Fun Walk dan Konsultasi Tanggap Alergi Anak dengan 3K

Minggu pagi yang cerah waktu itu aku sempatkan untuk meninjau udara Surabaya. Apakah udara penuh sesak polusi seperti biasanya? Tak tanggung-tanggung aku mengajak suami dan anak-anak menyeberang dari Sidoarjo ke Surabaya. Dulu pernah sih, ke Car Free Day di Taman Bungkul. Sekarang aku akan coba keriuhan di tempat lain. Karena parkir mobil susah dapatnya, aku masuk dari arah Diponegoro, kemudian jalan kaki menuju Jalan Raya Darmo.

Ruame puol! Itu kesan ku. Rame ya karena bisingnya musik-musik. Aneka senam dengan panggung-panggung digelar di sana. Aku berjalan lagi, ketemu senam yang lain lagi. Sampai akhirnya di Sekitar Bangkok Bank, aku melihat ada warna merah-merah. Hampir semua pakai warna merah. Kebanyakan isinya ibu-ibu dan anak-anak. Nah, ini nih cocok. Kayaknya event seru, karena semua pada antusias.

Ternyata, hari ini 23 Juli 2017 beretepatan dengnan Hari Anak Nasional. Nutricia Sarihusada mengajak para orang tua untuk mengenali dan menanggulangi alergi pada si kecil melalui kampanye Fun Walk. Acaranya gratis. Jadi tak heran banyak orang tua yang berkumpul berpartisipasi di sana.

Selain Fun Walk, ada juga rangkaian kegiatan lain seperti:

Zumba

Zumba ini dipandu oleh instruktur di depan panggung. Lucu banget, ngeliat para bunda dan anak-anak lincah bergerak mengikuti gerakan sang instruktur.

Zumba bersama

Bermain Bersama Badut

Ada badut yang sedang beratraksi. Dia melempar stik-stik bergantian dan menyedot perhatian anak-anak juga orang dewasa. Juga ada badut yang pakai enggrang. Tinggiiiii banget. Tak jarang ada yang berswafoto dengan badut-badut ini.

Arena Mewarnai

Namanya hari anak, harusnya juga membahagiakan anak, bukan? Di sini ada area khusus untuk mewarnai. Tersedia kertas untuk mewarnai dan crayonnya.

Konsultasi dengan dokter

Aku di sini juga berkonsultasi dengan dokter. Biasanya kalau konsultasi itu dipungut biaya, tapi di sini tidak. Malah, kita akan’dibayar’ kalau beruntung. Iya soalnya, kan, dibekali kupon undian. Jika beruntung kita bisa dapat hadiah.

konsultasi alergi gratis

Kuis

Aneka doorprize sudah tersedia di sini. Selain undian, juga ada lomba nyetatus di Twitter. Pemenangnya, katanya sudah nge-tweet 50 status lebih. Wah, seru banget!

alergi anak
Pemenang kuis tweet terbanyak

Tanggap Alergi dengan 3 K, Anak tetap ceria

Alergi merupakan penyakit turunan yang hendaknya serius ditangani. Angka kejadiannya semakin naik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015, World Allergy Organization mencatat kejadian alergi pada anak sebesar 10-40% dari total populasi dunia. Umumnya gejala alergi yang mudah dikenali adalah bintik-bintik pada kulit yang disebut dermatitis atopik, asma, dan rhinitis.

Sebenarnya penyebab alergi itu banyak. Bisa dari makanan seperti seafood, telur, daging ayam, susu, debu, serbuk bunga, dll. Tapi yang paling banyak menjadi penyebab adalah susu sapi. Berdasarkan penelitian, alergi protein susu sapi di tahun pertama anak-anak mencapai 2-7%. Alergi susu sapi ini ditunjukkan dengan gejala gangguan pencernaan seperti diare (50-60%), penyakit pada kulit (50-60%), dan gangguan sistem pernapasan (20-30%).

Alergi harus segera dikenali dan ditangani dengan baik. Soalnya kalau dibiarkan, bisa mengganggu pertumbuhan si kecil, baik dari sisi fisik maupun psikologis.

  • Fisik. Si kecil bisa pilah-pilih makanan karena sedikit-sedikit takut alergi kambuh. Jika demikian, pertumbuhan si kecil bisa terganggu. Beratnya susah mencapai ideal, tingginya tidak sesuai dengan anak seumurannya, sampai malnutrisi.
  • Hormon. Hormon yang terganggu akibat alergi akan mengakibatkan risiko obesitas.
  • Psikologis. Kalau anak sudah dibatasi makannya tidak boleh ini-itu, secara psikologis ia jadi merasa terlarang. Teman-teman boleh kok dia nggak boleh. Hal ini juga akan memengaruhi keceriaan anak.

Oleh karena itu mari tanggap alergi dengan 3K. Inilah pesan edukasi inti dari kampanye fun walk ini.

  1. Kenali. Kenali risiko alergi pada anak dengan mengetahui riwayat alergi keluarganya, yaitu ayah ibu, dan saudara kandung.PhotoGrid_1460439595645-1024x1447
  2. Konsultasikan. Jika hasilnya risiko sedang atau tinggi, segeralah konsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan mengetes alergi dengan menyuntikkan beberapa alergen ke kulit si anak, sehingga diketahui apa penyebab alergi anak.
  3. Kendalikan. Kendalikan dengan menghindari dulu penyebab-penyebab alergi yang dicurigai selama beberapa waktu. Kemudian coba lagi setelah masa percobaan selesai apakah masih alergi atau tidak, begitu seterusnya.

Kalau Anda masih bingung, segera cek ke www.alergianak.com. Di website tersebut ada segala informasi mengenai alergi seperti faktor risiko, gejala awal, tip mengatasi alergi, dan pemenuhan nutrisi yang tepat bagi si kecil yang menderita alergi.

Mencoba alergianak.com
Be Sociable, Share!
Posted on: July 28, 2017, by : li partic

One thought on “Fun Walk dan Konsultasi Tanggap Alergi Anak dengan 3K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *