Cara Mengobati Mata Iritasi Akibat Pemakaian Softlens Yang Berlebihan

Softlens atau kontak lensa merupakan alternatif yang digunakan oleh sebagian orang, berfungsi untuk membantu memperjelas penglihatan akibat mata minus. Penggunaan softlens menjadi favorit karena tidak harus repot memakai kacamata apalagi jika mata kamu yang memiliki minus terus bertambah.

Namun pemakaian softlens juga harus dengan cara yang benar agar tidak merusak mata. Softlens tak hanya untuk mata minus ada pula non minus yang berfungsi untuk menunjang penampilan. Berbagai warna dan variasi motif di tawarkan oleh berbagai merek softlens. Tetapi jika terlalu sering memakai ataupun terlalu lama memakai softlens tersebut dapat mengakibatkan mata menjadi iritasi. Lantas bagaimana cara mengobati iritasi mata akibat pemakaian softlens ?

Obati Dengan Bawang Putih

bawang putih

Jika kamu sudah terkena iritasi akibat penggunaan softlens, kamu bisa mencoba cara mudah dan ampuh untuk mengobati iritasi selain itu bawang putih merupakan obat tradisional dan alami yang tidak memiliki efek samping. Kamu bisa mendapatkan bawang putih di warung, pasar swalayan atau pasar tradisional terdekat dengan harga yang relatif murah.

Cara penggunaannya juga mudah, yaitu ambil bawang putih kemudian potong beberapa bagian letakkan di akar bulu mata jangan letakkan bawang pada kelopak mata. Memang akan terasa perih karena bawang akan membunuh bakteri di sekitar mata, tahan beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

Basuh Dengan Air Es

Air es yang bersih juga bisa membersihkan kotoran yang menempel di sekitar mata, berguna untuk menetralisir mata akibat iritasi. Kotoran yang menempel di sekitar mata dapat menyebabkan mata menjadi perih apalagi saat memakai softlens yang bisa mengakibatkan terjadinya iritasi pada mata. Setelah membasuh dengan air es keringkan dengan handuk bersih. Dan biarkan mata untuk beristirahat sejenak untuk merelaksasi otot-otot mata yang lelah.

Istirahatkan Mata

Memakai softlens memang menyebabkan mata menjadi mudah lelah. Pemakaian softlens banyak dijelaskan oleh para dokter maksimal 12 jam atau 6 jam perhari. Kesibukan bekerja terkadang membuat kita lupa sudah berapa jam softlens yang dipakai dan mengakibatkan mata menjadi merah iritasi akibat terlalu lama memakai softlens. Sebaiknya jika sudah terkena iritasi hindari terlebih dahulu memakai softlens. Jika kamu yang memiliki mata minus gunakanlah kacamata, karena mata membutuhkan istirahat dari benda asing untuk sementara waktu.

Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan adalah pengobatan yang paling sederhana dan mudah. Mengapa mencuci tangan? Secara sadar atau tidak kamu menyentuh mata sehari lebih dari 10x. Tangan yang kotor dapat menyebabkan bakteri masuk ke mata. Sering mencuci tangan merupakan cara efektif agar mata kamu tetap aman. Penggunaan sabun pun sebisa mungkin menggunakan sabun untuk bayi, sabun tanpa pewangi atau sabun anti bakteri.

Memakai obat tetes

Pemakaian obat tetes memang menjadi salah satu solusi paling utama untuk mengobati iritasi pada mata akibat dari pemakaian softlens. Namun jangan asal membeli tetes mata karena harus sesuai dengan resep dokter. Obat tetes mata ini dapat mengurangi rasa gatal dan perih akibat iritasi. Selain itu kamu juga sebisa mungkin hindari pemakaian makeup di sekitar mata untuk menghindari debu dari makeup masuk ke mata.

Kebersihan softlens juga menjadi kunci untuk kamu terhindar dari iritasi, karena banyak faktor yang bisa menyebabkan mata terkena iritasi akibat dari softlens. Jika kamu memakai dengan cara yang salah justru akan membahayakan mata. Jadi bijaklah dalam memaki softlens ya.

Be Sociable, Share!
Posted on: March 22, 2018, by : li partic

7 thoughts on “Cara Mengobati Mata Iritasi Akibat Pemakaian Softlens Yang Berlebihan

  1. Dulu aku termasuk pengguna softlens, begitu tau efek sampingnya trus balik lg pakai kacamata. Apalagi mataku tipe yg mudah lelah, sebentar aja pake sdh kudu ditetesin airnya. Kalo enggak kerasa banget capek, bahkan merah banget. Huhuhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *