging unggas, daging merah, telur.

Piring Porsi Makan (preciseporsions.com)
Piring Porsi Makan (preciseporsions.com)

 

Singkirkan tepung, dan tukar gulanya

Jauhi pangan berbahan dasar tepung-tepungan seperti bakpau, mie, donat karena cepat dicerna dan berindeks glisemik tinggi. Gula darah meningkat drastis, sehingga tubuh akan cepat-cepat menekan gula darah. Kita akan gampang lapar lagi. Selain itu, keseringan dengan keadaan ini insulin bisa jebol dong. Insulin sudah tidak mampu menetralkan gula darah, sehingga timbul penyakit kencing manis.

Solusinya, makan jenis karbohidrat yang kompleks. Bisa dengan roti gandum, oatmeal, beras merah. Ngomong-ngomong soal beras merah, itu nasi yang susah dikunyah, apek. Ternyata ada teknik masak sendiri. Lain jenis lain pula cara memasaknya, jadi coba-coba saja mana yang cocok. Pernah saya beli beras merah organik, saya campur dengan beras putih, dengan takaran air yang sama seperti masak beras putih. Ini akan menjadikan makan nasi merahnya lebih empuk. Kemudian pernah juga beli beras merah organik merek lain. Ternyata setelah dicampur, nasi putih masak duluan, nasi merahnya masih keras. Saya akali dengan masak beras merah saja tapi dengan air 2x lipat. Jika beras merah curah biasanya apek, atasi dengan masak beras dengan rebusan air daun jeruk/salam/pandan.

Gula juga bikin masalah. Gula tinggi penyebab diabetes. Tapi penyakit lain juga bisa berawal dari gula. Pernah lihat orang yang langsing tapi kolesterol tinggi? Bisa saja! Kenapa? Karena kelebihan gula dalam tubuh kalo ga dipake untuk energi akan diubah disimpan menjadi lemak. Lemak bisa disimpan dimana-mana, misal di bawah jaringan kulit. Yang berbahaya jika menumpuknya di hati, yang disebut fatty liver. Jadi, orang langsing kalau makannya ga sehat juga berisiko kena penyakit-penyakit yang menyeramkan, lho.

Apa bisa hidup tanpa manisnya gula? Kita bisa pakai gula lain yang alami seperti madu, gula aren, atau stevia. Tahukah Anda indeks glisemik gula pasir 2x lebih tinggi dari gula aren? Gampangnya, pilih aja gula aren sebagai pengganti gula karena rasanya juga manis dan cenderung lebih murah.

Ekstrim tanpa gorengan

Bakwan, kerupuk, ayam goreng waaah enak banget! Hal yang digoreng pastilah enak karena flavor lemak, tapi belum tentu sehat. Sifat rantai lemak minyak nabati itu gampang berubah menjadi trans, yang bisa berbalik menjadi pisau yang tajam bagi tubuh. Belum lagi kalau minyaknya dipakai berkali-kali sampai hitam. Selain itu tambahan minyak akan menambah kalori.

Lemak memang dibutuhkan tubuh, tapi lemak sehat bukan yang digoreng. Kita konsumsi minyak nabati (zaitun, sawit, canola, dll) untuk dressing seperti untuk salad, spagheti. Kalau masih cinta gorengan, kita bisa pakai air fryer.

Makan seperti Rasulullah

Rasulullah itu ga pernah sakit sepanjang hidupnya, kecuali menjelang wafatnya karena diracun. Resepnya ga ribet kok. Makan dengan tangan kanan, dengan 3 jari, mengunyah dengan 32 kali kunyahan sampai lembut agar enzim cerna bekerja dengan baik, makan dan minum sambil duduk, berhenti sebelum kenyang, buah sebelum makan, buah tidak bercampur susu, tidak meniup makanan panas, makan dengan tangan daripada sendok, dan tidak makan daging darat dengan daging laut secara bersamaan.

Makan buah sebelum makan 3x sehari

Sebelum makan pokok makanlah buah. Buah bukan pencuci mulut yang dimakan sebagai menu penutup. Ubahlah menjadi menu pembuka kerena nutrisinya mudah terserap tak terganggu zat-zat lain. Pastikan buah lokal, karena buah lokal kaya rasa, tidak diawetkan, minim mutasi genetik. Pisang daya cernanya lebih lama. Biasanya kalau buah 15 menit sebelum makan, maka pisang beri jarak 30 menit sebelum makan.

Malas makan buah karena ngunyahnya lama? Blender bisa jadi pilihan. Bisa banget tuh dibikin smoothie. Atau memadukan antara buah dan sayur.

Istirahat

Kita butuh tidur siang yang nyenyak 10 menit jika sangat sibuk. Tapi tidur siang yang baik cuma butuh 20-30 menit, kok. Tidur malam minimal 8 jam sudah cukup. Dengan tidur yang teratur, sel-sel akan beregenrasi di waktu tidur. Jika waktu tidur kurang, proses regenerasi sel akan terganggu sehingga sel mati tidak diganti.

Cairan Cukup

Air yang dibutuhkan orang dewasa 2 liter/hari. Tapi jangan hitung teh, kopi, soda, karena mengakibatkan dehidrasi. Siapkan wadah/teko yang bisa nampung air 2L biar ga dehidrasi. Harus habis!

Olahraga

Tanpa olah raga tubuh akan melemah. Olahraga itu bisa membakar lemak, memperlancar peredaran darah, menormalkan lemak baik, memperkuat otot dan sendi, menyehatkan jantung, paru, otak, mencegah osteoporosis, dan detoksifikasi. Pilih olahraga favoritmu. Bisa aerobik, yoga, lari, workout dengan beban, zumba, berenang. Minimal seminggu 2 kali. Tiap hari harus olah raga ringan pemanasan dan peregangan.

Detoksifikasi

Detoksifikasi intinya adalah pengeluaran racun. Tiap hari kita terpapar dengan asap motor, rokok, pestisida, insektisida, pengharum ruangan. Dari makanan juga bisa, ada yang mengandung merkuri (misal ikan laut dalam), minyak goreng tak sehat dll.

Cara detoksnya bisa dengan konsumsi asupan kaya vitamin tinggi antioksidan misal jus, infused water, buah, propolis, dlll. Juga bisa dengan pengeluaran keringat seperti olahraga atau sauna. Detoks keseluruhan bisa dilakukan dengan berpuasa.

Usir Stres

Orang stres gampang terinfeksi penyakit. Usir stres dengan tertawa, relaksasi, berlibur, menangis, dan mendekatkan diri pada Tuhan. Kalau dalam Islam shalatlah yang khusyuk. Penganut agama lain juga bisa kok. Dekati Tuhan, menangislah, mengadu, meminta ampunan. Asal dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas teknik ini akan dahsyat hasilnya untuk menolak penyakit.

Bisa Konsisten gak yaaa?

InSyaa Allah bisa, saya lakukan ini:

  1. Membuat menu makanan untuk keluarga di awal bulan. Menu makan selama 30 hari.

    contah menu sehat
    contah menu sehat
  2. Buat check list apa yang akan dilakukan dan apa yang sudah dilakukan hari itu. Buat agenda selama 30 hari.

    Check List Harian
    Check List Harian

Nah, itulah tips sehat seru dari saya. Semoga bisa disiplin hidup sehat berbonus langsing awet muda, sehingga saya bisa jadi #HealthAgent baik untuk diri sendiri maupun orang sekitar.

Tulisan ini diikutsertakan dalam #HealthAgent “Sharing Inspiration” Blog Contest Nutrifood

Be Sociable, Share!
Posted on: May 30, 2015, by : li partic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *