Uncategorized

Cara Mengobati Mata Iritasi Akibat Pemakaian Softlens Yang Berlebihan

Softlens atau kontak lensa merupakan alternatif yang digunakan oleh sebagian orang, berfungsi untuk membantu memperjelas penglihatan akibat mata minus. Penggunaan softlens menjadi favorit karena tidak harus repot memakai kacamata apalagi jika mata kamu yang memiliki minus terus bertambah.

Namun pemakaian softlens juga harus dengan cara yang benar agar tidak merusak mata. Softlens tak hanya untuk mata minus ada pula non minus yang berfungsi untuk menunjang penampilan. Berbagai warna dan variasi motif di tawarkan oleh berbagai merek softlens. Tetapi jika terlalu sering memakai ataupun terlalu lama memakai softlens tersebut dapat mengakibatkan mata menjadi iritasi. Lantas bagaimana cara mengobati iritasi mata akibat pemakaian softlens ?

Obati Dengan Bawang Putih

bawang putih

Jika kamu sudah terkena iritasi akibat penggunaan softlens, kamu bisa mencoba cara mudah dan ampuh untuk mengobati iritasi selain itu bawang putih merupakan obat tradisional dan alami yang tidak memiliki efek samping. Kamu bisa mendapatkan bawang putih di warung, pasar swalayan atau pasar tradisional terdekat dengan harga yang relatif murah.

Cara penggunaannya juga mudah, yaitu ambil bawang putih kemudian potong beberapa bagian letakkan di akar bulu mata jangan letakkan bawang pada kelopak mata. Memang akan terasa perih karena bawang akan membunuh bakteri di sekitar mata, tahan beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

Basuh Dengan Air Es

Air es yang bersih juga bisa membersihkan kotoran yang menempel di sekitar mata, berguna untuk menetralisir mata akibat iritasi. Kotoran yang menempel di sekitar mata dapat menyebabkan mata menjadi perih apalagi saat memakai softlens yang bisa mengakibatkan terjadinya iritasi pada mata. Setelah membasuh dengan air es keringkan dengan handuk bersih. Dan biarkan mata untuk beristirahat sejenak untuk merelaksasi otot-otot mata yang lelah.

Istirahatkan Mata

Memakai softlens memang menyebabkan mata menjadi mudah lelah. Pemakaian softlens banyak dijelaskan oleh para dokter maksimal 12 jam atau 6 jam perhari. Kesibukan bekerja terkadang membuat kita lupa sudah berapa jam softlens yang dipakai dan mengakibatkan mata menjadi merah iritasi akibat terlalu lama memakai softlens. Sebaiknya jika sudah terkena iritasi hindari terlebih dahulu memakai softlens. Jika kamu yang memiliki mata minus gunakanlah kacamata, karena mata membutuhkan istirahat dari benda asing untuk sementara waktu.

Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan adalah pengobatan yang paling sederhana dan mudah. Mengapa mencuci tangan? Secara sadar atau tidak kamu menyentuh mata sehari lebih dari 10x. Tangan yang kotor dapat menyebabkan bakteri masuk ke mata. Sering mencuci tangan merupakan cara efektif agar mata kamu tetap aman. Penggunaan sabun pun sebisa mungkin menggunakan sabun untuk bayi, sabun tanpa pewangi atau sabun anti bakteri.

Memakai obat tetes

Pemakaian obat tetes memang menjadi salah satu solusi paling utama untuk mengobati iritasi pada mata akibat dari pemakaian softlens. Namun jangan asal membeli tetes mata karena harus sesuai dengan resep dokter. Obat tetes mata ini dapat mengurangi rasa gatal dan perih akibat iritasi. Selain itu kamu juga sebisa mungkin hindari pemakaian makeup di sekitar mata untuk menghindari debu dari makeup masuk ke mata.

Kebersihan softlens juga menjadi kunci untuk kamu terhindar dari iritasi, karena banyak faktor yang bisa menyebabkan mata terkena iritasi akibat dari softlens. Jika kamu memakai dengan cara yang salah justru akan membahayakan mata. Jadi bijaklah dalam memaki softlens ya.

Cegah Stunting dan Gizi Buruk Sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan

Stunting merupakan sebutan untuk kondisi dimana tinggi badan tidak sesuai dengan standar usia seorang anak. Sedangkan gizi buruk meliputi gizi kurang dan kondisi kurus. Stunting di Indonesia persentasenya sebesar 30-40%, dan menempati urutan kelima di dunia. Stunting dan gizi buruk harus diatasi. Pencegahannya adalah dengan memenuhi nutrisi sejak 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Dalam diskusi kesehatan dan nutrisi yang diadakan oleh Nutricia Sari Husada, Sabtu 3 Maret 2018 di Bangi Kopitiam Surabaya, terdapat pembahasan menarik tentang 1000 HPK. Diskusi ini melibatkan dua pembicara cantik, yang pertama adalah dr. Nur Aisiyah Widjaja yang akrab dipanggil dr. Nuril, dari Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Universitas Airlangga/RSUD Dr Soetomo Surabaya. Sedangkan pembicara kedua adalah Bidan Atik Kasiati, Magister Kesehatan Reproduksi FK Universitas Airlangga.

Bidan Atik Kasiati

1000 Hari Pertama Kehidupan

1000 hari pertama kehidupan dihitung sejak bayi dalam kandungan, yaitu 270 hari (9 bulan) dalam kandungan + 365 hari setelah lahir (0-1 tahun) + 365 hari tahun kedua (1-2 tahun). Proses pertumbuhan bayi sangat pesat dimulai sejak dalam kandungan sampai umur 2 tahun, baik itu pertumbuhan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan pertumbuhan jaringan otak. Jika terjadi gangguan pada masa ini maka, dampak jangka panjangnya adalah kurangnya kecerdasan, keterampilan, stunting/pendek, dan gangguan metabolik (hipertensi, diabetes, PJK, obesitas, stroke). Oleh karena itu, pemenuhan nutrisi selama 1000 HPK harus diperhatikan.

Nutrisi yang harus diberikan adalah zat makro seperti karbohidrat, lemak, protein, dan zat mikro seperti vitamin dan mineral. Bagaimana cara memantau pertumbuhan, apakah nutrisi yang telah diberikan itu tepat atau tidak? Kita bisa memantau dari kenaikan berat badan sesuai usia. Ini akan berbanding lurus dengan kenaikan panjang badan, serta lingkar kepala.

Nutrisi Bayi Umur 0-6 Bulan

Setelah bayi lahir, nutrisi satu-satunya yang harus diberi adalah ASI saja. Kita biasa menyebutnya dengan ASI eksklusif. Dengan ASI saja, kebutuhan nutrisi sudah tercukupi. Namun, jika ada alasan medis, ASI boleh tidak diberikan dan diganti dengan susu formula. Misalnya karena ibu terkena HIV.

Nutrisi Bayi 6 bulan-2 tahun

Saat usia 6 bulan kandungan kalori (karbohidrat, lemak, dan protein) dari ASI sudah menurun sebanyak 30%. Oleh karena itu makanan pendamping ASI (MPASI) sudah harus diberikan. Syarat MPASI yang harus diperhatikan adalah:

  1. Tepat waktu. Jam diatur sesuai jadwal, waktu makan maksimal 30 menit.
  2. Adekuat. Mengandung karbohidrat, protein, dan lemak seimbang. Terutama dari protein hewani karena kaya akan zat besi.
  3. Aman. Artinya bersih dan aman bahannya. Gula tidak boleh melebihi 5 gram per 100 kkal. Garam sedikit tidak berlebihan.
  4. Pemberian MPASI dengan cara yang benar, dengan memerhatikan respon lapar dan kenyang saat anak makan. Tidak boleh dipaksa, dan coba berbagai tekstur, rasa, dan kombinasi makanan.

Ada beberapa ilmu yang baru saya tahu dari dr. Nuril mengenai pemberian MPASI ini. Ternyata kalau selama ini ada ilmu baru tentang pemberian makanan menu tunggal slama 14 hari, itu nggak benar. Tidak ada urutan dalam pemberian makanan tersebut dalam bentuk menu tunggal kelompok bahan tertentu, karena semua bahan tadi harus diberikan secara bersamaan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi makro dan mikro yang tidak cukup pada ASI. Juga tidak ada bukti yang menyatakan bahwa pemberian lambat protein(usia lebih dari 6 bulan) akan meningkatkan risiko terjadinya dermatitis atopik, asma, rhinitis alergi dan sensitisasi terhadap makanan.

Nutrisi Selama Kehamilan

Nutrisi yang harus dikonsumsi kehamilan adalah nutrisi dengan gizi seimbang. Selama hamil biasanya ibu hamil kekurangan zat besi. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi juga tablet zat besi selama kehamilan. Bidan Atik Kasiati menyampaikan bahwa pengukuran kecukupan gizi selama hamil ini sesuai dengan standar pelayanan antenatal, yaitu:

  1. Timbang badan dan ukur tinggi badan
  2. Ukur tekanan darah
  3. Nilai status gizi dengan mengukur lingkar lengan atas (LILA), minimal 23,5 cm.
  4. Ukur tinggi fundus uteri
  5. Tentukan presentasi janin dan denyut jantung janin
  6. Skrining status imunisasi TT (dan pemberian imunisasi TT)
  7. Pemberian tablet besi (90 tablet selama kehamilan)
  8. Tes lab sederhana (golongan darah, Hb, glukoprotein urin) dan atau berdasarkan indikasi (HBsAg, sifilis, HIV, Malaria, TBC)
  9. Tata Laksana Kasus
  10. Temu wicara (konseling)

Begitulah, padat sekali ilmu yang diberikan hari ini. Jika disimpulkan, perhatikan video berikut.

 

Namun, keseruan acara tidak hanya sampai di situ. Karena ada live demo memasak MPASI sebelum kita beranjak pulang. Ini benar-benar enak. Jika kita orang dewasa doyan, anak kecil apalagi. Iya, kan?

It’s time for demo masak. Ini pemenang lomba internal Danone. Memasak MPASi puding labu kuning.

 

chef rissa, chef revaldi
Live demo cooking bersama Chef Rissa dan Chef Revaldi

Beberapa Bahaya yang Ditimbulkan Karena Terlalu Sering Mandi

Mandi merupakan salah satu rutinitas harian yang tidak dapat terlewatkan sebagaimana makan dan tidur. Khususnya di Indonesia, bila tidak mandi satu hari saja maka badan tidak terasa nyaman dan bau badan akan timbul. Pada umumnya mandi yang dilakukan oleh kebanyakan orang di Indonesia adalah dua kali, yaitu pagi dan sore. Tetapi ketika kondisi cuaca sangat panas, membuat tubuh lebih cepat berkeringat dan tidak nyaman. Kondisi demikian kadang diatasi dengan mandi lebih dari dua kali sehari. Badan mungkin akan terasa lebih segar dan bersih, akan tetapi ternyata keseringan mandi yang dilakukan dalam jangka yang terlalu pendek tersebut dapat menyebabkan resiko yang berbahaya.

shower terlalu sering mandi

Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan karena terlalu sering mandi:

  1. Gangguan kesehatan Menurut riset yang dilakukan oleh para ahli, terlalu sering mandi akan mengusir bakteri baik yang seharusnya ada pada tubuh. Bakteri baik dibutuhkan tubuh untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Bila terlalu sering mandi, maka ekosistem bakteri baik tersebut akan terganggu akibatnya tubuh lebih rentan terkena berbagai penyakit. Apalagi jika mandi menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia yang dapat membunuh bakteri baik. Diantara penyakit yang dapat menyerang karena terganggunya kekebalan tubuh adalah penyakit pencernaan hingga penyakit jantung.
  2. Tanda stress. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa semakin sering dan lama seseorang mandi kemungkinan bahwa orang tersebut kesepian dan tidak bahagia semakin besar. hal tersebut karena orang yang berlama-lama mandi biasanya ia akan melamun. Hal yang mereka lamunkan adalah permasalahan yang sedang dihadapi atau hal lainnya. Berbeda dengan orang yang waktu mandinya singkat, tidak melamunkan apapun karena waktunya hanya fokus membersihkan badan.
  3. Gangguan penyakit dalam. Pemilihan waktu yang tidak tepat untuk mandi dapat mengakibatkan bahaya yang fatal. Pada waktu tertentu jantung tidak siap jika tubuh tiba-tiba disiram dengan air. Waktu-waktu tersebut adalah pertama antara pukul 15.00-16.00 ketika kondisi darah dalam tubuh sedang panas. Ketika darah sedang dalam keadaan pans, bila tiba-tiba diguyur dengan air dingin justru berakibat tubuh akan melemah. Kedua antara pukul 18.00-19.00, dimana pada tentang waktu ini kondisi jantung sedang lemah sehingga bila mandi pada waktu ini resiko terkena paru-paru basah dapat terjadi. Ketiga antara pukul 20.00-24.00, jantung tidak siap dengan guyuran air dingin yang disiram pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan waktu tersebut adalah waktu ketika jantung harus beristirahat.

 

Oleh karena itu, harus diperhatikan dengan baik kapan saja yang tepat seharusnya membersihkan tubuh dengan mandi. Mandi yang terlalu sering dan pemilihan waktu yang tidak tepat ternyata membahayakan bagi tubuh. Alih-alih tubuh menjadi bersih dan sehat, justru penyakit akan datang. Kebersihan dan kesehatan yang selalu berbanding lurus tidak sepenuhnya demikian bila dilakukan berlebihan.

Tips Kecantikan: Memerahkan Bibir Secara Murah dan Alami

Berbicara mengenai tips kecantikan alami, pastinya menjadi hal yang paling banyak dicari oleh kaum hawa di internet. Setiap orang pasti menginginkan tampilan yang maksimal. Cantik luar maupun dalam. Namun dibandingkan dengan inner beauty yang memang tidak bisa terlihat, kecantikan luar jadi hal yang paling diutamakan. Berbagai cara dilakukan untuk bisa tampil cantik. Tak peduli berapapun besarnya biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Mulai dari prosedur yang murah meriah, hingga memakan banyak biaya dengan datang ke klinik kecantikan.

lipstick-1942173_960_720

Diantara sekian banyak prosedur kecantikan yang banyak dilakukan oleh wanita, adalah memutihkan kulit. Selain itu juga ada memerahkan bibir. Bibir menjadi salah sagu bagian paling penting bagi wanita. Bibir yang cantik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi lawan jenisnya. Banyak orang yang memang terlahir dengan bibir berwarna hitam. Sehingga agak sulit untuk bisa tampil sempurna tanpa menggunakan lipstik. Padahal pemakaian lipstik yang berlebihan juga berdampak kurang bagus bagi kesehatan kulit bibir mereka.

Untuk itu tak jarang diantaranya yang mengeluarkan uang sangat tinggi untuk melakukan prosedur sulam bibir guna dapatkan hasil merah yang alami. Padahal sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dapatkan bibir merah alami, bahkan tanpa harus melakukan sulam bibir, diantaranya adalah:

  1. Scrubbing menggunakan lemon dan gula, kedua bahan ini memiliki efek yang sangat bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati, khususnya yang ada di bibir. Kandungan vitamin C juga bagus untuk memerahkan bibir secara alami. Caranya sangat mudah, cukup dengan 2 sendok makan gula ditambah perasan air lemon, kemudian gunakan sebagai scrub untuk bibir Anda, lakukan secara teratur minimal 1 kali dalam 2 minggu.
  2. Manfaatkan minyak zaitun, jangan salah, minyak zaitun tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan kulit saja, melainkan juga sebagai bahan alami pemerah bibir, caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan mengaplikasikannya setiap hari sebelum tidur di area bibir tersebut.
  3. Gunakan air bunga mawar, air atau sari dari bunga mawar, khususnya adalah mawar merah memiliki zat alami yang bisa memerahkan warna bibir Anda. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan kelopak mahkotanya, kemudian ambil airnya, oleskan pada bibir secara rutin.
  4. Susu untuk memerahkan bibir, selain dengan cara mengkonsumsinya secara teratur, maka juga bisa dengan mengoleskan susu tersebut ke bagian bibir Anda. Kandungan asam laktatnya secara alami bisa mengikis sel-sel kulit mati yang ada pada bibir.

 

Langkah mudah lainnya adalah dengan mengkonsumsi air putih secara cukup, minimal 8 gelas setiap hari untuk mendapatkan kulit bibir yang selalu nampak segar, terhindari dari dehidrasi. Itulah tips kecantikan alami memerahkan bibir yang bisa Anda coba.

Meikarta Belum Mengantongi Izin Pembangunan, Tetap Berlanjutkah?

Meikarta. Sudah pernah dengar bukan? Yang sempat ramai di jagad maya itu, lho. Yup! Kota baru yang akan mirip dengan Jakarta bikinan Lippo Group. Proyek raksasa Meikarta di Cikarang sungguh menuai polemik sejak awal perencanaannya. Terang saja, mulai dari kasak-kusuk tentang hegemoni asing di Indonesia, hingga izin pembangunan proyek pemukiman, sedang gencar dibicarakan publik. Lahan 600 hektar ini disebut-sebut baru memiliki Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) sebagai tindak lanjut adanya izin lokasi.

Hal itu diperkuat dengan penjelasan dari Eddy Nasution selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), bahwa pihaknya telah meminta Lippo Group untuk menghentikan pembangunan Meikarta sampai seluruh perizinan rampung. Berdasarkan pemantauan dari lokasi, saat ini pembangunan tersebut baru sebatas penanaman pohon, rumput, dan pengiriman alat konstruksi seperti crane dan sebagainya.

Mengacu kepada peraturan, setelah mendapatkan IPPT, seharusnya pihak Lippo menyampaikan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), mendapatkan Izin Lingkungan, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), setelah itu baru bisa memulai proses pembangunan. Jika seluruhnya sudah terpenuhi, barulah pembangunan bisa dilakukan.

Belum cukup sampai di situ, muncul kehebohan baru karena Meikarta menyelenggarakan Grand Launching sekaligus promosi pada 17 Agustus lalu, dengan mengadakan sistem booking fee sebesar 2 juta rupiah saja. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sempat menyayangkan tindakan Lippo yang tetap melangsungkan aktivitasnya meski belum mengantongi izin lengkap. “Harusnya pihak berwenang bisa menghentikan itu,” ujarnya kepada salah satu media.

Berbanding terbalik dengan kabar yang beredar, Danang Kemayan selaku Direktur PT Lippo Karawaci mengungkapkan bahwa tidak ada masalah dalam pembangunan, dan penuntasan perizinan proyek ke Pemerintah Kabupaten Bekasi sedang diproses oleh pihak manajemen.

Lebih lanjut, Danang menjelaskan bahwa aktivitas pemasaran yang dilakukan Lippo adalah sebuah hal yang wajar, yakni dengan terlebih dulu menjual konsep. Toh yang dibayarkan oleh pelanggan saat ini bukan berupa down payment atau uang muka, melainkan hanya booking fee, dan hal tersebut tidak memerlukan perizinan.

Oalah… oalah. Beda ya ternyata bayar booking fee sama uang muka. Sebagai masyarakat, pelik rasanya mengikuti perkembangan informasi Meikarta dari satu masalah ke masalah lain. Masalah yang ada seolah tak kunjung henti bermunculan. Jika kita telaah kembali, bener ga sih, Meikarta menyalahi aturan? Sedangkan menurut pemberitaan, lahan sebesar 84,6 ha sudah mengantongi izin untuk membangun pemukiman (baca di sini http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/08/22/meikarta-kantongi-izin-pembangunan-hunian-84-ha-dari-pemkab-bekasi) dan izin yang dikeluarkan pun blok per blok sesuai dengan blok-blok yang dipasarkan saat launching. (Baca juga https://kumparan.com/angga-sukmawijaya/bos-meikarta-klaim-sudah-kantongi-izin-dari-pemerintah)

Jadi, salahkah mereka melakukan promosi dengan menjual sebuah konsep? Atau… perlukah polemik ini terus digembar-gemborkan? Bukankah lebih baik kita menanti dan percaya terhadap pihak pembangun dan pemerintah, bahwa mereka akan menjalankan proses perizinan dengan cermat dan tepat hingga tuntas?

Vidi Vini Vici, Bolu Kekinian Oleh-Oleh Surabaya

Vidi Vini Vici, wajah Vidi Aldiano, dan ibunya Besbarini terpampang jelas di baliho besar dekat gerbang Grand City, siang itu, 6 Agustus 2017. Aku pun berbelok masuk ke dalam Grand City. Ternyata akan ada prelaunching Vidi Vini Vici.

Seorang pria muda kemudian memainkan gitarnya. Ia berkata, “Kalian di sini mau apa? Antri sembako? Kok rame banget di sini?”.

Ia adalah Vadi, adik Vidi Aldiano. Ia mengiringi musik dengan gitar akustiknya saat Vidi bernyanyi.

Acara Prelaunching ini adalah Meet & Greet dibalut talk show dan unjuk suara emas Vidi Aldiano. Dipandu oleh Duo Gambreng, acara menjadi seru dan banyak tawa. Alhasil, tak hanya fans Vidi yang nonton acara ini. Cak Ning, blogger, buzzer, dan orang-orang umum betah di sini, di lantai atas, lantai atasnya lagi, dan lantai paling atas.

Aku menilai agak aneh yah. Secara oleh-oleh kekinian itu kalau tokohnya nggak tunggal, ya berdua dengan pasangan sahnya. Contohnya Sarwendah dengan Ruben Onsu, Gigi dengan Raffi, Melly Goeslaw dengan Anto. Lah, ini sama ibunya. Iya soalnya, Vidi sayang banget sama Ibu Besbarini. Nggak ada ibu, nggak ada Vidi. Dan Ibu Besbarini inilah yang menjadi inspirasi lahirnya bolu kekinian ini. Soalnya dulu Ibu Besbarini dulu suka bikin kue bolu. Meski yang dibikin bolu kukus, yah agak mirip-miriplah. Namanya sama-sama bolu.

Vidi Vini Vici

Vidi Vini Vici adalah merek anyar oleh-oleh kekinian Surabaya berbentuk bolu. Nama ini didapat dari inspirasi quote,”Vini Vidi Vici.” Yah.. salah kaprah sih sebenarnya. Yang benar Veni Vidi Vici, artinya datang, lihat, taklukkan.

Tapi, sama Vidi dibalik. Jadi Vidi Vini Vici. Kata Vidi memang berasal dari namanya. Dan kalimat ini memiliki arti tersendiri, yaitu lihat, datang, rasakan.

“Yaaa. Jangan lupa ya nanti kalau launching, Vidi, Vini, Vici. Lihat, datang, rasakan. Jangan lupa bayar!” celetuk Duo Gambreng kocak.

“Kalau lihat, datang, rasakan, nggak bayar kan repot,” lanjutnya.

Mengapa Menjadi Oleh-Oleh Kekinian Yang Baru Di Surabaya?

Surabaya lagi-lagi dipilih menjadi kota kue kekinian. Kata Vidi, Surabaya adalah the second hometown. Selain rumahnya di Jakarta, kota lain yang sering ia kunjungi adalah Surabaya.

Seperti Apa Bentuknya?

Jujur ini masih dirahasiakan. Semua peserta yang hadir kebagian icip-icip Vidi Vini Vici ini, bentuknya sudah dipotong-potong.

“Lihat nantilah, biar surprise”, kata Vidi.

Tapi plis ya. Nggak usah pake rahasia-rahasiaan deh. Waktu kamu kamu nyanyi-nyanyi kan udah keliatan, Vidi! Itu, ada di backdrop LED-nya. Bentuknya bulat, tapi bukan donat ya. Karena ini jauh lebih besar. Well, May be Giant Donnut.

Varian Rasa

Cokelat Keju

Bolu ini sebenarnya original, bukan bolunya yang rasa cokelat. Nama cokelat keju ini karena toppingnya. Ada meses dan keju. Di antara dua lapis bolu terdapat krim butter dengan remah-remah biskuit yang renyah.

Red Velvet

Warnanya merah, dengan taburan bubuk red velvet.

Berry

Varian Berry ini memiliki topping seperti pelangi. Warna pelanginya bukan mejikuhibiniu, melainkan paduan ungu, oink, dan biru. Ditengahnya terdapat selai berry.

Lemon Mint

Varian Lemon Mint memiliki topping berwarna kuning dengan siraman tipis warna hijau. Di tengah bolu ada selai yang enak, terasa banget mintnya.

vidi vini vici lemon mint dan berry
Varian Lemon Mint dan Berry

Keju

Varian Keju ini bertoppingkan parutan keju yang lebat dan irisan keju berbentuk dadu. Keju-keju tersebut menempel cantik pada krim putih manis. Ternyata bolunya berwarna merah. Di tengahnya terdapat krim butter juga.

vidi vini vici keju
Vidi Vini Vici Keju

vidi vini vici keju

Nggak sabar pengen nyobain? Jangan lupa ya nanti datang openingnya tepat di Hari Kemerdekaan. Tanggal 17 Agustus 2017!

Vidi Vini Vici

Jl. Diponegoro No. 48

Surabaya

 

Fun Walk dan Konsultasi Tanggap Alergi Anak dengan 3K

Minggu pagi yang cerah waktu itu aku sempatkan untuk meninjau udara Surabaya. Apakah udara penuh sesak polusi seperti biasanya? Tak tanggung-tanggung aku mengajak suami dan anak-anak menyeberang dari Sidoarjo ke Surabaya. Dulu pernah sih, ke Car Free Day di Taman Bungkul. Sekarang aku akan coba keriuhan di tempat lain. Karena parkir mobil susah dapatnya, aku masuk dari arah Diponegoro, kemudian jalan kaki menuju Jalan Raya Darmo.

Ruame puol! Itu kesan ku. Rame ya karena bisingnya musik-musik. Aneka senam dengan panggung-panggung digelar di sana. Aku berjalan lagi, ketemu senam yang lain lagi. Sampai akhirnya di Sekitar Bangkok Bank, aku melihat ada warna merah-merah. Hampir semua pakai warna merah. Kebanyakan isinya ibu-ibu dan anak-anak. Nah, ini nih cocok. Kayaknya event seru, karena semua pada antusias.

Ternyata, hari ini 23 Juli 2017 beretepatan dengnan Hari Anak Nasional. Nutricia Sarihusada mengajak para orang tua untuk mengenali dan menanggulangi alergi pada si kecil melalui kampanye Fun Walk. Acaranya gratis. Jadi tak heran banyak orang tua yang berkumpul berpartisipasi di sana.

Selain Fun Walk, ada juga rangkaian kegiatan lain seperti:

Zumba

Zumba ini dipandu oleh instruktur di depan panggung. Lucu banget, ngeliat para bunda dan anak-anak lincah bergerak mengikuti gerakan sang instruktur.

Zumba bersama

Bermain Bersama Badut

Ada badut yang sedang beratraksi. Dia melempar stik-stik bergantian dan menyedot perhatian anak-anak juga orang dewasa. Juga ada badut yang pakai enggrang. Tinggiiiii banget. Tak jarang ada yang berswafoto dengan badut-badut ini.

Arena Mewarnai

Namanya hari anak, harusnya juga membahagiakan anak, bukan? Di sini ada area khusus untuk mewarnai. Tersedia kertas untuk mewarnai dan crayonnya.

Konsultasi dengan dokter

Aku di sini juga berkonsultasi dengan dokter. Biasanya kalau konsultasi itu dipungut biaya, tapi di sini tidak. Malah, kita akan’dibayar’ kalau beruntung. Iya soalnya, kan, dibekali kupon undian. Jika beruntung kita bisa dapat hadiah.

konsultasi alergi gratis

Kuis

Aneka doorprize sudah tersedia di sini. Selain undian, juga ada lomba nyetatus di Twitter. Pemenangnya, katanya sudah nge-tweet 50 status lebih. Wah, seru banget!

alergi anak
Pemenang kuis tweet terbanyak

Tanggap Alergi dengan 3 K, Anak tetap ceria

Alergi merupakan penyakit turunan yang hendaknya serius ditangani. Angka kejadiannya semakin naik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015, World Allergy Organization mencatat kejadian alergi pada anak sebesar 10-40% dari total populasi dunia. Umumnya gejala alergi yang mudah dikenali adalah bintik-bintik pada kulit yang disebut dermatitis atopik, asma, dan rhinitis.

Sebenarnya penyebab alergi itu banyak. Bisa dari makanan seperti seafood, telur, daging ayam, susu, debu, serbuk bunga, dll. Tapi yang paling banyak menjadi penyebab adalah susu sapi. Berdasarkan penelitian, alergi protein susu sapi di tahun pertama anak-anak mencapai 2-7%. Alergi susu sapi ini ditunjukkan dengan gejala gangguan pencernaan seperti diare (50-60%), penyakit pada kulit (50-60%), dan gangguan sistem pernapasan (20-30%).

Alergi harus segera dikenali dan ditangani dengan baik. Soalnya kalau dibiarkan, bisa mengganggu pertumbuhan si kecil, baik dari sisi fisik maupun psikologis.

  • Fisik. Si kecil bisa pilah-pilih makanan karena sedikit-sedikit takut alergi kambuh. Jika demikian, pertumbuhan si kecil bisa terganggu. Beratnya susah mencapai ideal, tingginya tidak sesuai dengan anak seumurannya, sampai malnutrisi.
  • Hormon. Hormon yang terganggu akibat alergi akan mengakibatkan risiko obesitas.
  • Psikologis. Kalau anak sudah dibatasi makannya tidak boleh ini-itu, secara psikologis ia jadi merasa terlarang. Teman-teman boleh kok dia nggak boleh. Hal ini juga akan memengaruhi keceriaan anak.

Oleh karena itu mari tanggap alergi dengan 3K. Inilah pesan edukasi inti dari kampanye fun walk ini.

  1. Kenali. Kenali risiko alergi pada anak dengan mengetahui riwayat alergi keluarganya, yaitu ayah ibu, dan saudara kandung.PhotoGrid_1460439595645-1024x1447
  2. Konsultasikan. Jika hasilnya risiko sedang atau tinggi, segeralah konsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan mengetes alergi dengan menyuntikkan beberapa alergen ke kulit si anak, sehingga diketahui apa penyebab alergi anak.
  3. Kendalikan. Kendalikan dengan menghindari dulu penyebab-penyebab alergi yang dicurigai selama beberapa waktu. Kemudian coba lagi setelah masa percobaan selesai apakah masih alergi atau tidak, begitu seterusnya.

Kalau Anda masih bingung, segera cek ke www.alergianak.com. Di website tersebut ada segala informasi mengenai alergi seperti faktor risiko, gejala awal, tip mengatasi alergi, dan pemenuhan nutrisi yang tepat bagi si kecil yang menderita alergi.

Mencoba alergianak.com

Advan G1 Pro, Ponsel Fotografi dan Musik Kelas Mainstream

Advan G1 Pro akhirnya resmi di luncurkan di WTC e-Mall Surabaya pada tanggal 21 Juni 2017. Lahirnya penerus Advan G1 ini dimeriahkan dengan pertunjukan mini drama musikal yang menyiratkan fitur-fitur ponsel lokal tersebut. Saya sempat mengabadikan dalam bentuk video, dan menguploadnya di instagram. Entah faktor apa yang memengaruhi, bagi saya ini sungguh ajaib, karena views-nya mencapai 24 ribuan hingga tulisan ini dibuat. Wow!

Advan G1 Pro merupakan ponsel kelas menengah alias mainstream yang dibandrol dengan harga 1 juta plus plus, tepatnya Rp. 1.999.999. Meski demikian, Advan G1 Pro memiliki banyak fitur yang digandrungi kaula muda, khususnya masalah musik dan fotografi. Sesuai dengan slogan yang digaungkan Advan G1 pro, yakni: “designed for music & creative photography“, ponsel ini dibekali dengan ultra pixel sensor camera dan crystal nano audio amplifier.

Kamera yang digunakan pada Advan G1 Pro ini adalah 13 MP untuk kamera belakang, dan 8 MP untuk kamera depan. Asyiknya, baik kamera depan maupun belakang dilengkapi dengan flash atau lampu kilat. Jadi seandainya kita mengambil foto di cahaya yang kurang, bisa pakai flash, bahkan selfienya juga bisa pakai flash.

Ada sensor pemindai sidik jari di bawah lensa kamera belakang. Tentunya, sensor sidik jari ini untuk pengunci ponsel. Tapi ada yang unik di sini. Kita juga bisa memakai sensor sidik jari ini sebagai shutter saat mengambil foto, baik dengan kamera depan maupun belakang. So, tinggal sentuh saja!

Saat kita berswafoto, ponsel Advan G1 Pro dapat mengenali jenis kelamin objek foto apakah laki-laki atau perempuan. Tak tanggung-tanggung, usia kita pun dapat dikenali. Tapi mungkin tergantung angle dan formula beautification-nya juga, bisa lebih tua atau lebih muda dari umur sebenarnya.

Wefie seru! – dari yuniarinukti.com

Smartphone baru Advan ini memiliki prosesor Quadcore 1.3 GHz, dipadankan dengan Mali-T720, RAM 3GB dan ROM 32 GB. Advan G1 Pro memiliki layar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 HD IPS. Ponsel ini juga menggunakan OS buatan Indonesia terupdate, yaitu IDOS 6.12 plus Andoid 7.0 Nougat. IDOS 6.12 memiliki kelebihan dalam:

  • Security (keamanan)
  • Smart Management (manajemen pintar)
  • Power Saving (penghemat daya)
  • Unique Feature (fitur unik)

Kerennya, karena IDOS 6.12 itu ada antitheft-nya, juga pengunci aplikasi. Dalam show saat launching, diperagakan bagaimana Advan G1 Pro dapat mengambil foto orang yang mencoba membuka hp tanpa izin, secara otomatis.

 

advan g1 pro

 

advan g1 pro

advan g1 pro

advan g1 pro

advan g1 pro

Berikut spesifikasi lengkap Advan G1 Pro:

  • Display 5 inch (1280 x 720) HD IPS
  • IDOS 6.12 based on Android 7.0 Nougat
  • Processor Quad Core 1.3 GHz
  • GPU MALI T720 MP2
  • RAM 3 GB
  • ROM 32 GB
  • Slot Micro SD up to 32 GB
  • Kamera belakang 13 MP dilengkapi flash
  • Kamera depan 8 MP dilengkapi flash
  • Koneksi Bluetooth
  • Koneksi USB OTG
  • Koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Battery 2600 mAH

Itulah, sekilas ulasan Advan G1 Pro saat launchingnya. Bagaimana? Tertarik untuk menganyari hapemu dengan Advan G1 Pro?

Pengalaman Si Kecil Bereksplorasi di Dancow Explore Your World Surabaya

Sore itu, sore yang basah. Hujan deras tadi membasahi kotaku dan menimbulkan genangan. Lebih tepatnya genangan di rumahku saja, karena lingkungan sekitar tidak banjir. Si kecil langsung keluar halaman. Spontan ia berkata, “Bunda, boleh ya?”.

Hmmm… ternyata iklan Dancow Advanced Excelnutri+ di TV sudah melekat di benaknya. Pasti ia terngiang-ngiang kalimat yang seperti ini: “Hujan itu shower yang paling besar.” Ya, meski hujan sudah berhenti imajinasinya tetap berjalan, ingin merasakan bereksplorasi di genangan air itu.

Saya langsung teringat pada acara Dancow Explore Your World yang akan diadakan dalam waktu dekat, tepatnya 1- 2 April 2017 di Royal Plaza Surabaya. Saya jadi membayangkan kalau si kecil diajak ke acara itu pasti senang banget. Di event itu akan ada zona-zona eksplorasi seru yang mendidik, juga ada lomba mewarnai, talkshow syarat ilmu, dan… Sheila On 7!

Tibalah di hari H. Saya berangkat pas jam buka Royal Plaza, agar masih kebagian parkir. Sesampainya di area event, saya dan si kecil langsung menuju Central Park, kemudian dilanjut Smart City. Oh ya, di sini ada beberapa zona eksplorasi lho.

Central Park

Central Park ini paling mencolok kalau dilihat dari lantai-lantai atas Royal Plaza. Ada sebuah tower yang menjulang tinggi, mengingatkan saya pada Gardens by The Bay Singapura. Apa saja yang ada di Central Park ini? Central Park adalah zona yang di dalamnya ada taman dan hewan-hewan. Memasuki zona ini, si kecil akan dipakaikan jas hujan dan diberi tablet untuk berburu hewan. Ada beberapa hewan di antaranya kupu-kupu, kelinci, dan merak. Tablet itu untuk diarahkan pada simbol-simbol tertentu atau hewan-hewan, nanti akan ada animasi bergerak di layar tablet yang disebut augmented reality. Si kecil diajak berlatih menyelesaikan masalah dan mengenali hewan-hewan. Nah, jas hujannya untuk apa? Di sini ada hujan buatan, melatih si kecil tidak perlu takut, juga melatih kita ayah bundanya berkata ‘Iya Boleh’ untuk eksplorasinya.

central park dancow explore your world
Arahkan tablet ke sini, nanti akan keluar bakteri-bakteri.

Smart City

Di zona Smart City, si kecil akan mengasah kecerdasannya dengan membangun kota. Ia bisa membuat gedung atau bentuk apapun dengan blok yang disediakan. Tahu nggak? Si kecil betah banget di sini, bahkan waktu sudah keluar dari sini, ia minta balik lagi.

Smart City di Dancow Explore Your World
Smart City di Dancow Explore Your World

Art Center

Kreativitas si kecil dikembangkan di zona ini. Zona Art Center. Di sini si kecil bisa mewarnai, mendengarkan story telling, dan membuat hand painting alias cap tangan. Oh ya, cap tangannya nanti dikreasikan lagi lho sama panitia, misal jadi bentuk ayam-ayaman, topi, dll. Jadi kenang-kenangan yang bisa kita frame.

Aktivitas Mewarnai
hand printing
Cap tangan yang dikeringkan

Play Park

Play park ini ya tempat bermain, fungsinya untuk melatih kemampuan motorik si kecil. Wahana bermainnya disesuaikan dengan usia si kecil, ada yang untuk 1 tahun ke atas, 3 tahun ke atas, dan 5 tahun ke atas. Apa saja yang ada? Banyak sih, ada slide, mandi bola, trampolin, wall climbing, monkey bar, dll.

Oh ya, di play park ini juga ada ‘sapi’. Biasanya kan, si kecil tahu beres aja kalau minum susu. Sapi-sapi ini menunjukkan peraga dari mana susu itu berasal. Tentunya dengan memerahnya terlebih dahulu. Suara sapi asli membuat si kecil penasaran. “Loh, suara apa itu? Mana sapinya?” Dia cari terus sampai ketemu speaker si sumber suara.

memerah sapi
Si kecil belajar memerah sapi
Playpark 1+ dancow explore your world
Play Park untuk usia 1+
Playpark 3+ Dancow Explore Your World
Play Park untuk usia 3+
Play park Dancow Explore Your World
Play Park untuk usia 5+

Konsultasi

Pojok konsultasi ini memungkinkan ayah bunda untuk curhat masalah nutrisi dan pola asuh. Maka, jangan lewatkan kesempatan ini ya.

Konsultasi gizi dan pola asuh
Konsultasi gizi dan pola asuh

Photo Booth

Ini pasti disukai ayah bunda. Saya juga begitu. Soalnya di photo booth ini kita bisa mencetak foto langsung jadi. Latar belakangnya pun unik, berupa lukisan 3D. Jadi, seakan-akan kita foto di puncak gedung. Aksesoris foto sudah disediakan.

Photo Booth Dancow Explore Your World
Ini yg keren. Ayah bunda bisa mengabadikan foto, dengan uji nyali foto di puncak gedung.

 

Di hari pertama, selain menemani si kecil bermain dan bereksplorasi di Dancow Explore Your World, ayah bunda juga bisa mendengarkan talk show dari para ahli. Ada psikolog, dokter spesialis tumbuh kembang anak, dan ahli gizi. Tak hanya itu, talkshow ini dibawakan oleh Bunda Shahnaz Haque.

Materi pertama disampaikan oleh Psikolog Bunda Ratih Ibrahim, MM. Beliau menyampaikan tiga kunci penting dalam mengasuh anak, agar tumbuh kembangnya optimal dari segala aspek, yatiu:

  • Cinta Ayah dan Bunda. Rasa cinta dari kedua urang tua yakni ayah dan bunda ditunjukkan dengan memberikan kepercayaan pada si kecil, terutama saat dia mulai bereksplorasi. Perbolehkan si kecil melakukan apa saja hal baru yang sesuai umurnya, selama itu tidak berbahaya.
  • Kecukupan nutrisi. Ayah dan Bunda wajib memerhatikan kecukupan nutrisi si kecil, supaya pertumbuhan fisiknya bagus.
  • Stimulasi. Stimulasi yang tepat akan membuat si kecil berkembang kemampuan motorik dan emosinya.

Kemudian materi dilanjutkan oleh Dr. dr. Roedi Irawan M. Kes SpA(K). Dokter spesialis tumbuh kembang anak ini menjelaskan bahwa di saluran cerna itu ada salah satu kunci untuk imunitas anak, yaitu probiotik. Probiotik adalah bakteri bermanfaat yang dapat membantu menjaga saluran pernapasan dan saluran cerna si kecil. Salah satu strain yang telah terbukti menurunkan risiko infeksi seperti penyakit ISPA dan diare dalam penelitian, adalah Lactobacillus rhamnosus.

Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager menegaskan kembali tiga kunci yang memengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu nutrisi, stimulasi, serta cinta ayah dan bunda. Oleh karena itu, inovasi terbaru dari Dancow yang didukung oleh Nestle Research Center, yaitu Dancow Advanced Excelnutri+ diharapkan dapat membantu memenuhi nutrisi si kecil agar tumbuh kembangnya optimal karena mengandung komposisi penting berikut ini.

  • Lactobacillus rhamnosus. Dancow Advanced Excelnutri+ merupakan inovasi lanjutan dari produk sebelumnya yakni Dancow Excelnutri+, dimana Dancow Advanced Excelnutri+ yang baru diluncurkan ini mengandung 3x L. rhamnosus lebih banyak dibanding sebelumnya.
  • Serat pangan inulin, untuk kesehatan saluran cerna.
  • Vitamin A, C, dan E.
  • Mineral seperti besi, selenium dan zink.
  • Minyak ikan, omega 3 dan 6.
  • Protein dan kalsium dari susu.

Puas membiarkan si kecil berpetualang di Dancow Explore Your World hari pertama, kami melanjutkan lagi petualangan di hari kedua. Si kecil belum merasakan bereksplorasi di Play Park dan Art Center. Satu lagi yang penting, photo boothnya hehehe. Oh ya, bintang tamu yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga di hari kedua ini. Sheila on 7! Biar si kecil semangat bereksplorasi dan melompat lebih tinggi!

Penampilan Sheila On &. Sumber: Twitter @DancowCenter

Ayah dan Bunda yang belum main-main ke Dancow Explore Your World Surabaya, nanti bisa datangi acara lain serupa juga. Karena Dancow Explore Your World akan hadir di kota-kota lainnya, yaitu Jakarta (29-30 April 2017), Semarang (5-6 Agustus 2017), Solo (9-10 September 2017), dan Makassar (7-8 Oktober 2017). Dimana? Pantengin aja terus infonya di Dancow Parenting Center

Jangan Ragu Katakan ‘IYA BOLEH’ Saat Si Kecil Bereksplorasi

Hai Bunda! Siapa yang suka melarang si kecil saat beraktivitas? Jangan gini, jangan gitu, awas nanti gini, nanti gitu. Padahal kegiatannya aman-aman saja. Apa sih alasan bunda berkata jangan? Takut rumah kotor? Takut si kecil kenapa-napa?

Sama sih, seperti saya. Saya kerap kali berkata sejuta jangan. Misal saat si kecil mencoba cuci tangan sendiri di wastafel, langsung saya teriaki: “Jangan main air, sini bunda cucikan tangannya.” Pun saat si kecil makan sendiri dengan sendok yang otomatis masih tumpah-tumpah, saya langsung mencegah. “Jangan makan sendirilah, lihat nih, kotor.”

Baca juga: Bebaskan Eksplorasi Si Kecil, Lindungi dengan Nutrisi

Tak hanya di dalam rumah, kegiatan mereka di luar pun mungkin mereka akrab dengan ‘jangan-jangan’ dari saya. Misal, saat si kecil mengunjungi Predator Fun Park, dia lagi lihat-lihat buaya. Otomatis nih saya bilang, “Awas, jangan dekat-dekat.” Ih, padahal itu aman meeeeen.

Saat kami sekeluarga main di danau, si kecil tertarik dengan sekumpulan angsa. Dia hendak memberi makan dengan roti. Kemudian dia mendekati tepian danau. Otomatis pula saya mencegah, “Jangan ke sana ayo balik!”

Saat yang lain di tempat rekreasi, saya menemui semacam wahana outbond. Dan si kecil yang super aktif itu langsung memulai aksinya. Dengan lihai ia memanjat tebing mini itu.

Sebenarnya kalau dipikir-pikir kapan si kecil mandirinya? Kapan beraninya? Untunglah, saya ikut edukasi Parenting yang diselenggarakan oleh Dancow. Seminar Parenting yang bertema “Berkata Boleh untuk eksplorasi Membuka Potensi Maksimal Si Kecil” itu diadakan di Hotel Atria Malang, 25 Februari 2017. wiiiih, pengunjungnya membludak. Sebanyak 700 peserta ada kali ya. Maklumlah, narasumbernya keren-keren, yaitu: Dr. dr Soedjatmiko Sp(A)k MSi, Ratih Ibrahim MM Psikolog, dan Rita Ramayulis DCN, MKes. Jadi semua aspek dibahas, mulai kesehatan tumbuh kembang si kecil, psikologisnya, dan nutrisinya. Ditambah lagi acara ini dipandu oleh Bunda Shahnaz Haque.

Dr. dr Soedjatmiko Sp(A)k membocorkan 3 kunci penting dalam tumbuh kembang si kecil

“Siapa yang mau anaknya sehat? Siapa yang mau anaknya ceria? Siapa yang mau anaknya cerdas? Berperilaku baik?” sapa dr. Soedjatmiko mengawali presentasinya.

Semua ayah bunda berkata saya sembari mengangkat tangannya.

“Kalau gitu butuh apa? Satu: Nutrisi. Dua: Cinta. Tiga: Stimulasi,” lanjut beliau.

Nutrisi awal kehidupan untuk si kecil pastikan ASI. ASI saja selama 6 bulan, kemudian dilanjutkan dengan MPASI. Kadang banyak bunda yang bingung bagaimana cara membuat MPASI. Caranya gampang, buka buku KIA atau ke website Dancow parenting center. Di sana juga banyak artikel parenting dan cara merawat si kecil sesuai tumbuh kembangnya.

Agar tahu nutrisi cukup atau tidak, ukur berat badan, tinggi, dan lingkar kepala anak. Kemudian catat di KMS. Amati laju grafiknya ada di zona yang mana. Kalau cukup nutrisi, otak yang semula polosan, menjadi banyak cabang-cabangnya. Dengan demikian anak semakin cerdas.

Selain dari nutrisi, hal penting lain adalah stimulasi. Stimulasi sesuai umur anak. Stimulasi akan merangsang semua potensi-potensi anak supaya berkembang optimal. Biarkan si kecil bereksplorasi. Eksplorasi boleh menjelajah, mencoba, mendalami, berdasarkan rasa ingin tahu anak.

Si kecil bisa bereksplorasi sesuai umurnya sejak lahir. Saat ia bayi, ia hanya bereksplorasi mengenal lingkungannya, dengan memaksimalkan indera penglihatan. Semakin besar, banyak hal-hal kreatif yang harus ia kenal. Jadi sesuaikan eksplorasi dengan umur si kecil. Jangan disama-ratakan. Usia tiga sampai lima tahun boleh bermain hujan-hujanan, tapi jangan disamakan dengan yang masih berumur 3 bulan disuruh hujan-hujanan juga. Nggak mungkin kan?

Hal ketiga yang penting adalah Cinta. Ini dijelaskan oleh Ratih Ibrahim MM, psikolog. Beliau nodong pertanyaan pada peserta seminar. “Anak itu bagimu apa?”

Ada yang menjawab anugerah, karunia, sampai amanah Tuhan untuk menjadi generasi penerus. Bunda Ratih pun mengamininya. Anak itu berharga. Anak adalah karunia Allah. Menjadi orang tua adalah berkat dan amanat Allah. Untuk membentuk anak yang cerdas dan berperilaku baik adalah mendidiknya dengan cinta.

Di usia 1-5 tahun, si kecil sudah bukan bayi lagi. Ia mengalami pertumbuhan otak dan tubuh yang pesat. Maka, rasa ingin tahunya besar. Tak jarang ia berkeliling ruangan, berlarian tak henti-henti. Itu eksplorasi mereka. Mereka sedang dalam usia bermain, bereksplorasi, dan bertanya.

Sebaiknya kita membolehkan si kecil bereksplorasi apapun. Jangan ragu berkata “Iya Boleh” saat si kecil bereksplorasi. Asal tidak membahayakan. Ketika si kecil bermain colokan listrik, baru kita melarangnya karena itu berpotensi bahaya.

Ratih Ibrahim, MM menjelaskan bahwa CINTA itu penting. Besarkan si kecil dengan pelukan, pujian.

Nah, agar kita yakin si kecil baik-baik saja dalam kegiatan eksplorasinya, lindungi dia dulu. Lindungi dengan nutrisi. Rita Ramayulis menjelaskan bahwa nutrisi untuk membentuk anak cerdas adalah dengan memberinya gizi seimbang berupa karbohidrat, protein, minyak ikan, omega 3 dan 6, serta zat besi. Selain itu, untuk melindunginya dari penyakit diperlukan Vitamin A, C, E, selenium, dan zinc.

Masalah kesehatan anak terbesar di Indonesia ini umumnya berupa diare dan infeksi saluran pernapasan yang disebut ISPA. Untuk melawan penyakit itu, kekebalan tubuh si kecil harus ditingkatkan agar tidak mudah sakit. Selain vitamin dan mineral yang disebut di atas, juga diperlukan bakteri baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Contohnya Lactobacillus rhamnosus. Berdasarkan penelitian, L rhamnosus terbukti menurunkan risiko diare pada si kecil.

Agar L. rhamnosus hidup dengan baik di saluran cerna, ada baiknya si kecil juga tercukupi asupan seratnya. Misalnya dengan serat pangan inulin, karena dapat menstimulasi pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

 

Rita Ramayulis DCN, M.Kes menjelaskan tentang nutrisi penting untuk melindungi si kecil saat bereksplorasi.

Tahu nggak bunda? Sekarang ada Dancow Advanced Excelnutri+ untuk usia 1 tahun ke atas, 3 tahun+ dan 5-12 tahun, produk inovasi dari Dancow sebelumnya. Bedanya, di produk susu pertumbuhan ini mengandung L. rhamnosus 3x lipat dari produk sebelumnya (Dancow Excelnutri+). Dengan demikian Dancow Advanced Excelnutri+ membantu cukupi kebutuhan nutrisi si kecil agar tetap sehat terlindungi saat aktif bereksplorasi, sehingga Bunda tidak perlu khawatir lagi membebaskan si Kecil bereksplorasi seru setiap hari. Kandungan nutrisi perlindungan Advanced EXCELNUTRI+ selain Lactobacillus rhamnosus juga ada Bifidobacterium longum, serat pangan inulin, vitamin A,C,E, serta mineral selenium dan zink.

Hmmm… sebaiknya saya mulai membiasakan diri untuk berpikiran positif. Saat si kecil mendekati akuarium buaya, katakan saja ‘iya boleh’. Toh, aman-aman saja. Ternyata dia bisa mengamati ternyata kaki buaya yang belakang berselaput, yang depan tidak ada selaput. Jumlah jari depan dan belakang pun beda. Saat si kecil mendekati danau untuk memberi makan angsa, katakan saja ‘iya boleh’. Toh, dia sudah mengkontrol diri agar tidak jatuh ke kolam. Dia jadi tahu ternyata angsa juga doyan roti. Pun saat si kecil memanjat sesuatu yang sudah jelas keamanan peralatannya, tidak perlu khawatir. Katakan ‘iya boleh’. Ia belajar mandiri dan berani.